Ibu Rumah Tangga Berdaya Tak Terbatas dari Rumah dengan IndiHome, Internetnya Indonesia

Perempuan sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) memiliki peran penting dalam keluarga. Sebagai Ibu secara tidak langsung dituntut agar dapat melakukan berbagai tugas dan perannya di rumah untuk memenuhi segala kebutuhan semua annggota keluarga. 

Internetnya Indonesia


Namun, menjadi IRT bukan berarti tidak bisa mengembangkan skill yang dimiliki ataupun hanya sibuk dengan urusan dapur-sumur-dan kasur saja. Ibu Rumah Tangga saat ini juga bisa berdaya meski hanya berada di rumah dan mengenakan daster sebagai baju dinas harian. IRT bisa melangkah maju karena adanya perkembangan teknologi dan internet yang bisa digunakan sebagai sarana untuk naik kelas. 


Peran Ibu Rumah Tangga dalam Kehidupan Keluarga 


peran Ibu Rumah Tangga

Bukan bermaksud mengeluh tetapi membuka mata kita semua bahwa sebagai Ibu Rumah Tangga mempunyai job desk yang tidak tertulis dalam keberlangsungan keluarga. Seorang Ibu dituntut mampu berperan menjadi super woman dalam waktu bersamaan dari urusan mengasuh anak, menyiapkan masakan terbaik yang memiliki nilai gizi seimbang, mengatur keuangan keluarga dan lainnya. Berikut beberapa peran seorang IRT dalam kehidupan keluarga.  

  • Sebagai Manajer Keluarga; Sebagai Ibu harus bisa mengatur segala keperluan keluarga dengan baik, dari merencanakan, mengelola, mengevaluasi, hingga menyelesaikan masalah jika ditemukan sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.
  • Sebagai Pendidik; Kita pasti sering mendengar ungkapan "Ibu adalah madrasah pertama bagi anaknya" yang berarti bahwa sebagai seorang Ibu Rumah Tangga harus bisa memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anaknya. Mengajarkan hal-hal kecil dan juga bisa membantu anak-anak dalam proses belajarnya di rumah.
  • Sebagai Koki Keluarga; Tak bisa dipungkiri lagi, Ibu berperan penting dalam pemenuhan gizi keluarga. Tidak jarang dari seorang yang tidak bisa masak sama sekali, kemudian bisa menjadi lebih piawai memasak ketika telah menyandang status Ibu Rumah Tangga.
  • Sebagai Petugas Kebersihan; Seorang Ibu biasanya paling bawel soal kebersihan rumah, tidak pernah bosan untuk mengingatkan seluruh anggota keluarga agar rapi menyimpan barang-barang pada tempatnya dan juga menjaga kebersihan bersama. Ibu pun juga akan selalu memastikan setiap sudut bersih, pakaian anak-anak dan suami serta dirinya juga terjaga kebersihannya, karena menjaga kebersihan juga bagian dari iman serta gaya hidup sehat.
  • Sebagai Perawat Keluarga; Ibu secara tidak langsung menjadi perawat sekaligus dokter keluarga saat anak atau pasangan sakit. Memastikan yang sakit makan, minum dan istirahat yang cukup, serta mau mengonsumsi obat dan juga vitamin.
  • Sebagai Akuntan Keluarga; Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, serta memastikan segala sesuatu berjalan sesuai dengan perencanaan keuangan atau budget plan yang telah ditentukan agar keuangan tetap stabil dan tidak mengalami kekurangan. Disini seorang Ibu juga harus bisa mengontrol antara kebutuhan dan keinginan.
  • Sebagai Psikolog Keluarga; Selain mencatat keuangan, Ibu juga mencatat dan memperhatikan tahap perkembangan atau milestone anak sesuai dengan usianya, agar Ibu dapat mengetahui sejauh mana kemampuan anak dan dapat memberikan perlakuan yang sesuai kebutuhan anak. Selain berperan untuk memastikan perkembangan fisik anak, Ibu juga harus menjaga kesehatan mental anak dan pasangan.
  • Sebagai Designer Keluarga; Kebutuhan akan fashion juga penting diperhatikan, olehnya itu seoerang Ibu pasti akan memperhatikan pakaian yang cocok digunakan oleh semua anggota keluarga terlebih lagi jika sedang jalan bersama menghadiri suatu acara. Memastikan pakaian yang dikenakan oleh pasangan dan anak sudah sesuai, bersih, wangi dan enak dipandang mata. Ibu akan memilihkan pakaian yang cocok sesuai karakter dan juga tema acara yang akan dihadiri. Tidak hanya urusan pakaian, untuk dekorasi atau interior dalam rumah pun seorang Ibu punya peran dalam mengaturnya agar semua terlihat indah dan nyaman dan semua anggota keluarga bisa beraktivitas dengan baik.


