Tips Menciptakan Anak Cerdas di Era Digital

Di era digital seperti sekarang, anak-anak sering terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar, baik itu menonton televisi, bermain game, atau browsing internet. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan dan perkembangan mereka.

tips ciptakan anak cerdas era digital

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita perlu memperhatikan cara terbaik mengasah potensi anak-anak untuk meningkatkan kecerdasannya. Yuk, baca beberapa tips menciptakan anak cerdas di era digital.


9 Tips Menciptakan Anak Cerdas di Era Digital

1. Batasi Waktu Layar

Waktu yang anak habiskan di depan layar, baik di depan layar laptop maupun smartphone harus dibatasi lho ya. Kemudian, alihkan perhatian mereka untuk melakukan aktivitas lain yang lebih bermanfaat, seperti bermain di luar ruangan, membaca buku, atau berinteraksi sosial.

internet cepat dan stabil

Dengan cara ini, Temans dapat membantu anak mengasah kecerdasannya dengan lebih optimal. Jangan lupa, saat menentukan batas waktu berada di depan layar, ajak anak berdiskusi dan jelaskan kenapa kita perlu melakukannya sehingga anak tahu manfaatnya bagi dirinya.


2. Bermain Permainan Edukatif yang Menantang

Bermain permainan edukatif yang menantang dapat membantu anak-anak mengembangkan kreativitas, ketahanan mental, dan kemampuan anak untuk memecahkan masalah.

Ada banyak jenis permainan yang dapat dimainkan anak, seperti puzzle, permainan strategi, atau jenis permainan edukatif lainnya. Pilih permainan yang sesuai dengan usia dan minat anak sehingga mereka lebih antusias untuk menyelesaikan permainan.


3. Baca Buku Bersama

Membaca buku bersama dapat membantu meningkatkan kemampuan bahasa dan imajinasi anak. Selain itu, membaca juga dapat memperluas pengetahuan anak tentang dunia sekitar.

Temans dapat membaca cerita yang menarik sambil berdiskusi dengan anak tentang isi buku. Jika berlangganan IndiHome dari Telkom Indonesia, Temans bisa mengakses IndiHome Study yang memiliki virtual library. Di dalam perpustakaan virtual tersebut terdapat banyak koleksi buku, e-book, dan referensi dari berbagai literatur yang bagus untuk mengasah kecerdasan anak.

Membaca buku bersama juga menjadi cara yang bagus untuk memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan anak.


4, Latih Keterampilan Sosial

Keterampilan sosial adalah hal yang penting untuk dikembangkan di era digital saat ini. Anak-anak harus belajar cara berkomunikasi dengan orang lain, bekerja sama dalam tim, dan memecahkan masalah dengan cara yang efektif.

Untuk melatih keterampilan sosial juga bisa dengan mengikuti kegiatan amal atau membantu orang lain. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. Selain itu, Temans juga dapat mencarikan kegiatan lain yang berkaitan dengan lingkungan, hewan, atau sosial.


5. Ajarkan Teknologi yang Bermanfaat

Teknologi yang bermanfaat membantu anak mempelajari keterampilan baru yang dapat membantu mereka di masa depan. Misalnya, aplikasi pembelajaran atau alat pembelajaran daring yang dapat membantu mereka belajar dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.

IndiHome dari Telkom Indonesia

Temans bisa menyediakan akses internet cepat dengan berlangganan paket bundling dari IndiHome, seperti yang dilansir Pricebook. Beberapa platform belajar online yang sudah termasuk dalam layanan IndiHome, antara lain Zenius, Ruangguru, Khan Academy, Quipper, dan sebagainya.


6. Berikan Contoh yang Baik

Anak-anak cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya. Oleh karena itu, kita harus memberikan contoh yang baik dalam penggunaan teknologi dan perilaku sehari-hari. Contohnya, tidak menggunakan ponsel atau gadget selama makan malam atau ketika berbicara dengan anak.


