Gagal Hari Ini, Sukses Menanti Esok!

Bismillahirrahmanirrahim.....

Pernah merasa terpuruk? Sudah berusaha keras namun kenyataannya hasil tidak berpihak kepada kita? Merasa gagal dan seperti berada di titik nol! Hmm, kata D'masiv sih, jangan menyerah. Kalau kata orang sih gagal itu sukses yang tertunda


Yes, memang sih teori tidak semudah dengan prakteknya. Perasaan bersalah, kecewa dan hal lain akan berkecamuk di dalam dada dan semua akan bercampur jadi satu. Namun, akankah kita terus berada pada keadaan yang seperti itu? Meratapi nasib? Menyesali kegagalan? Sepertinya bukan hal yang seharusnya dilakukan. 

Sebagai umat beragama pun, Tuhan tidak menyukai umatNya yang seperti demikian. Sebaliknya, disaat yang seperti inilah kita seharusnya kembali kepadaNya. Semakin mendekatkan diri, meminta ampun dan memohon pertolonganNya. Mungkin kita terlalu percaya diri jadi lupa bahwa semua ini milik yang Maha Segalanya. Kita terlena oleh dunia dan jadi sombong, merasa bahwa semua bisa tercapai sesuai dengan yang kita rencanakan.

Postingan kali ini sebagai tanggapan atas trigger post Jenk Ririn untuk Be Molulo. Tema yang berat namun wajib diselesaikan. Harusnya tayang bulan lalu namun sayanya gagal menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Pusing mau ceritakan kegagalan yang mana lagi. Rasa-rasanya sejak ngeblog semua curhat random rasa nano-nano udah pernah dibahas disini.

Baca juga: Semangat Kartini Semangat Wanita Hebat Indonesia

Seperti yang pernah saya cerita waktu kuliah dulu, saya selalu membuat daftar semua mata kuliah yang saya ambil di semester tersebut dan menargetkan nilai yang akan saya peroleh. Harusnya sih target A semua yah, namanya juga target. Tapi saya tidak mau muluk-muluk, tidak semua saya targetkan A karena saya mengukur kemampuan sendiri juga sih. Di samping itu, lihat juga siapa dosen yang mengajar untuk mata kuliah (matkul-red) tersebut, secara gak semua dosen kan subjektif, ada yang realistis dan betul-betul memberi nilai seobjektif mungkin sesuai dengan kemampuan mahasiswanya. 

Nah, di semester 6 saya pernah gagal dapat nilai yang sudah saya targetkan. Tidak tanggung-tanggung ada 2 matkul yang dapat nilai D, mana lagi salah satu matkul tersebut SKSnya tinggi, 3 SKS yang sukses buat IP saya meluncur bak anak kecil sedang main prosotan. Fiuuuhh! Lemas lihatnya. Gak tahu juga sih kenapa nilai saya memang selalu merosot di tiap semester genap. Tapi up lagi di semester ganjil, selalu seperti itu. 

Oke, back to dua nilai yang ancur tadi. Jadilah saya harus mengulang matkul tersebut di semester genap lagi kalau mau nilai di transkrip berubah. Kalau ngulang di semester genap artinya harus nunggu setahun lagi? Itu artinya (banyak banget yak artinya :p) gak bisa lulus dengan masa waktu kuliah 4 tahun dong seperti idealnya. Halaah, itu kan idealnya. 

Sayangnya jurusan saya kala itu jarang banget yang bisa selesai tepat waktu. Senior saja masih banyak yang berseliweran, apalah saya ini yang nilainya segitu saja, hihihih. Tak apa-apalah, saya tetap optimis bisa menyelesaikan apa yang sudah saya mulai. 

Jadi semester genap berikut, sambil KKP, susun proposal dan juga kuliah. Singkat cerita semua berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. KKP Alhamdulillah beres dengan nilai yang memuaskan dan kedua nilai tadi juga sudah berhasil disulap berubah menjadi lebih baik, satunya dapat A dan satu lagi B, Alhamdulillah.

Baca juga: Optimisme: Kunci Sukses Meraih Mimpi

Saya rasa, [hampir] setiap orang pernah merasakan gagal. Punya kegagalannya masing-masing. Tinggal bagaimana kita menyikapi kegagalan itu. Untuk terus diratapikah? Berdiam diri tanpa harus berusaha bangkit dari kegagalan itu sendiri ataukah berusaha dan maju? Moving on! Jika memilih bangkit, maka kegagalan bisa menjadi suatu pelajaran yang sangat berharga dan tak ternilai. 

