Tips Terbaik Merancang Open Space dalam Rumah

Perkembangan wawasan arstitektur interior di zaman sekarang menyebabkan beragam ide desain ruangan bermunculan di dalam sebuah hunian. Mulai dari ide ruangan-ruangan baru yang belum pernah ada hingga beragam ide desain interior pun kini dapat dilihat contohnya melalui katalog-katalog desain konvensional seperti majalah hingga platform berbasis internet.

pic: appartmentherapy.com

Beberapa ide desain ruangan yang hadir belakangan ini juga diadopsi oleh beberapa proyek rumah dijual yang dipasarkan. Sebut saja pengaplikasian konsep minimalis yang ngetren pada sejumlah bangunan rumah dijual khususnya proyek-proyek rumah dijual baru. 

Sama seperti struktur bangunan minimalis pada beberapa proyek rumah dijual, salah satu ide desain khususnya untuk bentuk ruangan, open space, kini juga banyak diadopsi oleh para pemilik properti atau beberapa pengembang proyek rumah dijual. Open space atau dikenal juga sebagai open floor diketahui merupakan konsep ruangan yang menggabungkan beberapa ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur tanpa sekat. 

Tujuannya, selain memperlihatkan ruangan lebih luas dan lega, penyatuan ruang meningkatkan interaksi di antara para penghuninya. Ruangan ini dapat membawa suasana lebih intim kepada tamu yang berkunjung. 

Dari tujuan tersebut, tidak heran popularitasnya kini diaplikasikan tidak hanya pada rumah-rumah dan apartemen, kantor dan restoran pun juga banyak mengadopsi ide ini.

Jika Temans juga tertarik untuk mengadopsi ide desain open space tersebut ke dalam desain hunian Temans berikut beberapa tips dari apartmenttherapy yang dapat kita pertimbangkan.

Pencahayaan Terbaik
Kata open pada open space sering diintrepretasikan sebagai sebuah konsep memperlihatkan apa yang ada dalam ruangan baik dari penglihatan dari luar hunian maupun dari area-area di dalam hunian. Untuk itu, pencahayaan maksimal sangat diperlukan untuk memperlihatkan kesan luas pada area tersebut. Tidak mesti pencahayaan natural yang dimaksimalkan, kalian dapat memaksimalkan pencahayaan dengan menggantung lampu gantung (chandellier) berukuran besar di dalam area tersebut.

Aspek pencahayaan sebenarnya juga tergantung dari preferensi kalian, jika kalian lebih menginginkan aksen lebih intim dalam keterbukaan, kalian dapat menambahkan lampu led strip yang berwarna redup dan hangat.

Membagi Area-area Fungsional
Ada anggapan bahwa open space merupakan sebuah desain untuk mengintegrasikan sejumlah ruangan dalam satu tempat. Jika memang ide tersebut kalian adopsi, pada saat merancang area open space, kalian sebaiknya berfokus untuk membagi area-area fungsional sebelum memberikan aksen furnitur. Penggambaran area-area tersebut akan memudahkan kalian untuk merencanakan furnitur apa yang tepat dalam menghias open space tersebut.

Pembagian area-area fungsional ini juga berfungsi untuk meredam terlalu terbukanya ruang open space. Mungkin saja, beberapa dari kalian menginginkan ruangan ini memiliki kesan privat untuk melakukan aktivitas tertentu secara pribadi namun tidak menghilangkan keterbukaannya. 

Memperhatikan Akses Jalan 
Bagi kalian yang memberikan aksen banyak furnitur pada open space, ada baiknya untuk memperhatikan akses berjalan kaki di dalam ruang maupun ke ruang-ruang lainnya. Cara ini sebaiknya dilakukan sebelum kalian mem-plot furnitur-furnitur yang akan ditempatkan pada ruangan terbuka tersebut. Jangan sampai, keterbukaan ruang pada open space justru tidak mengindahkan keterbukaan akses didalamnya. 

Mengkolaborasikan Furnitur
Berkaitan dengan poin akses jalan yang telah disebutkan sebelumnya, jangan sekali-kali kalian terlalu memaksimalkan penempatan furnitur hanya di satu titik. Kalian dapat mengkolaborasikan meja dan sofa utama dengan aksen aksesoris lemari yang menggantung pada dinding.

Nah, gimana? Tertarik untuk membuat open space di rumah Temans juga? Pastinya dong yah, biar rumah kita juga bisa terlihat lebih luas dan nyaman yah. 


 
Next Post Previous Post
25 Comments
  • Fanny F Nila
    Fanny F Nila 7:34 PM

    sebenernya pengeeen banget konsep rumah begini. tp rumahku yg skr memang di awal udh banyak dibikin sekat. harus renov kalo mau dihilangin. dan itu blm kekumpul2 uangnya :D. untuk di awal aku bikin plan dulu aja gmn mendesign ruangan2 yg aku mau :D. semoga tabungannya juga cepet kekumpul utk ini

  • Okti Li
    Okti Li 8:30 PM

    Cocok nih dengan rumah panggung kami di kampung soalnya tuang tamu sampai belakang memang tidak disekat. Kami memang biasa gelar tikar khsusunya setiap magrib sampai isya anak-anak santri kan pada mengaji

    Sepertinya yang saya perhatikan justru bukan furniture, tapi gimana cocoknya buat meletakkan kitab-kitab mengaji anak-anak tanpa mengganggu dan terganggu

  • Emiria Letfiani
    Emiria Letfiani 8:46 PM

    Pencahayaan ini penting bangeeett. Tapi sebenarnya pencahayaan alami jauh lebih baik, selain itu juga pengaplikasian roaster/ventilasi pada ruang juga penting. Agar tidak terjadi sick building bagi pengguna 😁

  • Irra Octaviany
    Irra Octaviany 5:27 PM

    Aku seneng. Banget kalau diajak renov rumah, bebas milih model semauku. Tipsnya beguna nih buat nanti kalau mau renov rumah.

