Remittance: Tawarkan Transfer Uang Aman, Bisnis Terus Berputar

Di masa sekarang, pengiriman uang melalui bank merupakan aktivitas keseharian yang sering dilakukan banyak orang untuk berbagai macam kebutuhan. Pengiriman uang atau transfer tidak hanya dilakukan antar rekening atau antar bank di dalam negeri saja, tapi juga bisa ke luar negeri. Layanan transfer uang dalam bentuk valuta asing ke luar negeri disebut remittance. Sama halnya dengan transfer uang dalam negeri, layanan transfer uang ke luar negeri juga bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, baik personal maupun urusan bisnis dan sosial.

Remittance transfer uang
source pic: unsplash.com

Layanan transfer uang valuta asing dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Outward Remittance yang dilakukan pengirim dalam negeri ke penerima di luar negeri dan Inward Remittance berupa pengiriman mata uang asing dari luar negeri untuk diambil di dalam negeri. Pengiriman uang valuta asing bisa dilakukan melalui bank, lembaga keuangan non bank yang menyediakan jasa transfer valuta asing, atau kantor pos. Nah, untuk memahami apa itu remittance lebih lanjut, Temans wajib tahu fungsi dan keunggulan layanan tersebut.

Fungsi dan Keunggulan Remittance


keunggulan Remittance
source pic: pexels.com

Secara umum, fungsi transfer mata uang asing ke luar negeri sama seperti transfer uang di dalam negeri. Kita bisa menggunakannya untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari biaya sekolah anak di luar negeri, biaya rumah sakit di luar negeri, transaksi belanja online dengan e-commerce luar negeri, urusan perputaran bisnis, hingga transfer dana untuk sosial kemanusiaan, misalnya membantu korban perang atau bencana alam. Berikut ini penjelasan fungsinya untuk nasabah.


1. Transaksi Terjamin Aman

Layanan remittance memberikan jaminan proses yang dilakukan dengan transparan. Setiap transaksi bisa kita pantau dengan mudah. Prosesnya juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI), sehingga terjamin keamanannya dan dapat dipertanggungjawabkan. Agar Temans lebih yakin dan nyaman melakukan transfer uang ke luar negeri, kita wajib pastikan menggunakan layanan transfer uang ke luar negeri melalui bank atau lembaga keuangan yang telah memiliki izin resmi untuk menghindari penipuan.

2. Jangkauan Transaksi Keuangan yang Luas

Layanan transfer uang ke luar negeri dapat dijangkau oleh seluruh kalangan masyarakat. Bahkan di daerah terpencil yang belum tersentuh layanan umum perbankan bisa menggunakannya melalui kantor pos terdekat. Uang yang dikirim bisa diterima melalui rekening bank atau diambil tunai. Sehingga tidak ada alasan bagi kalangan tertentu untuk tidak bisa melakukan pengiriman uang ke luar negeri sesuai kebutuhannya.

3. Kemudahan Layanan Transfer Uang

Remittance memudahkan Temans dalam melakukan transaksi pengiriman uang ke luar negeri. Meskipun cara kerjanya berbeda dengan transfer uang dalam negeri, namun prosesnya mudah. Kita hanya perlu mengikuti tahapan-tahapannya saja. Dalam menggunakan layanan ini, dibutuhkan waktu penyesuaian akibat perbedaan mata uang dan sistem perbankan. Indonesia menganut sistem Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT), sedangkan sistem perbankan luar negeri kebanyakan menerapkan International Bank Account Number.

Saat ini, proses transfer uang ke luar negeri sudah lebih cepat melalui internet. Beberapa lembaga keuangan bahkan menawarkan jaminan proses transfer hanya dalam hitungan jam saja.

4. Biaya Remittance Murah

Biaya transfer uang ke luar negeri umumnya sangat mahal dan disesuaikan dengan harga valuta asing harian. Dengan menggunakan remittance, Temans hanya perlu mengeluarkan biaya kirim lebih rendah dibandingkan dengan layanan transfer uang ke luar negeri dengan cara lain.

