Review Produk: Harmony Manual Breastpump dan Purelan Nipple Cream dari Medela

Bismillahirrahmanirrahim..... 

MasyaAllah, hampir tiga bulan kembali menyandang sebagai Ibu menyusui a.k.a. Busui (untuk ketiga kalinya). Rasanya? Duh, gak bisa diungkapkan hanya dengan kata-kata deh. Alhamdulillah, senangnya tiada terkira. Saya sih dari awal emang menikmati proses mengASIhi itu. Tapi ini udah hampir tiga bulan, artinya harus siap-siap juga untuk kembali bekerja lagi karena masa cuti yang akan segera berakhir.

review Harmony Manual Breastpump Medela

Lalu, apa nanti ketika kembali bekerja akan berhenti untuk mengASIhi? Aduuh, jangan doooong!

Niat saya semua anak-anak saya wajib mendapatkan haknya hingga dua tahun. Cukuplah Adek Fawwaz kemarin yang hanya mendapatkan ASI hanya kurleb 15 bulan saja karena Qadarullah, udah ada Dedek bayi dalam perut sejak Fawwaz berusia 10 bulan dan juga karena intensitas menyusu langsung yang tidak bisa 1x24 jam jadilah produksi ASI juga semakin menurun. 
Nah, makanya sejak semingguan yang lalu sudah mulai jadi mama perah lagi nih alias nyetok ASIP di kulkas sebagai bekal Dedek Faiz ketika emaknya berangkat ngantor. Hmm, baru nyetok sekarang? Telat banget dooong! Huuft, sebenarnya sih udah pengen dari awal bulan kemarin tapi kan bertepatan dengan Ramadhan dan saya kemarin Alhamdulillah lepas nifas langsung ikut puasa juga jadilah baru mulai pumping minggu kemarin.

Alasan lain juga karena saya sebenarnya dag dig dug der kalau udah nyetok banyak terus tiba-tiba PLN error lagi karena ada pemadaman yang lama gitu, huhuh. Pernah punya pengalaman buruk sih soal yang satu ini, hikss. 

Ngomongin soal ASIP berarti erat kaitannya dengan proses memompa ASI itu sendiri juga alat pompanya dong ya. Selama ini sih saya pumpingnya pakai pompa ASI manual. Sempat sih kepikiran kalau sekarang mau coba pakai pompa ASI yang elektrik aja biar lebih praktis, anti pegel dan efisien di waktu juga gitu. Udah sempat survey harga juga di beberapa e-commerce plus tanya ke bebeapa teman yang pakai pompa elektrik juga. Eeetapi tetiba dapat hadiah pompa ASI manual, Alhamdulillah kayaknya rejekinya emang di pompa manual deh. Tapi besok-besok kalau ada yang mau kadoin pompa ASI elektrik saya gak bakalan nolak kok. 😁
Penasaran pengen tahu pompa ASI saya yang terbaru itu seperti apa? 

breastpump manual Medela
harmony manual breastpump - medela

Taraaaa, ini dia nih pompa ASI terbaru saya: Pompa ASI Harmony Manual Breastpump dari Medela.


Ada yang udah pakai pompa ASI seperti ini juga? Yuks, ngacung juga. Kita sama dong yah. Nah, pada blogpost kali ini sekalian deh saya akan menceritakan review saya setelah memakai pompa ASI Harmony Manual Breastpump dari Medela. Eiits, tapi sebelumnya mari kita kenalan bagian-bagian dari produk ini  dulu ya biar yang belum tahu juga akan jadi tahu. Kali aja setelah baca ini mau langsung cari produk ini juga kan. 😉

spare part breastpump manual Medela
spare part harmony manual breastpump - medela

Pompa ASI Harmony Manual Breastpump (2 Phase Expression Technology) dari Medela ini adalah produk pompa ASI manual buatan Switzerland yang terdiri dari: 


