Pentingnya Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja

Pentingnya Bahasa Inggris dalam Dunia Kerja - Ayoo, yang waktu sekolah dulu gak suka dengan pelajaran Bahasa Inggris siapa nih? Atau sebaliknyakah? Malah suka dengan pelajaran yang satu ini? Kalau saya dulu sih emang sejak awal excited dengan belajar Bahasa Inggris tapi sayangnya waktu cawu pertama malah dapat nilai merah, hikss. Mungkin karena masih asing dan belum mengerti benar, plus waktu SMP shock juga kan dengan pelajaran yang bertambah banyak dibanding saat SD. Nah, karena nilai merah inilah justru yang menjadi cambuk buat saya tuk belajar lebih giat lagi. Alhamdulillah, cawu berikutnya nilainya udah gak merah lagi dan makin asyik belajar pelajaran yang satu ini dan ketagihan tuk ikut kursus juga tentunya. Hingga akhirnya saat SMA memilih kelas Bahasa lalu kuliah pun masuk di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Yeay, ternyata pilihan saya tidak salah, karena Bahasa Inggris memang sangat penting dan berguna dalam dunia kerja apalagi di era globalisasi seperti saat ini.


Kini, kemampuan dalam berbahasa Inggris cukup diperhitungkan oleh banyak perusahaan khususnya perusahaan besar yang berasal dari luar Indonesia. Pasalnya, bahasa Inggris ini bias menjadi salah satu sarana berkomunikasi yang utama di dalam perusahaan itu. Sehingga, bagi yang ingin melamar kerja pun harus memiliki bekal kemampuan bahasa Inggris yang bagus. Selepas kuliah, Alhamdulillah saya tidak begitu lama menganggur, meski kerjaan yang saya pilih malah jauh dari background pendidikan saya yang orientasinya lebih ke pendidikan - menjadi pengajar, guru - tapi dengan kemampuan Bahasa Inggris yang cukup baik saya bisa mendapatkan pekerjaan yang memang mensyaratkan kecakapan dalam berbahasa Inggris secara memang bekerjanya dengan orang asing.

Bahasa Inggris menjadi Penentu Keberhasilan Pencari Kerja

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kemampuan Bahasa Inggris ini akan menjadi salah satu faktor utama yang dapat menentukan apakah seorang pelamar nantinya bisa diterima atau tidak. Maka dari itu, kita pun harus memerhatikan kemampuan bahasa Inggris yang kita miliki dengan cermat. Belum lagi, tak hanya pada perusahaan di bidang ekonomi atau perkantoran saja, tapi saat ini perusahaan industri seperti pabrik pun juga telah menerapkan hal ini.

freepik.com

Maka dari itu, sebisa kita pun sebaiknya mulai melatih kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki dengan baik agar dapat lolos dan diterima masuk keperusahaan yang diinginkan. Namun, karena sekarang makin banyak lulusan yang mencari kerja, akhirnya pemerintah pun menerapkan progam yang diberi nama prakerja, dimana program ini ditujukan pada mereka yang tengah mencari kerja.

Walau demikian, kita pun tetap harus melatih kemampuan berbahasa Inggris agar makin bagus. Solusi yang bisa dicoba adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris secara intensif agar kemampuan berbahasanya semakin terasah dengan baik. EF English Center siap membantu kita untuk mendaptkan kursus bahasa Inggris terbaik di Indonesia yang proses pembelajarannya bisa dilakukan secara online sehingga kita bebas menentukan metode pembelajaran yang kita inginkan. 

Saat ini pun, juga telah hadir program pelatihan bahasa Inggris prakerja yang siap untuk dipilih dan program EF Adults prakerja yang dapat dipilih mulai dari usia 18 tahun keatas. Program ini pun juga terbuka untuk umum dan cocok untuk siapa saja yang ingin mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya menjadi lebih baik dan matang.

Nah, pasti tertarik untuk bergabung kursus di EF juga kan? Yuks, langsung saja hubungi EF English Center untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait program ini. Dijamin, Temans pun dapat mahir berbahasa Inggris dalam waktu yang singkat dan hasilnya pun memuaskan. Bahkan, program latihan bahasa Inggris untuk prakerja dari EF pun dilakukan dengan waktu yang intensif dan dibimbing langsung oleh tentor yang profesional. Disamping itu, dengan adanya sertifikat yang diakui internasional yang akan diberikan setelah proses pembelajaran berakhir ini dapat dijadikan sebagai bekal dalam melamar pekerjaan kelak.

