Berita Crypto Bikin Resah, Ikuti Tips Agar Tidak Mengalami Kerugian

Crypto merupakan salah satu jenis investasi yang cuan sehingga banyak menjadi pilihan investor. Sayangnya akhir-akhir ini banyak berita crypto yang meresahkan, terutama terkait tentang penipuan yang dilakukan oleh pengelola. Ini bisa mengurangi kepercayaan terhadap jenis investasi tersebut sehingga banyak yang menarik dananya untuk dipindahkan pada instrumen main.

berita crypto

Meski demikian, menarik aset secara besar-besaran tanpa mengecek kebenaran berita tersebut tentu bukan keputusan yang tepat. Dengan menarik investasi, maka akan kehilangan peluang untuk cuan dari instrumen tersebut.

Tips agar Tidak Mengalami Kerugian dari Investasi Crypto

Istilah jenis investasi ini sempat menjadi bahan perbincangan karena cuan, namun maraknya penipuan menyebabkan calon investor berpikir kembali untuk menginvestasikan dananya. Sebaiknya tidak mudah percaya berita crypto, terutama dari sumber yang kurang valid. Ada beberapa cara agar investasi ini menguntungkan dan terhindar dari penipuan.

Crypto merupakan mata uang digital yang bisa digunakan untuk transaksi tanpa pihak ketiga sehingga banyak yang menjadikannya sebagai instrumen investasi. Banyaknya investor yang mengalami kerugian karena kurang mempunyai pengetahuan tentang mata uang digital tersebut. Tips berikut bisa menghindari kerugian berinvestasi dalam bentuk crypto.

1. Cek Kredibilitas Pengembang

Salah satu hal penting yang harus dipastikan adalah membeli crypto pada lembaga atau pengembang yang terpercaya. Caranya memastikan dengan melakukan riset background pengembang, termasuk riwayat transaksi yang orang atau lembaga yang terlibat di dalamnya.

Dengan kemajuan teknologi dan informasi, cukup mudah untuk melakukan pelacakan. Salah satunya bisa dengan mengunjungi media sosial yang digunakan untuk mengenalkan produk tersebut. Kesalahan yang sering dilakukan oleh investor adalah terlalu percaya dengan iming-iming keuntungan tanpa berpikir apakah rasional atau tidak.

2. Baca dan Pahami Isi White Paper

Pengembang yang baik dan bertanggung jawab akan menyampaikan semua informasi secara detail dan transparan, salah satunya yang tertulis dalam white paper. White paper merupakan penjelasan atau prospektus dalam dunia investasi baik saham maupun obligasi. Fungsinya sebagai sarana menyampaikan informasi dan menyampaikan potensi pengembangan dana ke depan.

Namun banyak yang tidak mau memperhatikan isi dari white paper karena tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan. Seperti produk investasi lainnya, dalam crypto, potensi keuntungan dan kerugian juga sama besarnya. Agar tidak sampai menderita kerugian, sebaiknya berhati-hati sebelum membeli produk investasi.

3. Kalkulasi Potensi Keuntungan Secara Rasional

Untuk mengelabui calon korban, pengembang yang tidak bertanggung jawab akan menyampaikan informasi yang menarik. Investor yang baik akan menilai apakah informasi dan proyeksi keuntungan tersebut rasional. Jika terlalu berlebihan dan pengelola tidak bisa menjelaskan, sebaiknya tinggalkan.

Jika ingin mendapatkan keuntungan besar, maka harus siap menderita kerugian yang tidak sedikit. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pengetahuan tentang crypto dan bagaimana bermain dengan jenis investasi ini sangat penting. Dengan demikian bisa meningkatkan potensi keuntungan dan terhindar dari kerugian.

4. Waspada Promosi Berlebihan

Investor yang terlalu agresif namun tanpa pemikiran rasional merupakan sasaran pengembang yang tidak bertanggung jawab. Pengembang yang hanya mementingkan keuntungan pribadi tidak segan melakukan promosi secara besar-besaran namun tanpa bukti hasil dari investasi.

Jika menemukan jenis investor seperti ini, sebaiknya segera waspada. Banyak penipuan yang tergiur janji keuntungan sedangkan jika dikalkulasi secara detail, investasi tidak akan menghasilkan keuntungan sebesar yang ditawarkan.

