Tentang Perencanaan Keuangan Bulanan

Udah nyaris akhir bulan gini biasanya menu di meja makan sudah mulai dipas-pasin ya? 
Apalagi saat situasi seperti saat ini. Makin pusing deh pala berbie, eehh Emak. 
Hmm, benar apa betul sih? Atau kayaknya cuma saya aja deh yang kayak gini? Heheheh. 

Yaah, jujur sih saya memang tidak telaten soal mencatat pembukuan keuangan pribadi, mencatat pemasukan dan pengeluaran dan sebagainya. Makanya ya gini, masih suka bingung sendiri kalau duit udah semakin menipis dan terkadang bocor juga, hihihih. Padahal saya tahu kok, mencatat keuangan itu penting dan sebenarnya yang seperti ini bukan hal baru lagi bagi saya. Secara saat kerja dulu, salah satu job desk saya adalah mengelola kas kecil a.k.a. petty cash, which is harusnya udah terbiasa dong dengan pencatatan pengeluaran dan pemasukan seperti itu. 

Perlukah Mencatat Keuangan Harian ?


budget worksheet
dok.pribadi

Jika ditanya, perlukah mencatat keuangan? Tentu jawabannya sudah jelas ya, perlu agar kita tahu informasi mengenai kondisi keuangan kita, alur keluar maupun masuknya uang yang ada atau biasa dikenal dengan istilah cash flow. Dengan mencatat keuangan kita pun juga jadi sadar jika terjadi kebocoran di tengah jalan. 


Harusnya sih, sebagai manager keuangan rumah tangga juga bisa lebih lihai lagi ya dengan perihal yang satu ini. Oups, tapi mau gimana dong sayanya gak sabaran kalau harus mencatat semua itu, mana lagi memang kan ya pengeluaran dan pemasukannya kan kebanyakan itu-itu aja terus berulang. Apalagi sekarang kan pemasukan tetap itu hanya bersumber dari PakSu aja, kalau untuk blogging sih belum bisa dipastikan ya, bulan ini gajian apa tidak. Jadi, saya anggap aja sebagai bonus dan biasanya saya alokasikan ke investasi buku-buku bacaan tuk anak-anak dan juga kebutuhan pribadi saya. 

Eits tapi kalau terus-terusan seperti ini kapan bisa nabungnya ya? 
Kapan bisa sisihin buat umroh dan haji yang sudah lama diimpikan dan yang paling penting juga buat dana pendidikan anak-anak kedepannya. 

Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Ibu Rumah Tangga  


Sebagai Ibu Rumah Tangga yang salah satu job desknya adalah mengatur keuangan keluarga, saya pun sadar bahwa literasi keuangan itu memang penting. Kita pasti juga sudah tidak asing lagi kan dengan istilah literasi keuangan ini, yaitu suatu rangkaian proses atau kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan keyakinan konsumen agar mampu mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik. 

Syukurlah ya saya sekarang mulai sadar walau emang rasanya sudah sedikit telat sih, tapi daripada keterusan kan? Pas banget belakangan kalau BW sering baca blog teman-teman tentang bagaimana mereka mengelola keuangan keluarga, kapan waktu juga lihat di IG ada yang bahas tentang hal serupa. Jadilah makin penasaran ingin tahu banyak juga tentang hal ini. 

Belajar Keuangan dari Blog Sabda


Sepertinya semesta pun mendukung, semakin penasaran dan keponya saya ini, eeh ketemu dong satu blog finance yang dikelola oleh Mas Sabda, seorang ASN yang ngakunya suka ngatur duit. Doi masih single lho, tapi menurutku caranya ngatur duit itu oke, belum lagi investasinya juga sudah lebih dari cukup ya untuk ukuran lelaki single seumuran dia. Ehh ini saya kok jadi kayak biro jodoh :p 

Nah, dari blog Mas Sabda ini saya jadi makin tertarik untuk membenahi manajemen keuangan saya. 

Saya juga jadi banyak belajar tentang cara berinvestasi yang sering dishare olehnya. Tidak itu saja sih, dia juga sharing pengalamannya Payout AdSense dalam Waktu 15 Bulan. Wow! Oke gak sih itu? Kebetulan banget deh, mulai Januari kemarin saya mengaktifkan kembali AdSense saya namun sayangnya akhir Februari kemarin sempat kena suspended, huhuhuh. 