Manfaat Internet Bagi Ibu Rumah Tangga

Dengan segudang peran yang dilakoni oleh seorang IRT, maka perlu baginya untuk selalu mengupgrade diri, belajar banyak hal agar banyak mendapatkan ilmu yang sesuai dengan kebutuhan Ibu dalam menjalani berbagai perannya di rumah. Memanfaatkan fasilitas teknologi melalui internet adalah salah satu cara yang dapat diambil oleh seorang IRT selain membaca buku

manfaat Internet bagi Ibu Rumah Tangga


Melalui internet Ibu bisa mendapatkan banyak hal baru, belajar dari pengalaman orang lain juga bisa menjadi sebuah pelajaran. Internet menyajikan banyak artikel yang sesuai dengan kebutuhan IRT begitupun video tutorial yang dapat menambah skillnya. Saat ini banyak ahli juga telah menggunakan internet sebagai media mereka untuk berbagi ilmu. Disinilah para Ibu Rumah Tangga bisa mengambil manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari seperti: 
 

Sumber Informasi

Yup, internet memberikan begitu banyak informasi yang bisa digunakan oleh seluruh penggunanya tak terkecuali untuk Ibu Rumah Tangga yang juga bisa menggunakan internet untuk mendapatkan informasi yang sesuai kebutuhannya. Artikel-artikel yang tersaji di internet beragam dan lebiih mudah dipahami karena ditampilkan dengan sangat menarik oleh para penyedia konten dengan tambahan infografis, fakta dari para ahli. 

Komunikasi

Melalui sosial media dan juga aplikasi chat, IRT bisa berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat yang terpisahkan jarak. Terlebih lagi dalam masa sulit saat pandemi, kehadiran internet sangat membantu untuk berkomunikasi, saling silaturahmi meski melalui virtual, serta saling support meski hanya sekadar bantuan semangat dari jauh. Kehadiran internet menyatukan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. 
 

Bisnis Online

Ibu Rumah Tangga dapat memanfaatkan keberadaan internet untuk melakukan penjualan online dari rumah sehingga bisa mereka pun bisa menambah penghasilan keluarga.
 

Upgrade Skill

Meski sebagai Ibu Rumah Tangga yang setiap harinya hanya berurusan dengan rumah, tetapi sangat penting bagi mereka untuk bisa mengupgrade skill yang dimiliki. Dengan kehadiran internet mereka dapat belajar secara virtual baik itu skill komunikasi, manajemen keuangan, masak, ataupun belajar soft skill yang berguna di era digital ini seperti edit foto dan video, fotografi dan lain sebagainya.

 
Hiburan

Dengan rutinitas yang monoton sehari-hari, Ibu Rumah Tangga tentu sangat membutuhkan hiburan sebagai bentuk self love agar mental Ibu tetap selalu waras. Internet bisa memberikan hiburan yang menarik untuk mereka seperti dengan mengikuti berbagai komunitas online sesuai hobi, nonton drama favorit, membaca novel online, mengikuti channel YouTube maupun podcast, dan hiburan lainnya.



