Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok

Selain ketombe, rambut rontok merupakan permasalahan lain yang sering dikeluhkan seputar rambut. Nyatanya, banyak yang bingung bagaimana mengatasi rambut rontok. Masalah rambut memang bisa menjadikan seseorang kehilangan rasa percaya diri. Karena itu tidak sedikit yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk atau datang ke klinik khusus perawatan rambut.

mengatasi rambut rontok

Padahal ternyata kita bisa melakukan beberapa cara mudah lho untuk mengatasinya tanpa harus keluar uang banyak untuk perawatan di klinik kecantikan. Penggunaan bahan alami jauh lebih aman dan murah. Tanpa harus keluar rumah, mahkota kepala akan berkilau dan lebat kembali. Dengan beberapa langkah, kulit rambut akan menjadi kuat dan tidak mudah rontok lagi.


6 Cara Mudah Agar Rambut Tidak Rontok

Rambut rontok bisa karena banyak faktor. Kamu perlu mengenalnya sebelum melakukan perawatan. Tujuannya agar kerusakan tidak semakin parah. Semua orang pasti menginginkan rambut lebat, hitam dan menawan. Ternyata untuk merawatnya cukup mudah.

Akar rambut yang rapuh dan kulit kepala kurang sehat bisa menjadi penyebab rambut rontok. Jika tidak segera mendapat penanganan, bukan hanya menjadikannya tipis, namun juga kepala menjadi botak. Rambut yang sehat bisa mendukung penampilan sehingga seseorang terlihat semakin menarik. Berikut cara mudah mengatasi rambut rontok secara alami.


1. Tidak Terlalu Sering Keramas

Kebersihan rambut memang perlu dijaga, tetapi mencucinya terlalu sering justru bisa merusak rambut. Nutrisi pada rambut bisa hilang bersama shampo saat proses pencucian. Pertimbangkan untuk mencucinya dua hari sekali agar sehingga mempunyai jeda untuk mengembalikan nutrisi yang hilang.

Air yang paling bagus untuk keramas adalah air dingin. Meski air panas cepat menghilangkan kotoran, terutama lemak dan minyak, namun akan membuat akarnya rapuh sehingga mudah rontok. Jika tubuh kurang sehat dan tidak tahan dingin namun harus keramas, gunakan air yang tidak terlalu hangat sehingga membuat setiap helai tetap sehat.

2. Jangan Mengikat Terlalu Kuat


rambut rontok
source pic: dove.com

Ikatan rambut yang kuat dapat menariknya sehingga akar rapuh dan mudah rontok. Rambut yang selalu terikat akan menjadi kurang sehat karena sirkulasi udara tidak lancar. Selain itu, kotoran akan terjebak, menempel dan membuat kulit kepala kurang sehat. Ini menyebabkan akar rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

3. Pastikan Kulit Kepala Selalu Bersih

Menjaga kebersihan kulit kepala sangat penting. Jangan biarkan kotoran terlalu lama menempel. Debu dan kotoran lain menyebabkan pori-pori tertutup dan sirkulasi udara serta darah terganggu. Ini yang menyebabkan rambut rapuh. Selain mudah rontok juga patah dan bercabang.

Penggunaan kondisioner dan vitamin bisa membantu mengatasinya. Lapisan rambut yang normal dan sehat menjadikan debu dan kotoran lain tidak mudah menempel sehingga tetap bersih. Vitamin khusus rambut juga bisa menyediakan berbagai bahan penting untuk kesehatan rambut dan menjaga kulit kepala tetap bersih sehat tanpa ketombe.

Ketombe bukan hanya menyebabkan kulit kepala terlihat kotor dan rasa gatal, namun juga mengambil nutrisi sehingga rambut menjadi rusak. Kulit kepala yang berketombe menjadi tidak sehat dan menyebabkan rambut rusak.

4. Gunakan Shampo Sesuai Jenis Rambut

Shampo merupakan produk khusus rambut yang terbuat dari bahan tertentu. Jangan sembarangan memilihnya karena setiap varian mempunyai fungsi berbeda. Untuk rambut kering, pilih produk yang mengandung pelembab sehingga membuatnya selalu sehat. Begitu juga sebaliknya. Apabila berjenis rambut lembab, jangan memilih produk yang berminyak.

Pastikan setelah keramas mengeringkan rambut dengan benar. Penggunaan hair dryer yang terlalu panas membuat nutrisi hilang, kehilangan kelembaban, bercabang dan membuat akarnya rapuh. Sebaiknya gunakan sampai setengah kering atau biarkan kering secara alami.

5. Manfaatkan Bahan Alami


bahan alami rambut rontok

Berbagai bahan alami dapat membuat rambut menjadi kuat dan sehat. Urang-aring dapat membuat akarnya kuat sehingga tidak mudah terlepas. Lemon bisa menghilangkan ketombe yang membuat rambut menjadi rapuh dan patah. Manfaatkan bahan alami sesuai dengan kondisi masing-masing rambut sehingga nutrisi yang ada di dalamnya bisa bermanfaat untuk menyehatkan.

