Ciptakan #MomenBondingBermakna Untuk Dukung Pertumbuhan Emosional Anak

Menjadi orang tua adalah kebahagian bagi setiap pasangan. Saat pertama kali menjadi orang tua pasti ada perasaan bahagia, haru bercampur aduk jadi satu. Namun dibalik semua itu akan ada pula terselip kekhawatiran apakah bisa menjadi orang tua yang baik? Bisa menjaga dan mendidik anak sesuai fitrahnya, dan sebagainya. Terlebih lagi bagi seorang Ibu yang mana biasanya punya peran yang lebih banyak dalam pengasuhan anak. 

ciptakan momenbondingbermakna

Belum lagi dengan tekanan-tekanan yang dihadapi oleh Ibu baru dalam mengurus sang buah hati. Tekanan-tekanan yang tidak hanya datang dari orang sekitar bahkan dari keluarga terdekat maupun dari lingkungan sosial yang lebih luas seperti media sosial. Kerja sama dan komunikasi dengan pasangan sangat dibutuhkan agar bisa menciptkan momen bonding bermakna untuk mengurus anak yang merupakan tanggung jawab bersama. 


Pengalaman Awal-awal Menjadi Seorang Ibu


Jelang akhir November 2014 lalu adalah saat pertama saya menjadi seorang Ibu. Alhamdulillah, dikelilingi oleh keluarga saya yang selalu support dan tidak macam-macam. Saya gak ngerti deh gimana jika saat itu tinggal atau berdampingan dengan keluarga dari pihak Paksuami yang mayoritas sih parenting stylenya memang masih mengikuti cara lama. Belum lagi mereka juga masih percaya sesuatu yang berhubungan dengan mitos ibu menyusui yang tidak boleh ini dan itu, atau anak yang harus diperlakukan seperti begini dan begitu yang pastinya menjadi tekanan-tekanan batin. 

Namun menjalankan peran menjadi istri dan juga Ibu baru tetap harus berlanjut. Alhamdulillah, euforia orang tua baru kayaknya juga masih menggebu dalam diri Paksuami. Perannya yang cukup membantu mengurus Si Kakak saat itu sangat membantu saya terlebih lagi ketika malam hari, meski ngantuk beliau juga ikut menenangkan ketika anak rewel karena kolik atau sedang rewel karena emang lagi gak enak badan. Perhatian-perhatian seperti ini menjadikan momen bonding bermakna dalam mengasuh Si Kakak jadi terasa. 


Tekan-tekanan Selama Menjadi Seorang Ibu

Nyatanya, menjadi seorang Ibu itu memang tidak semudah yang dibayangkan sebelumnya. Selama menjadi seoarang Ibu, tidak mungkin dong semua berjalan mulus layaknya jalan tol. Tiap Ibu pasti punya tekanan-tekanan batin yang membuatnya merasa lemah dan tak berdaya, begitupun dengan saya.

Mengeluh? Sudah pasti pernah. Tapi mau sampai kapan? Tekanan-tekanan biasanya memang datang dari orang sekitar, pasangan bahkan terkadang juga datang dari anak sendiri. Kalau saya sendiri sih tekanannya biasanya datang dari keluarga suami yang saat mudik itu selalu bertanya dengan pertanyaan yang sebenarnya gak banget. 

Seperti, kapan punya anak lagi? Belum punya anak cewek nih, umur juga masih muda, bisalah untuk nambah lagi. Selama ini sih dibawa santuy aja sambil nyengir, sesekali dibalas dengan ucapan nanti juga punya anak mantu, cewek semua kok. Tentang pengasuhan anak pun juga pernah, membanding-bandingkan anak juga iyah, namun lagi-lagi saya hanya menebalkan kuping saja karena menurut saya jika terus diladeni sih bakalan merusak suasana saja. Terlebih kan kami jarang mudik, jadi mungkin itu cara mereka untuk mengakrabkan diri. 


Zwitsal Ajak Orang Tua Ciptakan #MomenBondingBermakna Untuk Dukung Pertumbuhan Emosional Si Kecil


Momen Hari Ibu 22 Desember 2022 kemarin adalah bertepatan dengan peringatan 50 tahun kehadiran Zwitsal di Indonesia. Siapa yang gak kenal coba dengan produk perawatan bayi dan anak yang satu ini yang telah menjadi teman setia orang tua dalam merawat kulit Si Kecil. Nah, pada momen perayaan kali ini Zwitsal meluncurkan kampanye #MomenBondingBermakna untuk mendampingi para orang tua dalam menciptakan momen-momen kebersamaan yang bermakna bersama anak, yang akan berdampak pada pertumbuhan emosionalnya di masa depan.