Oh ya, ada satu postingan  doi yang rasanya saya banget deh, yaitu postingan Solusi Mudah Budgeting dan Mencatat Pengeluaran Bagi yang Kesulitan atau Pemalas. Wew! Lihat judulnya aja saya berasa  dijewer dengan kata pemalasnya itu lho, makanya langsung deh saya baca agar tahu lebih lengkap isinya. 

Hmm, and you know what? Benar saja, saya kayak sambil ngaca deh karena emang saya gak pernah lagi catat pengeluaran dan pemasukan karena malas, dan seperti alasan yang sudah saya sebutkan juga di awal. Tapi di postingan ini sekalian ngasih solusi juga dong. 

Jadi, menurut Mas Sabda bahwa dia pun juga sebenarnya sudah tidak melakukan pencatatan keuangan lagi. Sebelumnya sih memang sempat mencatat pengeluarannya dengan rutin namun hanya beberapa bulan saja karena alasan malas dan dirasa tidak efektif. Makanya dia pun memutuskan tuk meninggalkan pencatatan pengeluaran namun ajaibnya dia tetap tahu jika terjadi kebocoran. 

Kok bisa? Nah, disitulah kuncinya yaitu dengan menyusun rencana keuangan bulanan atau budgeting

Budgeting Sebagai Solusi Keuangan 

bugdet plan
tempcfo.com

Lalu, bagaimana besarannya? Apakah ada nilai khusus yang harus dijadikan sebagai patokan? 

Oh tentu tidak, ini sebaiknya kembali lagi pada diri kita sendiri. Toh juga yang lebih tahu kebutuhan kita dan keluarga (bagi yang sudah berkeluarga) adalah kita sendiri sebagai manajer keuangan kan? Jadi, meskipun kita sering melihat ada rumus:  

10 - 20 - 70
25 - 30 - 45 
20 - 30 - 50 

Rumus itu belum tentu bisa berlaku buat kita karena kebutuhan tiap orang kan berbeda-beda, tapi bisa saja itu menjadi sebuah rujukan untuk kita membuat sendiri budget yang sesuai dengan kebutuhan, tujuan finansial dan penghasilan kita seperti yang disarankan oleh Mas Sabda pada blognya. 


Tentunya tiap orang sudah tahu kan pos-pos rutin yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Hal ini akan memudahkan kita juga dalam menyusun perencanaan keuangan bulanan. Meski tidak mencatat pengeluaran lagi tapi dengan melakukan budgeting di awal bulan jadi akan ketahuan kemana alur keuangan kita perginya. So, jika terjadi kebocoran akan mudah ketahuan deh. Dengan kata lain, dengan adanya perencanaan keuangan bulanan ini kita jadi tahu pos-pos yang harus kita keluarkan selama sebulan itu. Tidak hanya memenuhi pengeluaran kebutuhan hidup, membayar segala kewajiban seperti biaya listrik, air, telepon, internet dan lain sebagainya, tapi kita juga tahu seberapa banyak yang harus disisihkan untuk tabungan, asuransi, investasi maupun dana sosial bisa kita atur sejak awal. 

Manfaat Membuat Budgeting 


Tentunya dengan menerapkan perencanaan keuangan atau budgeting ini akan sangat bermanfaat bagi kita. Dilansir dari laman finansialku.com ada beberapa manfaat membuat budgeting diantaranya: 

1. Mengetahui Posisi Keuangan; dengan adanya budgeting kita dari awal akan mencatat pemasukan dan pengeluaran secara rinci. Menyusun pengeluaran berdasarkan pos-pos atau kategori gang akan memudahkan kita untuk tahu sejauh mana keadaan keuangan kita. Dengan demikian, kita akan cepat sadar jika ada pengeluaran di luar dari yang telah direncanakan di awal. 

2. Membantu Menyesuaikan Pengeluaran Bulanan; dengan membuat budgeting bulanan selama setahun penuh kita bisa memetakan pos pengeluaran mana saja yang stabil sehingga kita bisa mulai memikirkan untuk melakukan investasi. 

3. Membantu Menetapkan Tujuan Masa Depan; dengan budgeting membantu kita dalam memeriksa pos-pos mana saja yang bisa dilakukan penghematan dan penekanan anggaran, sehingga dapat melatih kita untuk meningkatkan nilai tabungan atau bahkan investasi. 