  • Irena Faisal
    Irena Faisal 10:38 AM

    Mengkolaborasikan furnitur ini jadi concern juga hehehe secara aku suka beli printilan furniture, thanks for sharing mbak :)

  • Okti Li
    Okti Li 5:32 PM

    Untuk rumah sempit seperti di rumah saya open space ini kayanya cocok nih. Jadi setiap hari anak-anak kampung mengaji juga tetap leluasa. Yah sebelum punya bangunan batu untuk khsusu tempat mengaji mereka, meski belum tahu kapan bisa terlaksana, hehehe

  • Rachmanita AdindaRara
    Rachmanita AdindaRara 5:50 PM

    Keren banget ya open space rumahnya.. Aku pengen bisa mendekor rumah seperti itu.. Jadi lebih nyaman betah dirumah

  • Tetty Hermawati
    Tetty Hermawati 6:26 PM

    open space ini menurutku bagus konsepnya, suka nonton d hgtv, rumah yang open space, dapur misalkan nyambung sm ruang makan atau ruang nonton tanpa sekat malah bikin ruang jadi lega dan terang, bagus banget asal penataannya tepat

  • Anggraeni Septi
    Anggraeni Septi 2:56 PM

    Pengen banget konsep seperti ini, keren bayanginnya. Apalagi aku tinggal di daerah Kabupetan. Harus ekstra nabung ini hehe :)

  • Ristin
    Ristin 4:40 PM

    Wah.. konsep terbuka seperti ini udah dimanfaatkan dari sama papaku lhoo mbak hihihi... beliau berpikiran bahwa di dalam rumah itu harus ada kehangatan, ruang tamu jarang dipakai jadi untuk apa di sekat, kalau ada tamu pun.. bisa kita langsung ajak makan ( karena terbuka juga di ruang makan) atau bercengkrama di ruang keluarga. Ruang tamu dianggap ruangan untuk tamu yang bener2 ga dekat. :)

  • Wiwin Pratiwanggini
    Wiwin Pratiwanggini 5:47 PM

    Pasti donkkk pengin banget bikin open space di rumah kami.. Semoga segera terwujud impian punya rumah sendiri :)

  • Natrarahmani
    Natrarahmani 6:11 PM

    AKu udah lama kepengen merubah tatanan rumah, pengen punya ruang kerja yang decent buat menulis. Jadi pengen liat di apartementtherapy deh

  • Antin Aprianti
    Antin Aprianti 6:21 PM

    Wah tertarik banget nih kalau suatu saat bikin rumah sendiri pengen dibuat open space, terlihat lebih luas ya mbak

  • Dewi adikara
    Dewi adikara 12:28 PM

    Setuju banget dengan pencahayaan, apalagi akses buat jalan. Bikin makin betah di rumah ya mbak:)

  • Rach Alida
    Rach Alida 12:34 PM

    Mengkolaborasi furnitur emang penting banget mba. Aku sendiri masih kurang jago untuk melakukan kolaborasi ini

  • Siwilih Nurdayati
    Siwilih Nurdayati 2:55 PM

    Aku suka dengan rumah yg minim furniture biar keliatan luas. Kayaknya konsep open space ini pas banget

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 6:31 AM

    Ternyata rumah minimalis pun bs punya open space ya mba asalkan diatur sedemikian rupa, jgn sampe ga ada jalan hehe

  • Nia Haryanto
    Nia Haryanto 8:32 AM

    Suka deh dengan rumah yang ada space-space kosong yang lega. Walopun gak luas, asal penataan sesuai, suasana lega bisa terasa ya.

  • Irra Octaviany
    Irra Octaviany 11:10 AM

    Rumahku yang sekarang ini sudah menganut sistem open space, dimana ruang keluarga, tamu dan dapur jadi satu. Tantangannya adalah membuat semua tetap indah dilihat dan nyaman, peer banget ini ngatur rumah open space gini. Hehe

  • April Hamsa
    April Hamsa 11:50 AM

    Aku suka ruah yang gak terlalu banyak sekat bahkan tanpa sekat juga mbak, paling kasi apa gtu sbg pembatas, misal meja atau rak kecil buat mbedain living room sama ruang baca gtu misalnya. Bikin rumah jd tampak luas

  • Reni Dwi Astuti
    Reni Dwi Astuti 12:18 PM

    Aku juga pingiiin banget ada open space di rumah. Tapi itu bisa terwujud kalau membangun lantai 2, rencananya akan aku kasih open space agar terasa lebih nyaman dan lega

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 2:32 PM

    iya salah satu jurus jitu membuat rumah lebih lega dan nyaman ya open space ini ya Mbak..
    Saya masih mengandalkan pencahayaan..mau coba tips lainnya:)

  • Ria Nugroho
    Ria Nugroho 5:47 PM

    pengen diah punya rumah yang open space gitu, pasti bakal lebih terang nanti ya rumah :D tapi sayang ruangan rumah terbatas jadi gak memungkinkan kayaknya hehe

  • Afrilentin
    Afrilentin 2:09 AM

    Konsep open space ini emang lagi ngetrend yah mba,aku paling suka kalo ke resto yang konsepnya begini keliatan dapur sama meja makan tamunya berasa dirumah sendiri

  • TIAN LUSTIANA
    TIAN LUSTIANA 10:30 AM

    Konsepnya keren nih, jujur saya lebih seneng banget sama konsep open space seperti ini, jadi udara bebas bergerak.

Add Comment
comment url