Cara Terbaik Untuk Melakukan Klaim Asuransi Kendaraan yang Pasti Diterima

Asuransi kendaran adalah satu dari banyaknya jenis asuransi yang bisa Temans ambil. Hal-hal yang berharga seperti kesehatan, pendidikan, rumah dan kendaraan bisa diproteksi dengan mengambil asuransi. 

asuransi kendaraan


Dengan demikian, kita memiliki jaminan yang lebih pasti sehingga akan lebih nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tidak perlu khawatir dengan berbagai hal tersebut karena sudah diasuransikan.

Cara Tepat Melakukan Klaim Asuransi Kendaraan


Mengambil asuransi adalah salah satu keputusan tepat yang bisa dilakukan untuk menjaga diri dan aset yang Temans miliki. Sayangnya kita kerap kurang cermat membaca aturan dan tata cara untuk melakukan klaim. Sehingga, seringkali orang kecewa dengan asuransi, padahal cara membuat klaim asuransi kendaraan sangatlah mudah. Tidak perlu bingung bagaimana cara melakukan klaim, berikut adalah penjabarannya.

1. Pengajuan Sesuai Jenis Asuransi


jenis asuransi kendaraan
Freepik

Ada dua jenis asuransi untuk kendaraan, Total Loss atau All Risk yang berarti apakah asuransi tersebut mengcover masalah yang terjadi pada mobil. All Risk mencangkup setidaknya 75 % dari masalah mobil, dan TLO tidak. Jadi, apakah mobil lecet, terlihat huru-hara, atau dicuri, pastikan dahulu kalau point tersebut memang ada pada bagian klaim.

2. Hubungi Pihak Asuransi

Asuransi kendaraan bisa diklaim kalau segera menghubungi pihak asuransi. Semakin cepat hal ini dilakukan maka kemungkinan klaimnya akan dikabulkan semakin besar. Jadi, jangan tunda kalau mengalami kehilangan mobil atau bahkan sekedar lecet, bisa jadi sudah dicover asuransi jadi kita tidak perlu khawatir. Terlambat menghubungi pihak asuransi bisa menyebabkan klaim tidak bisa dipenuhi.

3. Lampirkan Bukti dan Dokumen

Seperti asuransi kesehatan, asuransi untuk kendaraan juga butuh bukti dan rekomendasi tenaga ahli. Pakai jasa Bengkel resmi yang bekerjasama dengan pihak asuransi untuk bisa memberikan info mengenai kerusakan yang terjadi. Lengkapi juga dokumen-dokumen lainnya seperti KTP dan sebagainya. Sertakan juga foto dan video kalau sekiranya bisa memperkuat bukti.

4. Dokumen Klaim


dokumen klaim asuransi kendaraan
Canva

Setelah menghubungi pihak asuransi, mereka akan memberikan form klaim asuransi kendaraan untuk diisi dan diajukan. Kini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan polis pengajuan klaim secara digital, sehingga kita tidak harus datang ke kantor asuransi langsung. Cara ini bisa membuat prosesnya jadi makin cepat untuk ditangani.


5. Sampaikan Informasi dan Kronologi Kejadian

Pihak asuransi akan memeriksa dan memeriksa ulang tiap klaim yang diajukan. Jadi, Temans perlu bekerjasama dan menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan. Kita perlu menyebutkan kronologi kejadian dan hanya perlu menceritakan kejadian sesungguhnya. Jadi, kita tidak akan dianggap berbohong dan mencoba melakukan penipuan asuransi.

6. Pantau Progress Pengajuan Klaim


progres klaim asuransi kendaraan
Canva

Pengajuan klaim asuransi kendaraan sudah dilakukan. Selanjutnya, Temans harus memantau progress pengajuan klaim. Dengan demikian, kita akan mendapatkan informasi terupdate dan bisa memberikan tekanan yang dibutuhkan untuk membuat proses lebih cepat. Kalau ada dokumen yang perlu dilengkapi, kita jadi bergerak lebih cepat dan proses klaim bisa dilakukan dengan lancar.

Itulah beberapa cara untuk melakukan klaim asuransi kendaraan. Pastikan untuk menyiapkan persyaratan dan bukti-bukti pendukungnya. Kalau semua dokumen dipenuhi dan tata cara diikuti, maka asuransi kesehatan lifepal, kendaraan atau apapun jenis asuransi yang Temans pilih, akan mudah untuk diklaim.