4. Mengelola Cash Flow dengan Baik; budget bulanan yang disusun selama setahun tentu nilainya tidak sama setiap tahunnya karena ada bulan tertentu dimana kita akan melakukan pembayaran yang lebih banyak dari biasanya. Sebagai contoh ketika tahun ajaran baru kita akan membayar SPP anak sekolah ataupun membayar pajak properti tahunan, maka jumlahnya akan berbeda dari bulan-bulan ketika tidak ada pembayaran khusus tersebut. Dengan demikian kita dapat melakukan penyesuaian terhadap budget yang akan dikeluarkan. 

Nah, gimana? Sudah siap untuk membuat budget bulanan hingga akhir tahun 2021 ini? Mumpung masih ada 9 bulan ke depan nih tuk kita benahi lagi perencanaan keuangan kita tahun ini. Eh tapi jika tetap ingin melanjutkan mencatat cash flow juga lebih baik lagi, lho. Atau kalau ingin tahu banyak tentang keuangan versi Mas Sabda bisa juga ya langsung mampir ke blognya. 


Semoga bermanfaat. 


Salam,





Next Post Previous Post
68 Comments
  • Reyne Raea
    Reyne Raea 9:36 PM

    Ckckck, beratttt banget bahasannya.
    Sampai saya takut sakit pinggang 🤣🤣🤣

    Btw saya mau iri deh sama tulisan tangannya, tapi nggak jadi aja deh🤣

    Ganti aja irinya sama font dari template ini, bagus banget loh.

    Rapi, dan pas banget buat ada sentuhan feminim.
    Nyaman di mata pula.

    Kayaknya abis ini saya mau contek ah🤣
    Etapi kalau laptop udah sembuh sih, hiks.

    Btw, tengkiu tulisannya say, mengingat kan lagi diriku yang udah semingguan lebih nggak nyatat keuangan, duh semoga masih kedetect alur masuk keluarnya.
    Untungnya sih, saya jarang pake cash, jadi kalau mau nyata pengeluaran,tinggal buka semua aplikasi keuangan 😂

    Eh btw, si Sabda ini memang keren, saya pengen request deh Ama dia, agar mau menuliskan masa kecilnya itu gimana?
    I mean, kepo banget gimana ibunya mendidik dan mengasuhnya, sampai dia bisa tumbuh jadi anak lelaki yang pandai banget mengatur uang.

    Ini penting banget menurut saya, sesukses apapun anak, kagak bakal bisa mencukupi, kalau dia nggak pintar manajemen uang.

    Duh pengen anak-a…

    • Reyne Raea
      Reyne Raea 9:43 PM

      Kenapa banyak banget typonya ya?😂

      Meaningful bukan niarningrum 🤣

  • unyilia
    unyilia 6:19 PM

    Buat aku sih anggaran itu penting banget. Apalagi kalau sumber income pastinya cuma satu, lewat sehari aja berasa kaya lewatin banyak banget dan tiba-tiba uang udah keluar sekian-sekian tanpa sadar ini keluarnya buat apa.

  • Putu Sukartini
    Putu Sukartini 6:32 PM

    Waduh rasanya kayak ditampol berkali-kali baca postingan ini
    Saya bukan orang yang telaten nyatat pengeluaran ataupun bikin rencana anggaran
    Biasanya ya bablas aja, kalau butuh - ada uangnya - beli
    Yang pasti prinsip utama jangan belanja apapun dengan berhutang
    Baca ini kayaknya mau ah coba bikin budgeting juga, biar lebih rapi dan akuntabel

  • Sintia Astarina
    Sintia Astarina 9:01 PM

    Porsi alokasi keuangan yang biasanya aku pelajari ialah 50:30:20 tapi seringnya persenannya jadi sesukanya. Hihihi. Kayaknya emang perlu mematuhi budgeting bulanan ini, deh, supaya bisa lebih mudah diterlusuri uang kita digunakan untuk apa saja.

  • bibliofil
    bibliofil 9:45 PM

    Setuju banget, memang checking keuangan itu penting. Aku kadang lupa catat pengeluaran harian padahal penting banget buat manajemen anggaran setiap bulanan. Bisa bisa bocor kalau enggak teratur. Makasih ya tulisannya mengingatkan buat tertib soal finance, terutama rencana masa depan nih. Banyak yang dimau tapi belum siap. Bisa kenal blogsabda juga, thanx!

