Clodi: Sehat-Hemat-Selamat!

Bismillahirrahmanirrahim.....

Alhamdulillah, belakangan ini ide di otak lumayan banyak, tapi kadang waktunya nih yang kurang untuk sekedar post *hadeehh, ngeeeleeess!! Nah sekarang mumpung Baby Faraz lagi tenang gak minta gendong, Mama mau nulis bentar yaaah. Semoga ide nulis yang mulai berseliweran ini bisa segera jadi postingan dimari. Sumpeeehh, saya kangen ngeblog loooh ;)

Clodi: Sehat-Hemat-Selamat? Loh slogan apa pula itu? 

Jadi gini, sejak hamil 5 bulanan itu saya mulai rajin baca-baca artikel tentang clodi, niatnya siih klo mau pakein clodi juga buat si bayi. Ooh iyah, udah pada tahu clodi kan? Itu loh, cloth diaper atau popok kain yang bisa dicuci, jadi gak kayak disposable diaper aka popok sekali pakai (pospak) yang cuma bisa sekali pake doang abis itu akan berakhir di TPS.

Dari artikel-artikel dan blog Emak-emak yang udah pada pakai clodi, menjelaskan dan menceritakan tentang serba-serbi clodi, plus minus menggunakan clodi vs pospak. Katanya dengan clodi itu bayi akan terhindar dari ruam popok. Tahu sendiri kan ya bahan dasar pembuatan popok itu adalah serat kayu dan tambahan bahan kimia untuk menghasilkan plastik yang dapat memicu alergi dan iritasi pada kulit bayi dan bahaya pospak lainnya jika secara rutin terus menerus menggunakannya. Tidak hanya itu, menggunakan pospak sama aja dengan pemborosan, mending duitnya dipakai buat keperluan lain si bayi juga emaknya, *mulai deh perhitungannya* xixixixix :p 

Perkiraan kasar aja nih *BRB ambil kalkulator* :p

Dalam sehari itu bayi memerlukan 5-6 kali ganti popok dengan kisaran harga Rp 3.000/popok. Nah coba dikali seminggu, kemudian sebulan dan selanjutnya setahun. Udah kebayang kan berapa yang akan kita keluarkan untuk biaya tersebut? Pada umumnya anak bisa bilang ingin BAK dan BAB itu di umur dua tahun. Berarti mari kalikan lagi jumlah tadi menjadi dua, itulah hasilnya. Fantastik juga yaaa? Sedangkan jika menggunakan clodi kita bisa lebih menghemat :) Iya siih kita akan mengeluarkan budget lebih banyak di awal ketika akan memulai menggunakan clodi, tapi karena clodi yang bersifat reusable aka dapat digunakan lagi itu akan jauh lebih menghemat pengeluaran kita, bahkan jika perawatannya baik clodi bisa jadi warisan untuk adiknya si kakak, heheheh.

Ups, semua memang punya plus minus, jika pospak itu praktis langsung bisa dibuang beda nih jika menggunakan clodi, siap-siap aja ya kita punya tambahan PR lagi ketika si bayi abis BAK maupun BAB. Yups! Mencuci clodi tersebut ;) Tapi, dengan menggunakan clodi yang reusable itu sama juga kan ya kita telah menolong menyelamatkan bumi kita ini dari tumpukan sampah pospak yang menggunung yang butuh waktu bertahun-tahun bahkan mungkin sampai ratusan tahun bisa kembali terurai di dalam tanah. 

Setelah baca tentang serba-serbi clodi dan lihat motif-motifnya jadi penasaran dan semakin ingin menggunakannya untuk si bayi kelak. Tapi, waktu itu saya cuma sekedar window shopping aja dari toko yang satu ke toko (online) lainnya. Sempat BBMan juga ama Mbak Nadya -teman kantor dulu- yang saat itu juga lagi hamil dan mulai mengeluarkan stock clodi anak pertamanya untuk digunakan lagi ke anak keduanya. Eeheemm, jadi makin semangat deh saya pengen kasih clodi juga ke si bayi. Gak hanya itu, saya juga BBMan ama Mbak Ria tentang clodi karena saya juga lihat Iyas anaknya juga dipakein clodi. Plus di tokonya juga dia jual clodi. Tapi, saat itu saya tetap belum membeli clodi untuk persiapan si bayi, pikir saya siih: nanti aja deh klo si bayi dah lahir :)