Untuk mendapatkan berbagai informasi tentang jenis-jenis asuransi dari berbagai perusahaan, kunjungi Lifepal. Informasi yang dimuat di situs resminya lengkap dan bisa membimbing kita untuk membeli polis sampai melakukan klaim sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Nah, udah tahu kan cara klaim asuransi kendaraan? Jangan lupa kendaraannya juga dilindungi ya dengan membeli asuransi kendaran yang tepat agar proses klaimnya pun juga bisa lancar. 


Semoga bermanfaat. 




Next Post Previous Post
43 Comments
  • Fadli Hafizulhaq
    Fadli Hafizulhaq 9:11 PM

    Menurut saya, penting banget untuk menanyakan secara detail produk asuransi pada agen atau petugasnya. Di samping itu, kitanya harus baca dengan seksama dokumennya sebelum ditandatangani

    Gak sedikit orang yang kesulitan mengajukan klaim, mereka bingung dan sering kecewa juga. Agar yang seperti itu gak terjadi, wajib banget untuk mempelajari aturan asuransi kendaraan itu

  • Santi Dewi
    Santi Dewi 9:41 PM

    Asuransi untuk kendaraan sama pentingnya dengan asuransi yang lain seperti asuransi kesehatan, pendidikan. Dan untuk klaim asuransi kendaraan kita juga harus tahu tahapan2nya. Makasih infonya ya mba...

  • Mechta
    Mechta 8:06 AM

    Nah..penting disimpan nih infonya kalau2 suatu saat dibutuhkan. Terima kasih sharingnya mba..

  • nurul rahma
    nurul rahma 5:05 PM

    Harus paham bener ya gimana prosedur dan how-to-nya
    supaya segera beres urusan klaim asuransi kendaraan ini
    Makasiii mba Diah

  • Dina Amalia
    Dina Amalia 5:58 PM

    Ini info penting banget...karena banyak juga teman teman yg akhirnya nggak bisa apa apa karena klaimnya ditolak. Kalau kita tau ilmu dan tipsnya pasti lebih gampang . Tx atas sharing ilmunya

  • YSalma
    YSalma 6:54 PM

    Perjalanan dengan kendaraan yang sudah diasuransikan jadi tenang ya mba.
    Kita nggak tahu kondisi jalan, kita udah hati2 banget, pengendara lain ada yg khilaf.

  • hani
    hani 9:31 PM

    Mobil kami diikutkan asuransi juga sih, buat jaga-jaga ya sebagai proteksi. Tapi mudah-mudahan sih engga perlu kejadian macem-macem sehingga harus klaim.

  • Sovi Nur Wakhidah
    Sovi Nur Wakhidah 9:28 AM

    Semakin banyak perusahaan asuransi yang menerapkan polis pengajuan klaim secara digital jadi lebih memudahkan kita, ya, Mbak. Bisa hemat waktu dan tenaga. Asal semua cara seperti tips di atas dilakukan dengan baik, insya Allah klaim asuransinya berhasil.

  • Lita Chan Lai
    Lita Chan Lai 10:36 AM

    aku blm ada kendaraan, tapi tulisan ini bisa jadi rekomendasi buat saudara2 aku. bisa jadi catatan nih kalau nanti punya mobil.

  • Inda Chakim
    Inda Chakim 11:03 AM

    Wah makasih ya mbak sudah dituliskan secara rinci tahapan pengajuan klaim asuransi kendaraan. Simpen ah.

  • HendraDigital
    HendraDigital 11:06 AM

    Wah bagi yang punya kendaraan sebaiknya segera diasuransikan, biar nggak terlalu besar menanggung biaya jika terjadi kecelakaan maupun hilang. Cocoknya bisa ngajuin asuransi kendaraan di Lifepal, banyak keunggulannya.

  • lendyagassi
    lendyagassi 12:22 PM

    Aku belum pernah klaim asuransi keadaan, tapi pernah berurusan dengan mobil yang menabrakku dan ia minta pihak asuransi untuk menanganinya.
    Alhamdulillah,
    Klaimnya cepat dan ditangani dengan sepenuh hati.