Gimana menurut Temans? Tidak pernah ada kata terlambat kok untuk belajar.
Semoga bermanfaat ya!  ☺


*images by freepik.com - banner edited  by canva.com


Next Post Previous Post
28 Comments
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 6:18 PM

    Di luar dunia kerja aja butuh, Mbak
    Makanya saya bersyukur bisa jadi harus menerapkan ke anak anak supaya kelak ga menyesal karena ga belajar bahasa Inggris

  • Demia Kamil
    Demia Kamil 9:52 PM

    sekarang itu emang penting banget menguasai bahasa inggris yaaa, bahasa dunia yang bisa sangat membantu kita berkomunikasi dengan temen temen dari luar indonesia hhihi

  • winda - dajourneys.com
    winda - dajourneys.com 10:11 PM

    saya termasuk salah satu yang suka banget sama bahasa inggris mbak tapi sayang kondisi keuangan keluarga nggak bagus jadi nggak bisa kursus huhuhuu

  • AmeliaSepta - LIFESTYLE AND TRAVEL BLOGGER
    AmeliaSepta - LIFESTYLE AND TRAVEL BLOGGER 10:13 AM

    Mau gak mau emang gak bisa dipungkiri kak penggunaan bahasa inggris itu udah kebutuhan banget. Apalagi kalau berkaitan dengan vendor dari luar negeri, jadi memudahkan kita berkomunikasi. Jadi emang sebaiknya kita punya skill ini

  • dianisekaring
    dianisekaring 10:58 AM

    Benar sekali Mba, Bahasa Inggris mah sudah mutlak dan jadi persyaratan minimum kalau mau kerja. Minimal bisa berkomunikasi dasar, deh. Aku juga dulu sempat belajar di EF, metode pengajaran dan materinya menarik serta mudah dipahami.

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 12:18 PM

    Betul mbak bahasa inggris adalah elemen penting yang sangat di nilai di dunia kerja. Sebenarnya tergantung juga sih kerjanya di perusahaan apa, tapi kemampuan bahasa asing selalu menjadi nilai lebih tiap individu.

  • Lianny
    Lianny 4:54 PM

    Bahasa Inggris memang sangat penting sekarang ini, jadi memang sejak masih di bangku sekolah sebisa mungkin untuk belajar bhs inggris secara khusus ya, salah satunya di EF ini. Jadi nanti saat kuliah dimana banyak text book bhs inggris, sudah tidak kesulitan lagi, begitu juga nanti dalam dunia kerja.

  • Keke Naima
    Keke Naima 7:53 PM

    Sekarang anak-anak saya wajib bisa berbahasa Inggris. Untung mereka lebih lancar ngomong pakai bahasa Inggris daripada saya :D

  • Lusi
    Lusi 9:41 PM

    Bahasa Inggris itu mutlak di dunia kerja, kecuali ASN. Waktu aku masih kerja di pabrik punya orang asing, operator2 didatangkan dari Jawa lulusan SMA & SMK yg masih kinyis2 & nggak bisa apa2. 3 bulan kemudian mereka bisa bikin laporan dalam bahasa Inggris yang lebih bagus dari fresh grad. Bisa gitu karena tiap hari mereka terpaksa berbahasa Inggris ketika kerja, akhirnya terbiasa.

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 1:21 AM

    Aku nih jaman masih ngantor kalau meeting presentasi dengan klien banyakan in english, bahkan kalau dikantor ada hari tertentu yang mengharuskan kita bicara dengan bahasa inggris.

  • Renayku
    Renayku 6:57 AM

    English emang dibutuhin banget jaman now gini.. untungnya dari SD udah suka bgt english jadinya sekarang gape deh hehe.. soalnya waktu SMA juga dibantu sama kursus bahasa inggris hihihi

  • Ida
    Ida 7:17 AM

    Saya suka banget bahasa Inggris dulu sampai berkali kali kursus pernah sampai lulus advance pulak. Sudah nikah eh ga kerja, tapi tetep bermanfaat kok bisa ngajarin anak minimal grammernya karena cas cis cus nya sdh ga lancar lagi hehe...Tapi lumayan juga waktu anak mau tes beasiswa luarnegeri aku jadi partner bahasa inggrisnya. Alhamdulillah...

