Pengalaman 3 Bulan Belajar Bahasa Inggris di Web Aplikasi LEXO LAB

Bukan rahasia lagi bahwa salah satu bahasa yang harus dikuasai oleh anak adalah bahasa Inggris. Semakin cepat anak bisa menguasai bahasa Inggris, maka semakin bagus juga untuk perkembangan bahasanya. Apalagi anak-anak itu bisa lebih cepat untuk belajar hal baru, termasuk bahasa asing karena mereka lebih banyak waktu dan energi untuk berkomunikasi, tidak takut salah dan punya motivasi yang lebih tinggi untuk menguasai sesuatu. Namun tentunya anak tidak boleh melupakan bahasa Ibunya juga dong ya. 


review belajar di LEXO LAB Indonesia


Dalam bahasa Inggris sendiri ada beberapa skills dasar yang perlu dipelajari agar kita bisa menguasai bahasa tersebut yaitu: Listening, Speaking, Reading, dan Writing. Keempat skills atau kemampuan dasar ini saling berhubungan satu dan lainnya. Di samping itu pula Vocabulary dan Pronunciation juga sangat berperan agar dalam bercakap bahasa Inggris, lawan bicara kita dapat mengerti dengan jelas apa yang ingin kita sampaikan. Jika telah menguasai skills dasar tadi maka untuk belajar Grammar atau tata bahasanya pun nantinya akan lebih mudah.

Belajar Bicara Bahasa Inggris di Web Aplikasi LEXO LAB Indonesia 


Beruntunglah jaman sudah semakin canggih, sekarang anak dapat belajar bicara bahasa Inggris dari sekitarnya. Baik dari orang tua, tontonan mereka, game ataupun juga ikut belajar di tempat kursus apalagi sekarang sudah bisa belajar online lewat web aplikasi juga. Jadi, orang tua tidak perlu khawatir lagi anak harus keluar rumah untuk kursus sementara sekarang masih dalam situasi pandemi seperti ini. 

Seperti pengalaman Faraz yang sudah hampir tiga bulan ini belajar di LEXO LAB Indonesia. Sebuah web aplikasi belajar bicara bahasa Inggris untuk anak yang bisa buat anak belajar bicara bahasa Inggris dengan cara menyenangkan seperti halnya anak belajar bahasa Ibu. 

Sebelumnya saya pun sudah pernah cerita tentang fitur menarik dari web aplikasi belajar bicara bahasa Inggris yang bisa digunakan anak di Android maupun PC ini secara mandiri karena LEXO LAB sangat mudah dioperasikan. 

Materi pembelajaran di web aplikasi LEXO LAB ini lebih menekankan anak agar bisa melafalkan kata ataupun frase dengan benar. Yup, Pronunciation lebih ditonjolkan disini agar anak nantinya bisa lebih percaya diri dalam praktek Speaking atau berbicara bahasa Inggris. Namun jangan salah, karena semua skills dasar yang dibutuhkan dalam menguasai bahasa Inggris juga diaplikasikan kok. 



10 Pilar Akuisisi Percakapan yang Diterapkan Web Aplikasi LEXO LAB


LEXO LAB Web Aplikasi belajar bicara Inggris untuk anak


Dasar pembelajaran di LEXO LAB yaitu berbasis pada pendekatan universal yang mana ini merupakan suatu cara yang efektif dalam proses belajar. Ada 10 hal dasar akuisisi percakapan yang diterapkan pada proses pembelajaran menggunakan web aplikasi LEXO LAB yaitu: 


1. Input yang Mudah Dipahami

Mengenal suara adalah hal pertama yang ditanamkan saat belajar bahasa. LEXO LAB memberikan pengalaman menarik bagi anak dalam belajar melalui penggabungan suara atau pelapalan kosakata dengan tepat disertai dengan alur cerita dan ilustrasi yang unik yang membuat anak lebih mudah mengerti kata atau kalimat yang disajikan. 

Gambar-gambar yang ditampilkan tidak hanya dibuat dengan indah tetapi secara khusus dan terstruktur agar dapat membuat anak mudah memahami kosakata di setiap buku atau chatpodsnya.


2. Hipotesa Akhir dan Teori Akuisisi Keterampilan Berbicara 

Berikutnya LEXO LAB membantu anak agar lebih mudah untuk memulai berbicara dalam bahasa Inggris dengan tepat. Sebab berbicara adalah gabungan dari pengetahuan dan keterampilan yang diasah secara terus-menerus dan konsisten untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris anak secara lisan. Tidak hanya itu, berbicara juga merupakan proses mempertimbangkan kata-kata apa yang harus diucapkan, bagaimana urutannya, sehingga anak akan memiliki kemampuan untuk mengucapkan kata dengan benar.