Saya percaya bahwa gagal itu ada agar kita terus berusaha dan tidak gampang berputus asa, pun agar kita juga bisa merasakan berada di bawah tidak selalu berada di atas. Gimana? Betul apa benul nih? Hihihih, udah ah cukup sekian dulu deh postingan sok motivasi kali ini. Seperti biasa, boleh banget yah share pengalamannya agar kita bisa saling belajar 😉

Akhir kata, mumpung masih berada di bulan Syawal izinkan saya mengucapkan permohonan maaf yang tulus dari hati. Minal Aidzin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Bathin. Maafkan atas segala salah dan khilaf selama ini 🙏🙏



Diah
Next Post Previous Post
16 Comments
  • I am Anita
    I am Anita 3:21 PM

    Maaf lahir batin juga sai

  • Mia n
    Mia n 8:11 PM

    Sama-sama, maaf lahir batin juga..

  • gaeguri
    gaeguri 9:27 PM

    Gue pernah bener2 terpuruk karena gagal di wawancara kerja.. Bener bener terpuruk sampe akhirnya memutuskan gak mau ikutan wawancara lagi,. Tapi sekarang udah mencoba untuk "bangkit" lagi dengan cara "mau ikutan" wawancara. Tapi gak pernah ada kesempatan buat ikutan --_--

  • Anisa AE
    Anisa AE 11:06 AM

    Mohon maaf lahir batin juga ya Mbak. Emang hidup ini harus terus bangkit, jangan menyerah.

  • Topics
    Topics 3:22 PM

    keren...
    dari yang awalnya D menjadi A dan B
    Mohon Maaf Lahir Batin.. juga ya mbak

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 7:55 AM

    utangku yang ini juga belum phe sa lunasi, hiks 😪

  • Utii
    Utii 8:57 AM

    Tidak mudah bangkit dari sebuah kegagalan. Itu yang saya rasakan sekarang... tapi saya tetap berusaha.

  • Rani R Tyas
    Rani R Tyas 11:44 AM

    Hebat euy, dari D jadi A dan B. Aku lho, dari D udah jadi BC udah alhamdulillah banget. Wkwkkkk. Ya setuju sama Mbak Diah, di balik kegagalan pasti akan ada kesuksesan atau mungkin kesuksesan di bidang lain. Hehe.

  • Andrew Pradana
    Andrew Pradana 2:35 PM

    ya ada juga perlunya ber positif thinking. Karena kegagalan itu hanyalah sebuah ujian dari tuhan. Tergantung cara kita menjalaninya atau memperbaikinya. Setiap pasti pernah gagal kan. Yang penting niat dan usaha sejalan dilakukan. InshaAllah

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 10:41 PM

    Duh masa-masa mengejar nilai. Aku pun pernah merasa itu Mbak Diah, tapi ternyata Allah ga nilai akhir doang ya. Prosesnya itu yang paling dilihat. Anyway, mohon maaf lahir batin juga ya Mbak. Tetap semangat

  • Nita Juwithafina
    Nita Juwithafina 11:44 PM

    Kalo kata pepatan everybody has own battle mba..
    apapun kesulitan yang dihadapi percaya Tuhan kasi tiu krn dipercaya kita mampu..
    Maap lahir bathin mba :)

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 12:41 AM

    Kayanya memang semester genap ini momok yaah..
    Kalau gak salah memang strateginya dipasang saat semester ganjil. Jadi kalau jeblok di semester genap, yaa...gak turun-turun banget.

    Tapi tetep keren euuii, bisa A semua.
    Pengalaman dapet D sekali, in syaa Allah akan menjadi guru terbaik.

    Semangaaatt~
    Hwaiting!

  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani 7:52 AM

    Kalau saya sering banget ngerasa gagal dan pengen menyerah sejak jd ortu. Haha. Seneng sih, tapi ya gitu ternyata nggak semudah yg pernah dibayangkan dulu. Tapi ya gitu, hari ini sedih besok semangat lagi. Nanti hari sedih lagi, semangat lagi. Wkwk..

  • Anak Kereta
    Anak Kereta 8:51 PM

    Yang sangat sulit memang bangkit lagi setelah mengalami kegagalan. Tapi salut buat semua yang bisa melewati itu dan berhasil bangkit. :D

  • Shyntako
    Shyntako 8:30 AM

    dulu pas saya terpuruk, saya mikiiiiiiiiiiiir terus mba, lama-lama cape juga ah, mending yawda positif thinking saja dan dijalanin aja, Allah pasti gak akan tinggal diam kok, pasti kita ditunjukkin jalan keluarnya. Alhamdulillah sekarang jadi lebih santuy aku kalo ngadepin masalah sih. Dan aku yakin banget mba, rejeki mah gak kemana kalo memang sudah jatahnya kita.

  • Nia Nurdiansyah
    Nia Nurdiansyah 8:45 AM

    Maaf lahir batin juga ya Mba. Yup aku setuju banget bahwa kegagalan itu sebuah pembelajaran mahal yg beneran bisa jadi pijakan buat kita untuk memulai dengan lebih baik bahkan lebih sukses

Add Comment
comment url