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 12:52 PM

    Memang asuransi kendaraan ini penting yaa. hanya saja harus teliti sebelum menentukan mengikuti asuransi, agar ketika ada kejadian yang tidak disangka kepada kendaraan kita bisa klaim dengan lancar. Btw makasih mbak artikel cara klaim asuransi kendaraannya. akan membantu banget saat waktunya klaim.

  • Idah Ceris
    Idah Ceris 1:32 PM

    Aku juga lebih nyaman service kendaraan di bengkel resmi, bun. Selain tenaganya berpengalaman, untuk klaim2 lebih cepat, ya. Enggak ada rasa enggak enak karena profesional.

  • Supadilah
    Supadilah 8:42 PM

    Asuransi mobil penting juga untuk mengantisipasi hal yang bisa saja terjadi. Tapi untuk itu kita harus disiapkan dokumennya secara lengkap ya kak. Terimakasih atas artikelnya.

  • ilmair.com (endah nurzaira)
    ilmair.com (endah nurzaira) 8:58 PM

    bagi pengguna asuransi penting banget mengetahui proses klaim ya, karena ada juga yang kemudian prosesnya enggak mudah karena memang ketidakpahaman

  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti 6:43 AM

    asuransi bagi sebagian orang memang penting ya terutama yang memang penghasilannya masih terbilang cukup untuk melakukan asuransi kendaraan.. yah meskipun kalo diusahakan pasti bisa sih..

  • Yuni BS
    Yuni BS 8:01 AM

    Klaim asuransi ini harus kita ketahui benar bagaimana informasinya saat pengajuan. Kebanyakan orang nggak mau tahu hal ini saat membeli polis asuransi. Saat pengajuan klaim nggak paham dan merasa ditipu. Padahal karena memang nggak paham dan mengajukannya salah-salah.

    Kalau ada informasi memang harus dibaca dengan detail sih.

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 8:58 AM

    Wah ini informasi yang penting banget! Sebelum klaim asuransi memang ada banyak hal yang harus diperhatikan. Dan ketika sudah di klaim pun ada masa tunggunya dan masa pelangsungannya juga yang cukup lama.

  • Khairunnisa Z Putri
    Khairunnisa Z Putri 2:19 PM

    Asuransi kendaraan mmg sangat penting ya ka, pernah kemarin waktu terjadi kecelakaan mobil rusak parah. Akhirnya klaim asuransi sangat berguna hihi

  • Supriyadi
    Supriyadi 4:19 PM

    Terimakasih telah membantu untuk paham seklias terhadap asuransi Bu. Jadi lebih aware lagi terhadap asuransi dan tetek bengeknya

  • Muhammad Rifqi Saifudin
    Muhammad Rifqi Saifudin 5:59 PM

    Ini nih yang perlu diperhatikan, kadang orang-orang lupa dengan cara klaim asuransi. Bukan cuma soal seberapa besar yang ditanggung, tapi sebagai pemilik polis asuransi penting banget buat paham gimana sih cara kita biar bisa klaim. Dan hal ini seharusnya dipelajari sejak pertama bikin asuransi, jadi pas mau klaim gak bingung lagi, apalagi bisa jadi pas klaim dalam keadaan panik

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 7:32 PM

    wah iya, emang klo mau klaim asuransi pastikan kita tahu cara caranya ya mbak, plus punya dokumen yang diperlukan

  • Yanti Ani
    Yanti Ani 9:20 PM

    Zaman sekarang gak ada yang pasti ya mbak, emang perlu jaga-jaga dengan pasang asuransi kendaraan. Aku coba aja kali ya? Thanks for sharingnya mbak, aku jadi mikir nih.

  • Happy Hawra
    Happy Hawra 11:43 PM

    wah gampang banget ya ternyata. info penting nih biar makin tenang diperjalanan kalo ada apa-apa.