Bertempat di Mall fX Sudirman, Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna ini dihadiri oleh:

Festival MomenBondingBermakna

  • Mahnesa Siregar; Head of Marketing Deodorant and Baby Care Category Unilever Indonesia
  • Nikita Willy; Brand Ambassador Zwitsal, beserta Indra Priawan
  • Samanta Elsener, M.Psi; Psikolog Anak dan Keluarga

Kampanye ini diawali dengan Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna yang menghadirkan ragam inspirasi dan aktivitas agar orang tua memahami manfaat serta cara menciptakan momen bonding dengan Si Kecil yang sekaligus melibatkan 1.000 ibu yang hadir baik secara offline maupun online, termasuk saya yang menjadi salah satu peserta online pada kegiatan ini. Oh iyah, ini kegiatan ini berhasil memecahkan rekor kelas Baby Spa dengan peserta terbanyak versi theAsianparent lho selaku mitra penyelenggara festival. 

Tidak hanya diskusi dari para narasumber, salah satu kegiatan yang tak kalah penting pada kegiatan tersebut yaitu adanya kelas Baby Spa yang dipandu oleh Trainer Mom n Jo, Bunda Maryati dan Bunda Yanti untuk mengajarkan tentang Baby Spa yang dapat membantu menstimulasi sejumlah indera Si Kecil serta mendorong perkembangan otak dan intelegensinya. 


Kampanye #MomenBondingBermakna dalam Menghadapi Tantangan  Pengasuhan Anak


Mengawali diskusi pagi itu, Mahnesa Siregar mewakili Unilever Indonesia menyebutkan bahwa tahun ini adalah tahun spesial bagi Zwitsal karena telah 50 tahun hadir di Indonesia dan dipercaya karena telah 50 tahun produk-produknya telah dipakai oleh anak-anak bahkan bisa juga digunakan oleh bayi baru lahir di hari pertamanya karena produk Zwitsal diformulasikan khusus untuk anak sehingga kulit sensitif pun bisa menggunakannya.  

Di hari yang spesial tersebut Zwitsal meluncurkan kampanye spesial #MomenBondingBermakna yang bertujuan untuk mengajak para Ibu dan Ayah atau orang tua baru untuk mengedepankan atau mengajak para orang tua untuk menciptkan ikatan emosional kepada anak untuk menghadapi tantangan yang ada termasuk tantangan dari sosial media dengan cara #MomenBondingBermakna. 

Zwitsal ingin meningkatkan awareness dan juga dukungan serta memberi semangat kepada para Ayah dan Ibu agar fokus pada bagaimana orang tua bisa bonding pada anak. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran sosial media saat ini memang menjadi salah satu tantangan dalam pengasuhan. 

Sebagai orang tua kita sering secara tidak sadar membandingkan milestone anak kita dengan anak orang lain ataupun public figure yang beredar di sosial media. Ada yang seperti itu juga kah? Belum lagi tuntutan para Nenek dan Kakek yang ingin cucunya diperlakukan seperti ini dan itu layaknya mereka yang dulu membesarkan anak-anak mereka dengan gaya parenting di masanya. 

Tantangan dari media sosial ini sudah melalui riset lho, Samanta Elsener - Psikolog Anak dan Keluarga yang menjadi narasumber pada hari itu menyebutkan bahwa Studi Priory Group memperlihatkan 40% dari 1.000 orang tua menganggap gambaran ideal mengenai parenting yang tersebar di sosial media telah memicu kecemasan mereka. Dan ternyata tekanan sebagai orang tua  ini lebih banyak dirasakan oleh para ibu. 

Studi lain dari Cornell University pun menyebutkan bahwa para ibu merasa lebih stres menjalani peran sebagai orang tua dibanding Ayah, salah satunya alasannya karena Ibu selalu ingin menyesuaikan image mereka dengan konsep “ibu yang baik”. Tidak hanya itu, bahkan, studi lain dari BabyCenter pun menunjukkan bahwa 80% ibu millennials merasakan tekanan dari sekitar mereka untuk menjadi ibu yang sempurna. Hmm, ayooo ada yang merasa seperti itu juga ya sambil manggut-manggut? Hohoh, sini Bun, berpelukan. 


