Ragam Manfaat Jahe Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bismillahirrahmanirrahim.....

Saat ini cuaca itu sulit untuk diprediksi. Musim pun juga tidak seperti dulu lagi siklusnya. Katanya sih dulu itu gampang menentukan musim kemarau maupun musim hujan. Dilihat saja dari nama bulannya, yang berakhiran dengan -ber (September - Desember) itu bisa ditandai dengan musim penghujan. Sementara yang berakhir -ri (Januari - Februari) itulah musim panas atau kemarau. Petani maupun nelayan pun jadi mudah jika ingin memulai bercocok tanam ataupun melaut. Sedangkan sekarang itu sudah sulit lagi dijadikan patokan. Cuaca berubah, iklim pun berubah.


Tetapi beruntunglah jaman sekarang yang semakin canggih, perkembangan teknologi pun semakin maju. Biar memudahkan kita untuk mengetahui prediksi cuaca saat ini, kita pun bisa mengandalkan informasi dari website ataupun aplikasi yang dikeluarkan oleh Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), data dari mereka bisa dibilang valid dan akurat. Disana kita bisa melihat prediksi cuaca hari ini hingga beberapa hari kedepan, cuaca maritim, cuacap penerbangan dan ada pula info tentang gempa maupun tsunami. Jadi jika rajin mengakses website atau aplikasi itu maka kita bisa siap siaga menghadapi segala kemungkinan yang bisa terjadi kapan saja. 

Eits, ini koq jadi panjang lebar gini ya? Kembali ke jahe, eh judul ya! Iyah, jahe kan tokoh utamanya kali ini.

Nah, karena musim yang silih berganti tanpa mengenal waktu itu. Kondisi tubuh pun jadi rentan terkena penyakit. Dikit-dikit masuk angin atau malah terserang flu kemudian disertai batuk. Duh, ini mah saya banget, apalagi kalau kondisi lagi gak fit, badan cepat banget terjangkit flu. Tapi sayangnya saya bukan orang yang termasuk senang minum obat, kalau bisa sih dibawa istirahat aja daripada dikit-dikit harus tenggak obat. Bukannya gak percaya dengan obat, tapi saya sebenarnya gak telaten harus habisin obat yang sekian banyak itu. Eiits, tapi kalau udah dikasih resep dari dokter sih saya patuh koq untuk menghabiskannya, malah wajib untuk ikuti aturan. Jadilah kalau sudah ke dokter itu berarti emang saya sudah menyerah dan butuh arahan dari dokter, heheheh.

Baca juga: Waspada Anyang-Anyangan Pada Ibu Hamil

Ayooo, ngacung siapa yang sama seperti saya? Tidak suka minum obat kimia, tapi kalau herbal atau ramuan alami sih saya masih lebih pilih. Jika batuk, apalagi jika sedang hamil ataupun menyusui saya lebih suka minum perasan daun miyana sebagai obat penawarnya. Ini bukan baru sekarang aja sih, dari sebelum nikah juga saya sudah mengenal ramuan ini dan lebih memilihnya ketimbang obat batuk. Sama juga tuh dengan minum perasan jeruk nipis plus kecap atau bisa juga wedang jahe, *kalau disini sih lebih dikenal dengan sarabba*, ketika batuk yang bisa menghangatkan dan melegakan tenggorokan. Tidak hanya ketika batuk saja sih, saat cuaca dingin minum jahe itu pun  juga bisa melegakan.

Eits, ternyata oh ternyata jahe itu punya beragam manfaat lho bagi kesehatan. Mungkin selama ini kita cuma mengenal jahe sebagai salah satu bumbu masakan tapi ternyata bisa dijadikan obat juga lho. Hmm, apa sajakah manfaat dari jahe itu? Penasaran apa penasaran banget nih? Yuks langsung kita cek aja yah. Ini saya rangkum beberapa poin penting manfaat dari si jahe. 