  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan 12:19 AM

    selama kita membeli unit asuransi yang tepat dan dapat melengkapi semua berkas yang diminta pasti prosesnya bakalan lancar dan tinggal menunggu waktu saja

  • Muhammad Rifqi Saifudin
    Muhammad Rifqi Saifudin 11:46 AM

    Penting banget sih ini informasi mengenai cara klaim asuransi, kadang kita terlalu fokus sama benefit asuransi tapi pas udah klaim bingung, padahal kadang pas klaim dalam kondisi yang gak prima

  • Jamilatul Istiqomah
    Jamilatul Istiqomah 12:56 PM

    Aku baru denger mbak kalau ada asuransi kendaraan, oh iya bener banget semua info diatas mbak, jadi aman gak takut lagi kalau ditolak pas klaim ya

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 2:34 PM

    Aku hapal benar cara klaim ini, karena aku yang biasanya bawa ke bengkel buat klaim asuransi. Soalnya aku tersangkanya yang nyrempet truk, nambar gerbang pagar rumah, mundur kebablasan nabrak pagar masjid, nabrak gerbang parkiran sekolah anak-anak...dll. Lengkaap.
    Itu dulu sering, jaman pertama belajar nyetir. Sekarang harang karena sudah makinterampil. Tapi tetap asuransi kendaraan dibeli, buat proteksi apalagi saya dan suami mudik dan roadtrip pakai kendaraan sendiri

  • Muna Fitria Hidayat
    Muna Fitria Hidayat 3:01 PM

    ((memberikan tekanan yang dibutuhkan untuk membuat proses lebih cepat))
    hahaha..
    Rata-rata berapa lama ya hingga klaim asuransi disetujui?

  • Susi Susindra
    Susi Susindra 10:08 PM

    Ternyata mudah ya mengklaimm asuransi. Yang penting memang tepat sesuai yang dibutuhkan dan memang jenis yang dicover oleh asuransi yyang kita ambil.

  • Nanie
    Nanie 12:48 AM

    Setelah baca dengan seksama, udah paham sih tata cara klaim asuransi kendaraannya. Smeoga pas nanti udah tiba waktunya punya kendaraan sendiri, semudah ini klaimnya ya

  • Latifah Desti
    Latifah Desti 10:46 AM

    Waaah terimakasih infonya Mbak, menarik sekali. Kalau udah tau tips tips dan ilmu untuk klaim gini jadi lebih tenang ya, gak khawatir amit amit terjadi accident malah klaimnya nanti ditolak.

  • Blogger Surabaya
    Blogger Surabaya 12:34 PM

    Dulu aku kira claim asuransi ini ribet tapi ternyata engga juga ya. Yang penting data lengkap

  • Cindy Vania
    Cindy Vania 12:38 PM

    asuransi kendaraan ini sama pentingnya kayak asuransi lain yaa.. aku pernah klaim waktu itu karena nabrak. untungnya mudah banget asal kita detail aja jelasin kronologi :)

  • Supadilah
    Supadilah 1:53 PM

    Total risk tidak 100% juga ya Kak. Saya baca sampai 75%. Nah seperti ini perlu jadi pengetahuan nih biar kalau ada kain kita mengerti ketentuannya. Asuransi mobil penting juga untuk mengantisipasi hal yang bisa saja terjadi.

  • Nurhilmiyah
    Nurhilmiyah 12:01 PM

    Melengkapi dokumen sesuai yang diminta pihak perusahaan asuransi penting banget ya Mbak trus kl sudah diajukan juga jangan lupa dipantau terus ya progress nya sampai di mana, noted.

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 6:29 AM

    kalau baca artikel ini jadi mikir, jadi yang terpenting kejelasan di awal pas ngambil asuransi ya. kita harus pastikan cara klaim si asuransi kendaraan itu sendiri.

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 3:33 AM

    Asuransi kendaraan gini memang penting banget ya mbak sama seperti asuransi kesehatan. Kita tidak pernah tahu sampai Kita mengalaminya sendiri bukan?

  • ilmair.com (endah nurzaira)
    ilmair.com (endah nurzaira) 7:30 AM

    kalau semuanya lengkap memang seharusnya mudah ya meng-klaim asuransi kendaraan ini ya Mba

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 1:27 PM

    Makasih informasi nya mba Diah, aku kurang tau kendaraanku ada asuransi nya atau nggak tapi sangat membantu sekali nih

  • Nanik nara
    Nanik nara 12:18 AM

    Kalau paham prosedurnya, insyaallah lancar proses pengaduan claimnya ya, lancar juga sampai proses penggantiannya. Nggak bakal ada lagi cerita kecewa sama pihak asuransi.

  • Amir
    Amir 10:35 AM

    Bagi pemilik kendaraan bernilai tinggi, pakai asuransi penting ya agar selalu aman terlindungi.

Add Comment
comment url