5. Cek Siapa Saja yang Sudah Membelinya

Berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengecek berapa banyak yang sudah membeli crypto tersebut dan bagaimana latar belakang mereka. Jika banyak investor berpengalaman yang memilih pengembang tersebut, kemungkinan memang terpercaya dan bisa memberikan keuntungan.

bitcoin
pic source: pintu.co.id

Sebaliknya, jika belum terlalu banyak pemiliknya atau kebanyakan adalah investor pemula, sebaiknya tinggalkan. Tidak perlu berspekulasi dengan membeli produk dari pengembang yang kurang kredibel dan belum terpercaya.

6. Dimana Pengembang Memasarkan Crypto

Saat ini banyak platform yang menyediakan crypto sebagai media untuk mengenalkan dan menjual produk tersebut. Penggunaan platform memang sudah lazim, namun pengelola yang terpercaya, selain menggunakan media tersebut juga biasa memanfaatkan Bursa Efek sebagai tempat bertransaksi.

Di bursa efek banyak orang yang bisa mengenal dan secara tidak langsung mengontrol serta memantau transaksi tersebut. Karena itu pengelola yang mempunyai tujuan untuk menipu investor tidak akan berani menggunakan.

7. Pahami Biaya Transaksi

Beberapa orang merasa tertipu karena keuntungan yang diterima tidak seperti gambaran. Ini bisa terjadi disebabkan selama bertransaksi perlu mengeluarkan uang sebagai biaya. Besarnya berbeda-beda.

Biaya ini yang dapat mengurangi keuntungan pemain crypto sehingga merasa rugi. Salah satu cara untuk mengantisipasi adalah dengan mengetahui secara detail semua ketentuan yang berlaku.


Pintu, Rekomendasi Investasi Crypto Bagi Pemula 

aplikasi pintu


Nah, setelah tahu tips tentang investasi crypto, dan melakukan riset yang cukup kita bisa memulai dengan mencoba memilih perusahaan teknologi blockchain yang ada di Indonesia yang profesional dan berpengalaman. Aplikasi Pintu adalah aplikasi yang banyak direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memulai investasi crypto. Alasan menggunakan aplikasi ini antara lain: 
  • Fitur lengkap dan tampilan yang simpel sehingga memudahkan semua. 
  • Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan diawasi oleh Kominfo, serta tersertifikasi ISO 27001.
  • Aset pengguna akan disimpan di Fireblocks, kustodian bergaransi kelas dunia yang memastikan aset pengguna selalu aman.
  • Autentifikasi 2 faktor Gooogle Authenticator yang memastikan keamanan aktivitas transaksi di Pintu.
  • Identifikasi sidik jari dan Face ID yang memastikan hanya pengguna yang memiliki akses yang dapat masuk ke akun Pintu. 
  • Dengan Rp 11.000 sudah bisa membeli sebagian dari 1 Bitcoin atau aset lainnya. 


Penutup

Berita crypto memang selalu menarik untuk disimak. Selain tidak sedikit korban penipuan karena membeli di pengelola yang tidak bertanggung jawab, ternyata banyak yang cuan. Pemilihan pengelola terbaik sangat berpengaruh pada kemungkinan investor akan mendapat keuntungan. Selama berhati-hati dalam memilih pengembang, investasi jenis ini bisa cuan.

Pintu, aplikasi yang banyak direkomendasikan bagi pemula yang ingin memulai berinvestasi crypto karena Pintu memiliki banyak keunggulan dan keamanan bagi para pengguna. 


Gimana, sudah siap memulai investasi crypto di aplikasi Pintu? 


Semoga bermanfaat ya. 



Diah
Next Post Previous Post
20 Comments
  • Nabilla DP
    Nabilla DP 9:24 PM

    memang kalau mau masuk pasar crypto kudu belajar banget yaa mba dan harus pakai uang dingin. nggak bisa ujug2 ikutan ntar boncos hehe

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 2:14 PM

    Berita seputar Crypto ini memang bikin panik dan was-was ya, Mbak. Makanya orang jadi maju mundur untuk investasi Crypto. Padahal banyak juga yang sukses investasi Crypto, karena sudah paham alurnya. hanya kebetulan saja yang diberitakan yang kurang bagus semua.

  • Lintang
    Lintang 7:05 PM

    Iya nih lagi banyak berita penipuan crypto dan korbannya pasti pemula yang kepingin buruan untung. Tanpa cek pengembangnya sapa. Untung ada PINTU sebuah aplikasi yang terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI. Jadi ngga waswas lagi bakal ketipu.