Pentingnya #MomenBondingBermakna Untuk Pertumbuhan Emosional Anak


Tidak hanya memaparkan hasil riset dari berbagai studi, pada kesempatan ini Mbak Samanta juga menjelaskan bahwa keinginan untuk menjadi sosok ibu yang sempurna inilah yang dapat menimbulkan dampak negatif pada Ibu seperti mudah cemas, rentan terhadap stress bahkan depresi karena selalu merasa 'kurang' dalam menjalankan peran sebagai Ibu hingga terjebak dalam mompetition atau mom shaming yang ternyata dialami oleh lebih dari 88% Ibu Millenials dan Gen-Z di Indonesia. 

Nah, untuk menyikapi hal ini penting bagi orang tua untuk melepaskan diri dari tekanan lingkungan sekitar dan yakin bahwa sebetulnya hal terpenting dari perjalanan sebagai orang tua adalah membangun ikatan emosional yang erat dengan anak mereka, yang dapat diciptakan melalui momen-momen bonding yang bermakna. 

Perlu diingat pula bahwa peran Ayah pun begitu besar untuk menjaga kestabilan emosi sang Ibu yang pada akhirnya akan nyambung ke anak. Setiap keluarga memang memiliki parenting style yang berbeda namun kuncinya adalah niat yang sama untuk membangun bonding terhadap anak. Bahkan orang tua yang menjalani Long Distance Married pun juga tetap bisa lho menciptakan #MomenBondingBermakna lho seperti dengan  caranya membiasakan melakukan video call agar anaknya bisa dengar suara ayahnya juga. 

Selain itu bisa dengan cara ketika anak lagi ganti baju atau tidur anak dibiasakan untuk dengar suara ayahnya, didengerkan lagi rekaman-rekaman suara sang Ayah atau juga dengan cara lama yaitu menyimpan pakaian yang sering digunakan Ayah agar bau-bau dari ayahnya tetap bisa dicium oleh sang anak dan begitupula sebaliknya Ayah juga membawa serta pakaian sang Anak agar bisa mencium baju yang biasa digunakan oleh si Kecil. 

Mbak Samanta pun menyebutkan ada begitu banyak manfaat dari momen bonding bagi pertumbuhan emosional Si Kecil, seperti: 

  • Membuat anak selalu merasa aman dan tenang
  • Lebih percaya diri mengeksplorasi berbagai hal baru
  • Membentuk rasa percaya pada orang lain
  • Memiliki self-awareness yang baik
  • Merasa dirinya berharga
  • Mampu berempati pada orang lain. 

See, ternyata momen bonding orang tua dan anak itu memang penting untuk diciptakan sejak dini ya terutama pada 1.000 hari pertama anak karena begitu banyak manfaat yang akan dirasakan oleh anak untuk mendukung pertumbuhan emosionalnya. 


Sharing Session: Pengalaman Tantangan Nikita Willy dan Indra Priawan sebagai Orang Tua Baru


Nikita Willy sebagai Brand Ambassador Zwitsal hadir bersama sang Suami dalam Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna ini memberikan sharing pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan sebagai orang tua baru dan juga menciptakan #MomenBondingBermakna terhadap anak pertama mereka, baby Issa yang saat ini berusia 8 bulan. 

Diungkapkan Niki bahwa jika ditanya tentang apa sih tantangan terbesar sebagai orang tua baru? Maka jawabannya adalah bagaimana kita bisa menutup mata dan telinga kita terhadap apa yang orang pikirkan tentang anak kita dan tentang parenting style kita. Terlebih bagi Nikita yang seorang public figure maka ketika parentingnya salah sedikit saja maka banyak yang memberikan komen negatif, namun dirinya merasa bahwa jika dia dan suaminya,  Indra, satu pikiran ya langsung aja lakukan parenting style tersebut yang penting keduanya dalam satu pemikiran. 

Indra pun juga menambahkan bahwa prinsip Indra dan Niki adalah mereka bukan hidup di sosial media, jadi apapun yang ada di sosial media mereka tidak begitu peduli. Fokus mereka adalah keluarga dan diri mereka. Jadi mereka tidak begitu mendengarkan komentar yang buruk, namun jika ada komentar yang baik mereka pun juga mencoba menerapkannya karena ilmu parenting yang ada di soial media juga banyak informatif.