  1. 1x PersonalFit breast shiled (corong, umumnya berukuran (M) 24mm)
  2. 1x2 Konektor komponen
  3. 2x Membran katup 
  4. 1x Pegangan
  5. 1x Diafragma/tangkai dengan O-ring berwarna putih
  6. 1x Ujung katup
  7. 1x Botol (150ml)
  8. 1x Multi-lid (penutup botol)
  9. 1x Kaki botol
  10. 1x Buku manual (petunjuk penggunaan)
Nah, itu tadi bagian-bagian yang terdapat dalam kotak Harmony Manual Breastpump ini. Untuk petunjuk penggunaannya semua lengkap dijabarkan di buku manualnya. Bagaimana cara merakit juga merawat setelah peralatan digunakan. Selanjutnya mari kita lanjut ke review saya aja ya, Temans.

Fitur dan Review Pompa ASI Harmony Manual Breastpump (2 Phase Expression Technology) dari Medela 

  • Terbuat dari bahan BPA Bisphenol-A free, jadi aman ya.
  • Dengan Teknologi Ekspresi 2-fase yang dimiliki, membuat pengguna merasa nyaman seperti irama isapan bayi secara alami. Dua fase yang dimaksud adalah fase stimulasi dan ekspresi. Jadi sebelum memulai memompa ASI kita dapat merangsangnya terlebih dahulu dengan menggunakan fase stimulasi seperti hisapan awal bayi yang cepat sehingga ASI dapat mengalir. Jika Moms merasa ASI mulai mengalir kita dapat pindah ke fase ekpresi yang mana pada fase ini gerakan memompa seperti meniru gerakan isapan bayi yang lebih lambat dan santai. 
  • Pegangan pompa yang dirancang ergonomis ini memungkinkan banget agar kita bisa mengatur gerakan pendek ataupun panjang irama isapan ASI (teknik dua fase tadi). Tentunya hal ini dapat membuat Moms semakin menikmati proses pumping ini, anti pegal deh
  • Bagian-bagian pompa ASI ini sangat mudah dipasang dan digunakan, begitu pula untuk membersihkannya, anti ribet lah ya
  • Tidak berisik dan tidak kentara ketika kita sedang melakukan pumping
  • Ringan dibawa dan praktis pula. 
pumping hari pertama dengan harmony breastpump dari medela

Alhamdulillah, sejak menggunakan pompa ASI Harmony dari Medela ini jadi makin semangat deh pumpingnya. Hasil yang didapat juga bisa jadi lebih cepat terkumpulnya. Prinsip pumping bagi saya sih dibawa santai aja, jangan terbebani, 'kejar setoran' ASIP sih boleh tapi kalau kita memaksakan diri juga, hasilnya malah  bisa jadi tidak seperti yang diharapkan. 

ASIP bekal Dedek nih nanti 😍

Dengan Harmony breastpump ini memungkinkan kita memompa ASI kapan dan dimana saja karena bentuknya yang mungil dan mudah banget dirakitnya. Dibawa kemana pun bisa karena ringan dan tidak mengambil banyak tempat. Teknologi 2 fasenya itu yang membuat nyaman dan rileks dalam memompa ASI, jadi bisa lebih banyak juga dong hasil pompanya. Menurut saya, breastpump manual ini recommended bangetlah buat para mama perah tuk jadi teman dalam cerita mengASIhi. 🤗

Oh iyah, selain manual breastpump ini saya juga mau kenalin satu produk terbaik Medela lainnya yaitu Purelan Cream. Krim ini sangat cocok untuk new busui ataupun old busui karena dengan krim ini dapat menolong kita mengatasi masalah luka pada puting susu (nipple). 
Saya jadi ingat waktu ngASI Faraz dulu dan saat dia mulai tumbuh gigi, puting saya sempat luka gegara digigit oleh si Bayi. Duuh, jangan ditanya deh gimana rasanya. Malah saya sempat demam karena hal ini. Lalu, apa saya menyerah dan berhenti memberi ASI? Oh tentu tyiiidaaakk doong. Dikuatin aja, ditahan. Malah dengan terus menyusu luka menjadi sembuh sendiri meski sembuhnya butuh waktu beberapa hari.

