Tips Menata Ruang Kerja Minimalis dalam Kamar

Sebagai freelancer, punya ruang kerja pribadi di rumah pastilah menjadi impian. Kalau punya ruangan atau kamar berlebih sih asyik aja ya. Namun kalau kamar yang ada di rumah jumlahnya terbatas, mau gak mau, ya bekerjanya harus siap sedia di mana saja dong ya. Bahkan kamar tidur pun bisa disulap menjadi ruang kerja minimalis agar kita bisa bekerja dengan nyaman. 


Tips Menata Ruang Kerja Minimalis


Beberapa waktu lalu saya beberes kamar belakang yang kebetulan saat ini belum digunakan sebab anak-anak masih belum mau menempati kamar mereka masing-masing. Malah semuanya masih ingin bersatu dalam kamar yang sama dengan saya.

Saat beberes itu saya berpikir untuk menata kamar tersebut menjadi ruang kerja minimalis. Bisa digunakan oleh saya ataupun Paksuami saat sedang WFA atau mengajar online dari rumah. Kamar tersebut ukurannya memang lebih kecil dari kamar utama tapi tak apalah saat ini digunakan sebagai ruang kerja minimalis biar berganti suasana kerja juga. Harapannya sih dengan kerja di ruangan baru bisa menjadi semangat baru untuk bisa lebih produktif lagi ke depan. 

Biar kamar tidak menjadi sesak dengan barang-barang yang sebetulnya sudah tidak dipakai tapi masih belum sempat disingkirkan, saya pun melakukan decluttering  atau menyortir barang-barang yanga ada di kamar tersebut. Setelah itu saya mencari referensi di internet tentang tips menata ruang kerja minimalis dalam kamar. Biar ada gambar agar bisa lebih mudah mengatur dan kamar kerja pun jadi lebih nyaman untuk bekerja.


Tips Menata Ruang Kerja Minimalis dalam Kamar Agar Lebih Produktif

Nah, dari berbagai sumber yang saya baca, berikut beberapa tips yang bisa bisa Temans lakukan jika ingin menata kamar menjadi ruang kerja minimalis di rumah.


Tentukan Area atau Spot Kerja yang Nyaman secara Tepat

Hal pertama yang bisa kita lakukan yaitu menentukan area atau spot kerja yang kita inginkan. Tempat yang akan membuat kita merasa nyaman untuk bekerja. Kita bisa memilih di pojokan kamar ataupun di bagian tengah. Akan lebih bagus lagi jika berada di dekat jendela sebagai sumber cahaya serta sirkulasi udara alami. Ruang kerja yang terletak di dekat jendela juga dapat membuat kita tidak merasa bosan karena kita bisa melihat ke luar saat sudah mulai jenuh dengan pekerjaan, sehingga dapat merasa lebih segar kembali. 


Memilih Warna Ruangan dengan Tema yang Sesuai

Agar terkesan luas, kita bisa memilih cat ruangan berwarna putih. Namun kita pun juga tetap bisa memilih warna netral ataupun warna cerah yang sesuai dengan kenyamanan kita sebagai pemilik kamar. Karena hal ini nantinya juga akan dapat meningkatkan mood dalam bekerja. 


Memberi Sentuhan Dekorasi Personal


dekorasi personal ruang kerja minimalis
pic source: hipewee.com

Sentuhan personal tidak hanya terletak pada pilihan warna ruangan tetapi kita juga bisa menambahkan sentuhan personal berupa dekorasi yang kita inginkan seperti memberikan hiasan dinding, tanaman indoor yang berukuran kecil, vas bunga dari botol yang mana bunganya bisa diganti setiap hari, koleksi action figure, figura di atas meja kerja, ambalan dinding dan lain sebagainya. 