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 12:17 AM

    Reminder ini buatku..
    Jujur sejak pandemi aku baru lebih peduli pada budgeting dan pencatatan cash flow ini
    Dulu meski kecatat tapi enggak detil dan rapi. Akhirnya beberapa pos ada yang bablas aja. Pandemi jadi merasa ya ampun kok ternyata kalau rapi perihal keuangan ini enak ya. Jadi tahu uang masuk dan keluar. Jadi berpikir tiap mau bebelian.

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 1:00 AM

    Kak tahulah kenapa aku nggak mau nulis keuangan Hadrian saya? Karena saya boros banget buat jajan wkwkwk. Setelah ditulis ada rasa berdosa gitu kak *dan aku curcol dong disini wkwkw

  • Tetty Hermawati
    Tetty Hermawati 1:05 AM

    aku sebagai ibu rumah tangga ikut tersentil, kalau akhir bulan jadi was-was wkwkwk. Sebenernya kalau aku, bocornya tuh di pengeluaran yang gak terduga, dan itu kadang narik pos konsumsi, jadi aja pas di akhir bulan, jatah konsumsi menipis

  • Diestra Perdana
    Diestra Perdana 1:48 AM

    kalau soal budgeting biasanya saya pakai rumus 40 30 20 10. Oya kalau mau mampir blog sejenis sabda bisa juga mampir ke blog saya di www.diestraperdana.com karena sama-sama ngebahas tentang keuangan dan investasi :)

  • Akarui Cha
    Akarui Cha 3:03 AM

    Huwaaaa Mba, tulisan tanganmu rapi binti cantik.

    Iya ya. Apa apa itu ya ke budgeting dulu. Selama ini untuk urusan belanja bulanan, yaaa paling budget sekenanya saja. Mendadak jebol aja Acha tuh kebanyakan jajan mulu maunya apalagi kalo kebanyakan kerjaan dan malasnya kumat.

    sepertinya perlu belajar lagi ini. Termasuk bikin belajar sabar nggak sih bikin budgeting begini.

  • Bayu Fitri
    Bayu Fitri 7:42 AM

    Setuju banget mbak membuat catatak keuangan harian itu penting banget supaya kita tau itu uang larinya kemana aja....kalau kita rajin lakukan pembukuan harian kan jadi lebih terlihat ya kesehatan kondisi keuangan kita

  • Aizeindra Yoga
    Aizeindra Yoga 9:03 AM

    Akhirnya ku mendapatkan ulasan ini, ku sedang cari cari perencanaan keuangan untuk mengatur keuangan bulanan yang kadang habis gitu aja

  • Firdaus Deni Febriansyah
    Firdaus Deni Febriansyah 2:11 PM

    Harusnya perencanaan keuangan sudah diajarkan sejak sekolah. Tujuannya supaya saat berkeluarga tidak lagi kebingungan dalam mengatur keuangan.

  • pandebaik
    pandebaik 3:41 PM

    Mencatat Pengeluaran Bulanan memang perlu, apalagi kalo bisa hafal pos pos pengeluaran rutinnya, juga pos pengeluaran tak terduganya.

    Saya yakin bisa dihandel dengan baik

  • Rhoshandhayani K. T.
    Rhoshandhayani K. T. 6:29 PM

    iya nih, aku juga perlu merapikan catatan keuanganku
    tapi pertama-tama mau mencatat pemasukanku. gak teratur banget dah
    apalagi pengeluaran. karena gak ada tanggungan, jadinya uang keluar suka-suka
    padahal kan perlu nabuuung

  • Renayku
    Renayku 7:01 AM

    Dari awal nikah, suamiku udah nyuruh bikin catatan keuangan. Alhamdulillah semua jadi jelas dan terarah. Aku juga pernah baca2 blog Sabda, bermanfaat buatku jg.

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 10:43 AM

    Berasa dijewer juga tuh pas baca judul artikel yang untuk pemalas tadi hahaha.. iya nih saya ga sabaran nulisin satu2 gitu mbaa.. Harus dibenahi nih agar makin tertata rapi manajemen keuangan keluarga.

  • denik
    denik 12:11 PM

    Duh, perencanaan keuangan? Aku enggak pernah kepikiran buat mencatat dan memilki buku khusus. Semua mengalir saja. Tapi setelah membaca ulasan ini jadi mikir. Bener juga ya? Biar gak tekor tiap akhir bulan... hahahaha

  • elinotes
    elinotes 12:58 AM

    saya jarang banget pakai buku catatan, saya biasanya pakai aplikasi note di hp.