Naah, bagaimana dengan saat menyusu Fawwaz? Sempat juga sih kena saat dia mulai menggusi dan giginya tumbuh tapi syukurnya karena sudah punya pengalaman sebelumnya jadi bisa lebih disiapkan lagi mentalnya, hihih.

Gak tahu deh apa drama ngASI Adek Faiz nanti kalau udah mulai tumbuh gigi akan gimana? Eits, tapi sekarang gak perlu worry lagi. Saya udah punya Purelan Nipple Cream yang memang dirancang khusus untuk membantu meredakan masalah puting yang lecet.



purelan nipple cream - medela

Krim ini tidak menyebabkan alergi dan aman jika tertelan bayi. Di samping itu bisa juga digunakan pada bagian kulit yang kering. Hmm, bukankah lebih baik sedia payung sebelum hujan kan? Daripada nanti kebingungan lagi.

Nah, gimana review saya kali ini? Ayoo, Buibuk yang lagi galau dengan pompa ASI boleh banget lho kepoin langsung akun  IG Medela ini biar lebih yakin, disana udah banyak juga lho review dari Mama perah lainnya. Kalau mau langsung beli juga bisa langsung intip di tokonya lho.

Semangat mengASIhi ya Moms 🤗



  

Diah
Next Post Previous Post
56 Comments
  • Meiga
    Meiga 10:40 AM

    Saya jadi pingin nih membeli pompa ASI Harmony Manual Breastpump dari medela

  • Alvi
    Alvi 10:41 AM

    Wah pegangan yang ada pada pompa ASI Harmony Manual Breastpump dari medela memang sangat praktis ya

  • Sasa
    Sasa 10:42 AM

    Pompa ASI yang satu sangat cocok banget ya buat Bunda yang punyai si kecil

  • Diana
    Diana 10:42 AM

    Wah bermanfaat banget nih Mbak informasinya. Sangat membantu para Bunda

  • Dewi adikara
    Dewi adikara 4:50 PM

    Bentuknya mungil ya mbak, bisa mudah dibawa kemana-mana ya mbak... Dan yg buat saya senng nih ada kream yg bis membantu meredakan lecet akibat di gigit si kecil

  • Arda Sitepu
    Arda Sitepu 10:11 PM

    Wah toss mbak, aku pakai yang pemompa Harmony Medela yang manual ini. Semula karena memang harganya lebih murah dari yang elektrik dan kalau pakai elektrik aku juga enggak nyaman. Pompa ini enggak sakit, sesuai dengan ukuran payudara seperti bayi yang menghisap. Untuk botol susunya juga bagus mbak, aku masih ada di rumah hihi.

  • Lidya
    Lidya 7:33 AM

    Dulu aku juga pakai pompa Medela waktu Alvin bayi, tapi aku cuma mompa beberapa bulan aja sih karena stok ASI di PD banyak aja. ASI perahnya dipakai kalau pas aku nganter pascal sekolah atau keluar rumah aja, neneknya yang nyendokin, tapi setelah 1 bulan aku ngurus sendiri semua, malas rasanya mompa hihihi. Karena aku gak kerja jadi gentong & anaknya dibawa aja kemana-mana. Nah aku juga waktu baru pulang dari rumah sakit direkomendasiin Purelan sama susternya soalnya putingnya agak lecet, maklum bayinya belum pinter nyusunya.

  • Ida Raihan
    Ida Raihan 8:16 AM

    Selamat mengASIhi ya Mak. Sama nih anak saya juga baru berusia 2 bulan. Jadi pegen beli juga pompa asi ini.

  • Sapti nurul hidayati
    Sapti nurul hidayati 11:17 AM

    Jadi teringat masa-masa merah ASI di kantor dulu... Pakai yang manual juga... Hihi.. Seneng ya kalau hasil pumpingnya banyak dan lancar... Serasa kaya dan nimbun harta karun kalau stok asi berlimpah tu...