Memilih Furniture yang Sesuai Kebutuhan

Saat memilih furniture untuk kerja, perlu juga untuk mengingat bahwa ruangan minimalis sebaiknya juga menggunakan furniture yang memiliki ukuran yang tidak begitu besar dan sesuaikan dengan kebutuhan. Memilih furniture multifungsi bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk digunakan pada ruang kerja minimalis karena memiliki banyak fungsi dalam satu barang. Sebagai contoh meja kecil yang bisa juga difungsikan sebagai lemari untuk menyimpan dokumen atau barang berharga lainnya yang dapat menunjang pekerjaan.  Tidak lupa juga untuk memilih kursi yang nyaman karena kursi ini akan menjadi teman setia kita saat bekerja. Olehnya itu pilihlah kursi yang memiliki kualitas yang bagus. 


Pastikan Ruangan Memiliki Koneksi Internet yang Stabil

Saat ini kebutahan internet sangatlah tinggi, tidak hanya sebagai sarana hiburan namun juga hampir semua pekerjaan membutuhkan koneksi internet yang stabil. Semua orang membutuhkan koneksi internet, pun begitu juga bagi pekerja freelance yang sangat mengandalkan kehadiran internet dalam mendukung aktivitas kerja. 


modem Orbit Star N2 Telkomsel


Jika Temans menggunakan WiFi rumahan, pastikan bahwa ruangan kerja kita memiliki signal internet yang stabil agar saat menghadiri webinar ataupun meeting online kita tidak mengalami kendala begitu pula saat ingin bekerja dan membutuhkan koneksi yang stabil, misalnya saat ingin mengunggah atau mengunduh file yang berukuran besar. Bila perlu, dekatkanlah router WiFi di tempat Temans bekerja agar tidak ada kendala saat bekerja secara daring. 


Orbit Star N2, WiFi Rumah yang Bisa Dibawa ke Mana Saja

Apa sih hal yang paling bikin bad mood saat bekerja? Hmm, koneksi internet yang melambat. Mungkin itu salah satu jawaban yang akan keluar dari mulut kita, bukan? Yups, saya pun juga biasa merasakan hal yang sama. Terlebih lagi jika sudah harus setor deadline namun koneksi yang tiba-tiba melambat. 

Duuh, rasanya ingin ngumpet di kolong meja gak sih? Apalagi bagi saya yang memang lebih nyaman bekerja melalui personal computer atau PC ini sangat merasakan kegalauan jika menghadapi saat-saat seperti ini. Duh, masa iyah sih gotong komputer ke bawah modem WiFi yang tergantung di ruang tengah? Hiyaaaa, kan berat dan rempong, tsaaay


Orbit Star N2


Syukurnya kini sudah ada modem WiFi Orbit Star N2 yang mana bisa digunakan di rumah dan lebih fleksibel lho karena bisa dibawa ke mana saja alias modem bisa dipindahkan ke tempat manapun yang kita inginkan. Berukuran 122mm x 105mm x 45.5mm membuat modem ini sangat praktis dibawa. 

Kabar baiknya lagi modem ini didukung oleh sinyal Telkomsel yang telah dikenal memiliki jangkauan luas hingga ke pelosok. Bagi kami yang tinggal di Sulawesi, Telkomsel itu provider sejuta umat karena bahkan di desa sekalipun jaringan Telkomsel ini yang paling kuat lho. Bahkan di tengah laut pun jaringan Telkomsel ini masih paling juara. Hmm, jadi bisa dong ya bawa modem Orbit Star N2 ini saat bepergian dan bisa digunakan selama di ruangan tersebut ada sumber listrik untuk colok modem tersebut. 

Fitur utama WiFi Orbit Star N2 


  • Kecepatan rata-rata modem mencapai hingga 15 Mbps. Wah tentu ini lumayan dong ya, terlebih lagi jika pengguna di rumah tidak begitu banyak. 
  • Bisa ganti nama dan password WiFi melalui aplikasi MyOrbit.
  • Dapat melakukan pengecekan data secara berkala melalui aplikasi MyOrbit 
  • Dapat melihat estimasi pemakaian paket data untuk setiap hari dan bulannya. 