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi 8:05 PM

    Wah, gak kepikiran ini untuk melakukan budgeting, soalnya saya tipikal yg males banget bikin target dan nyatet pengeluaran juga kadang inget, kadang enggak. Perlu belajar dong ya dari blog Mas Sabda. Otw soon ke blognya deh.
    Makasih Mbak Diah.

  • Muyassaroh
    Muyassaroh 8:43 PM

    Saya jarang nyatat kalau harian, Mbak. Dulu, sempat rajin, kemudian ada anak, nambah anak lagi...huaa...kwkwk. Alasan banget deh malesnya, ya :D Sekarang, paling yang penting-penting dicatatnya karena suka lupa. Kayaknya mesti belajar lagi biar lebih pinter :D

  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana 5:28 AM

    Jujur, akutuh muales banget catetin keluar masuknya duit tiap bulan. Tapi, sejak punya bisnis online, mau nggak mau ya dicatet biar tahu ke mana duit itu pergi.

    Pernah banget satu bulan nggak aku catet. Terus bingung sendiri pas tahu duit di ATM tinggal sedikit.

    Sejak saat itu, aku catet-catet lagi. Jadi, aku bisa rem mana aja pengeluaran yang bisa direm.

  • Novya Ekawati
    Novya Ekawati 7:25 AM

    Hiks, aku belum konsisten niy mbak bikin catatan pengeluaran harian gini. Plot besarnya siy udah namun printilan kecil-kecilnya masih suka lupa mencatatnya padahal justru ini yang sering menyebabkan pembengkakan. Siap lah nanti kepo ke blognya Mas Sabda mbak hehehe

  • lisa lestari
    lisa lestari 8:37 PM

    Alhamdulillah, saya masih jadul dalam pencatatan keuangan. Lebih suka menulisnya di buku daripada pake aplikasi pencatatan keuangan. Kalau nggak begini, nggak bisa ngerem nih. hehehe

  • Meykke Santoso
    Meykke Santoso 8:14 AM

    Pengelolaan budget ini emang sangat penting ya Mba, apalagi catat pengeluaran setiap harinya. Aku sendiri nyatetnya pake Aplikasi namanya Money Lover dan sangat membantu karena nggak perlu ambil buku dll yang kadang lupa. Kalau di HP kan kayak tiap saat selalu bersama hehehe

  • Triyatni A.
    Triyatni A. 10:07 PM

    Nyentil banget aku termasuk pemalas nyatat apalagi pengeluaran. Tapi kalau pemasukan rajin nyatat wkwkw 🙈
    Perlu budgeting ternyata ya

  • Didik
    Didik 10:29 PM

    Blognya mas Sabda ini emang keren banget sih. Omongan soal keuangan dibahas gampang. Biasanya bahasan keuangan kan ribet banget ya. Ini dibahas rinci dan tdk menyulitkan dari berbagai kalangan. Soal perencanaan keuangan sih emang susah2 gampang. Emang kita harus ketat di awal utk menyisihkan segala pos yang kita butuhkan. Aku jg masih aktif untuk mencatat smua pengeluaran dan pendapatanku sih. Semoga kita bs kaya ya meski pelan2 aja. Hehehe..

  • Siti Mustiani
    Siti Mustiani 12:20 PM

    Bener banget mbak, jadi gak hanya perusahaan saja ya yang harus punya laporan keuangan, aktivitas sehari-hari juga penting apalagi ibu rumah tangga, biar pengeluaran bisa dimaksimalkan mana yg perlu mana yang bisa nanti dulu.

  • Ainhy edelweiss
    Ainhy edelweiss 4:23 PM

    Kalau nyatet pengeluaran perbulan itu jadi nyadar kalau banyak banget pengeluaran malah kadang gak sebanding dgn pemasukan hahaha. Thats why bgi sy penting banget biar buibu bisa kontrol pengeluaran

  • HendraDigital
    HendraDigital 9:41 AM

    Tau aje kalo menjelang akhir bulan, menu jadi menyusut, wkwkwkwk... Yang tadinya makan tempe, eh malah makan ayam goreng. Atau tadinya cuma makan tahu, eh malah makan rendang sapi. hihihi... Ini sih bukannya menyusut yak.