7. Beri Pujian dan Penghargaan

Memberikan pujian dan penghargaan dapat membantu memotivasi anak untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Orang tua dapat memberikan pujian ketika anak berhasil menyelesaikan tugas atau mencapai prestasi tertentu. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi mereka.


8. Jangan Memaksa

Setiap anak memiliki kecepatan dan kemampuan yang berbeda dalam belajar dan berkembang. Oleh karena itu, orang tua harus menghargai keunikan dan keberagaman anak dan tidak memaksa anak untuk menjadi seperti yang diinginkan. Sebagai gantinya, orang tua harus memahami minat dan bakat anak dan membantu mereka dalam mengembangkan potensi mereka secara alami.


9. Pertahankan Lingkungan yang Sehat


provider internet IndiHome

Lingkungan yang sehat dan aman sangat penting untuk memastikan perkembangan anak yang optimal. Orang tua harus memastikan bahwa lingkungan tempat tinggal mereka bersih, aman, dan nyaman untuk anak-anak. Hal ini juga meliputi penggunaan teknologi yang aman dan terkendali.


Penutup

Tak bisa dipungkiri bahwa di era digital saat ini, internet telah menjadi teman setia bagi kita semua termasuk anak-anak yang sedari kecil sudah mengenal kecanggihan dan manfaat internet. Anak bisa bermain sambil belajar melalui layar baik itu dari smartphone maupun komputer atau laptop. Namun demikian sebagai orang tua kita harus bisa mengarahkan anak untuk bisa memanfaatkan internet dengan sebagai sarana untuk meningkatkan kecerdasan mereka yang akan berguna di masa depan mereka. 

Dengan mengikuti tips-tips di atas kita dapat membantu menciptakan anak cerdas di era digital. Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya.




Diah
Next Post Previous Post
35 Comments
  • Anisa AE
    Anisa AE 4:18 PM

    Di era digital harus pandai-pandai dalam mengasuh anak karena menyesuaikan dari perkembangan zaman dan rawannya masalah di media sosial. Jadi, harus bijak-bijak mengatur penggunaan gadget bagi anak. Terima kasih informasinya!

  • winda - dajourneys.com
    winda - dajourneys.com 10:23 AM

    sejak pandemi, anakku yang awalnya ga aku kenalin sama gadget jadi main gadget wkwkwk ampun jadi harus lebih bijak ngaturnya

  • Jalan-Jalan KeNai
    Jalan-Jalan KeNai 5:18 PM

    Paling berasa di saat pandemi. Aktivitas belajar pindah ke ranah digital. Banyak ilmu juga yang bisa didapat lewat dunia digital. Anak-anak saya pun bimbelnya online

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 7:46 PM

    Dari sejak dini diperlukan juga untuk mengajarkan si kecil tentang teknologi ya ka Diah, agar perlahan mereka mengenal lebih dekat seperti apa pemanfaatan yg positif dari internet

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 11:54 PM

    tantangan banget yaa mengasuh anak di era digital ini.

    tapi memang benar, memberi pujian dan hadiah kepada anak itu mungkin terlihat sepele tapi dampaknya pada anak sangat besar

  • Nia K. Haryanto
    Nia K. Haryanto 12:53 PM

    Bikin anak sekarang untuk bisa cerdas itu memang menantang. Tapi jika bisa memanfaatkan semua fasilitas yang ada dengan baik, dan kita membimbingnya dengan baik juga, gak mustahil ya. Mereka malah bisa jauh lebih cemerlang dari kita di sama dahulu.

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 1:28 PM

    iya ya mbaaa... jaman sekarang memang harus banyak parameter yang kita jaga supaya anak - anak cerdas di era digital..