Nikita pun juga menambahkan bahwa bahkan di circle terdekat mereka pun seperti parenting style oang tua maupun tantenya juga berbeda pandangan terhadap apa yang mereka lakukan namun mereka juga mencoba menjelaskan alasan atau mengedukasi mengapa mereka melakukan parenting style seperti itu, tujuannya apa dan bahkan orang tua dan orang terdekatnya pun jadi mensupport mereka. 

Tidak hanya itu saja, Nikita pun juga membagikan pengalaman #MomenBondingBermakna dirinya dan suami terhadap Issa bahwa mereka bertiga selalu punya waktu untuk membangun bonding secara fisik ataupun emosional. Misalnya saat mereka memandikan Issa, momen ini jadi kesempatan buat Niki dan suami untuk menyentuh Issa dengan lembut dan berkomunikasi sambil bercanda. Melalui momen-momen seperti ini pun diharapkan Niki dan Indra agar Issa percaya bahwa mereka selalu bisa jadi orang-orang pertama yang dapat ia andalkan hingga nanti.


Melalui Baby Spa Ciptakan #MomenBondingBermakna Bersama Produk Zwitsal Baby


Kampanye Festival Zwitsal #MomenBondingBemakna semakin lengkap dengan adanya kelas baby spa yang dipandu oleh Trainer dari Mom & Jo, Bunda Maryati dan Bunda Yanti yang diikuti oleh 1.000 ibu secara offline maupun online. Sebab Zwitsal memahami bahwa salah satu bentuk momen bonding paling efektif adalah melalui skin to skin contact yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman yang sejalan dengan brand purpose Zwitsal: menjadikan momen perawatan bayi sehari-hari menjadi momen bonding yang bermakna melalui skin to skin contact antara orang tua dan anak.

Zwitsal Baby


Zwitsal pun telah menghadirkan formula baru Zwitsal Baby Bath Hair & Body yang mengandung 4x Prebiotic Moisturizer* yang melembapkan kulit bayi sehingga tetap lembut dan sehat. Dilengkapi keharuman lembut khas Zwitsal, inovasi ini membuat momen mandi menjadi momen bonding yang bermakna. Ada pula Zwitsal Minyak Telon yang memberikan kehangatan dan kelembutan pada Si Kecil di setiap usapan dan pijatan, untuk menemani momen bonding bermakna dengan Si Kecil sebelum ia tidur.

Oh ya pada sesi spa hari itu, Baby Issa - anak Nikita Willy dan Indra Priawan pun juga turut hadir dan melakukan spa lho. Pada sesi itu juga Trainer dari Mom & Jo, Bunda Maryati dan Bunda Yanti memberikan beberapa penjelasan yaitu: 

  • Waktu terbaik untuk melakukan pijatan, massage/spa pada anak yaitu setelah anak tidur, karena jika melakukan pijat saat anak mengantuk akan membuat mereka merasa terganggu ketika badannya disentuh untuk pijat. Namun jika pijat dilakukan setelah anak tidur, dan si anak merasa enak nanti akan tertidur lagi. 
  • Pijat/Spa pada anak yang aktif tetap efektif dilakukan meski posisi saat anak dipijat bolak-balik tidak bisa tenang seperti halnya pijat yang dilakukan pada orang dewasa dengan posisi tengkurap atau terlentan.
  • Sebelum melakukan pijat/spa, anak harus diukur suhu tubuhnya terlebih dahulu. Jika anak demam atau suhu tubuhnya telah mencapai 37,6' celcius tidak dianjurkan untuk melakukan pijat karena akan menstimulasi metabolisme semakin lancar yang akan mengakibatkan demam semakin tinggi. 
  • Jika anak sudah bisa duduk, tidak perlu dipaksa lagi untuk pijat sambil rebahan. Terpenting lagi bahwa sebelum melakukan massage/spa kita harus meminta izin kepada bayi terlebih dahulu. 
  • Gerakan pertama yang dilakukan adalah pengusapan, dimulai dari bawah ke atas. Penting untuk diingat juga bahwa jangan langsung memberikan oil ke badan bayi/anak, untuk menghindari anak kaget karena ada sesuatu yang masuk ke badannya tanpa sentuhan terlebih dahulu. 
  • Gerakan selanjutnya yaitu gerakan memutar,  tangan kanan bergantian dengan tangan kiri. 
  • Gerakan ketiga yaitu milky, seperti memerah. 
  • Untuk anak yang mengalami perut kembung bisa menggunakan pijat I Love You, I-L-U. 
  • Sedangkan untuk anak yang batuk pilek bisa menggunakan pijat butterfly, yaitu pijat dari arah dada ke arah ketiak. 
  • Setelah sesi pijat berakhir maka ucapkanlah terima kasih pada anak karena telah mau bekerja sama untuk pijat dengan tenang. 


