Ragam Manfaat Bermain Kartu Bagi Kehidupan Sehari-hari

No debat lagi ya kalau bermain game itu tidak selamanya buruk. Banyak kok game yang bermanfaat  untuk orang dewasa maupun anak-anak. Bermain game juga dibutuhkan untuk otak kita untuk melatih fokus dan konsentrasi. Salah satu game yang rasanya semua orang suka dan bisa dimainkan secara offline maupun online ya kartu. Bisa dimainkan dengan menyusun kartu secara fisik maupun dari layar. Nyatanya banyak juga lho manfaat bermain kartu bagi kehidupan sehari-hari. 


manfaat bermain game


Hayo siapa nih yang sering main kartu remi, permainan 41, Hearts, Cangkulan, UNO dan lainnya? Permainan yang paling akrab di tengah kita yang biasa dilakukan di waktu senggang. Itu versi tradisionalnya atau yang bisa langsung dipegang. Kalau versi modern yang mengandalkan layar juga tentu ada dong bahkan sekarang bermain kartu secara online pun juga ada. 


Solitaire! Siapa yang gak ingat permainan kartu yang satu ini? Permainan yang mulai di kenal sejak tahun 90-an dari Microsoft Windows ini memang selalu menjadi teman setia ketika bosan atau suntuk di depan layar. Ada yang setuju kah? Tentu dong bahkan saya yakin sampai sekarang pun masih banyak dari kita yang memainkan pemainan Solitaire ini. 

Manfaat Bermain Kartu 


Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa bosan, seperti melakukan hobi atau bisa juga dengan bermain. Baik itu permainan yang dapat dikerjakan di dalam maupun di luar rumah. Salah satu permainan yang bisa dilakukan bersama-sama adalah bermain kartu, yang tidak hanya sebagai pengusir rasa bosan tapi kita juga bisa mengambil manfaat lain dari bermain kartu lho yang mungkin selama ini tidak kita sadari. Apa aja sih manfaat bermain kartu itu? 

1. Melatih Daya Ingat dan Konsentrasi


Dalam bermain kartu tentu tentu kita harus mengingat kartu yang ada di tangan, meski cuma punya dua warna dan juga 4 jenis tapi jika kurang konsentrasi bisa jadi salah menurunkan kartu. Tidak cuma mengingat kartu yang kita miliki tapi juga mengingat kartu lawan main kita untuk mengatur strategi jitu dalam memenangkan permainan. 

2. Belajar Mengatur Strategi 


Seperti yang saya sebutkan pada poin sebelumnya, dengan bermain kartu kita jadi bisa belajar untuk mengatur strategi, kartu mana yang harus diturunkan terlebih dahulu atau kita dapat mengambil peluang baru dari kartu yang dilepaskan oleh lawan seperti di permainan 41, bisa jadi kan kita yang nantinya akan menang duluan. 

3. Belajar Sportif dan Disiplin


Setiap permainan tentu punya aturan sendiri, disinilah kita harus menerapkan sikap jujur atau sportif dalam bermain, tidak boleh curang dan menjadi disiplin dalam bermain. Jangan sampai belum waktunya bergerak kita duluan yang jalan. Tidak kalah pentingnya juga adalah sikap sportif dalam menerima kekalahan. Bukankah menang kalah sudah biasa dalam permainan? Jadi jangan sampai baper atau ngambek ya kalau kalah. 