    Kenapa akun adsense sampai kena suspend Mba? Ayo semangat lagi gali uang dari adsense. Blog Sabda memang jago nih urusan finansial. Saya beberapa kali berkunjung ke blognya.

    Perlu banget membuat rencana keuangan Mba, biar lebih mudah mengendalikan uang yang masuk dan keluar.

  • Marfa Umi
    Marfa Umi 11:49 PM

    Wah aku juga sering berkunjung ke blognya Mas Sabda nih Mbak, buat nambah pengetahuan perihal keuangan dan produknya haha. Sering juga nyari keyword tertentu jatuhnya ke blog Mas Sabda juga, kalau main ke sana bawaanya tersentil biar bener atur duit wkwkkw

  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan 12:22 AM

    penting banget sih mencatat keuangan apalagi buat yang ada keinginan untuk menggapai sesuatu. Pengeluaran dan pemasukan kudu rapi tercatat sih

  • Rhoshandhayani KT
    Rhoshandhayani KT 2:33 PM

    dan sekarang budgeting bulanan nggak hanya ditulis pakai catatan loh
    sekarang mah udah canggih
    sudah banyak aplikasi untuk mencatat anggaran dan pengeluaran bulanan
    jadi lebih simple
    bahkan bisa dihitung otomatis

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 5:11 AM

    Harus masuk dan keluar harus dicatat, seberapapun itu. Padahal ya, aku tu di tempat kerja sebagai salah satu tim budget and costing, tapi di kehidupan nyata suka lalai buat nyatat keuangan. Huhuhu, sedih banget. Harus rajin lagi nih.

  • Bambang Irwanto
    Bambang Irwanto 8:46 AM

    Memang perlu sekali mencatat pemasukan dan pengeluaran ya, Mbak. Saya pun agak terbantu dengan cara seperti ini. Jadi saya bisa menyesuaikan pemasukan dengan pengeluaran. Apalagi syaa freelance, harus bisa mengatur agar dapur terus ngebul hehehe.

  • Riska Ngilan
    Riska Ngilan 3:37 PM

    Saya juga nggak pernah bikin budgeting begini mba, semua loss aja. Tapi setelah saya pikir lagi rasanya perlu banget ya untuk mencatat keuangan kita selama satu tahun.

  • hani
    hani 4:24 PM

    Aku dulu rajin banget nyatet. Sejak pandemi ini semangat mencatatnya melorot.
    Pengen mulai rajin lagi nih.

  • Pida Alandrian
    Pida Alandrian 11:19 PM

    Aku juga nihh uda 3 tahunan mulai rutin catat setiap pengeluaran setiap harinya.
    Biar lebih terkontrol aja sih dan nggak kalap mendadak, heheh

  • Intan Novriza Kamala Sari
    Intan Novriza Kamala Sari 11:21 PM

    Sepakat aku Mbak, budgeting bulanan itu sangat amat penting. Kalo nggak dihitung, suka main perasaan nih sama duit. Perasaan gak ada jajan, kok uangnya abis. Eh ternyata salah perasaan haha. Kacau bat!

    Btw, kalo aku ngatur budget keuangan rumah tangga, per minggu Mbak. Soalnya income masuk gak barengan, berceceran 3 tahap setiap bulan, jadi yaa pas budgetin aku sesuaikan sama sikon.

  • Jasmi Bakri
    Jasmi Bakri 11:34 PM

    Harus ada dong budgeting tiap bulannya. Bahkan beberapa teman aku bikin budgeting tahunan. Bulan apa mau beli apa. Biasanya sih targetnya utnuk barang-barang yang agak mahal. Kalau bulanan ini emang harus include kayak uang belanja harian, jajan anak, uang bensin dll. Biar on track aja ngeluarin uangnya.

  • Lidya Fitrian
    Lidya Fitrian 1:05 AM

    Ibu rumah tangga sebagai pengatur strategi keuanan keluarga dituntut punya literasi keuangan yang baik ya. Harusnya sih wajib mencatat semua pengeluaran ya tapi kadang aku masih lalai, jadi aku pakai budget harian gitu Diah

  • Marita Ningtyas
    Marita Ningtyas 11:18 AM

    Dulu aku punya buku khusus, saben hari kucatat pengeluaran dengan sangat terinci. Lama2 aku bosen, wwkwk. Lalu ganti metode pakai sistem amplop. Hanya berjalan beberapa bulan.