#MomenBondingBermakna Saya Bersama Anak

Salah satu #MomenBondingBermakna saya dan anak ketiga yang saat ini berusia 3 tahun adalah membacakan buku secara nyaring atau read aloud. Di antara ketiga anak ini, nampaknya Si Dedek ini memang senang dan menikmati saat dibacakan buku. 

momen bonding membacakan buku


Meskipun baru berusia 3 tahun tapi dia selalu nagih untuk dibacakan buku setiap hari. Buku-bukunya sampai kucel gegara dia juga senang memainkan buku yang ada fitur push and pullnya. Paling senang dibacakan buku itu setelah mandi atau sebelum tidur sebagai pengantar tidurnya. Semoga minatnya pada buku akan selalu terpupuk dan terus mengingat #MomenBondingBermakna saat saya membacakannya buku hingga nanti dia pun bisa membaca buku sendiri bahkan kelak juga bisa membacakan buku untuk anak-anaknya. 


Penutup

#MomenBondingBermakna memang penting untuk diciptakan orang tua terhadap anaknya karena dengan bonding ini anak akan memiliki keterikatan terhadap orang tuanya begitupun juga sebaliknya orang tua akan merasa selalu dekat dengan anaknya. Setiap orang tua memang memiliki parenting style berbeda, tidak perlu dijadikan perdebatan karena setiap orang tua tahu apa yang terbaik untuk anaknya. Sebab tidak semua parenting style bisa diterapkan kepada semua anak karena setiap anak memiliki kebutuhan berbeda. 

Gimana dengan Temans, sudahkah ciptakan #MomenBondingBermakna hari ini? Apa nih momen bondingnya bersama Si Kecil? Boleh dong ya sharing di kolom komentar juga. 



Semoga bermanfaat. 




Diah
Next Post Previous Post
47 Comments
  • duniamasak
    duniamasak 10:59 AM

    aku setia pake Zwitsal dari kecil sampe gede sekarang, karena cocok :D

  • Anisa AE
    Anisa AE 11:31 AM

    Zwitsal memang andalan untuk memberikan kehangatan ke kulit anak, apalagi lembut dipakainya. Sekarang pun memberikan kehangatan dengan programnya, memang pas untuk anak yang membutuhkan kasih sayang dari orang tua. Terima kasih informasinya!

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 5:49 PM

    hari ini momen bonding bersama anak yang saya lakukan bareng anak-anak adalah jalan sore bareng si bungsu. sepanjang jalan kami bergandengan tangan sambil bercerita, hehehe

  • Ade UFi
    Ade UFi 11:18 PM

    Zwitsal nih emang produk andalan saya banget sejak pertama punya anak. Wanginya awet. Ga bikin baby bau keringat.

    Bonding paling pas banget sama baby ya.

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 8:01 AM

    Banyak sih momen bonding sama anak apalagi pas lagi libur kayak gini yaa, bikin kue barengan, nonton film kesukaannya barengan, baca buku bareng, penting memang ya membangun bonding sama anak, karena masa kecil udah pasti sebentar dan kalau anak sudah biasa melakukan kegiatan bersama, insyaAllah besarnya gak canggung lagi sama kita dan kita gak akan kehilangan anak saat mereka besar kelak :-) btw aku juga pakai zwitzal mbak, wanginya enak dan bikin baby jadi seger terus sepanjang hari, bau asemnya enak hihii

  • Nabilla DP
    Nabilla DP 8:21 PM

    betuul banget nih mba, momen bonding ama anak paling enak ya pas usia bayi yaa.. terlebih bisa pakai zwitsal saat mandi dan setelah mandi, makin segerrr aroma bayi

  • nitalanaf
    nitalanaf 10:23 PM

    Kalo Nikita karena public figure juga, macam2 komen orang ttg gaya parenting mereka ya. Anyway tiap ortu pasti ada kondisinya masing2, sebelum memutuskan ingin punya anak berapa.