4. Quality Time


Yups, benar! Dengan bermain kartu kita jadi bisa punya waktu berkumpul bersama dan sejenak bisa melupakan kesibukan masing-masing, termasuk pause screen time dulu biar bisa punya quality time untuk keluarga. Otomatis bonding juga jadi terbangun kembali kan. Tidak hanya bermain kartu secara offline yang bisa buat kita jadi dekat kembali dengan keluarga atau orang sekitar, tapi dengan bermain kartu online pun bisa banget. Caranya bisa gantian bermain, ya model battlenya semacam kalah ganti gitu deh. Saya sering tuh main kartu dengan cara seperti ini ama PakSu yang memang suka bermain Solitaire. Apalagi sekarang ada Solitaire.org yang punya puluhan jenis kartu yang bisa dimainkan bersama bahkan ada permainan untuk anak-anak juga lho

 

Bermain Games di Solitaire.org


Sejak tahu website yang satu ini, lagi-lagi seperti kembali ke masa lalu. Belakangan permainan masa kecil emang pada bermunculan ya namun dikemas dengan menarik sesuai perkembangan dan juga karakter/kartun yang sedang hype

Mana nih yang dulunya suka bermain kartu dari games bawaan Microsoft Office berupa Solitaire Klondike, Freecell dan Spider? Atau ada yang juga suka main Minesweeper seperti saya yang gemes banget karena baru klik dikit udah kena bom? Hihihih, sini, sini merapat ada yang baru nih. 

Apa aja sih games yang ada di Solitaire.org? 


bermain kartu Solitaire


Kalau sebut Solitaire kita pasti ingatnya game kartu kan ya, eits tapi di Solitaire.org ini tidak hanya menyediakan permainan kartu saja kok tapi juga banyak game lain yang bisa membantu kita untuk mengasah otak lho. Tapi memang sih kebanyakan gamenya adalah yang berbau kartu. Penasaran? Langsung cek aja yuk. 


🔍 Solitaire 

Pasti masih ingat kan ya cara bermain game ini? Yup, menyusun kartu berdasarkaan jenis dan warnanya menjadi urutan yang sesuai yaitu: K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A tanpa ada campuran. Nah, menariknya nih sekarang jadi banyak banget variasi game kartunya lho, tidak melulu menyusun kartu berdasarkan urutan itu saja sih ada juga yang mengharuskan kita mengatur strategi untuk menyusun kartu hingga berjumlah 13. Di menu Solitaire ini terdapat puluhan game kartu yang bisa kita pilih namun ada 6 game popular yang semuanya itu berhubungan dengan kartu yaitu: Klondike, Freecell, Spider, Pyramid, Tripeaks, Golf. Nah, kalau permainan kartu ini seringnya main bareng PakSu, siapa yang kalah ganti tapi kebanyakan sih yang ada dia mulu yang main gegara penasaran.



Tripeaks Solitaire


Kalau saya sih, selain versi jadulnya Solitaire yang diremake ini saya juga suka yang Tripeaks yang mana kita ditantang untuk menghabiskan kartu yang ada di atas dengan cara mencari pasangan kartu yang ada di bagian bawah. Sebagai contoh jika kartu di bawah adalah 8 maka kita harus mencari 1 angka di atas atau di bawah angka tersebut secara berurutan tanpa memikirkan harus sama warna atau jenisnya. Jika semakin cepat kita menghabiskan kartunya maka kita akan segera memenangkan pertanding tapi tetap harus atur strategi ya karena sering juga tuh kartu yang terbuka tidak sesuai. 


🔍 Card

Hampir mirip dengan Solitaire, disini juga terdapat belasan permainan kartu yang mendominasi. Seperti Hearts, Thirty One, etc. 


🔍 Mahjong 


Animals Mahjong Solitaire

Ada yang biasa main mahjong? Mencocokkan gambar gitu deh. Ada belasan tema juga disini dari yang klasik, Egypt juga ada yang animals. Saya suka nih main Animal Collection bareng anak-anak, mereka heboh saling rebutan mencari gambar yang sama.


🔍 Hidden Object

Cari game petak umpet barang? Disini nih tempatnya, Hidden Object. Ada berbagai macam tema yang diberikan: Hidden Kitchen, Hidden Princess, Garden Secrets, Pirates and Treasures, etc. Ini juga salah satu favorit saya bareng anak-anak nih


🔍 Match 3 

Game disini cuma dikit nih tapi cocok banget dimainkan bersama anak-anak. Games yang ada disini terinspirasi dari Candy Crush dan Zuma lho. Ini masuk dalam permainan strategi juga ya karena semakin naik levelnya kita juga akan diuji bagaimana cara kita untuk menaklukkan level tersebut. 