1. Mengatasi Masalah Pencernaan
Sejak dahulu, jahe telah dikenal sebagai bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan (seperti kolik) karena memiliki kandungan phenolic yang berfungsi untuk meredakan gejala iritasi dan menjegah terjadinya kontraksi pada perut, sehingga dapat membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada pada pencernaan.

2. Mengurangi Rasa Mual dan Muntah 
Ternyata mencium aroma jahe atau mengonsumsi jahe mentah itu bisa jadi penawar lho bagi Ibu Hamil (bumil) untuk mengatasi rasa mual dan muntah yang disebabkan oleh morning sickness pada saat hamil. Hmm, baru tahu nih. Jadi buat bumil dan calon bumil, dicatat yah.

Baca juga:  7 Prinsip Makan Sehat Saat Hamil dan Menyusui aLa Milda Ini

3. Mengurangi Rasa Sakit
Menurut sebuah penelitian di University of Georgia menyatakan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung jahe secara rutin dapat mengurangi rasa sakit pada otot yang diakibatkan karena berolahraga hingga 25%. Manfaat lain dari jahe juga dapat mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi. Penelitian lain menunjukkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit yang diderita pada saat menstruasi berkurang setalah mengonsumsi jahe. Jadi, yang biasa merasakan rasa sakit pada saat menstruasi saatnya rutin menonsumsi jahe juga yah.

4. Membantu Proses Detoksifikasi dan Mencegah Penyakit Kulit
Jahe adalah salah satu jenis makanan yang disebut diaphoretic yang dapat memicu keluarnya keringat. Keringat yang keluar saat kita sedang demam atau flu dapat membantu proses detoksifikasi dan ternyata keringat juga dapat melindungi dari mikroorganisme yang menyebabkan infeksi pada kulit.

5. Melindungi dari Kanker
Salah satu kandungan dalam jahe yang berperan sebagai pencegah kanker adalah gingerol, phytonutrient yang terkandung didalamnya jugalah yang memberikan rasa unik pada jahe. Gingerol inilah yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar.

6. Anti Peradangan
Ternyata gingerol juga bersifat sebagai anti-inflamatori. Mengonsumsi jahe secara teratur tidak hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga mengurangi pembengkakan pada bagian yang sakit. Jahe diperkirakan dapat menghambat komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.
 
*Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/6-manfaat-jahe-bagi-kesehatan/

Gimana? Ternyata jahe itu tidak bisa disepelekan lho keberadaannya karena sudah banyak penelitian yang menunjukkan hasil yang signifikan mengenai manfaat dari tanaman yang satu ini. Belum terlambat jika baru sekarang kita akan memulai untuk mengonsumsi jahe secara rutin. Apalagi sekarang tidak perlu lagi pusing dengan cara mengolahnya. Karena apa? Karena sekarang sudah tersedia kemasan praktis yang bisa diminum kapan dan dimana saja.


Sari Jahe Herbadrink-lah jawabannya. Sari Jahe Herbadrink keluaran Konimex ini terbuat dari resep minuman tradisional yang diproduksi tanpa pengawet, jadi aman untuk tubuh. Dikemas secara praktis dan higienis pula. Cukup diseduh dengan air hangat ataupun air dingin. Bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Rasanya enak dan segar, sangat cocok diminum di saat pagi hari maupun malam hari sebelum tidur. Badan terasa hangat setelah meminumnya. Pas banget deh diminum saat tenggorokan serak karena gejala masuk angin, kembung dan juga mengurangi rasa mual.


Sari Jahe Herbadrink ini bisa diperoleh di Apotek maupun Toko Obat terdekat. Harganya pun terjangkau, dengan Rp 12.000,- kita bisa mendapatkan 1 kotak Sari Jahe Herbadrink dengan isi 5 sachet. Kalau malas keluar, bisa banget juga beli secara online di Konimex E-Store.

Oh ya, Herbadrink dari Konimex ini tidak hanya ada Sari Jahe saja lho, tapi ada varian lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan diantaranya  Sari Temulawak Herbadrink dan Lidah Buaya Herbadrink yang semua itu telah lulus dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


Jadi, tunggu apalagi? Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? Hidup sehat dengan produk herbal juga baik daripada terus bergantung pada bahan kimia yang bisa berdampak kurang baik bagi tubuh di masa yang akan datang.

