Persiapan Sebelum Melahirkan

Bismillahirrahmanirrahim..... 

Semakin dekat waktu melahirkan tiba, semakin deg-degan juga nih perasaan. Jangan ditanya deh gimana perasaan saya saat ini. Ada rasa senang, cemas, khawatir, takut, sudah deh semua bercampur aduk jadi satu. Meskipun ini bakalan menjadi pengalaman melahirkan yang ketiga kalinya tapi tetap saja perasaan campur aduk itu tidak bisa dipungkiri adanya. Apalagi pengalaman-pengalaman melahirkan sebelumnya dengan bantuan vacum itu jadikan tingkat deg-degannya makin terasa. Jujur sih pengen banget merasakan lahir normal tanpa bantuan alat ataupun induksi. Ikut instruksi medis untuk mengejan dan yeaaa mendengar tangis bayi itu sangat dinantikan sekali. Semoga saja sih lahiran kali ini bisa melewatinya tanpa ada drama vacum segala. Pengen banget bisa merasakan lahiran normal, hari ini bayi lahir besok bisa balik ke rumah dengan keadaan semuanya sehat dan bahagia, Aamiin. 



Biasanya di usia kehamilan 7 bulan atau 8 bulan, (calon) Mama sudah mulai sibuk mempersiapkan segala perlengkapan untuk si Baby kelak. Bagaimana dengan saya? 

Baca juga: Resolusi 2019 Versi Emak 

Sebenarnya sih saya tipe mama yang santai saja untuk hal ini. Apalagi kan barang-barang new born baby itu biasanya cuma dipakai 1-2 bulan saja. Waktu hamil pertama sih saya sudah mulai sibuk-sibuk intip online shop sana sini itu sejak usia kandungan masuk 7 bulan, terus keluar masuk toko baby disini juga yang saat itu jumlahnya baru beberapa disini. Nah, kalau saat ini sih saya santai. Lah, baju-baju warisan Kakak-Adek itu masih ada, kemarin sempat mau dibagikan ke orang yang membutuhkan tapi ternyata ketahuan hamil lagi jadi semua saya packing cantik lagi menunggu saatnya digunakan kembali.

Waktu menunggu kelahiran Adek kemarin juga saya sebenarnya tidak sibuk belanja-belanji lagi, cuma keluarkan kembali barang-barang Kakak, cuci bersih, lipat lalu simpan dalam tas deh agar ketika rasa mulas dahsyat itu datang semua sudah siap diangkut. Mungkin karena masih terlihat seperti baru, ada tetangga sempat negur lho saya belanja perlengkapan bayi lagi kah? Saya cuma tersenyum dan jawab tidak, semua ini masih warisan Kakak koq, heheheh. 

Lalu, bagaimana dengan sekarang? Apakah saya sudah mulai sibuk hunting barang-barang keperluan Dedek bayi kelak? Atau akan kembali gunakan barang warisan lagi? Heheheh. Memasuki kehamilan 8 bulan ini sebenarnya saya bisa dibilang masih santai melakukan persiapan itu. Belum ada satu pun perlengkapan yang saya cuci ulang.

Baca juga: Menikmati Kehamilan

Menurut saya sih ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan dalam menyambut persalinan, seperti:

Fisik dan Mental
Kenapa? Alasannya karena kalau kita tidak siap fisik dan juga mental otomatis kita bakalan stress menghadapi persalinan kelak. Padahal kan yang dibutuhkan adalah fisik Ibu yang kuat dan juga mentalnya harus siap menghadapi semua kemungkinan yang akan terjadi. Melahirkan itu sebuah perjuangan juga pengorbanan. Makanya semua harus dibuat happy dan enjoy ya. Oh iya, fisik Ayah juga harus bugar lho biar bisa menemani Ibu dikala proses persalinan kelak.

Financial
Yup, untuk hal yang satu ini pastilah akan jadi persiapan penting juga. Melahirkan itu butuh biaya yang tidak sedikit. Meskipun sekarang ada jaminan kesehatan dari pemerintah yang bisa meringankan beban warganya tapi tetap saja kebutuhan financial tetap harus dipersiapkan juga.

Kebutuhan Ibu dan Bayi
Nah, ini nih yang tidak kalah penting juga. Apalagi bagi Ibu baru yang harus menyiapkan semua keperluan Bayi dan juga sang Ibu itu sendiri. Setidaknya ada dua tas terpisah yang harus disiapkan; pakaian bayi lengkap, pakaian ganti bayi, pakaian ganti ibu dan juga pakaian saat akan kembali pulang ke rumah. Seperti yang saya bilang tadi, kalau saya sekarang sih belum menyiapkan barang-barang ini. Rencana sih baru weekend besok mau megeluarkan harta karun yang ada, dicuci ulang dulu dan packing kembali ke dalam tas yang nanti akan dibawa ke rumah sakit. Pengen juga sih belanja pakaian baru untuk Dedek dan juga keperluan menyusui kelak.