6. Perhatikan Nutrisi

Nutrisi makanan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit dan rambut. Protein bisa membuat akar rambut menjadi kuat dan berkilau. Kesehatannya yang maksimal menjadikan setiap helai selalu terlihat indah, tidak bercabang dan tidak mudah patah.

Vitamin A, B. C, D dan E dapat membuat akar rambut menjadi kuat sehingga tidak mudah rontok. Selain itu juga dapat membuat kulit kepala sehat, mencegah munculnya ketombe dan menjadikan rambut tumbuh subur.

Zinc merupakan zat yang mampu memperbaiki rambut rusak, mencegah kerontokan dan secara alami melindungi dengan memberi kelembaban. Perannya yang sangat penting bagi rambut perlu diperhatikan sehingga menjadikannya kuat.


Penutup

Masalah rambut rontok sering dialami oleh wanita, teruma pada masa kehamilan dan menstruasi. Penyebabnya karena kadar zat besi yang rendah. Sedangkan nutrisi tersebut sangat penting untuk mencegah rontok dan memperbaiki rambut yang rusak.

Mengatasi rambut rontok cukup mudah. Hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah kebersihan dan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Dengan perawatan di rumah dan memperhatikan beberapa poin di atas, akar rambut akan menjadi kuat sehingga tidak mudah rontok.



Semoga bermanfaat, 



Diah
Next Post Previous Post
26 Comments
  • Tira Soekardi
    Tira Soekardi 6:38 AM

    Aku jadi rontok rambutnya sejak melahirkan anak pertama terus yang kedua. Sudah banyak sih usaha sampai akhirnya biarlah. Tapi rontoknya hanya sesudah melahirkan saja

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 7:08 PM

    Ini sempet jadi PR ku lamaaa mba. Rontok ga karuan sampe tipiiis. Tapi memang aku usahain banget utk ttp makan yg bergizi, trus minum suplemen biotin. Ini ngaruh utk menguatkan rambut.

    Aku juga Bbrp kali ganti shampo saking ga ada yg cocok. Akhirnya Nemu sih, tapi memang harganya masih lumayan mahal 😄. Cuma Krn utk saat ini, yang paling cocok itu, jadi udahlaah aku ttp pakai.

    Dan memang jgn terlalu sering keramas. Aku yg tadinya olahraga tiap hari, yg ujung2nya hrs keramas Krn keringetan, jadi ngurangin waktu workout. Jadi 2 hari sekali supaya samaan dgn jdwal keramas 😁

  • Allamandawi
    Allamandawi 10:35 PM

    Rambut paksu beberapa tahun terakhir sering rontok, dia udah pusing banget coba shampo sana sini, tp alhamdulillah sejak gunain minyak kemiri tiap pagi rambutnya agak lebag lagi.

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi 2:04 AM

    Makasih infonya, Mbak Diah, terutama untuk poin pertama. Aku baru tahu, lo, kalau terlalu sering mencuci rambut ternyata menyebabkan rambut rontok. Berarti memang sewajarnya saja, ya, 1 atau 2 kali seminggu.

  • Rika Agustina Andria
    Rika Agustina Andria 2:37 PM

    Sebel banget sih emang kalo ambut rontok. Udah pakai vitamin tapi masih sama. Makasih kaka, tipsnya menarik dicoba.

  • Muyassaroh
    Muyassaroh 10:24 AM

    Sejak habis melahirkan, rambut rontok jadi masalah sehari-hari sampai dengan sekarang. Sudah ganti2 shampo tetap saja nggak bekurang sampai ngeri kalau habis rambutnya...kwkwk. Makasih mbak sharingnya, insya Allah dicoba. Kalau jarang diikat atau ikatannya longgar memang ada hasilnya mengurangi rontok.. cuma kebiasaan ngiket kenceng biar rambut rapi gitu...huhu

  • Antung apriana
    Antung apriana 10:58 AM

    wah aku rambutku sudah bertahun-tahun rontok parah nih, mbak sampai bingung mau diapain lagi biar nggak rontok. huhu

  • Mechta
    Mechta 5:59 PM

    Terimakasih tips-tips nya ya . Sepertinya rambutku sering rontok karena tiap hari diikat (meski tidak pakai karet rambut yg kencang itu) agar tetap rapi di balik kerudung. Mungkin aku harus mengimbangi nya dg nutrisi yg baik ya ..