Tidak hanya fitur yang menarik ini, untuk memenuhi kebutuhan internet rumahan, modem Orbit Star N2 ini menawarkan Paket Data FantaSix dengan total 150 GB yaitu 25 GB/30 hari selama 6 bulan yang bisa diakses hingga 32 pengguna sekaligus lho. Jadi gak perlu khawatir lah ya jika di rumah sedang ada tamu dan butuh koneksi internet yang hanya sekadar cek medsos maupun browsing.

Modem yang dilengkapi dengan teknologi WiFi 2.4 GHz ini dibandrol dengan harga 500 ribuan yang dapat dibeli secara online. Oh ya, kabar baiknya, saat ini pembelian modem Orbit Star N2 ini ada free SmartLamp Philips, lho. Hmm, kapan lagi kan ya beli modem bisa gratis SmartLamp.

Penutup

Memiliki ruang kerja di rumah bisa membuat kita lebih nyaman dan produktif karena kita bisa bekerja dengan fokus tanpa ada gangguan. Namun jika tidak memiliki ruangan kerja khusus, kita tetap kok bisa menata kamar menjadi ruang kerja minimalis dengan mengikuti beberapa tips yang telah disebutkan pada postingan kali ini. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebutuhan internet yang menjadi poin penting lain dalam bekerja. Kita dapat menggunakan modem WiFi Orbit Star N2 yang stabil dan fleksibel karena bisa digunakan di mana saja sepanjang ruangan tersebut memiliki sumber listrik untuk mencolok modem tersebut. 


Temans punya tips lain untuk menata ruang minimalis menjadi ruang kerja yang nyaman? Bisa bagi pengalamannya di kolom komentar ya. 


Semoga bermanfaat. 



Diah

Next Post Previous Post
22 Comments
  • Reyne Raea
    Reyne Raea 9:09 PM

    Kalau akoh yang penting nggak berantakan say, adem, nggak ada debunya, ada 1 sisi yang rapi buat background foto, udah deh, wakakakkaka

    Kalau internet mah wajib banget yang kenceng, biar nggak ngomel dan bikin cepat tuwah wakakakaka.
    Akoh jadi mupeng dong ama Orbit Star N2 ini :D

  • Rani R Tyas
    Rani R Tyas 3:53 AM

    Udah lirik-lirik nih sama Orbit N2 tapi lagi mengumpulkan uang 😆
    Soalnya kalau di rumah kan udah ada wifi, tapi tuh tiap ke rumah ibu selalu bertengkar sama krucil karena gak ada wifi 😆

  • Mechta
    Mechta 5:41 PM

    Wah iya ya..nggak kepikiran bikin ruang kerja minimalis gitu di rumah. Sepertinya ok juga tuh . trmksh ya utk ide2nya

  • Chela Gurukecil
    Chela Gurukecil 8:58 PM

    Aku tuh mupeng banget punya ruang kerja minimalis gitu mbak haha. Makasih loh tipsnya. Ntar kalau udh selesai renov rumah aku segera aplikasiin tipsnya dan nggak lupa koneksi internetnya.

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 11:26 PM

    modem orbit ini yang rencananya akan kami pakai di kantor baru nanti. Perkara internet ini memang penting banget yaa karena hampir semua pekerjaan membutuhkan internet

  • lendyagassi
    lendyagassi 10:21 AM

    Istimewa banget, kak.
    Rasanya nyaman ya.. kruntelan dalam satu kamar dan solusinya memang membuat kamar tersebut menjadi lebih lega dengan suasana yang bisa di set sesuai kebutuhan. Apalagi ada Orbit Star N2. Makin lancar kerja sambil membersamai anak.

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 10:25 AM

    Si Orbit nih bantu banget untuk urusan koneksi internet yaa.. dibawa kemana pun juga oke aja. Kerjaan bisa selesai dimana aja ga perlu pending lama2.

  • Lita Chan Lai
    Lita Chan Lai 11:38 AM

    Aku pengen banget punya ruang kerja yg asyik dan enak di lihat. Karena sebagai blogger juga butuh ruangan tersendiri yg nyaman untuk menulis dan mencari ide2. Makasi tipsnya. Orbit Star N2 cocok sekali buat kegiatan narablog.