Be Herba, Be Healthy!  




Next Post Previous Post
34 Comments
  • Heni Puspita
    Heni Puspita 11:31 AM

    Di salon2 n spa juga banyak pake herbadrink Mba buat pelanggan setelah treatment, dikasi minuman jahe anget dari herbadrink

  • Ira Hamid
    Ira Hamid 2:27 PM

    Mirip rasanya saraba kah ini, say? Sa mau coba juga yang rasa jahe ini deng 😊

    • raya rayaa rayaaa
      raya rayaa rayaaa 6:24 PM

      iya kak Ira. Mirip2 sarabba. Apalagi kalau ditambai susu, mmmmm maknyuuuuuus...

  • Rizka Edmanda
    Rizka Edmanda 4:40 PM

    selama hamil saya rajin konsumsi jahe hangat, rasanya waktu itu repot banget nyediain jahe hangat setiap hari, kalau ada yang siap seduh gini pasti lebih praktis

  • Eryvia Maronie
    Eryvia Maronie 8:30 PM

    Hi say..
    Blogger Kendari ya? Salam kenal 😊
    Sepertinya rasa minumannya seperti Sara'ba kali ya?

  • Untari
    Untari 11:14 PM

    kalo pas musim ujan trus badang agak ngelu gitu aku suka bikin wedang jahe. Enak nih pake herbadrink yang praktis

  • Echi Mustika
    Echi Mustika 12:20 AM

    Aku juga suka rasanya sangat ringan, kalo ak seduh harumnya kemana-mana dan cocok utk dibawa berkendaraan jauh biar nggak mabok

  • Lidya Fitrian
    Lidya Fitrian 9:18 AM

    butuh kehangatan saat musim hujan nanti ya :-D
    stok Sari Jahe kalo gitu

  • Tarry Kitty
    Tarry Kitty 11:06 AM

    Sejak hamil sampai melahirkan Saya jadi alergi dingin Mbak. Begitu kena dingin dikit langsung bapil, Dan jahe jadi solusi untuk melegakan tenggorokan. Tapi masih geprek2 jahe alami. Kalau ada yang praktis gini enak ya tinggal seduh 😁

  • Mechta
    Mechta 11:10 AM

    Tak hanya bikin anget di badan, ternyata banyak juga ya manfaat jahe..

  • Mbul Kecil
    Mbul Kecil 11:22 AM

    Baru kmaren suami nanem jahe di pot, lumayan buat jaga2 klo pas flu...males jg minum kimia2 klo ga urgent beud, walau rada remfong ngegerusnya
    Klo yg herbadrink ini bole a diminum bumil mb di

  • Rosa
    Rosa 2:31 PM

    Bentar lagi musim hujan, harus banget sedia sari jahe ya mbak di rumah.

  • Lubnah Lukman
    Lubnah Lukman 2:49 PM

    Klo jaheeee saya juga favorit kadang aku campur sam teh aja sih.. itu aja udah segerr banget..

  • Rosanna Simanjuntak
    Rosanna Simanjuntak 3:01 PM

    Dulu waktu masih kecil aku paling ga suka tuh sama jahe.
    Soalnya ada pedas-pedasnya gitu kan ya.

    Eh sekarang, umumnya aku paling suka olahan yang mengandung jahe misalnya sekoteng atau bubur kacang hijau.

    Sekarang malah sudah ada minuman praktis herbadrink Sari Jahe ya.
    Boleh juga nih dicoba.