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 1:38 PM

    Tantangan orangtua di era digital ini tak mudah ya mba. Harus bisa jaga anak juga dari terpaan akses internet sehingga dia juga bisa memilah milah

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani 1:50 PM

    Orang tua punya tantangan tersendiri dalam mendampingi dan mengasuh anak di era digital ini ya..
    Kita berdampingan dengan teknologi yang memudahkan dan disukai oleh anak-anak.
    Harus bijak itu memanfaatkan teknologi.

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 12:22 AM

    kita sebagai orang tua dituntut untuk bisa mendidik anak dengan baik di era digital ini yaa. memang berat tapi insyaallah kita pasti bisa menciptakan generasi berprestasi

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 12:49 AM

    Suka sedih kalo lihat anak-anak kecil menghabiskan banyak waktu terlalu lama duduk di depan laptop atau mainan hape seharian lho. Padahal masih banyak aktivitas lain yang seru, misalnya main bola atau layangan di lapangan gitu

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 1:17 AM

    Ada banyak aktivitas ternyata ya kak yang bisa dilakukan anak di era digita ini untuk meningkatkan kecerdasannya. Pastinya aktivitas digital yang kita lakukan juga bakal lancar kalau didukung dengan jaringan internet yang stabil

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 11:31 AM

    Internet bisa menjadi pedang bermata dua ya mbak. Tapi gapapa kok, asalkan kita sebagai orangtua bisa melakukan kontrol yang baik ke anak, Insya Allah manfaat internet akan jauh lebih banyak dibandingkan mudharatnya.

  • Nabilla DP
    Nabilla DP 4:38 PM

    betul banget mba kita nggak bisa menolak keberadaan internet dan teknologi. paling mungkin adalah kita berusaha membuat anak menguasainya ya

  • Yuniari Nukti
    Yuniari Nukti 9:51 PM

    Di Surabaya akhir2 ini lagi musim gangster, takut banget anak-anak bergabung sama mereka. Suka galau, kelamaan HPan jadi kurang sosialisasi. Tapi klo disuruh main takut jadi anggota gangster, pilihannya ya menyarankan mereka di rumah aja. Jelas lah gadget yang dipegang hehe

  • winda - dajourneys.com
    winda - dajourneys.com 11:12 AM

    terima kasih tipsnya mba, sangat bermanfaat,, kebetulan anakku sudah SD< mulai agak kecanduan gadget sejak pandemi hahaa ampun ya, dulu di kontrol eh pas pandemi jadi pegang laptop, ipad dan handphone terus

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 4:56 AM

    kita memang harus selalu mengikuti perkembangan jaman dan melakukan penyesuaian yang dibutuhkan tanpa mengurangi esensi dan value dalam parenting ya mba

  • Nabilla DP
    Nabilla DP 11:07 AM

    setuju semua dnegan caranya kak, memang harus didampingi dan kita beri fasilitas yang sesuai dengan perkembangan mereka yaa

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 3:23 PM

    Membaca buku bersama, ini yang belum benar-benar aku lakukan sama bocil. Dulu kalau ketemu buku, dia sobek gitu kan. Mungkin bentar lagi, anaknya udah agak besaran ini

  • Elly Nurul
    Elly Nurul 3:50 PM

    Era digital nggak hanya orang dewasa tapi anak anak juga harus adaptif dengan perkembangan teknologi ya.. karena sesungguhnya teknologi itu memiliki banyak manfaat positif jika orang tua membantu mengarahkan ke arah yang positif juga

  • Arina Mabruroh
    Arina Mabruroh 12:39 AM

    Terima kasih tips-nya Mbak Diah. Tantangan banget buat ibu-ibu yang punya anak kecil menghadapi era digital ini.
    PR buat saya juga terkait screen time anak-anak. Biasanya sih kalau benar-benar nggak dikasih jadi terbiasa, eh sekali dikasih akses malah jadi dikit2yutub 😭 padahal sudah buat kesepakatan pun