🔍 Logic Puzzles 

    Bagi yang suka bermain puzzle bin teka-teki silang pasti bakalan happy banget lihat deretan games puzzle yang disediakan disini. Gak cuma puzzle aja, ada  Minisweeper juga lho di bagian ini. Jadi bisa bring back memory gitu ya mainnya. 


    🔍 Word

    Mirip-miriplah ya dengan puzzle, disini juga permainan kata seperti Letter Scramble, Daily Crossword, Daily Wordoku yang mirip dengan Sodoku. Permainan seperti ini dapat melatih vocabulary kita juga lho, cocok untuk semua kalangan deh pokoknya. 


    Penutup

    Salah satu permainan ringan dan sering kita lakukan namun kita tidak menyadari bahwaa punya banyak manfaat adalah bermain kartu karena di dalam kegiatan ini kita tidak hanya bermain dan bersenang-senang tapi juga bisa mengambil pelajaran yang bisa melatih ketangkasan otak dan pribadi kita sehari-hari. Asal bermain kartunya just for fun ya bukan untuk hal yang negatif seperti judi, Nah, meski sekarang sudah jaman digital tapi kartu tetap bisa kita mainkan bersama lho. Apalagi dengan kehadiran Solitaire.org yang memberikan banyak suguhan games kartu dan permainan asah otak lainnya yang bisa kita mainkan bersama. 

    Temans udah coba main games di Solitaire.org juga kah? Apa nih games favoritnya? Seru banget deh pilih permainan disana apalagi bisa main sepuasnya gratis tanpa harus registrasi maupun download segala lho. 






    Next Post Previous Post
    40 Comments
    • Anisa AE
      Anisa AE 9:57 AM

      Asyik memang main game serta bisa memberi manfaat buat kita apalagi di saat bosan. Intinya selama kita bijak menggunakan bisa merasakan dampak positifnya.

    • Farida Pane
      Farida Pane 10:34 AM

      aku suka yang tipe logic puzzle dan word. seru sekaligus menambah pengetahuan, ya

    • Wahyu Widya
      Wahyu Widya 10:41 AM

      Akupun, suka banget main Solitaire ini. Ga pake download udah bisa main sepuasnya. Mau yang mudah sampai sulit juga lengkap..

    • Yustrini
      Yustrini 10:44 AM

      Aku juga suka main wordoku ini. Seru. Dan mengasah ketelitian juga ingatan. Game kartu lainnya juga seru di situs ini.

    • HendraDigital
      HendraDigital 12:00 PM

      Ngomongin soal main kartu, jadi inget dulu sering banget main kartu remi rame-rame. Bedanya dulu main kartu beneran, bukan main di gadget. Sekarang bisa nostalgia dengan main game di Solitaire nih....

    • Arni
      Arni 12:51 PM

      Satu-satunya game yang paling sering ku mainkan sejak dulu ya solitaire ini
      Asyik aja mainnya, santai tapi kita juga kudu mikir dan ngatur strategi

    • blogger parenting
      blogger parenting 2:57 PM

      Jiahhhh saya langsung teringat permainan spider solitaire yang dulu saya mainkan di PC. Sekarang sudah ada versi online ya kak. Asyik banget nih sambil ngisi waktu luang

    • Yulia Rahmawati
      Yulia Rahmawati 9:16 AM

      Dulu saya sering banget main soltaire wkt msh mahasiswa, berapa puas kalau bisa naik level. Permainan yang bantu memahami langkah-langkah permainan...

    • Anisa AE
      Anisa AE 9:41 AM

      wih emang seru bermain solitaire di waktu luang, apalagi pas istirahat saat kerja. Permainan legend ini gak pernah ngebosenin.