    Nah, kalau sekarang semuanya udah serba digital. Pokoknya yang pertama bayar2 tagihan, sisihkan buat tabungan dan dana darurat, sisanya buat happy2... dibikin simple aja, hehe.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 2:11 PM

    Kalau ngatur keuangan memang perempuan sebenarnya lihat, tapi ya gak jarang juga lalai, makanya perlu terus dengan literasi keuangan ya, biar tabungannya makin aduhai

  • Alfa Kurnia - pojokmungil.com
    Alfa Kurnia - pojokmungil.com 2:48 PM

    Wah, keren ya mas Sabda ini jago atur keuangan. Biasanya emak-emak yang dipusingkan masalah ini. Emang sebaiknya literasi keuangan gini diajarkan ke anak sejak dini. Biar mereka juga biasa atur keuangannya trus bisa nabung, investasi, dan kaya mas Sabda yang pinter kelola uang.

  • Artha Nugraha Jonar
    Artha Nugraha Jonar 5:10 PM

    Ini tantangan buat saya nih untuk bikin budget bulanan. Kadang masih belum disiplin untuk buat budget bulanan. Udah buat budgetpun kadang juga gak diikutin.

  • Triani Retno A
    Triani Retno A 5:31 PM

    Setahun ini aku nggak bersemangat dengan perencanaan keuangan ini. Pandemi bikin babak belur. Dana cadangan terkuras, biaya pendidikan anak-anak lagi tinggi-tingginya, eh pemasukan anjlok. Cuma nyatat garis besarnya aja, karena perlu buat ngisi SPT.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 8:01 PM

    Masih jadi tantangan banget nih buat catat keuangan padahal tahu penting banget tapi ya itu saya masih suka malas juga atau biasa udah ada keinginan mau catat tapi karena ditunda2 trus akhirnya kelupaan deh .

    Btw untuk blog yang bahas finansial saya juga biasa berkunjungnya ke Blog Mas Sabda ini.

  • Rani Yulianty
    Rani Yulianty 8:24 PM

    Kalau penghasilan tiap bulan tidak menentu, cara mencatatnya gimana ya? Pos-posnya sesuai dengan rumus di atas?

  • Nurul Fitri Fatkhani
    Nurul Fitri Fatkhani 9:19 PM

    Dulu saya rajin mencatat pengeluaran setiap bulannya. Tapi ya gitu,deh, akhirnya sekarang malah gak pernah nyatet, karen merasa hanya itu-itu saja pengeluarannya. Sudah rutin.
    Dan akhirnya saya juga membuat budgeting bulanan aja. Karena yang rutin dikeluarkan tiap bulan itemnya tidak banyak, jadinya hafal di luar kepala hihihi

  • bibliofil
    bibliofil 9:28 PM

    Aku nih masih PR banget soal perencanaan keuangan, kadang boncos karena banyak jajan di luar. Atau kalau enggak sebab income yang belum seimbang, makasih ya Kak dah diingatkan. Menurutku sih penting banget mencatat pengeluaran harian agar tidak tekor. Pernah catat gitu tapi sayangnya ga telaten. Baca blogpost ini jadi semangat deh buat nekuni Adsense, tapi beum diapprove hehe.

  • K. Niken
    K. Niken 9:31 PM

    Rumus ternyata memang belum tentu cocok untuk setiap keluarga ya. Bisa jadi keuangan keluarga A dan B ada perbedaan di sisi sananya, dll. Menarik nih kak kalau bicara budgeting.

  • Afifah Haq
    Afifah Haq 10:11 PM

    Alhamdulillah, aku juga beberapa tahun ini udah nerapin budgeting bulanan di awal bulan. Jd udah tetep pos2 pengeluaran tiap bulan jatahnya ya segitu masing2.
    Nyaman banget akhirnya setelah budgeting ini, tiap bulan selalu ada tabungan, ga kosong banget.