Anak diajarkan mulai dari menyebutkan satu suku kata, kemudian dua suku kata, dan seterusnya hingga menjadi sebuah kalimat sederhana. Mereka dilatih untuk latihan secara rutin untuk berbicara bahasa Inggris.


3. Anak Menyadari Kesalahan dan Mengoreksi Secara Mandiri

Dengan menyadari kesalahan, anak dapat mengidentifikasi pola yang benar dan mencoba kembali kata yang masih salah. Di LEXO LAB, anak dilatih untuk belajar mandiri dan diberi kesempatan untuk mengoreksi kesalahan yang dibuatnya agar mendapatkan nilai yang lebih baik.

Anak dapat mengulang contoh suara dari kata atau kalimat yang diberikan kemudian mencobanya lagi dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Seperti Faraz yang selalu penasaran jika merasa sudah mengikuti contoh suara yang benar namun ternyata hasilnya masih keliru. Tidak mau putus asa, dia pun terus mencoba hingga mendapatkan nilai yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan saya sering melihat dia baru akan pindah ke buku selanjutnya jika semua nilainya mendapat bintang lima. Yup, sepenasaran itunya dia.


4. Kesempatan Mengulang Kembali Pelajaran

Belajar bahasa Inggris tentu membutuhkan proses pengenalan yang berulang. Agar anak bisa lebih mahir dengan yang telah dipelajarinya, Web aplikasi belajar bahasa Inggris anak di Android ini memberi kesempatan kepada anak untuk mengulang kembali pelajaran mereka yang dianggap masih kurang.

Anak dapat belajar kembali sambil bermain melalui aktivitas Games Pod, dimana anak tidak hanya belajar diajarkan kosakata, tapi juga menguji pengetahuan, dan memberikan kesempatan pada anak untuk berlatih lebih lanjut berdasarkan performa dari latihan mereka sebelumnya.

5. Identifikasi Pola Kesalahan 

LEXO LAB memantau perkembangan anak termasuk beberapa kesalahan berulang yang sering kali dilakukan oleh anak setiap kali berlatih berbicara bahasa Inggris. Dengan mengenali pola kesalahan dari hasil analisis, ini dapat memudahkan tim LEXO LAB untuk memahami secara terperinci kebutuhan belajar anak, baik dari segi kecakapan dan kelemahan.

Orang tua pun juga dapat memantau perkembangan belajar anak dan bagian mana yang harus diperbaiki. Kalau menurut laporan hasil belajar Faraz selama ini ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki seperti penyebutan /d/ /s/ /ah/ yang muncul pada kata-kata seperti “ride”, “school”, “chicken


6. Umpan Balik Korektif

Selain memantau perkembangan anak termasuk kesalahan penyebutan fonetik saat berlatih, LEXO LAB pun menyediakan analisis kesalahan yang spesifik untuk mengidentifikasi letak kesalahan dengan tepat dan juga kapan terjadinya.

Dengan adanya feedback machine anak bisa melihat letak kesalahannya dan mengulang kembali dengan melafalkan kata maupun kalimat yang tepat agar kesalahan tidak terjadi berulang.


7. Instruksi Remedial 

Tidak hanya mengidentifikasi pola kesalahan anak dalam pengucapan, Web aplikasi belajar bahasa Inggris anak PC juga memberikan solusi dengan menambahkan kesempatan remedial yang dirancang khusus oleh para ahli agar anak dapat fokus memperbaiki kesalahan berulang serta mengasah keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka.


8. Struktur Pelajaran yang Kompleks dan Terstruktur 

Setiap chatpod atau modul terdiri dari 4 buah buku yang berisi cerita yang terstruktur dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Kata dan frasa yang diajarkan adalah hasil pilihan dari hasil kombinasi suara dan struktur tata bahasa. Setiap cerita memiliki fokus yang sangat spesifik dan sesuai dengan hasil pembelajaran yang diinginkan.


9. Keterlibatan dalam Bercerita 

Web Aplikasi LEXO LAB disusun agar proses belajar menjadi menyenangkan dan nyaman bagi anak-anak dalam menyelesaikan kegiatan belajar. Kurikulum dalam LEXO LAB Indonesia mengajak dan memotivasi anak untuk terlibat dalam setiap cerita yang tentu akan membuat anak menjadi senang. Dengan mendengarkan cerita akan memudahkan anak dalam mengenal ritme asli bahasa dan sadar akan intonasi, tekanan suku kata dan juga tekanan pada kalimat.