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 3:15 PM

    love banget mba, sama Herbadrink ini. Asli lebih pilih herbal daripada yang Kimia.
    Enak dinikmati dalam dua kondisi pula, dingin dan hangat, Hemmmm enak

  • CatatanRia
    CatatanRia 3:25 PM

    Waktu hamil aku suka diah ngerebus jahe kalau lg gak enak badan atau batuk, ternyata banyak ya manfaatnya. Eh iya aku juga suka beli yg sari jahe, enak juga hangat ditenggorokan

  • Rani Yulianty
    Rani Yulianty 4:07 PM

    Saya sukaminuman jahe, enak, dan segar ke badannya, kalau berasa masuk angin langsung minum minuman jahe, untung ada herbadrink sari jahe ya jadi nggak usah ngeracik sendiri

  • indah nuria
    indah nuria 4:33 PM

    waktu Aku kemo aku seriiing minum jahe dan gula meran Mba..untuk energi dan menghilangkan mual akibat kemo

  • Yoanna Fayza
    Yoanna Fayza 7:32 PM

    Aku nggak terlalu suka rasanya jahe, tapi aku suka banget Herbadrink varian lidah buaya dan kunyit asam.

  • Jiah
    Jiah 8:56 PM

    Aku tanaman herbal gini paling suka Jahe. Tapi kalau udah dicampur jadi satu kemasan, em nyerah buat minumnya. Untungnya tuh Herbadrink punya banyak varian

  • Hidayah Sulistyowati
    Hidayah Sulistyowati 10:58 PM

    Aku juga suka banget sari jahe, makanya aku seneng waktu ada kemasan praktis seperti Herbadrink gini kan asik

  • Istiadzah
    Istiadzah 11:11 PM

    Sari Jahe dari Herba Drink ini termasuk yang paling seriiiiiing banget aku bawa pas lagi tinggal di LN. Kalo mudik ini mesti jadi barang wajib yang ada di list aku untuk dibawa ke sana.

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 3:55 AM

    Manfaatnya banyak ternyata yaa...
    Si jahe ini minuman favorit Babe rahimahullah.

  • Rahmah
    Rahmah 6:59 AM

    Beruntungnya bisa dengan mudah memperoleh produknya. Aku nyari di Alfamart ga ketemu

  • Indri Noor
    Indri Noor 8:54 AM

    Banyak banget memang manfaat jahe ini ya. Dulu suka minum tanpa tau alasannya. Enak aja, hangat. Jadi pengin coba Herbadrink

  • Fairy Books
    Fairy Books 9:13 AM

    Gak mau minum obat2 kimia, alhamdulillah beralih ke obat2 herbal :)

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 9:21 AM

    Aku juga lebih suka menggunakan yang herbal begini untuk mengatasi gangguan ringan macam flu. Minum jahe hangat bikin jadi plong rasanya.

  • Khoirur Rohmah
    Khoirur Rohmah 9:34 AM

    Aku juga lebih suka konsumsi minuman herbal daripada minuman obat kimia mbak,
    yang herbal-herbal itu paling disuka deh
    Apalagi Herbadrink ini hheee

  • Ima Satrianto | www.tamasyaku.com
    Ima Satrianto | www.tamasyaku.com 9:42 AM

    Jadi makin yakin minum produk dari herbadrink yg kaya manfaat.

  • Siti Hairul Dayah/ catatansiemak
    Siti Hairul Dayah/ catatansiemak 9:55 AM

    Aku andalan banget jahe itu di rumah. Buat anget2 kalo pas musim hujqn, buat tambahan kopi atau teh atau madu. Seneng kalo ada yg praktis tinggal seduh

  • Aul Howler's Blog
    Aul Howler's Blog 6:23 PM

    Ini kalau lagi hujan terus diminum hangat hangat sambil dengerin musik ballad greget banget pasti ya mbaaaak :))

  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji 8:23 PM

    Jahe tuh ternyata banyak manfaatnya ya, Mbak...ggcuma menghangatkan saja

  • Lidha Maul
    Lidha Maul 2:53 PM

    padahal dulunya saya gak suka minuman berbahan jahe lho, gak tahan pedesnya. Tapi, karena baik khasiatnya, sekarang suka juga akhirnya

  • Ucig
    Ucig 7:36 PM

    Uh jahe anget. Segeeer ya Di. Sehat2 yaaa kamu semua di sana. Selalu makan makanan bergizi biar bumil setrong 😊

Add Comment
comment url