Lalu, saat Faraz lahir apa saya langsung beli clodinya? Hohohohh, jawabannya tidak Maks. Loh, kenapa? Karena meskipun saya udah sedikit tahu tentang clodi, jujur siih saya masih maju mundur cantik seperti Syahrini pakai atau tidak si clodi itu. Abisnya *maaf* pupnya Faraz yang masih ASI full ini cair sih, tiap ganti popok otomatis ada pupnya juga ikut serta. Mana gitu musim hujan juga, jadi deh mikir ini pasti butuh clodi yang banyak buat ganti. Sementara saat itu satu pun belum ada clodi yang saya siapkan. Saya mulai mencoba nyicil beli clodi itu di bulan Januari kemarin, pas dipakaikan ke Faraz dia responnya biasa-biasa aja kayaknya sih tenang-tenang aja dengan celana kecenya, ehh clodi. Sampai sekarang sih clodi Faraz belum selusin, baru ada 8pcs. Dan jujur siih saya belum full dan total memakaikan Faraz clodi. Faraz pakai clodi itu cuma di siang hari aja malam kembali lagi pakai pospak, biar tidurnya nyaman aja siih. Begitu juga klo bepergian keluar. Terkadang siang hari di rumah pun Faraz lagi-lagi kembali pakai clodi klo penyakit malas Mamanya kambuh :p

Faraz berclodi, unyu-unyu kaan motifny?  Jadi makin lucu niih si babyboy :*
Tapi, saya makin semangat dan niat akan terus menambah koleksi clodi Faraz koq karena Pak Suami juga udah respon baik dengan pemakaian clodi ini. Secara iyah dia itu lebih tahu berapa yang dikeluarkan untuk kebutuhan pospak, karena dia yang lebih sering mampir ke toko untuk beli pospak. Padahal di awal-awal waktu saya cerita tentang clodi komennya cuma datar "pakai popok sajalah", tapi sekarang Alhamdulillah pikirannya sepertinya sudah tercerahkan, heheheh. 

Faraz and his clodi collection

Naaahh, mari berclodi juga yuks Maks biar kulit anak kita sehat. Dompet hemat. Bumi selamat! Klo bukan kita yang selamatkan bumi, siapa lagi? Setidaknya kita sedikit mengurangilah beban bumi ini. 


source pic


Selamat Hari Bumi! Hijaulah terus Bumi ku :) 


Luv,
Diah
Next Post Previous Post
31 Comments
  • Irly
    Irly 1:14 PM

    Pertamaxx...

    Laahh..ibu gak ngomong pengen clodi(kelamaan maju mundur cantik siih), kalo tau kan waktu itu kadonya dibeliin clodii ^^

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 11:19 PM

      heheheh, gpp lah Tan, kan InsyaAllah masih adalah itu 26November ntar.. jadi sudah tau kan apa salah satu list mamake?? :p

  • Lidya Fitrian
    Lidya Fitrian 5:47 PM

    hemat pakai clodi, lebih hemat lagi nanti kalau sudah bisa toilet training ya

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 11:19 PM

      iyahh Mbak, ini rencana Faraz klo udah bisa jalan dan bisa ngerti mau BAK dan BAB mau segera toilet training :D

  • HM Zwan
    HM Zwan 8:34 PM

    kalau pake clodi ribet tapi bener2 hemat ya mbak hehe, kakak saya juga pake clodi

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 11:40 AM

      iyah Mbak, hemat. ini aja Faraz udah 2 bulan lebih gak beli pampers (waktu itu Bapaknya stock siih), padahal biasanya tiap bulan ngabisin sekitaran 1 pak isi 72 pcs itu bahkan lebih, tapi sekarang hemaaat hehehehh.

  • Unknown
    Unknown 12:44 AM

    Kekx postingan ini bersifat kode hahahahaHaha

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 11:41 AM

      hahahhah, bukanji tawwa Mamaaa Rhey.
      tapi memang siihh mama ini lagi rindu2 dapat postingan kode :D

  • Niar Ningrum
    Niar Ningrum 11:56 AM

    Clodi baru denger, harganya lebih mahal yaa mbak diah. Halo faras clodinya keren2 deh :D
    Emak2 hemat :*

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 9:42 AM

      iyah say, jadiii nanti pake clodi juga yak ;)

  • DevanGolightly
    DevanGolightly 2:56 AM

    Diah,

    Lama gak blogwalkin.