Pengalaman Sebagai Ibu Rumah Tangga Memanfaatkan Internet dari Rumah

Sebulan setelah menikah di tahun 2014 lalu, project tempat saya bekerja berakhir dan tidak ada perpanjangan lagi kala itu. Saya pun hanya di rumah saja menjalani hari-hari sebagai IRT baru, kebetulan juga selang sebulan kemudian saya dinyatakan hamil. Sayangnya di tempat tinggal saya saat itu signalnya kurang mendukung, jangankan untuk internetan telpon biasa pun kadang geser sedikit metong, huhuh. Padahal waktu itu saya ingin mengisi hari dengan ngeblog atau bermain games online kesukaan saya yang sejak bekerja sudah jarang saya lakukan, heheheh.

Jadilah di tahun 2014 itu postingan di blog ini hanya hitungan jari saja, enam! Andai saja saat itu semesta mendukung dengan kehadiran internet yang lancar di tempat kami, mungkin saya bisa lebih banyak menulis perjalanan kehamilan pertama saat itu dan juga mencari informasi sebanyak mungkin tentang kehamilan dan persiapan menjadi seorang Ibu. Sayangnya kesempatan itu terbatas, jadi saya tidak cukup banyak bekal. Syukurnya kehamilan saya berjalan lancar dan tidak ada drama saat itu, Alhamdulillah. Saya juga masih cukup terhibur karena waktu itu bisa ikut group One Day One Juz, dimana dalam satu group Whats App dikumpulkan 30 orang untuk bersama-sama mengkhatamkan Al Quran setiap harinya.

Alhamdulillah awal tahun 2019 rumah kami siap untuk dihuni, meskipun hingga sekarang masih ada beberapa PR untuk merampungkannya tapi tak mengapa yang penting statusnya sudah menjadi milik kami. Kabar bahagianya lagi bahwa di samping rumah kami terdapat tiang milik Telkom which is berarti saya sekarang bisa daftar untuk pemasangan internet rumah, IndiHome dari Telkom doong. 

Tanpa menunggu lama, saya pun langsung mencari tahu bagaimana agar bisa memasang internet juga di rumah. Hari itu juga petugas survey datang ke rumah dan menyatakan bahwa masih ada jaringan yang tersedia untuk proses instalasi IndiHome di rumah kami. Bahagia gak? Bahagia doong, masa nggak! Akhirnya keinginan saya yang sudah lama bisa terwujud juga. Terlebih lagi saat itu saya sudah aktif ngeblog kembali dan mengubah blog gratisan saya menjadi Top Level Domain agar bisa menghasilkan cuan dari hobi ngeblog saya ini yang memang sudah cukup lama saya lakoni. 


Ibu Rumah Tangga Berdaya Dari Rumah dengan IndiHome, Internetnya Indonesia

IndiHome merupakan provider internet terbesar di Indonesia dari Telkom Indonesia. Sejak diluncurkannya IndiHome pada tahun 2015, provider ini menjadi pilihan keluarga Indonesia. Sebelum menjadi pelanggan IndiHome di tahun 2019 seperti yang saya sebutkan tadi, saya pun sebenarnya sudah merasakan layanan dan kualitasnya, makanya ketika tahu bahwa tempat tinggal saya yang baru memungkinkan saya untuk melakukan pemasangan internet dari IndiHome, saya tidak berpikir panjang lagi karena untuk saat ini hanya layanan IndiHome, Internetnya Indonesia ini yang bisa kami gunakan di daerah kami. 

IndiHome Telkom


Sejak menjadi pelanggan IndiHome di rumah, saya pun jadi bisa bebas untuk melakukan aktivitas ngeblog juga belajar upskilling dan reskilling seperti belajar fotografi secara online, belajar masak resep baru dari berbagai platform masak yang sekarang banyak beredar maupun dari YouTube dan sosial media, mengikuti berbagai webinar, dan juga tetap bisa terhubung dengan keluarga dan kerabat yang mana kami bisa video call dan bahkan pernah reuni via Zoom dengan teman-teman project dan juga teman-teman Pelayaran Kebangsaan saya. 