  • Munasyaroh Fadhilah
    Munasyaroh Fadhilah 11:44 AM

    Zwitsal ini andalan banget buat ibu dan anak, bisa menciptakan momen momen berharga bersama

  • Putu Felisia
    Putu Felisia 8:13 PM

    Waktu anak-anak kecil dulu, merk favorit saya salah satunya, Switzal. Wanginya enak banget, ehehe.

  • lendyagassi
    lendyagassi 9:31 PM

    Huhu...kayanya mengeluh ini memang manusiawi gak sih..?
    Tapi dengan acara Zwitsal mengenai Bonding bersama anak begini, kita semua kembali diingatkan untuk memanfaatkan waktu bersama anak sesuai dengan milestone usia anak.

    Khusus di golden age, semangat bonding menggunakan produk Zwitsal yang wangi dan tentunya gak pernah lupa, aku dulu pakai minyak telonnya. Huumm, kebayang wangi alaminya buat bayi.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 8:08 AM

    Momen kebersamaan si kecil dan ibundanya jadi makin melekat bisa dengan apa saja. Terlebih lagi dengan kehadiran Zwitsal yang memahaminya.

  • Antung apriana
    Antung apriana 2:53 PM

    Nikita willy ini sekarang lumayan jadi panutan ya dalam hal pengasuhan anaknya karena memberikan berbagai contoh yang inspiratif bagi para ibu

  • Gusti yeni
    Gusti yeni 8:46 PM

    Zwitsal perlengkapan baby andalanku jaman anak2 bayi...biasa sebelum mandi di massage dulu pake baby oil.
    Untung aku berada di lingkungan yg cuex jadi tidak banyak denger cuitan.menyusui.harus ini itu dkk

  • Han
    Han 9:29 PM

    Zwitsal ini jadi merk sabun sama shampoo anakku sejak masih bayi sampai sekarang umurnya 4 tahun, kadang emaknya juga makee wkwk jadi sesi bonding yangg menyenangkan bareng anak setiap hari sama Zwitsal

  • Santi Suhermina
    Santi Suhermina 9:35 PM

    Wah jadi teringat waktu awal2 lahiran nih. Zwitsal emang jadi andalan yang siap menemani ibu dalam merawat bayinya. Ampe sekarang udah SD lho anakku masih suka pake shampoo zwitsal inj

  • Hallowulandari
    Hallowulandari 9:36 PM

    aku aja suka zwitsal karena baunya soft, ga menyengat dan bikin pusing. apalagi bayi dan anak yaaa. aku pun suka ngikutin VT nya nikita willy, seru ya gaya parenting dia

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 9:38 PM

    Bonding dengan anak itu manfaatnya banyak banget ya, terutama untuk mental anak nantinya. Bisa dengan mandiin anak juga pake Zwitsal. Sayangnya banyak ibu bekerja yang sering gak sempet mandiin anak.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 9:59 PM

    Menjadi ibu memang nggak mudah, apalagi masa-masa awal, sering banget dapat kritikan dari orang2 sekitar, untungnya dapat support dari suami jadi masa2 tersebut bisa terlewati,, sekarang setelah punya 3 anak udah bisa lebih enjou gak terlalu pikirin omongan orang yang penting saya bisa tetap menjaga momen bonding dengan anak , btw Zwitsal ini juga pilihan saya untuh buah hati. Suka dengan wanginya yang lembut dan khas

  • Shyntako
    Shyntako 11:01 PM

    momen bonding sm anak tuh sejak mereka bayi memang sangat penting, apalagi dgn produk2 zwitsal, aku juga dulu pake produk ini pas anakku masih bayi dulu

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 11:16 PM

    Jadi ingat zaman Anakku masih balita pakai produk Zwitsal juga dan tentunya wangi

  • Ayu Natih Widhiarini
    Ayu Natih Widhiarini 12:38 PM

    Zwitsal ini produk perawatan bayi yang cukup populer yaa mba. Bisa dijadikan sarana membangun bonding yang erat antara ibu dan anak. Moment habis mandi, pijat bayi menggunakan Zwitsal bikin bayi nyaman