Menurut Faraz, salah satu cerita dari chatpod yang telah dipelajarinya, dia menyukai cerita tentang “Meet Jane” pada chatpod ketiga itu bercerita tentang Jane yang memiliki hewan peliharaan.



10. Belajar dengan Bebas Stress 

Setiap anak tentu mengingin belajar yang santai namun serius sehingga anak tidak merasa tertekan dan menjadi stress dengan pelajarannya, terlebih lagi dengan belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris dimana membutuhkan banyak praktek dalam percakapan yang dapat membuat anak rentan terkena dampak negatif dari pengaruh stress.

Maka dari itu, LEXO LAB mengajak anak untuk berlatih sesering yang mereka inginkan, dan mereka pun juga bebas memilih waktu belajarnya sendiri. Akan tetapi sebaiknya belajar bahasa itu perlu dibatasi waktu maksimalnya dalam belajar yaitu cukup 30 menit setiap hari atau satu kali sesi belajar. Agar anak tidak cepat merasa bosan dan menjadi stress belajar bicara bahasa Inggris.


Pengalaman Belajar Bicara Bahasa Inggris Faraz Selama 3 Bulan di Web Aplikasi LEXO LAB Indonesia


web aplikasi belajar bahasa Inggris anak android


Faraz termasuk anak yang memiliki tingkat penasaran cukup tinggi, begitupun dengan keinginannya untuk bisa menguasai bahasa Inggris karena bahasa asing yang satu ini cukup dekat dengan kesehariannya dalam bermain game ataupun menonton di YouTube. Sejak berapa tahun terakhir ini dia memang begitu tertarik dengan bahasa Inggris.

Ketika saya membaca cerita beberapa teman Blogger mengenai pengalaman mereka mengenalkan Web Aplikasi belajar bahasa Inggris anak free ini saya pun langsung tertarik dan coba menawarkan Faraz untuk belajar di LEXO LAB juga. Kebetulan saat itu saya melihat ada free trial selama 5 hari, jadi bisa uji coba dulu kan ya. Sekalian melihat antusiasme Si Kakak dalam belajar online melalui web aplikasi belajar yang satu ini.

Sejak pertama belajar, dia begitu suka dengan fitur-fitur yang disuguhkan oleh LEXO LAB pun begitu juga dengan cerita-cerita di setiap chatpod. Setiap hari dia berlatih hingga masa trialnya berakhir dan saya pun melanjutkan berlangganan 3 bulan untuknya, pas banget saat itu ada promo berlangganan Rp 150.000,- selama 3 bulan dari harga normal Rp 225.000,- lho. Hmm, mayan hemat kan ini.

Web Aplikasi LEXO LAB ini merupakan web aplikasi belajar bicara bahasa Inggris buatan sebuah perusahaan dari New Zealand yang memang menghadirkan cara belajar yang sangat menyenangkan bagi anak-anak karena dilengkapi dengan ilustrasi cerita yang menarik. Selain itu, suara dari Native Speakernya pun jelas saat memberikan contoh kata atau frasa yang harus dipraktekkan oleh anak. Meski terkadang karena kendala koneksi anak jadi harus menunggu agar chatpod dan buku-bukunya terbuka sehingga anak bisa belajar.

Sejauh ini Faraz telah menyelesaikan 14 chatpods dan sekarang masuk di chatpods 15, itu artinya Faraz masih butuh 46 chatpods lagi agar semua modulnya tuntas. Dari hasil laporan belajar Faraz yang dikirimkan oleh LEXO LAB ke email saya menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan berbicara Faraz meningkat dari sebelumnya, meskipun ada beberapa poin penting yang menjadi catatan untuk ditingkatkan.

Dalam keseharian, saya melihat tingkat percaya dirinya dalam bicara bahasa Inggris memang mengalami kemajuan. Sekarang dia semakin semangat ketika berkumpul dengan saudara-saudara sepupunya yang memang sehari-sehari suka dan lancar berbahasa Inggris. Saya pun juga melihat Vocabulary yang dimilikinya juga makin banyak. Sewaktu mudik ke rumah Mertua pekan lalu, Faraz berkumpul bersama saudara sepupu-sepupunya yang lain dan disana dia banyak ditanya oleh mereka tentang nama benda, kata kerja, dan lain sebagainya.

Overall, saya puas dengan usaha Faraz dalam belajar bicara bahasa Inggris di LEXO LAB. Kedepan akan jadi PR juga buat saya untuk terus membantunya agar bisa belajar mandiri seperti saat belajar di Web Aplikasi LEXO LAB.