Tidak hanya itu saya pun juga menjadi Book Advisor buku-buku anak, jualan online juga meski hanya sebagai dropshipper saja itu pun tidak setiap hari saya lakukan. Saya masih lebih banyak meluangkan waktu sebagai seorang Blogger di sela-sela kesibukan mengurus keluarga dan juga rumah. Oh ya saya pun juga tidak lupa untuk menyempatkan diri mencari hiburan dari berbagai YouTube channel favorit saya. 

Dengan adanya IndiHome di rumah, ketika anak harus belajar dari rumah di masa pandemi, saya pun sangat terbantukan. Hal ini karena saya tidak perlu pusing lagi memikirkan kuota internet maupun jaringan dari provider telepon seluler sebab saya memilih paket yang lebih dari cukup untuk mengakomodir kebutuhan kami sekeluarga. 


Penutup

Dengan berkembangnya teknologi dan kemudahan mendapatkan layanan internet, saat ini Ibu Rumah Tangga pun bisa berdaya meski dari rumah saja. Ibu Rumah Tangga bisa merasakan manfaat internet bagi kehidupan sehari-hari tidak hanya untuk komunikasi tapi bisa berguna untuk mendapatkan hal termasuk mendapatkan penghasilan yang dikerjakan dari rumah. 

Nah, bagi sesama Ibu Rumah Tangga di luar sana yang masih belum memanfaatkan internet secara maksimal, yuk jangan tunda lagi untuk bisa maju. IndiHome dari Telkom Indonesia bisa kita gunakan sebagai jalan melihat dunia yang lebih luas ini. 

Jangan lupa sharing pengalaman Temans juga yuk tentang pemanfaatan internet sehari-hari di kolom komentar ya :)




Diah


Next Post Previous Post
23 Comments
  • Anisa AE
    Anisa AE 9:56 AM

    Indihome sekarang memang segalanya, ya, jadi solusi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan internet agar enggak boros dengan paket data. Apalagi untuk ibu rumah tangga yang juga kerja freelancer penting banget ini. Terima kasih informasinya!

  • HM Zwan
    HM Zwan 8:22 PM

    Dengan adanya internet hidup semakin luar biasa istimewa ya mbak, apalagi untuk ibu rumah tangga, ini sangat membantu sekali. Apa aja bisa dilakukan di rumah, termasuk belajar hal baru

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 12:18 AM

    benar mbak, internet memberikan manfaat besar sekali kepada kehidupan saya ibu rumah tangga, jadi bisa ikutan kelas online, bisnis online dan berbagai pertemuan online dengan ibu lainnya sehingga bisa berdaya meski dari rumah saja

  • nitalanaf
    nitalanaf 9:53 PM

    Dari internet, memang banyak ilmu untuk self upgrade para ibu rumah tangga. Apalagi ttg dunia anak, biar bisa tetap nyambung ngobrol dg anak2 yg Masya Allah istilah2 sekarang itu memang banyak banget yg baru 😀 Dulu saya di Jakarta juga langganan Indihome kok.

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 10:07 AM

    Segala sesuatu, asalkan dipergunakan dengan bijak, maka memberi banyak manfaat ya, Mbak. Termasuk kehadiran internet juga. Saya sebagai penulis freelance juga sangat terbantu. Tidak hanya cari informasi, job, juga bisa promosi buku, termasuk berbagi cerita di blog.

  • Putu Felisia
    Putu Felisia 6:48 PM

    Saya juga memakai Indihome dan terbantu Indihome hingga sekarang. Ibu rumah tangga memang tugasnya banyak. Sehat selalu ya, Mbak.

  • YSalma
    YSalma 11:02 PM

    Saya juga pernah punya pengalaman pindah ke tempat baru, tapi jaringan internetnya masih lumayan susah. Kegiatan online pun bye-bye untuk sementara.
    Merasakan banget dengan internet yang lancar, walaupun kita di rumah saja sebagai IRT, rasanya bisa menjelajah dunia luar setiap hari :)

  • Gusti yeni
    Gusti yeni 12:12 PM

    Setujuuuh keberadaan internet sangat membantu Ibu rumah tangga dalam berbagai hal, mulai berburu diskon kebutuhan dapur, info kesehatan sampai urusan menghasilkan cuan dari internet.