    Oh ya,baru tahu Indihome punya perpustakaan digital. Keren deh 👍🏼👍🏼

  • Echi Mustika
    Echi Mustika 8:11 AM

    Aku sendiri jarang banget bisa main sama anak usia mereka mulai masuk remaja, sepertinya mereka sudah memiliki dunianya sendiri

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 9:06 AM

    makin canggih zaman, makin berat tantangan orang tua dalam mengasuh anak-anaknya, karena itu penting bagi orang tua untuk tahu teknologi dan update ilmunya agar gak ketinggalan dan bisa mendampingi anaknya bertumbuh sesuai dengan zamannya

  • April Hamsa
    April Hamsa 9:56 AM

    Di era digital ini memang mau gak mau anak terpapar gedget ya mbak. yang paling penting tugas ortu ya melakukan pengawasan dan kontrol jangan sampai anak kecanduan sampai melalaikan aktibitas lain apalagi sampai lupa utk bergaul dengan lingkungan sosialnya.

  • Allaely Hardhiani
    Allaely Hardhiani 10:40 AM

    Anakku nih masih PR banget kalau soal screen time. Apologize di bulan Ramadan2 ini. Sampai pusing buat bikin anak sadar dan ngerti kalau ga boleh terlalu banyak screen time.

  • Sri Al Hidayati
    Sri Al Hidayati 10:50 AM

    Jadi inget dulu anak seumuran TK SD itu main kelereng, main rumah-rumahan untuk menghabiskan waktu kadang main kasti. Beda dengan anak zaman sekarang. Perlu memandu mereka dan mengarahkan mereka dan bukan tidak sama sekali melarang mereka dengan gadget tapi bisa menetapkan waktu tertentu sehingga mereka juga tidak merasa dilarang

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 12:30 PM

    Skarang makin banyak juga permainan edukatif yang menantang tapi bagus dan pas buat anak. tapi kita sebagai orangtua harus mendampingi. Dan juga latih ketrampilan sosialnya

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 12:38 PM

    Jadi tantagan banget ya mendidik anak di era digital ini, di satu sisi anak2 mudah distraksi tapi di sisi lain kehadiran teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk melatih kecerdasan anak

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 12:52 PM

    Insya Allah dengan menerapkan tips di atas, anak-anak era digital ini bisa menemukan passion yang sesuai dan terus berkembang menjadi anak yang cerdas dan berkualitas. Kontrol dari orangtua sangat penting untuk mendukung hal ini.

  • Lita Chan Lai
    Lita Chan Lai 1:00 PM

    Sadar ga sih kalau anak sekarang pada pinter2 semua. Apalagi kalau dididik oleh orangtua yang cerdas. Ternyata ini tips yang harus dilakukan para orangtua.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 1:06 PM

    Noted kak, karena bisa dipraktekkan nih tipsnya buat daku memantau perkembangan ponakan. Apalagi urusan jangan memaksa ini jadi pertimbangan utama juga

  • Novitania
    Novitania 3:34 PM

    Wah terimakasih tipsnya mba. Aku pribadi masih struggle untuk membatasi screen time anak nih, soalnya beberapa tugas memang membutuhkan gadget untuk explore dan connetivitas

  • Nimas Achsani
    Nimas Achsani 3:45 PM

    setuju banget sih soal gadget sama lingkungan ini mbak, karena efeknya kerasa banget kalau di keluarga kami yaa. semangat membersamai anak2 di era digital yaa kita, tunggu bocil gedean nanti belajar coding juga hahaha

  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani 9:07 PM

    Setuju, lebih baik mengarahkan anak untuk mengambil manfaat positif dari gadget dan internet daripada melarangnya malah membuat anak ketinggalan dari teman-temannya..

  • Fera Marentika
    Fera Marentika 9:37 AM

    nah yang berat tuh membatasi screen time :( apalagi kalo udah keseringan nontonin orang komenin orang lagi main game di youtube itu, sama unboxing2 mainan, susah bgt jadi anakku lepas gadget kalo ga di timer.

Add Comment
comment url