Penutup


Seperti yang saya sebutkan tadi bahwa saat membeli kelas 3 bulan LEXO LAB ini saya hanya membayar Rp 150.000,- untuk 3 bulan karena saat itu sedang ada promo. Psst, kabar baiknya nih promo itu masih berlaku lho. Yuk, buruan daftarkan anak Moms and Dads di LEXO LAB juga ya.


Web aplikasi belajar bahasa Inggris anak free


Oh ya, ada free trial selama 5 hari juga lho. Cus, buruan manfaatin kesempatan ini ya dan belajar di LEXO LAB juga, web aplikasi belajar bicara Inggris yang memiliki fitur keren dan dasar pembelajaran yang memang dibutuhkan anak untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Semoga review hasil pengalaman belajar Faraz ini bisa bermanfaat buat kita semua ya. Karena belajar bahasa Inggris itu memang sangat dibutuhkan oleh anak sebagai bekal masa depannya.




Diah
Next Post Previous Post
31 Comments
  • Lita
    Lita 11:45 PM

    Alhamdulillah bisa buat anak saya belajar juga. Karena memang ponakan saya banyak yang bisa bahasa inggris sedikit2.

  • Apura
    Apura 12:11 AM

    Keren nih Faraz sudah makin lancar ya ngomong inggrisnya? Memang harus diasah skillnya. Ikutan kursus online gini juga menyenangkan kalau tempat belajarnya oke mavam Lexo Lab

  • Pradita Cyntiawati Yoga
    Pradita Cyntiawati Yoga 4:03 AM

    anak mom sudah diperkenalkan bahasa inggris dari usia berapa? karena aku juga pengen anakku bisa multi bahasa

  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 5:43 PM

    Wah saya jadi pengen belajar Inggris lagi deh kk. Kira2 buat emak2 kek saya ada kelas juga gak ya?

  • Arda Sitepu
    Arda Sitepu 8:18 PM

    Anak saya juga senang banget dengan bahasa mbak. Apalagi khusus Bahasa Inggris di Lexo Lab ini pasti menyenangkan dan cocok untuk anak.

  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri 9:02 PM

    Wah pastinya ananda semakin pintar dan fasih ya belajar bahasa inggrisnya. Untung saja ada Lexo Lab , ini jadi solusi buat anak untuk belajar bahasa inggris

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 4:50 AM

    Nambah lagi referensi belajar bahasa Inggris online untuk anak. Dari ke-10 poin akuisisi percakapan di atas aku bisa simpulkan bahwa Lexo Lab ini menekankan pada pembelajaran interaktif yaa, ga asal terkejar materi

  • Meriska PW
    Meriska PW 6:21 AM

    Menarik banget metode yang ditawarkan dan yang terpenting bisa membuat anak belajar tanpa merasa stres supaya apa yang dipelajari juga mudah dipahami. Kalau terpaksa, yang ada malah ilmunya gak masuk :D

    Harganya juga terjangkau ya, berarti sebulan cuma Rp 50 ribu doank. Les private inggris aja gak ada yang semurah ini kayaknya.

  • Siti Faridah
    Siti Faridah 2:41 PM

    Sekarang anak-anak makin mudah belajar Bahasa Inggris dengan aplikasi LEXO LAB ya, Mbak. Kalau dulu aku sering ikut les Bahasa Inggris setelah pulang sekolah.

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 9:56 AM

    Anak-anak pasti senang banget ya mbak belajar di LexoLab karena memang programnya bagus, selain itu tampilan visualnya pun menarik. Kebetulan aku sudah pernah coba untuk anakku juga.

  • Eni Martini
    Eni Martini 9:32 PM

    Gak terasa sudah tiga bulan aja ya, semoga semakin lancar deh ke depannya. Abang Pendar masih belajar bertahap sih untuk lafal tuh

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 11:01 PM

    wah sekarang makin praktis ya mau belajar bahasa asing :) anak-anak juga lebih mudah belajar karena medianya lebih menarik, keren nih

  • Dennise Sihombing
    Dennise Sihombing 8:27 PM

    Cara belajar bahasa Inggris di LEXO LAB Indonesia sangat menyenangkan ya mom.Anak jadi berani untuk berbicara.Harga yang terjangkau ya mom 150.000 untuk 3 bulan

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 9:48 PM

    Lumayan ringan ya harga langganannya. Apalagi anak bisa dikoreksi secara langsung dan jadi paham bahasa inggris dengan lebih mudah selama belajar menggunakan LEXO LAB.