Setelah Temans mengetahui apa itu remittance, fungsi dan keunggulannya, terdapat hal-hal lain yang wajib kita perhatikan agar bisa menggunakan layanan transfer uang ke luar negeri ini dengan mudah dan nyaman, seperti berikut ini:

  • Masukkan data penerima yang benar dan lengkap; nama penerima, alamat bank penerima, negara tujuan, dan nomor telepon agar mudah dihubungi. Cantumkan juga data Temans sebagai pengirim uang pada formulir yang diberikan oleh lembaga keuangan atau bank.
  • Minta bukti transaksi remittance agar dapat Temans pantau dan ikuti prosesnya.
  • Terdapat dua biaya yang akan muncul dalam proses transfer uang ke luar negeri. Biaya kirim transfer uang dan biaya komisi dari hasil jual beli valuta asing. Biaya-biaya ini berbeda di setiap bank atau lembaga keuangan. Begitu juga harga jual beli valuta asing yang digunakan dalam bertransaksi.
  • Pantau proses transfer uang ke luar negeri dan lakukan pengecekan ganda melalui penerima uang untuk memastikan apakah uang yang dikirim telah diterima atau belum.
  • Pastikan Temans menggunakan layanan transfer uang ke luar negeri melalui lembaga keuangan yang memiliki lisensi resmi, seperti digibank by DBS.


Transfer Uang Aman, Bisnis Terus Berputar dengan Remittance

Tersedia banyak sekali lembaga keuangan yang menawarkan layanan remittance. Aplikasi digibank by DBS hadir dengan menawarkan banyak keunggulan yang membantu memudahkan proses transfer uang ke luar negeri untuk kelancaran bisnis Temans.

Keunggulan Aplikasi digibank by DBS, antara lain:

  • Gratis biaya transfer uang ke lebih dari 20 negara tujuan dengan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP.
  • Nilai tukar mata uang terkini dan kompetitif.
  • Transfer same day, tiba di hari yang sama.
  • Akses 24/7 dalam satu aplikasi.


Penutup

Remittance merupakan layanan transfer uang valuta asing ke luar negeri yang membantu urusan pribadi atau bisnis kita dengan mudah. Pastikan Temans menggunakan layanan ini melalui bank atau lembaga keuangan resmi supaya prosesnya aman dan lancar. Aplikasi digibank by DBS merupakan solusi kebutuhan layanan transfer uang yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja melalui smartphone. Untuk informasi selanjutnya, Temans bisa dapatkan di link berikut:  https://www.dbs.id/digibank/id/id/tabungan/fitur-aplikasi/transfer-valas


Ada yang sudah pernah bertansaksi transfer uang menggunakan Remittance? Pasti mudah dan puas ya karena aman sebab telah diawasi oleh OJK dan Bank Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisnisnya lancar selalu ya. 



Diah
Next Post Previous Post
9 Comments
  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 10:45 PM

    baru tau aku info ini mbk bisa banget membantu nih buat aku yang awam mau tranfer uang ke luar negeri

  • duniaeni.com
    duniaeni.com 10:22 PM

    Aku belum pernah transaksi menggunakan
    Remittance, tapi aman ya kalau sudah diakui OJK

  • Anisa AE
    Anisa AE 10:02 AM

    Baru dengar tentang remittance, menarik juga untuk transaksi lintas negara. Sekarang semakin banyak kemudahan yang diberikan dalam teknologi apalagi urusan transaksi yang sudah jadi kegiatan penting di masyarakat. Terima kasih informasinya!

  • Sabrina
    Sabrina 10:18 PM

    Transfer uang ke luar negeri memang harus sangat hati hati ya mba Diah, agar uang kita aman dan maka dari itu kita wajib memilih penyedia jasanya harus yang aman dan terpercaya

  • Amir
    Amir 11:20 AM

    Sekarang jadi tahu apa itu remmitance. Ternyata mahal ya transfer uang ke luar negeri. Dan mungkin akan lebih mahal untuk negara maju dengan kurs tinggi seperti Amerika atau Inggris.

  • Rehan Firdaus
    Rehan Firdaus 12:52 PM

    Menarik buat dicoba, tapi berapa ya tarifnya kalau kirim uang antar negara?

  • hani
    hani 9:11 PM

    Enak nih...engga ada biaya transfer. Biasanya ada biaya transfer, udah gitu ada selisih kurs jual-beli juga. Dobel deh...Makasih infonya

  • Muhammad Rifqi Saifudin
    Muhammad Rifqi Saifudin 10:54 PM

    Layanan remittance ini berguna banget sepertinya buat yang punya keluarga di luar negeri, untuk ngirim uang bulanan gitu kali ya

  • Silvana Devinta
    Silvana Devinta 6:26 AM

    Dulu saya taunya WU saja untuk transfer uang dengan tarif yang lumayan. Belum pernah coba remittance sih.

Add Comment
comment url