  • Eka FL
    Eka FL 8:50 PM

    kabar gembira, solana katanya bakalan naik akhir tahun. ini prediksi teman yang aktif di crypto yaa, auto FOMO kah? gak juga, hehehe. masih memantau di aplikasi pintu nih perkembangannya

  • Didik Purwanto
    Didik Purwanto 12:51 AM

    Harus hati2 banget sih soal crypto ini. Temenku yg ga th secara rinci malah investasi ini tp dpt dana dr pinjol. Pas anjlok tahun lalu, dia kebingungan deh soalnya harga crypto lg rontok. Dia jg utang duitku jg nih buat bayar pinjolnya.

  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan 1:14 PM

    harus eneran bisa mempelajari bagaimana investasi crypto sebelum terjun ke cryptonya. Jangan sampai ikut ikutan dan kudu tahu dimana bisa investasi crypto dengan aman dan bisa mendapatkan keuntungan

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 4:23 PM

    Yup, belakangan ini lagi tren investasi crypto tapi di sisi lain juga begitu meresahkan karena banyaknya penipuan di luar sana jadi emang kudu hati-hati banget ya Kak kalau mau jenis investasi yang satu ini.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 4:59 PM

    Kripto memang jadi perbincangan yang menarik. Apalagi buat investasinya jadi pilihan juga, serta bisa sekaligus dipelajari. Yang penting memang kudu paham dan cerdas beli kriptonyq dimana

  • Yustrini
    Yustrini 6:23 PM

    Masih bolak-balik mau investasi di Crypto. Baca artikel ini jadi lebih terbuka,dan memperhatikan apa yang perlu dicermati biar tidak merasa rugi jika akhirnya berinvestasi.

  • Deeva Collection
    Deeva Collection 7:54 PM

    Crypto menjadi salah satu investasi yang menjanjikan saat ini. Banyak juga ya yang harus diperhatikan saat investasi crypto. Kayaknya dengan aplikasi PINTU bisa jadi salah satu solusi nih

  • Wahyu Eko C
    Wahyu Eko C 8:11 PM

    Iya ya, akhir-akhir ini jarang dengar soal crypto. Intinya tetap cari platform investasi yang legal khususnya untuk crypto ini seperti aplikasi pintu

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 9:55 PM

    Makin ke sini cukup memprihatinkan aja ya korban para crypto. Banyak yg asal investasi tapi belum tahu pengembangnya itu tepat apa enggak.

  • April Hatni
    April Hatni 10:08 PM

    Saya sebenarnya pengin coba investasi ini, tapi masih maju mundur, hehe...
    Makasih atas tipsnya ya, kak...

  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji 11:01 PM

    Sekarang banyak ya yang asal main crypto tanpa mempelajarinya dulu. Aku dulupun sempat download dan install Pintu ini, tapi belum berani memulai karena jujur aja aku belum paham tentang crypto.

  • Wiwid Nurwidayati
    Wiwid Nurwidayati 11:21 PM

    sekarang kaau mau investasi percayakan saja sama ahlnya. Atau mau main crypto begini, percayain saja sama Pintu, nggak akan ketipu, yang pasti malah akan untung

  • lendyagassi
    lendyagassi 11:48 PM

    Untuk berinvestasi apapun itu bentuknya, lebih nyaman kalau memiliki ilmunya dulu ya.. Belajar melalui apps Pintu sehingga bisa memperkaya pengetahuan dan minim resiko ketika akan investasi crypto.

    Ternyata, kalau investasi bisa terlihat siapa aja yang uda jadi investor ya..?
    Ini info baru buatku.

  • Kayyis' Corner for Handmade
    Kayyis' Corner for Handmade 1:25 AM

    Dari awal aku agak skeptis sih dengan bisnis crypto ini. Tapi kalau ada aplikasi yang memudahkan kita berinvestasi crypto sepertinya aku harus belajar lebih dalam ttg bisnis ini

  • Putu Felisia
    Putu Felisia 7:57 AM

    Terima kasih tipsnya, Kak. Semoga ada kesempatan invest, ya. Jadi bisa praktik ^^

  • halloannisa
    halloannisa 1:49 PM

    Penting banget untuk cek kredibilitas perusahaan yang menawarkan investasi. Karena kurang cek cek, banyak uang melayang sia sia. Aku juga hampir invest crypto, syukurnya udah cek mendalam dan ada kecurigaan, alhamdulillah tidak jadi invest.

  • HM Zwan
    HM Zwan 7:37 PM

    Iya ya, baru aja tadi pagi aku baca satu berita tentang kripto mbk, salah satu crazy rich Surabaya. Apapaun itu, salah satunya yang berbau investasi memang lebih baik harus dipelajari sedemikian rupa. Jangan asal ikut tren aja

Add Comment
comment url