  • Kesih Latief
    Kesih Latief 11:17 PM

    Ini dr umur brp tahun yak, Kl ank TK sdh bisa ikutan lom ya? Sdh bs baca tulis sih ..

  • Yanti Alif
    Yanti Alif 5:00 AM

    Supaya anak mau belajar bahasa inggris dan cepet mengerti emang cara belajarnya harus menyenangkan y mba di LEXO LAB indonesia sudah bagus nih..pngen dftarin anakku jga deh

    • Rach Alida Bahaweres
      Rach Alida Bahaweres 1:18 PM

      Wah ini mengajarkan anak mandiri ya. Dan dia juga jadi belajar untuk tahu ketika ada kesalahan yang ia ucapkan misalnya ucapan.. Makasih mba

  • Indri
    Indri 1:03 PM

    Sudah sering banget lihat review belajar di LEXO LAB kayaknya oke nih buat anakku

  • Mugniar
    Mugniar 11:25 PM

    Faraz tawwa .. sudah belajar di Lexo Lab ... kalau Tante Niar ke Kendari, ajari bahasa Inggris ya Faraz ;)

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 12:15 AM

    Web aplikasi LEXO LAB ini sangat membantu anak-anak dalam melafalkan pronunciation secara tepat ya Mbak. Faraz pasti enjoy banget ya belajarnya soalnya cerita di tiap booknya menarik semua.

  • Okti Li
    Okti Li 12:15 AM

    Kalau anak senang belajarnya, tidak terasa udah tiga bulan aja menjalani pembelajaran bahasa Inggris ini ya ...
    Semoga anak saya juga bisa cocok oke bisa belajar bahasa asing disini

  • Mutia Nurul Rahmah
    Mutia Nurul Rahmah 1:06 PM

    Seakrang belajar bahasa inggris semakin mudah dan pastinya praktis banget menggunakan Lexo Lab ini. Kelihatannya materinya oke juga

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com 5:19 PM

    Faraz ganteng, makin ganteng ih jadi pintar bahasa Inggris, mamaknya juga emang pintar bahasa Inggris sih ya.
    Kakak Darrell nih yang udah kursus bertaun-taun, saking jarang pake bahasa Inggris, hilang semua ilmunya.
    Jadi teracuni pengen cobain Lexo Lab, menarik ini mah buat anak-anak ya :D

  • lendyagassi
    lendyagassi 2:18 AM

    Pandai berbahasa asing memang membutuhkan kebiasaan dan lingkungan yang mendukung yaa, kak Diah.
    Salah satunya dengan belajar di LEXO Lab. Tempat belajar yang seru bagi anak untuk bisa banyak mencoba gamifikasi bahasa Inggris.

  • Helenamantra
    Helenamantra 8:23 AM

    seru seru seru! belajar bahasa Inggris melalui gamifikasi di LEXO LAB bikin anak semangat kumpulin bintang lima. Asiknya masih promo 150ribu dapat 3 bulan yah. Makasih ulasan detailnya, mbak. Ku ajakin anak dulu nih buat kenalan dengan lexo lab.

  • Yanti Ani
    Yanti Ani 11:20 AM

    Menarik sekali mba, ternyata materi belajar bahasa inggris di Lexo terstruktur banget ya. sepertinya boleh nih direkomendasikan ke sepupu saya biar anaknya belajar di LEXO aja

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani 12:24 PM

    Sekarang fasilitas untuk belajar sudah tersedia dengan mudah, ya. Sekarang tinggal anaknya saja, mau atau tidak belajar Bahasa Inggris. Karena bahasa ini banyak diperlukan untuk masa depan mereka

  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani 1:32 PM

    Wah harga promonya sangat terjangkau ya.. Apalagi belajar melalui Lexolab menggunakan metode yang disukai anak anak...

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 3:12 PM

    Way to go, Faraz! Learning English is really something! And as I keep saying to everyone, including my kids, learning English is FUN. Once you like it, you will definitely enjoy and speak English fluently

  • Leyla Hana
    Leyla Hana 4:32 PM

    Wah murah banget ya 3 bulan cuma bayar 150 ribu. Kelihatannya bagus nih Lexo Lab untuk nambah kemampuan bahasa Inggris anak.

  • Yuniari Nukti
    Yuniari Nukti 2:06 PM

    Pembelajaran bahasa inggris yang asik ya Mbak di LEXO LAB, anak-anak jadi semangat belajar bahasa asing. Murah banget lho hanya Rp. 150.000 selama 3 bulan

Add Comment
comment url