Daripada ribet mau keluar mending cari di online aja deh. Dengar-dengar di bulan Maret ini ada program khusus Promo Maret Mantap dari Tokopedia. Uhuuuii, langsung semangat deh keluarin list yang dibutuhkan, biar bisa dapatkan barang-barang yang diincar dengan harga khusus dan ada free ongkir pula lho. Sekaligus dong memeriahkan program Tap Tap Mantap ini. Kali rejekinya Dedek bisa dapat grand prize. Mana tahu kaaan? Aaamin.

Yaaah, begitulah persiapan yang saya lakukan sekarang sebelum melahirkan anak ketiga ini. Berusaha santai biar gak tegang dan stress walau sebenarnya dag dig dug juga bookk, hihihih. Nah, gimana dengan Temans niih dalam mempersiapkan kelahiran? Ada tips khususnya kah? Share juga doong. 😉



Diah
Next Post Previous Post
46 Comments
  • Anisa
    Anisa 3:53 PM

    Wah bener banget tuh memang banyak ya yang harus dipersiapkan ketika mau melahirkan

  • Meiga
    Meiga 3:54 PM

    Wah betul banget tuh Bun, kebutuhan fisik dan mental itu yang paling utama

  • Alvi
    Alvi 3:54 PM

    Kebutuhan financial juga sangat penting ya Bun.

  • Sasa
    Sasa 3:55 PM

    Wah bener banget tuh ya kebutuhan yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan

  • Diana
    Diana 3:55 PM

    Kebutuhan ibu dan bayi nih sangat penting banget ya Bun

  • CatatanRia
    CatatanRia 3:55 PM

    Gak terasa ya diah sudah sebentar lagi debay lahiran. Semoga lancar dan bisa melahirkan normal yaaa. Gsk sabar mau lihat FZ yang ketiga :D

  • Lantana Magenta Hermosa
    Lantana Magenta Hermosa 5:25 PM

    Tap tap mantap....moga moga dedek dapat rezeki grand prize, Amin

  • Okti Li
    Okti Li 4:06 PM

    Semoga jadi rezeki si baby utun ya. Amin.
    Semoga saatnya nanti lancar sehat dan selamat semuanya ya.

  • Aminnatul Widyana
    Aminnatul Widyana 7:57 PM

    Sama aja sih aku juga begitu, persiapan paling-paling fisik sama mental itu yang utama. Terus perlengkapan buat melahirkan terutama buat bayinya. Kalau emaknya sih paling baju ganti, pembalut buat abis melahirkan, sama booster ASI

  • Irra
    Irra 11:08 PM

    Semoga dilancarkan ya mbak hingga lahiran. Memang sebelum melahirkan kita harus banyak persiapan supaya tenang. Semoga menang grand prize mbak!

  • Einid Shandy
    Einid Shandy 5:08 AM

    Wah... Wah... Pasti happy banget.
    Persiapan utama fisik & mental.

    Semoga debaynya jadi anak yang berbakti kepada orang tua ya Kak.
    Aamiin...

    Salam kenal.

  • sumiyati sapriasih
    sumiyati sapriasih 9:25 AM

    semoga dilancarkan dalam melahirkan anak ke 3 ya ... kalau menang grand prize itu rezeki nya si kecil

  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com 1:41 PM

    Semoga sehat dan lancar lahirannya ya say.
    insha Allah kuat lahir batin

    sekarang mending belanja2 aja dulu di tokopedia hahaha

    paling asyik tuh, dan beware kalap hahaha

  • ajeng pujianti lestari
    ajeng pujianti lestari 4:04 PM

    Wah, meski udah anak ketiga tapi tetep deg-degan aja ya pastinya. Namanya juga mau mbrojolin anak, hehehe. Aku tahu perasaan tu soalnya aku juga tiga kali melahirkan nih.

    Barakallah mbak, semoga diberikan kemudahan dan kelnacaran ya. Sehat selalu ibu dan bayi :)

  • Rohyati Sofjan
    Rohyati Sofjan 9:21 PM

    Semoga sehat dan persalinannya lancar, Mbak. Apa pun itu semoga Allah beri persalinan yang terbaik. Setiap perempuan yang melahirkan selalu dengan cara tersendiri yang unik, disyukuri saja, Mbak.
    Saya setuju dengan poin siap fisik mental, keuangan, berikut kebutuhan ibu dan bayi. Ternyata ada Tokopedia yang bisa menyediakan segalanya, ya. Jujur saya jarang buka situs belanja daring. Syukurlah Mbak bisa belanja secara nyaman dan mudah di Tokopedia. Tak perlu repot keliling pasar atau toko di luar rumah.
    Selalu ada alternatif belanja yang mudah juga murah, pakai TAP TAP ha ha. Selamat berbelanja, Mbak. Semoga segala persiapan dimudahkan Allah dan persalinannya berjalan lancar. Ibu dan bayi sehat dan selamat tak kurang suatu apa pum. Aamiin.