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 8:05 AM

    Aku masih lemah dalam bahasa inggris, pengen juga belajar dan bisa nggak hanya untuk dunia kerja
    yang buat penulis artikel macam aku, tawaran nulis english sering ada.

  • chairina bawazir
    chairina bawazir 8:57 AM

    Setuju banget mba. Bahasa inggris emang modal bersaing di dunia luar menurutku. Kuncinya sering di latih ya biar makin ok.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 9:46 AM

    Sampai sekarang masih dalam tahap belajar daku mbak, ya belajarnya lewat dengar lagu bahasa inggris atau nonton film, walaupun tetep masih belum mahir juga, hihi

  • Orin's Journal
    Orin's Journal 10:01 AM

    bahasa inggris emang penting banget ya apalagi kayak kita pengguna media social bahkan kerja menggunakan media social yg seringkali dituntut untuh memahami bahasa inggris.

  • Helena Magdalena
    Helena Magdalena 10:36 AM

    Hihihi bener mbak. Dl aku sempat kerja di site & interaksi dgn bule. Untung bahasa inggris lumayan jadi bisa komunikasi. Makanya aku sll encourage org2 utk bljr bhs inggris siapa tau one day kepake. EF bisa jd opsi nih

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 12:17 PM

    Kangeeen belajar di EF.
    Menyenangkan dengan cara belajarnya dan nativenya.
    Lingkungan yang menyenangkan ternyata memang bisa bikin kita mudah dalam mempelajari sesuatu.

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 1:31 PM

    memang penting bangeet mba bisa menguasai bahasa asing. Bahasa Inggris is a great start karena banyak dipakai

  • Fazirotul Firdaus
    Fazirotul Firdaus 2:35 PM

    Eh iya mbak, bahasa Inggris nih penting banget. Apalagi sekarang kerjaanku juga gini, biasanya kalo kerjasama sama brand luar harus pakai bahasa Inggris kan buat komunikasi, gak mungkin selamanya mengandalkan google translate. Btw, aku dari dulu suka sama bahasa Inggris tapi pas jaman sekolah aku kurang excited karena cuma diajarin grammar tanpa diajarin speaking.

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 4:23 PM

    bener ini mbak, bahasa dewa ya hehe yg penting memang sering dipakai biar nambah fasihnya hehe

  • Rizka Edmanda
    Rizka Edmanda 6:11 PM

    Anak zaman sekarang aja masih kecil ufah cas cis cus ya bahasa inggris apalagi di dunia kerja pasti penting banget mengingat ini sudah era persaingan global

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 9:48 PM

    Aku belum pernah merasakan kebermanfaatan Bahasa inggris dalam dunia kerja krn aku belum pernah kerja formal hehe. Tapi English emang penting banget termasuk buat lanjut studi

  • kartika
    kartika 2:06 AM

    Bagua banget ini, tapi lebih ke confertation atau lebih ke grammer ya yang di EF. Semoga suatu saat bisa ambil paket english for employee..biar bisa nulis blog pakai bahasa inggris

  • Lubnah Lukman
    Lubnah Lukman 2:07 AM

    saya termasuk punya pengalaman buruk dengan bahasa inggris, selalu dapat guru yang killer otomatis ajarannya aku gak suka hiksss, makanya supaya bisa pinta aku kursus ditempat lain aja hehehe

  • Ikrom Zain
    Ikrom Zain 9:47 AM

    bahasa inggris memang sangat penting untuk menunjang kerja mbak
    apalagi di zaman sekarang ini
    jadi alangkah lebih baik membekali diri dengan bahasa inggris yang mumpuni

  • abasozora
    abasozora 10:44 PM

    Anak saya bisakah lebih baik dari kita, karena kita gak bisa ngajarin hanya bisa mendukung

  • Dyah
    Dyah 3:14 PM

    Setuju, Mbak. Bahasa Inggris memang penting di dunia kerja. Apalagi kalau pekerjaannya terkait dengan riset dan perencanaan perusahaan. Referensinya tetap lebih banyak yang berbahasa Inggris.

Add Comment
comment url