  • Ameliasepta
    Ameliasepta 12:36 PM

    Nambah lagi deh pengetahuanku tentang menyusui, duh makasih yah kak infonya, Jadi bisa punya persiapan dong ini kalau nanti ku mau menika dan punya anak hehe, btw salam kenal ya kak

  • herva yulyanti
    herva yulyanti 2:03 PM

    Mba, pas banget putingku lecet karena digigt ga kunjung sembuh euy jadi taulah rasanya kalau nyusui dah merem melek karena sakitnya minta ampun :(

    jadi pengen coba beli purelan aman kan yah kalau tertelan duh bersyukur ada yang review ini :)

  • Keke Naima
    Keke Naima 3:07 PM

    Memilih breastpump memang gak bisa sembarangan. Ada yang nyaman saat digunakan. Ada juga yang tidak. Kalau baca review ini Harmony Medela kelihatannya nyaman digunakan

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 6:45 PM

    Kalau manual memang praktis dibawa ke mana-mana ya mba. Dan medela juga merk yang aku pakai saat breastfeeding duluuu

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 9:23 PM

    Breastpump ada kakinya juga, lucu ya. Semangat mompa Mbak biar ASIP dedek lancar. Emang sih kunci busui itu kudu santai dan jangan lupa bahagia

  • Djangkaru Bumi
    Djangkaru Bumi 10:07 PM

    Bagus banget ya produknya, unik gitu.
    Artikel yang sangat bermanfaat bagi ibu yang super sibuk nih. Agar sang bayi tetap mendapatkan asupan ASI

  • Rizka Edmanda
    Rizka Edmanda 10:19 PM

    aku belum pernah nyobain breastpump medela sih, tapi setau aku medela ini udah hospital grade ya

  • Elly Nurul
    Elly Nurul 11:39 PM

    MashaAllah mba.. jadi inget jamannya semangat mompa asi kala itu hehe.. medela emang juara yak.. aku pakai juga.. walaupun manual tetap aku suka.. ringan dan pas.. jadi ngga gampang pegel.. ini aku masih simpan dengan rapi dirumah

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 1:04 AM

    Berbahan BPA Bisphenol-A free berarti bagus ini produknya buat pumping ASI ya. Kalau tak salah ingat, adikku juga kasih ASI dengan sistem pumping menggunakan produk Harmony Medela. Praktis juga alat pompanya dan bisa dibawa ke mana2.

  • Kurnia amelia
    Kurnia amelia 7:37 AM

    Sekarang breastpumb bagus2 dan modern ya, jadi inget dulu aku pompa ASi pakai pompa manual yang ujungnya merah gt kaya balon hehe.

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 8:05 AM

    Penting banget ini...
    Aku dulu pas lecet, gak aku kasih apa-apa doonk...karena ga paham mau dikasih apa yang aman untuk Ibu dan bayi, jika tertelan.

    Aku baru tahu kalau Medela ada yang manual.
    Aku kira elektrik semua, tipenya.

    Semangat berjuang mengASIhi, kak...
    Sukses, in syaa Allah.

  • Anne Adzkia
    Anne Adzkia 8:33 AM

    Saya terakhir punya bayi itu 11 tahun lalu, dan masih tinggal di kota kecil di provinsi Kalsel. Kayaknya info2 ttg breastpump bagus belum sampe dan gak tau ada nipple cream. Sungguh, pasti membantu banget ngatasin nyeri pas saat dede bayi mulai gigit2.

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 8:42 AM

    Selama ini saya DBF sih Bund jadi belum pernah nyoba pompa ASI merk manapun baik yang manual maupun elektrik . Tapi boleh juga nih recommendednya, ya siapa tahu nanti bakal butuh pompa ASI juga apalagi sekarang juga sementara hamil dan masih tetap menyusui.

    Btw jadi tertarik juga nih baca pengalaman Mbak saat hamil dan tetap menyusu.

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 8:57 AM

    Krimnya aman ya kalau tertelan bayi? Ngeri aja ngebayanginnya hehehe... padahal di artikel ini sudah dijelaskan kalau ga pa pa ya saat tertelan :)

    Dulu aku pernah dapet lungsuran pompa ASI yang pake batu batere mba, tapi yang dari Medela ini kelihatannya oke juga. Selamat mengASIhi yaaaa.. Dedek Faiznya semoga sehat selalu.