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 9:34 PM

    Semoga lancar lahiran samapi nanti..bunda dan debay sehat semuanya ya Mbak..
    Persiapan lahiran saya, diiringi doa semoga suami sedang ada di rumah, jangan pas dinas ke luar kota hahaha

  • Elly Nurul
    Elly Nurul 10:31 PM

    Jadi inget ketika terakhir melahirkan sekitar 5 tahun yang lalu.. memang banyak ya yang harus disiapkan pada masa masa kehamilan.. apalagi menjelang melahirkan... siap2 tas buat dibawa ke RS, baju menyusui hingga baju pertama si kecil.. huhu kangen kangen melahirkan... semoga aku masih diberikan kesempatan untuk hamil dan melahirkan lagi.. aamiin.. thanks for sharing mbak

  • Mporatne
    Mporatne 3:16 AM

    Itulah gunanya punya kakak, barang si kakak bisa di wariskan sama adiknya.

    Kadang adik sendiri juga ngasih pinjam bekas anaknya.

    Persiapan pasti Seru sebelum melahirkan dan menyambut kehadiran anggota keluarga baru

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 6:53 AM

    Kakak saya juga sedang dalam persiapan untuk melahirkan. Dan sama seperti mbak Diah banyak persiapannya termasuk fisik dan mental yah utama

  • Dyah (Author roemahaura.com)
    Dyah (Author roemahaura.com) 9:31 AM

    Semoga Allah permudah ya mbak. DAn moga dapat rezeki bisa dapat hadiah juga dari tokopedia juga.

  • Rizka Edmanda
    Rizka Edmanda 9:44 AM

    Waktu kemarin mau lahiran aku rajin banget baca blog persiapan melahirkan, maklum mba anak pertama hehe makasi sharingnya

  • herva yulyanti
    herva yulyanti 10:12 AM

    setahun lalu tepatnya bulan maret ini juga aku lagi deg-degan banget mau lahiran anak ke-2 yang ga ada tanda-tanda mau keluar, fikiran aku udah lari-lari mikirin begini begitu kalau aku meninggal atau aku dan bayi gimana pokoknya parno nah emang ga cuman fisik doang mba yang perlu disiapin tapi juga mental apalgi kalau nanti ternyata proses kelahiran harus sesar siapkan mental mendengarkan pernyataan nyinyir orang lain yang maha benar :(

    sehat dan lancar ya mba insyaAlloh semuanya bisa

  • TIAN LUSTIANA
    TIAN LUSTIANA 10:14 AM

    Lancar sampai lahiran yaaa, semoga ibu dan anak sehat - sehat

  • Ika Puspita
    Ika Puspita 10:56 AM

    Waah, mau juga ah ikutan Tap Tap Mantap, siapa tahu dapat hadiah buat kado ultahku, hihi.
    Oh iya, semoga persalinannya nanti lancar ya mbaaak, sehat-sehat semua

  • Ade UFi
    Ade UFi 11:32 AM

    Iiih sama kita. Saya juga senangnya belanja di tokopedia. Komplit disana dan murah2. Waktu lahiran yg banyak ditengok tokopedia.. hahaha..

  • April Hamsa
    April Hamsa 11:48 AM

    Duh jadi mules kalau inget lahiran hahaha kidding mbaaakk :D
    Iyaaa kalau mempersiapkan kelahiran emang kudu siapkan fisik, mental, dan finansial yaaa. InsyaAllah lancar2 semuanya :D
    Wah asyik nih kalau belanja di tokped selama Maret banyak promo yaaaa

  • Zulaeha
    Zulaeha 1:54 PM

    Semoga lancar ya Mba persalinannya, Sehat ibu dan bayinya. Aamiin...
    Wah, kok aku jadi ikut bahagia dan deg-degan, padahal masih belum hamil lagi. Hehe

  • indah nuria
    indah nuria 2:01 PM

    Di promo kali ini banyak juga barang untuk bayi yaaa mba..akuu kebayangnya seruuu hunting barang - barang keperluan bebe. Ayoo, nikmati diskonnya dan selamat berbelanjaaa

  • Renidwiastuti
    Renidwiastuti 3:09 PM

    Jadi ingat deh masa-masa dulu menjelang kelahiran anak. Banyak yang harus dipersiapkan, terutama kebutuhan bayi. Kalau sekarang lebih gampang, bisa belanja online yang kitanya nggak perlu kemana-mana, tinggal mainkan aja hape nya dan uangnya tentunya hihihi

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 5:41 PM

    Sama mbak, saya juga adik bayi persiapan baju barunya dikit, sebab alhamdulillah ada warisan dari kakaknya yang masih bisa dipakai. Jadi hemat hihihi

    Moga lancar ya menuju persalinan nanti, rileks ya mbak, banyakin berduaan sama ayahnya agar cepet lahir Dede bayi.