    Daku juga baru beli clodi pas Daffa usia 3 bulan.
    Jadi rajin yaaaa kucek2 clodi hahaha

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 9:44 AM

      Devaaaaan :D

      semangaaat ngucek yuuuks, xixiixix

  • Anonymous
    Anonymous 12:40 PM

    dan entah karena ketertinggalan zamannya aku, aku baru denger apa itu clodi mbak ._. wkwk

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 9:49 AM

      hehhehh, gpp. yg penting sekarang udah tahu kan.
      jadi bisa search lebih banyak juga tuh apa itu clodi ;)

  • Akhmad Muhaimin Azzet
    Akhmad Muhaimin Azzet 10:05 AM

    Kulit anak sehat, hemat lagi, ini penting banget, Mbak, apalagi bumi selamat :)

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 9:50 AM

      iiyaahh banget Pak :)

  • Chici
    Chici 6:07 AM

    Ih gemesnya lihat si Faraz si pipi tembem :*

    Ih diriku juga udah sering kepoin clodi juga jenk dari sekarang (anaknya manaaaaah? Hahahaha). Harus berani keluar modal di depan sih ya, tapi lebih ramah lingkungan memang.

    Semangat menyuci mama Diah ( ^,^)9

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 9:59 AM

      heheheh, makasiih Tante Chi :*

      ihiiiyy, udah mulai prepare niih. dan itu harus siih jenk, mulai nyiapin segala halnya dari sekarang biar nanti tinggal laksanainnya #eeh. iyaahh jenk, keluar modal di depan tapi berguna koq, hemaaaat dan ramah lingkungannya itu loohh yg jadi nilai plus utk bumi kita :D

      makasiihh ya jenk, nanti semangat juga yaaa (calon Mama) Chi ;)

  • Unknown
    Unknown 12:42 PM

    lebih hemat dan sehat emang pakai clodi, kalau Kinan pakai clodi sampai umur 1th aja. soalnya uda banyak gerak anaknya susah dipakeinnya hehee

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 10:04 AM

      ihiiiiy, jadi makin semangat saya iniii.
      sekarang Kakak Kinan pake pants gak? atau udah lulus toilet trainingnya? :)

    • Unknown
      Unknown 5:08 PM

      Kinan belum lanjut pake pants nih, sementara msh pakai pospak.
      toilet training jg blm lulus hiks

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 7:29 AM

      Mamanya kayaknya lagi sibuk banget niih jadi blm lanjut pants juga toilet training.. ayooo Mama Deviii, semangaaat :*

  • alrisjualan
    alrisjualan 6:44 PM

    Dulu anak saya pakai pospak. Kalo tau dulu ada clodi kan lebih hemat ya.
    Anaknya lucu.

    salam
    http://alrisblog.wordpress.com

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 10:09 AM

      gpp, nanti klo anak selanjutnya kan bisa dipakein clodi, biar anak lebih sehat, dompet hemat, bumi selamat ;)

  • Elsa
    Elsa 5:06 PM

    lebih sehat, karena bikin gak iritasi ya
    kasihan banget kalo sampe iritasi

    dija dulu sempat iritasi
    bukan karena popoknya
    tapi karena alergi susunya

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 9:55 AM

      Iyah Mbak, hemat banget jadinya. Iyah Mbak sayang klo sampe iritasi :(

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 9:57 AM

      Oohh Dija alergi susu? Mungkin alergi susu sapi kali Mbak? Kan.ada susu soya kan yah? Sekarang Dija udh gak alergi lagi kan ;)

  • Unknown
    Unknown 11:55 AM

    Mami - mami cantik dan cerdas....selalu tau yang terbaik buat putra/putrinya...
    Lanjutkannn...!! hehe

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 9:57 AM

      Hehehehh, siaaap laksanakan! :D

  • HM Zwan
    HM Zwan 11:58 AM

    aku pakai popok kain mak,clodi baru jalan 2 mingguan..

    • Diah Alsa
      Diah Alsa 1:21 PM

      karena Emaknya Faraz malas nyuci2 mulu pake clodi atau pospak Mbak :D

Add Comment
comment url