    • Wilingga.com
      Wilingga.com 2:40 PM

      Aku tim unooooo

    • Yuni Bint Saniro
      Yuni Bint Saniro 6:10 PM

      Pas jaman-jaman SMA, akutu sering banget main solitaire. BIasanya kalau main pas lagi bosan mengerjakan tugas. kayak sebagai selingan gitu dah. Nanti bisa lanjut lagi setelah mood balik. Hehehehe

    • Maria Tanjung
      Maria Tanjung 8:00 PM

      Nah kalau main games mending sama anak atau keluarga ya mbak jadi bonding time juga dan anak bisa belajar melatih kreatifitas

    • Lintang
      Lintang 11:37 PM

      Inget main Solitaire jaman masih sekolah dulu. Sering gabut nungguin guru datang. Ternyata emang bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak banget yah.

    • Okti Li
      Okti Li 12:59 AM

      Jadi ingat waktu kerja di Taiwan itu neneknya majikan mainnya kalau gak mahyong ya main Solitaire ini.
      Emang kalau udah bisa caranya asyik dan seru ya...

    • Gioveny Astaning Permana
      Gioveny Astaning Permana 1:24 AM

      aku beberapa waktu lalu cobain lagi nih main solitaire, ternyata rasanya masih seru dan tetep aja aku payah mainnya hahaha

    • Fenni Bungsu
      Fenni Bungsu 4:03 PM

      Solitaire ini memang membuat asik ya bisa dimainkan dengan cara yang gak ribet, karena hiburannya dapat, asah otak pun dapat, sambil nostalgia juga.

    • Han
      Han 6:37 PM

      Kalo dari solitaire kemarin aku main pinball jadul yg pakai gambar tangan, keren bangett deh konsepnya hhi. Kalo main kartunya blm pernah karena hgabisa cara mainnya wkwkw

    • Bayu Fitri
      Bayu Fitri 8:14 PM

      Dulu saya suka bnget main solitaire di pc komputer bisa lupa semua deh klo asyik main hehehe btw sekarang ada versi online ya jadi lebih praktis dan bisa bermain dimana saja keren nih

    • Dee_Arif
      Dee_Arif 8:27 PM

      main game solitaire ini punya banyak manfaat ya mbak
      salah satunya ya buat mengasah kemampuan otak
      aku juga sering main game solitaire ini

    • Shine Fikri
      Shine Fikri 9:25 PM

      Ku pikir yg permainan zaman dulu itu mba yg satu2 nya ada di laptopku, wkwkwk... Ternyata sekarang banyak pilihannya ya bukan cuma kartu. Aku sukanya hiden object tuh mba, hihi

    • lendyagassi
      lendyagassi 10:26 PM

      Jadi kangen main kartu.
      Dulu tuh main 41 dan cangkulan adalah permainan paling bikin happy. Apalagi kalau lagi karyawisata. Bisa semaleman ngobrol sama temen-temen sambil main.

    • Atisatya Arifin
      Atisatya Arifin 10:47 PM

      Solitaire tuh game legend banget yang ada di setiap komputer. Kalau lagi jenuh pasti mainnya solitaire walaupun mesti mikir juga sih biar menang. Hehehe. Asyik ya sekarang banyak pilihan games dan bisa dimainkan secara online juga.

    • Tukang Jalan Jajan
      Tukang Jalan Jajan 10:57 PM

      aku jadi inget ama kebiasaan bermain kartu dulu bareng kakekku, semua kartu dimainkan, katanya supaya diriku bisa belajar berhitung, probabilitas dan mengatur strategi. Ternyata emang bener sih, kebawa sampe sekarang

    • K. Niken
      K. Niken 11:09 PM

      MAhjong ini menarik. Aku dulu suka main mahjong. Tapi sekarang pilih jenis lain siy hihi. Anak-anakku udah coba nih yg hidden object. Mereka main heboh sendiri euy