    Indihome dari Telkom sangat membantu masyarakat yang di pelosok untuk bisa mengenal internet juga, sukses selalu indihome

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 12:18 PM

    IndiHome membuat banyak orang berdaya, termasuk ibu rumahtangga ya kak, karena bisa belajar, komunikasi lancar, bahkan bisa cari cuan juga meski dari rumah

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 3:11 PM

    Ibu rumah tangga memang tugasnya itu war biasaak banget ya. Kalaupun gak ikut membantu suami soal nafkah, ibu rumah tangga tetep perlu koneksi internet yang lancar untuk hiburan, dan mencari informasi terkait.pendidikan ansk dan lainnya.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 3:37 PM

    Setuju mbak
    Berkat internet IndoHome, aku juga bisa tetap berkarya dan berdaya meski dari rumah

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 3:41 PM

    Manfaat internet untuk ibu rumah tangga memang banyak banget dan aku pun sudah merasakannya. Jadi bisa dapat penghasilan dari rumah deh untuk jajan anak-anak.

  • Heizyi
    Heizyi 7:33 PM

    Zaman udah canggih ya. Asal ada internet semua bisa diatasi. Apalagi problematika ibu-ibu di pagi hari. Mau masak apa ya tinggal tanya mbah gugel aja hehe

  • Ainun
    Ainun 9:02 PM

    Ibu rumah tangga sekarang bisa tetap upgrade ilmu melalui internet. Semua informasi yang dibutuhkan ada di internet.
    Kadang kalau pas ngerjain kerjaan yang urgent dan butuh koneksi internet cepet, terus tiba tiba lemot, memang bikin kesel ya mbak

  • T. Retno
    T. Retno 9:05 PM

    Bagiku, menjadi ibu rumah tangga itu bukan "hanya" atau "cuma". Sayangnya banyak yang seperti minder dan bilang, "Saya sih HANYA ibu rumah tangga." Semoga nih, makin luasnya akses internet, IRT bisa meningkatkan kualitas dirinya dan nggak minder lagi.

  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani 9:42 PM

    Dengan internet lancar, bisa jadi mempermudah berbagai aktivitas yaaa. Menyenangkan sekali bisa produktif meskipun hanya di rumah ❤️

  • duniaeni.com
    duniaeni.com 10:57 PM

    Ibu rumah tangga jaman sekarang tanpa internet bagaikan sayur tanpa garam ya, Mba

  • Witri
    Witri 11:00 PM

    zaman now, jaringan internet ngaruh banget Mbak. enggak cuma buat mencari informasi, tapi buat komunikasi dan hiburan juga. aku selalu kezel kalau jaringan internet lelet, pekerjaan amburadul, ada info jadi enggak update, eh komunikasi juga terhambat.

  • lendyagassi
    lendyagassi 11:18 PM

    Betul sekali.
    Ibu dengan banyak dan luas jangkauannya membuat internet menjadi salah satu cara dan sarana agar Ibu terus bisa bertumbuh.

  • Nimas Achsani
    Nimas Achsani 11:25 PM

    Aku tim rempong kalau wifi nggak lancar mbak, langsung telfon suami kalau ngadat hahaha internet emang penting banget sih buat IRT ya,

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 10:17 PM

    Aku suka banget dengan kehadiran indihome masuk gang rumahku. Jadi lancar deh. 3 th menunggu jalur masuk hihi.... Sekarang kerja jadi lebih mudah di rumah aja.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 10:53 PM

    Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga memang banyak macamnya ya. Apalagi sekarang ini sudah banyak juga IRT yang terjun di dunia bisnis online. So far pekerjaannya juga nggak bisa pisah dengan internet. Untung didukung dengan jaringan yang stabil dari IndiHome ya Kak jadi urusan pekerjaan yang membutuhkan internet bisa lancar jaya

  • Ade UFi
    Ade UFi 11:59 AM

    Di era digital begini, IndiHome memang ngebantu semua kalangan yaa termasuk IRT. Bis berbagi informasi apapun.

Add Comment
comment url