  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 11:27 PM

    Butuh tetapi suka malas catatnya
    Padahal ini penting
    Dan sekarang pandemi jadi tahu banget rasanya ga punya uang

  • Heizyi
    Heizyi 12:14 AM

    Wah, kita sama dong mbak. Aku juga suka baca artikel keuangan dari blognya mas sabda hehe

  • Jurnal Bunda Imut
    Jurnal Bunda Imut 8:59 AM

    Ini adalah masalah yang aku hadapi deh mbaa... Udah komit kau atur, catet keuangan bulanan tetep aja kelewat ga bisa konsisten... Ada tulisan ini aku jadi merenung untuk memperbaiki semuanya dari sekarang. . terimakasih ya mbaa...

  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti 8:08 PM

    aku dulu kuliah rajin banget catet pengeluaran per bulan. sekarang malah jaraangg. pdhal perlu banget buat evaluasj

  • Euisry Noor
    Euisry Noor 8:02 AM

    Aku termasuk yg blm rajin nyatetin keuangan, hehe. Baru rajinnya nyatetin pemasukan pribadi aja, biar jelas mana job yg udah dibayar mana yg blm, wkwk. Masih malas nyatat pengeluaran. Budgeting jg belum. Wow byk PR-nya..

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 3:00 AM

    sejak belum menikah sampai saat ini, saya gak pernah mencatat pengeluaran harian huhuhu, akibatnya banyak pengeluaran tidak penting yang jika ditotal lumayan juga nilainya

  • Putri Kurniawati
    Putri Kurniawati 4:55 PM

    Sebelum nya aku pakai yg 20:30:50.. tapi setelah 2-3 bulan dijalanin kok malah semrawut keuangan nya haha.. jadi aku bikin rumus sendiri

  • Susi Susilawati
    Susi Susilawati 1:14 AM

    Wowwww makasih ya mbak sharingnya, saya malah baru tau mas sabda *kemanaaja otewe belajar dari sana dehh

  • Han
    Han 9:53 PM

    Setelah banyak diutangin sana sini dan ngga balik, akhirnya aku menerapkan ini. Perencanaan keuangan yg sedikit bisa membantu, kapan harus mendahulukan prioritas kapan bisa ngutangin orang

  • Ghina Rahmatika
    Ghina Rahmatika 5:30 AM

    Kok tulisan ini mengingatkanku yg lupa nyatet pengeluaran selama liburan di rumah mertua nih.. Huhu.. Aku coba inget-inget dulu deh kali aja yg ada yg nyantol untuk dicatat.


    Aku malah nggak tahu ttg mas sabda ini mbak, huhu kuper bngt ya. Aku tahunya mas dani rachmat aja 😊 nanti coba deh kuubek blognya mas sabda juga.


    Tapi emang ya kerasa bgt pencatatan itu perluuu banget. Soalnya uang kayak ludes ga jelas kalau ga dicatet. Bbrpa kali pake aplikasi pun seringny lupa, Buku-buku denk. Tapi masih ingetan sama buku. Btw, buku pencatatan mas diah nih terlalu cakep dah, bikin aku ngiri pengen bebikinan kayak gt juga, punyaku isinya kayak ceker ayam nih 😄

  • Rani Oktapiani
    Rani Oktapiani 12:07 AM

    Kadang-kadang sedih banget pas liat catatan keuangan sendiri ternyata banyak hal yang gak disadari terjadi alias nyimpang dari rencana yang dibuat😭

  • Eka FL
    Eka FL 12:06 AM

    aku tuh pengen banget bikin budgeting bulanan rapi kaya mba diah ini nih, tapi pemasukan ku harian bukan bulanan. jadi sebisa-bisa mengatur uang harian dan di pos-poskan untuk A B C D , omset dari hasil jualan harian juga dibagi untuk urusan dapur, modal dan tabungan

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 12:40 AM

    Banyak yang harus kubenahi nih Mba.
    Makasih sharungnyabmba. Pencatatan harian belum pernah kulakukan ya ampun. Harus belajar nih

  • Rella Sha
    Rella Sha 2:31 AM

    Ya Allah, bagus banget tulisannya mengingatkan bahwa budgeting itu penting (berapapun penghasilannya). Saya seringkali gak mau nulis2 catatan keuangan lagi karena di tengah bulan aja duitnya udah habis 😂

    Anywy terima kasiiihhh sekali lagi buat artikel2nya.

  • Kuskus Pintar
    Kuskus Pintar 12:18 AM

    Saya juga gitu, pas awal2 semangat banget nyatet semua pemasukan dan pengeluaran. Eh semakin hari malah males dan akhirnya gak nyatet lagi wkwk

Add Comment
comment url