    • Monica Anggen
      Monica Anggen 11:10 PM

      Dulu mah sebelum ada komputer, mainannya ya kartu, baik kartu bergambar maupun yang remi. Lalu ada komputer, dan ada soliter, wah udah, tiap jam istirahat kantor suka banget buka soliter. Hahaha. Sekarang ada lagi Solitaire ini berasa mengingat masa lalu dan jadi ikutan main lagi deh

    • lendyagassi
      lendyagassi 11:17 PM

      Seneng banget deh..ada inovasi dari Solitaire untuk tetap bisa menikmati game jadul tanpa iklan dan tanpa instal aplikasi.

    • Retno Kusumawardani
      Retno Kusumawardani 11:58 PM

      lucu ya game mahjong yang temanya binatang, coba main sama anak anak ah...
      Walaupun sebenarnya aku kurang paham cara permainannya, tapi ga ada salahnya juga mencoba...

    • Happy Hawra
      Happy Hawra 12:00 AM

      ya ampun, cinta mati aku sama permainan ini sejak jaman punya PC butut 😂

    • Irfa Hudaya
      Irfa Hudaya 12:10 AM

      Dulu pas masih baru-barunya punya PC game solitaire jadi andalan banget kalau pas bosen ngerjain tugas. Betah banget, berjam-jam juga ga ada bosennya

    • umimami
      umimami 12:25 AM

      saya dulu suka main mahjong, seru aja, gak ngebosenin, kalau level makin tinggi makin harus teliti, jadi kangen main mahjong lagi hihi

    • Adriana Dian
      Adriana Dian 12:33 AM

      ih solitire nih permainan aku jama SD. seru bangeeeeet, Jadi kangen pengen main solitire lagi, Mau langsung cuss meluncur ah ke webnyaaaaa

    • Nurhilmiyah
      Nurhilmiyah 1:57 AM

      Enaknya tuh emang gini ya, main gim daring tanpa harus download dulu, kayak main Sollitaire ini legend banget cuma sekarang sudah dibuat lebih kekinian ya.

    • Herva Yulyanti
      Herva Yulyanti 11:57 AM

      Solitaire ini games favoritku sejak punya PC sendiri wkwk..lumayan menghibur dan iya mba biasa buat melatih daya ingat ya

    • Lina W. Sasmita
      Lina W. Sasmita 1:56 PM

      Solitaire dan mahjong adalah permainan favorit saya sejak dulu. Sayang udah lama nih nggak main kedua permainan ini lagi jadi kangen. Aku buka ah websitenya.

    • Eni Martini
      Eni Martini 10:54 PM

      Ngomongin soal kartu, aku tuh suka main gamenya sejak kuliah dulu, ngisi waktu bengong wkwkw. Waktu di kantor juga suka banget, habis memang meski sederhana asyik ya

    • Sabrina
      Sabrina 11:57 AM

      bermain games ini berasa lagi mengingat masa masa remaja dulu rasanya, karena gamesnya banyak yang sering saya mainkan waktu kecil kak

    • Sri Widiyastuti
      Sri Widiyastuti 10:02 PM

      Aku udah mbak, main solitaire emang bikin enjoy yaa. Kalau suamiku malah kalau lagi nulis, kalau udah mentok, dia main solitaire, buat refresing ampuh kayaknya hihi

    • Naqiyyah Syam
      Naqiyyah Syam 9:03 PM

      Zaman masih Komputer sebesar gaban aku suka maen Mahjong hahah seru aja menghilangkan rasa bosan dengan tugas2 kuliah.

    • Tetty Hermawati
      Tetty Hermawati 2:38 PM

      kalau aku pernah buka yang paling aku suka main hidden object

    • Ade UFi
      Ade UFi 10:21 PM

      Wah ini mainan aku mva waktu sekolah dulu 😁😁 tapi dulu pakai nintendo. Trus kuliah lanjut ke PC.

    Add Comment
    comment url