  • Silvia Putri
    Silvia Putri 7:51 PM

    Semoga lancar mom persalinannya.

  • Dewi Sulistiawaty
    Dewi Sulistiawaty 9:24 PM

    Enak nih zaman now, udah banyak ecommerce yang memudahkan kita untuk blinji blinji. Coba dulu pas hamil Najwa kek gini, puas banget aku belanja di Toped ini, hihi

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 9:54 PM

    Di toped teryata banyak juga promonya ya mbak, so kalau masih bingung mau nambahin perlengkapan untuk si Baby cuzz langsung liat aja di Toped dan ikuti program tap tap mantapnya, hehe.

    Btw meski sudah dua kali lahiran ternyata dag dug itu masih ada ya mbak. Ya semoga persalinan ketiganya ini lancaar...

  • Ludyah Annisah
    Ludyah Annisah 10:22 PM

    Setuju banget mba, khususnya soal mental, wuihh karena banyak hal tak terduga yg akan mungkin terjadi, makanya persiapannya pun kudu jauh2 hari ya mba biar gak makin stress. TFS

  • Noorma Noofa Nooha
    Noorma Noofa Nooha 1:38 AM

    Yang penting yakin mba. Insya Allah dilancarkan semuanya ya mba.

  • Antung apriana
    Antung apriana 5:15 AM

    Wah saya juga sudah mulai memasuki trimester akhir kehamilan nih. Dan masih belum kepikiran beli baju buat si kecil. Hihi. Setuju banget, mbak memang melahirkan itu perlu persiapan fisik, mental dan finansial. Heu

  • Farida Pane
    Farida Pane 6:20 AM

    Betul jg, ya. Belanjaan keperluan bayi kedua dst itu antara pengen ga pengen. Biasanya aku tetep beli sih bbrp item sekadar buat properti foto hahahaha..

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 7:47 AM

    Semoga dimudahkan dalam persalinannya ya Mba Diah
    gemes ah, udah kali mau ketiga ya.
    Lancar dan sehat buat ibu dan debay

  • Siti hairul
    Siti hairul 7:57 AM

    Persiapan mental sama finansial. Kami biasanya nabung buat biaya lahiran, perkap bayi sama aqiqah.

  • Heni Puspita
    Heni Puspita 8:27 AM

    Lahiran ke 2 malah saya lebih tegang dibanding lahiran anak pertama Mbak. Ada sedihnya juga karena ibu mertua sedang sakit cukup keras. HB saya sempat turun tapi alhamdulillah proses lahiran berjalan lancar

  • Diyanika
    Diyanika 8:34 AM

    Ah, ini mengingatkanku, Mbak, dulu pas mau lahiran semua dibantu sama ibuk. Apalah dayaku. Nanti kalau mau lahiran harus belajar lagi

  • Zia
    Zia 9:10 AM

    Semoga selalu diberi kesehatan dan kelancaran ya, mba. Betul banget banyak yang harus dipersiapkan jelang persalinan, terutama fisik dan mental. Moga persiapannya dimudahkan ga.

  • Syafitri Swastivita
    Syafitri Swastivita 11:01 AM

    Sehat selalu sampai lahiran ya Mba.. Semoga lancar, ibu dan baby sehat.. Aku dag dig dug.. jadi inget proses lahiran si Adek..hihiii.. Tapi senengggg punya baby di rumah..

  • Desri Desri
    Desri Desri 11:33 PM

    betul sekali mba, 3 poindiatas emang penting banget. fisik dan mental ibu harus disiapkan, harus tenang dan bahagia.

  • ungayossydotcom
    ungayossydotcom 6:35 PM

    Setuju mba. Deg degan sih wajar yah apalagi kalo untuk pertama tapi sebwlumnya juga harus terus nambah ilmu biar pas lahiran gk kagok benerrr.

  • Kang Nata
    Kang Nata 10:22 PM

    Bismilahirrahmanirrahim.... numpang koment mbak 😃 utk mewakili kaum Adam.Hahahah......

    klu masalah Melahirkan pengalaman saya NOL.besar...... kata Ustadz setelah wanita melahirkan maka Pak.Suami sebaiknya memberikan kenyaman,ketenangan dan menyiapkan keperluan ibu dan anak.Dengan begitu ASI akan lancar.....

    semoga lahirannya lancar yach Mbak😃 .... salam buat Pak Suaminya
    😃

Add Comment
comment url