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 11:48 AM

    aku juga suka uring - uringan mbaaa kalau internet ngga jelas atau ngga stabil hehehe. itu penting banget buat kita di jaman now ya

  • YWidya
    YWidya 12:21 PM

    aku juga ada ruangan sebelah nih, dari kemarin sempat terpikir mau dibikin ruangan kerja juga. Thanks tips buat ruang kerjanya kak

  • Farida Pane
    Farida Pane 4:17 PM

    benar juga. menentukan posisi ruang kerja juga harus diikuti dengan menyediakan fasilitas internet yang memadai, ya. walau minimalis, tetep butuh dekorasi personal biar enggak jenuh.

  • Kanianingsih
    Kanianingsih 8:27 AM

    Makasih kak informasinya. pas banget sedang butuh info modem yg bisa dibawa kemana saja buat anakku yg lagi kos

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 9:48 AM

    Kalau saya sukanya meja kerja dekat jendela, Mbak. Jadi saat mata lelah menatap layar laptop, langsung bisa melihat keluar jendela. Terus wajib kerja sambil mendengarkan musik, plus kalau ada camilan hahaha.

  • deamerina
    deamerina 10:14 AM

    Gegara pandemi kmrn aku jd lebih aware sama meja kerja. Karna bisa sengaruh itu sama produktivitasku haha

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 5:38 PM

    Di rumah juga bisa bikin ruang kerja yang menarik.
    Apalagi ala-ala minimalis gitu plus punya akses internet yang mumpuni jadi kelihatan manis dan praktis

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 6:28 PM

    Aku juga sedang cari modem buat kerja di rumah, Kak. Soalnya selama ini tuh masih pake hotspot lewat HP. Sampai aku kasihan sama HPku rasanya.

    Pingin nyobain orbit nih. Bisa dipakai dimana saja ya, Kak. Maksudku nggak harus berdasarkan apalah gitu.

  • Okti Li
    Okti Li 8:16 PM

    Saya nih asal internet lancar jaya, lokasinya mau ngedeprok sekalipun gak masalah. Palagi kalau suasana ruangan nya asyik, makin betah saja pastinya

  • Ayu Natih Widhiarini - natih.net
    Ayu Natih Widhiarini - natih.net 8:54 PM

    Kebetulan lagi nyari referensi interior rumah minimalis dan aku dapat tipsnya disini
    Ngomongin soal jaringan wifi aku juga pakai modem Orbit ini di rumah. Kenceng dan koneksinya stabil

  • M. Rizki Riswandi, S.Kom
    M. Rizki Riswandi, S.Kom 9:30 PM

    Area kerja yang minimalis dan nyaman tentunya akan membuat kita yang bekerja menjadi nyaman, fokus, dan produktif. Tips menata ruang kerja minimalis di dalam kamar ini cocok banget buat teman-teman yang punya ruang terbatas untuk bekerja dan ingin memanfaatkan kamar sebagai ruang kerja.

  • Han
    Han 10:29 PM

    Pengen banget punya ruang kerja yang nyaman dengan fasilitas internet yang cepet tentunya biar ngga uring2an pas lagi kerja lalu internet lemot wkwkw

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi 11:14 PM

    Sebagai pekerja freelance, internet stabil memang nomor 1 ya, Mbak. Aku banget tuh suka gotong² lappy cari sinyal, wkwkwk... Berarti aku butuh dong modem WiFi Orbit Star N2 ini, ya, biar koneksi teteup stabil.

  • halloannisa
    halloannisa 1:54 PM

    Sebagai freelance yang kerjanya full di rumah, produktivitas seberpengaruh itu dengan meja kerja yang rapi, dan ruangan yang rapi tentunya bersih yes. Kek sumpek aja gitu kerja dengan meja yang berantakan. Kayak mejaku saat ini hahahah.

Add Comment
comment url