  • April Hamsa
    April Hamsa 9:03 AM

    Dulu pertama kali pakai pompa asi juga merek Medela ini. Yg jenis kyk gini dulu tetanggaku yang punya dan aku dipinjamin. Lumayan sih hasil pumpingnya :D
    Yg penting semangat mengASIhi adek bayi ya mbak :D

  • Astin Astanti
    Astin Astanti 9:05 AM

    Bener ya Mbak, pumping atau mengasihi kuncinya dibawa santai dan beruntunglah ditemani harmony manual breastpump dan ada solusi saat puting lecet ya

  • Siti Hairul Dayah/ catatansiemak
    Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 9:59 AM

    Wah review kayak gini membantu banget nih untuk para ibu menyusui. Soalnya banyak banget merk pompa ASI

  • cifer
    cifer 12:49 PM

    ah aku sepertinya butuh nih nipple cream medela purelan ini.. syifa lagi tumbuh gigi taring, duh sering banget digigit kalo lagi nen, apalagi kalo udah mau merem, refleks gigit xD gatel kya nya giginya, ga ketahan, haha..

  • Dyah
    Dyah 7:42 PM

    Keren reviewnya. Sehat mba dan bayinya

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 4:54 AM

    Ini pumping manual, ya, Mbak? Wah, jarak kelahiran cukup dekat,ya, antara kakak dan adik.

    Saya dulu diam di rumah sih, jadi jarang pompa asip. Btw, trims reviewnya

  • Farida Pane
    Farida Pane 6:25 AM

    Purelan ini memang efektif ya menyembuhkan luka di puting ya. Selamat mengASIhi!

  • Hastin Pratiwi
    Hastin Pratiwi 2:25 PM

    Ini pompa keren amat ada 2 fase penekanan, utk stimulasi & saat ASI sudah mulai lancar utk diperah.
    Zaman dlu mana ada pompa beginian. Apalagi krim khusus yg aman jika tertelan bayi. Masya Allah, zaman now semua fasilitas utk bayi membuat para ibu benar² nyaman ya.

  • Dewi Hepy
    Dewi Hepy 3:56 PM

    Mantap reviewnya, dari zaman dulu saya menyusui merek Medela memang direkomendasikan sih

  • Novya Ekawati
    Novya Ekawati 9:37 PM

    selamat jadi mami perah mbak hehehe, aku dulu sampai pakai 2 macam, kalo pas di kantor pake yang elektrik (biar cepat karena suka dicari bu bos), nah kalo di rumah sembari nunggu dedek bobok, aku pake yang manual (biar lebih santai) hehehehe

  • Tetty Hermawati
    Tetty Hermawati 2:04 PM

    enaknya pompa asi manual ini bisa dibawa kemana2, aku pernah ke luar kota ninggalin bayi, kalau udah kepepet sakit banget PD karena asi penuh, bisa perah dikamar mandi buat ngurangin sakit

  • sumiyati sapriasih
    sumiyati sapriasih 7:00 AM

    produk baru ya kak ...pompa ASI Harmony dari Medela, cara kerjanya sangat membantu para mom

  • Irena Faisal
    Irena Faisal 11:17 AM

    aku pakai medela yang electric waktu masih menyusui dan pakai pureland nipple juga... semangat mengASIhi mom :)

  • Yanti
    Yanti 2:17 PM

    Saat menyusui perlu banget nih pompa asi kaya gini harganya biar saat pergi anak ttp bisa dapat Asi ..thanks mba reviewnya

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 10:32 PM

    Aku tim pompa manual momm lebih mantep aja gitu rasanya hehe. Btw ini Cream baru Medela yah? Pastinya bakalbbermanfat banget buat para busui nih

  • Natrarahmani
    Natrarahmani 11:21 PM

    AKu pake juga purelan nya sampe sekarang apalagi mass teething. Pas banget putingku lecet lecet dan ini emang ampuh banget