  • Arai Amelya
    Arai Amelya 12:49 PM

    Ini produk udah kupake sejak masih bocil sampe aku segede sekarang, masih aja ngehits dan dipercaya banyak orang. Emang brand Zwitsal nggak pernah gagal sih

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 8:07 PM

    Aku suka beliin Keponakan produk Zwitsal. Baunya enak dan bayi juga suka. Nanti kalau sudah punya anak, mau ngasih banyak momen buat si kecil

  • Sabrina
    Sabrina 10:10 AM

    menjadi seorang ibu memang tidak gampang ya mba, pastinya banyak sekali yang harus dilalui, tapi pastinya akan berhasil dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk produk yang tepat untuk pertumbuhan si kecil, salah satunya adalah produk Zwistsal dan pastinya ini memberikan bonding yang sangat kuat untuk keduanya

  • Ida Raihan
    Ida Raihan 8:03 PM

    Saya juga suka kesal kalo ada yang nanyain atau sok nyaranin, "nambah Mbak, satu lagi cowok". Emang bisa ngejamin kalo hamil sekali lagi bakalan cowok? Ugh...

  • Ida Raihan
    Ida Raihan 10:18 PM

    Anak-anak kami juga make produk Zwistsal pas mereka bayi. Terutama sabun dan shampoonya. Kalo sabun ampek sekarang masuk suka make juga. Nyaman sih.

  • Mechta
    Mechta 9:22 PM

    Momen bonding dg anak memang sangat penting ya..bisa mendukung tumbuh kembang anak menjadi pribadi yang baik.. Oya lihat produk ini jd ingat..inilah produk andalan saat anak2 kecil dan juga jadi andalan pelengkap kado utk bayi..hehe..

  • Ujame Gaja
    Ujame Gaja 12:45 AM

    Karena belum memiliki anak, Ujame justru belajar banyak dari postingan ini sekaligus menyimak masing-masing moment bonding bermakna dari bunda-bunda di sini hihi maa syaa Allah. Makasih udah sharing yaaa, bisa jadi pembelajaran hehe.

    Btw, Zwitsal memang produk andalan dari jaman baheula ya, bahkan wanginya aja nempel diingatan *ini beneran gak pereuz* xD

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 8:00 AM

    Momen bonding bersama si kecil ini memang perlu dimanfaatkan ya kak Diah.
    Karena dia nantinya akan tumbuh dan berkembang, jadi semasa masih kecil harus banyak meningkatkan bonding

  • April Hamsa
    April Hamsa 10:30 AM

    Nikita sekarang beda banget ma dulu ya, sekarang bener2 terlihat sangat keibuan gtu :D
    Bagus banget emang ya memiliki momen bonding khusus bareng si kecil sehingga bisa selalu dekat dengan anak.
    Zwitsal ini produk yang tetap eksis hingga sekarang ya. Memang bagus sih produk2nya utk menjaga kebersihan kulit anak.

  • Heni Puspita
    Heni Puspita 10:48 AM

    Baca postingannya jadi ingat masa-masa punya bayi dan pijat-pijat I L U he he. Melakukan massage buat bayi ini juga salah satu momen untuk menambah kelekatan orang tua dan bayi ya. Ngomong-ngomong, produk-produk Zwitsal ini aku suka aromanya. Khas gitu.

  • Dian Radiata
    Dian Radiata 12:10 PM

    Salah satu merk favorit nih buat anak-anakku sampe sekarang terutama body wash dan hair lotionnya. Wanginya enak banget.

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 1:40 PM

    Setuju dengan Niki dan Indra, apa2 yang dikomentari orang di akun medsos kita tak usah terlalu dipikirkan. Yang kita unggah kan utk berbagi kebahagiaan, jangan sampai kita justru merasa down saat membaca komen2nya. Yang penting kita punya bonding yang bagus dengan buah hati ye kaaann... Salah satunya ya saat pijat si kecil menggunakan Zwitsal ini nih, aromanya harum dan lembut. Jadi pengin cium2 si kecil terus yaaa...

  • lendyagassi
    lendyagassi 2:41 PM

    Bersama produk terbaik yang merawat bayi dan anak, Zwitsal, maka momen bonding bermakna jadi terwujud.
    Sampai sekarang, anakku uda pra-remaja pun masih pakai parfum dari Zwitsal. Supaya wangi bayi teruusss..