  • Jalan-Jalan KeNai
    Jalan-Jalan KeNai 2:23 PM

    Kalau rambut saya udah kepanjangan biasanya mudah rontok. Jadi inget tanaman lidah buaya yang tumbuh lebat di rumah. Dulu tuh rajin merawat rambut pakai lidah buaya. Sekarang lagi mager banget. Padahal berasa manfaatnya

  • Maya Rumi
    Maya Rumi 4:29 PM

    tidak mengikat terlalu kuat atau terlalu sering, aku terapkan yang ini sih mba dan kalau sudah gak berhasil aku biasanya pendekin rambut, karena di aku kalau rambut pendek jadi lebih bervolume gak keliatan rambut menipis karena rontok

  • Ilma Purnomo (Mama Razin)
    Ilma Purnomo (Mama Razin) 8:49 PM

    Jadi inget waktu masih gadis, rambutku rontok parah. Kukira gara-gara baru mulai pakai kerudung. Tapi emang dulu suka males keramas sih. Kan ga diliat orang lain juga 😅 (mohon jangan ditiru)

    Rupanya, penyebab rambut rontokku gak cuma itu aja. Dulu porsi makanku dikiiit banget. Sampai suamiku protes. Jadilah aku disuruh makan banyak. Juga, setelah nikah kan wajar ya jadi sering keramas. Jadi inget Mas Kaesang 😂

    Ternyata dua hal itu ampuh mengurangi rambut rontok. Aku mau coba tips lainnya dari artikel ini. Mudah-mudahan bisa bikin rambut lebat juga 😁

  • Sabrina
    Sabrina 9:31 PM

    mba Diah tahu aja rambut saya sekarang sedang rontok, mungkin kalau melihat tipsnya di atas, yang sering saya lakukana dalah sering berkeramas hampir setiap hari dan sering banget seharina mengikat rambut jadi rambut rontok parah mba Diah, sampai sekarang, mungkin 1/3 rambut aku hilangnya mba, beneran parah banget rontoknya, sampai tipis rambutnya

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 12:37 AM

    Saking banyaknya rontokan rambut, saya jadi bingung bagaimana mengatasi masalah rambut yang sudah semakin meresahkan ini. Ketombe adalah salah satu penyebab rambutku rontok, hiks

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 7:50 AM

    Bukan cuma jenis kulit saja ya Kak yang perlu dipahami ketika dirawat, melainkan juga urusan rambut. Bisa jadi ya selama ini masalah rambut begini begitu nggak kelar kelar karena pemilihan shampoo yang nggak sesuai.

  • Ariefpokto
    Ariefpokto 11:28 AM

    Zaman pandemi kemaren bikin rambutku rontok lebih parah. Padahal di rumah aja. Mungkin karena stress. Sekarang lagi pemilihan dan bener jangan terlalu sering keramas. Sesekali rambut diistirahatkan. Supaya kulit kepala bersih Saya juga kadang pakai sabun pencuci muka yang ada scrubbnya supaya bersihin folikelnya

  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana 8:13 AM

    Abis lahiran anak pertama rambut rontokku lumayan parah sampai mendekati botak rasanya. Hamil dan melahirkan anak kedua ini beda. Dari sisi nutrisi aku perhatiin banget dan alhamdulilah, itu ngaruh ke kondisi rambut. Jadi nggak gampang rontok

  • Yanti Alif
    Yanti Alif 7:04 AM

    Usia bertambah perasaanku rambut terus rontok setiap hari emang sih salah satu penyebabnya mengikat terllau kencang sering aku lakuin kayaknya emang harus perhatikan asupan nutrisi yang aku makan stiap harinya ya supaya rambut sehat kembali

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 6:57 AM

    Rambut rontok ini memang jadi PR, tapi bisa kok diatasi. Yang pastinya dicari tahu juga ya rontoknya karena apa, sehingga solusinya bisa diketahui sesuai masalah

  • Antung apriana
    Antung apriana 8:29 AM

    makasih tipsnya, mbak. pas banget nih rambutku rontok banget belum ketemu juga cara yang ampuh buat mengatasinya

  • Julia.K
    Julia.K 5:28 PM

    Terkadang rambut rontok disebabkan dari shampo yang tidak cocok. Aku sekarang lebih pilih pakai bahan alami seperti kata mba Diah untuk ketombe bisa pakai lemon atau jeruk nipis nah untuk romtok bisa pakaai esential oil

  • Indri
    Indri 10:08 PM

    Penting banget nih aku catat apa saja penyebab rambut rontok karena aku sedang mengalaminhya pasca melahirkan hingga menyusui

  • lendyagassi
    lendyagassi 4:17 AM

    Baru sadar.. mengapa rambutku mudah rontok.
    Ternyata banyak penyebab yang sering aku lakukan, seperti mandi pakai air hangat banget, sehingga membuat akar rambut jadi mudah rapuh.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 2:36 PM

    Iya ya benar nih
    Rambut rontok juga dipengaruhi oleh nutrisi yang kita makan ya mbak

  • Farahdjafar
    Farahdjafar 9:08 PM

    Ternyata ikat rambut terlalu kuat mengakibatkan kerontokan yah, pantes banget aku sering banget rontok karena kalo kuncir kenceng banget 😭

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 12:40 PM

    Aku banget ini mbak rambut rontok huhu tapi malah kemarin pas hamil anak kedua berhenti rontoknya. Anaknya udah lahir eh rontok lagi wkwk ternyata kuncinya selain di rambut juga asupan makanan ya

  • Nabila Cahya Haqi
    Nabila Cahya Haqi 2:06 PM

    Aku kadang juga rontok mbak rambutku.. Tapi kadang ya enggak. Kalo hormon lagi berantakan biasanya emang rontok.

Add Comment
comment url