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 7:06 AM

    Jadi bisa kasih rekomendasi ke kakakku yang juga lagi #SemangatCiee mengASIhi, soalnya katanya sudah mulai lecet

  • Ludyah Annisah
    Ludyah Annisah 11:00 AM

    Wahh, ini manual ya mbaa. Tapi kok pemakaiannya cukup praktis ya mbaa hehee. Semoga si kecil sehat selalu ya mbaa

  • ajeng pujianti lestari
    ajeng pujianti lestari 4:41 PM

    Mbak, aku juga pakai ini waktu di rumah sakit. Di pinjamin sama temen, asli bermanfaat banget karen saat itu aku belum diperbolehkan nyusuin si bayi

  • Ria Andika
    Ria Andika 6:58 PM

    Kenapa aku baru tau soal Purelan Nipple Cream:( hikss, dulu sempet bingung saat puting lecet sekarang udah ada creamnya, aman juga utk si kecil

  • Wian
    Wian 8:27 PM

    Medela ini juga jadi andalan aku saat jadi busui. Dari mulai pompa, penamping asi sampai tas asi, semua pake medela.

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 10:01 AM

    Merk medela mah udah nggak dragukan kualitasnya deh mba. Masih tetap bagus dan ini butuh untuk support pemberian ASI

  • faradillah
    faradillah 10:37 AM

    Wah sangat bermanfaat banget yah mom buat menyembuhkan luka yah

  • Ayun
    Ayun 2:26 PM

    Jadi makin semangat pumping, ya, Mbak. Apalagi ada Purelan jadi nggak khawatir lecet.

  • Wiwin | pratiwanggini.net
    Wiwin | pratiwanggini.net 3:16 PM

    Senang ya kalo bisa pumping dengan lancar dan ASI-nya berlimpah sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi adik bayi :)

  • Fara
    Fara 3:19 PM

    Wahh ini bagus buat ibu menyusui agar tidak lecet yah

  • Sapti nurul hidayati
    Sapti nurul hidayati 10:12 PM

    Breast pump yang nyaman dipakai dan hasil banyak membuat ibu tenang dan anaj senang ya mb... Hihi. Saya dulu juga pakai manual meskipun dengan merk yang berbeda... Smg sukses asi eksklusifnya yaa...

  • Jeanette Agatha
    Jeanette Agatha 11:00 AM

    aku sempet menggunakan breast pump hanya setahun kurang, karena nggak tega jadi berhenti bekerja, hihihi.
    Aku baru tau ada purelan yang menyembuhkan luka di puting, karena aku nggak pernah luka putingnya. semangat memberi ASI yang eksklusif mbak :)

  • Antung apriana
    Antung apriana 2:56 AM

    Kalau buat ibu bekerja pompa asi memang penting banget ya, mbak. Medela ini dulu sempat jadi pompa impian aku. Cuma karena harganya yang agak mahal akhirnya aku milih pompa yang lebih murah. Tapi pastinya harga sebanding ya sama kualitas produknya

  • Inka Amalia
    Inka Amalia 9:00 AM

    Aku pake pompa asi ini udah lama juga sih mbak, dan gel utk payudara nya juga lumayan bikin nyaman banget kalau lg sakit

  • Anisah
    Anisah 10:39 PM

    waaa, makasih ya jadi nambah ilmu. Aku pribadi belum pernah ngerasain menyusui dan hamil, tapi insyaallah disegerakan doaan ya, cuma sering denger cerita temen yang putingnya suka lecet, kalau habis di pompa atau menyusui, alhamdulillah ada solusinya yah. Aman untuk si bayinya juga yah, aku rekomendasiin ke temen-temenku yang lagi jadi pejuang ASI ah.

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 1:31 AM

    Saya juga pakai pompa asi ini, nanti mau tulis review-nya juga ahhhh 😁

  • t h y a
    t h y a 10:17 AM

    Aku belum pernah pake medela.
    pakai medela bisa pumping sambil senderan gak mba?

Add Comment
comment url