  • Celoteh Dini Hari
    Celoteh Dini Hari 4:29 PM

    Selalu seru kalau baca pengalaman parenting dari temen temen blogger

    Aku juga pengen nulis konten yg sama tapi belum ada anak. Hehe

    Zwitsal emang nggak pernah salah klo dijadikan pilihan di rumah ya Mbak aku

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 5:45 PM

    Anakku pakai body and hair washnya Zwitsal, hehehe. Momen bermakna saya hari ini bersama anak adalah main bola bareng di halaman rumah. Sepulang kantor, saya langsung mengajak si anak bungsu untuk bermain bola

  • Helenamantra
    Helenamantra 4:47 AM

    parenting style beda apalagi di keluarga sendiri kayaknya jadi ombak kencang dibanding komentar netizen, deh. Kalau di medsos kan ga ketemu yaa sementara keluarga besar apalagi kakek nenek yang serumah trus punya gaya parenting beda itu jadi kudu banyak sabar. Asal kompak sama suami, ibu lebih santuy menghadapinya.

  • Atisatya Arifin
    Atisatya Arifin 6:42 AM

    Wanginya Zwitsal itu khas banget, sampai aku belain beli body mist Zwitsal biar wanginya kaya bayi. Bener banget, jadi new mom itu berat banget deh kalau di Indonesia karena mesti menghadapi orangtua/mertua yang kebanyakan masih kolot dan udah outdated ilmunya. Eeh ditambah lagi netizen yang suka ikut-ikutan mengomentari. Jadi setuju sih sama yang Nikita bilang.

  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi 6:45 AM

    Sesibuk apapun ortu harus memiliki bonding yang kuat dengan anak, agar anak nyaman bersama ortunya

  • ceritanyahati
    ceritanyahati 6:57 AM

    NikWil dan suaminya nih orang tua yang lagi jadi idola masa kini karena parentingnya yang bagus dan mental yang sudah dianggap siap untuk punya anak. Emang nggak mudah ternyata punya anak tuh, kayak kita juga sebagai perempuan kadang punya banyak tekanan dari kanan kiri, apalagi soal pengasuhan. Makanya bonding yang erat sama anak itu paling tidak bikin kita bisa tahu maunya anak itu apa dan memahaminya.

  • Yanti Alif
    Yanti Alif 9:10 AM

    Jadi ingat pas anak2ku kecil pakai produk perawatan zwitsal karena produknya bikin kulit anakku halus dan bebas alergi dan momen bonding ibi dan anak memang saat memandikannya saat itu pasti kita bermain air saling ciprat2 trus ktawa bareng

  • Dian farida ismyama
    Dian farida ismyama 9:37 AM

    Idem mba. Tekanan saat jadi ibu baru itu ngeri sih menurutku. Makanya aq pgn mendampingi anak2ku kelak. Bonding pakai Zwitsal penting nih

  • Dian farida ismyama
    Dian farida ismyama 9:46 AM

    Sepakat mba, jadi ibu baru itu ngeri euy.mknya pingin mendampingi anak2ku nanti kalau udah punya baby. Bonding bareng anak pake Zwitsal penting banget ya

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 8:09 PM

    Zwitsal ini menemani aku bersama anak-anak dimasa balita, kulit jadi sehat dan wangi, masa bersama anak-anak emang gak bisa tergantikan

  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 12:54 AM

    Wah ternyata bisa ikut online ya
    Saya kira langsung offline di Jakarta sana
    Kelewat infonya
    Seru pastinya momen bonding sama anak

  • Fera Marentika
    Fera Marentika 12:40 AM

    akk, aku pake nih produk zwitsal sampe skr (ya iya lah masih punya bayi di rumah xD hihi). paling suka dengan sabun cair nya karena ga bikin kulit anak kering dan hair lotion nya. ngomongin event ini, aku setuju sih kalo bonding kita ke anak itu akan mempengaruhi emosinya. kita sebagai orang tua harus bener2 bisa mindfull dalam membersamai anak.

  • duniaeni.com
    duniaeni.com 7:59 PM

    Bonding ini memang penting banget ya buat emosi anak, terutama di masa depan. Nabung bonding sejak dini deh

Add Comment
comment url