Saya, Internet dan Gaya Hidup

Awal mengenal internet itu sekitaran tahun 2002, klo tidak salah pas liburan cawu dua pas kelas 1 SMA, yaah masih tergolong baru -9 tahun-. Pertama belajar browsing, buat email, search artikel lewat jasa mbah Google, chatting via mIRC juga YM! Tapi waktu SMA itu gak begitu intens tuk ngenet karena emang mungkin belum se-boom-ing sekarang kali ya penggunaan internet itu dan juga disamping karena kesibukan sekolah yang lumayan menyita waktu jadilah paling sekali seminggu saja menyempatkan diri tuk online.

Baru mulai sering online itu di tahun 2004, saat masuk kuliah. Dari yang memanfaatkan internet untuk mencari tugas sampai cari jodoh teman sebanyak-banyaknya. Berhubung saat itu jejaring sosial yang lagi trend adalah Friendster maka rasanya ada yang hilang jika sehari tanpa online dan mengintip FS, sekedar melihat message, testimonial dan lain-lain. Seiring dengan waktu akhirnya kecanduan dengan aktivitas ngeblog di akhir tahun 2005 yang waktu itu pertama kali buat blog itu ya di Friendster, tapi anehnya saya sebagai pemilik blog itu tidak bisa membaca postingan di blog saya. Maka memutuskan untuk memusnahkannya dan pindah kesini dan memulai postingan perdana di akhir Januari 2006. 

Berhubung udah mulai kenal dengan yang namanya blog, mau gak mau dengan sendirinya saya jadi ingin tau juga soal coding setidaknya bisa mengganti template sendiri. Mulai belajar dasar HTML ma Kakakku sembari disuruh belajar sendiri juga, baca tutorial apa segala macam. Kecanduan akan blog buat saya tidak [cukup] puas dengan punya 1 blog saja, segala macam domain blog gratisan saya coba tapi cuma disinilah saya merasa nyaman. Selanjutnya apa kabar dengan social network? Teteeuupp dunk, tapi sayangnya di tahun 2008 sepertinya orang sudah mulai ramai-ramai hijrah ke Facebook jadi deh si Friendster dianak-tirikan hingga mungkin ditinggalkan? Tapi saya tidak koq terkadang saya masih menyempatkan diri menengok website itu. 

Eh iya dari tadi bahasannya koq lebih banyak tentang blog ya? Hmmm, harusnya pertanyaan "apakah dengan internet merubah gaya hidup saya?

Yaahh tidak dipungkiri sih dengan internet sedikit merubah gaya hidup saya. Berhubung dengan internet bisa memudahkan segalanya, walau emang kita harus lebih mampu membedakan dan menyaring yang mana yang harus diambil dan ditinggalkan. Tidak bisa dipungkiri 6 tahun belakangan ini internet memang telah merasuki jiwa saya, rasanya mati gaya deh tanpa internet - tanpa online, tanpa tau kabar dari teman yang hidupnya antah berantah, tanpa baca sesuatu yang bisa menambah inspirasi, mencari peluang dan pengalaman baru. Makanya pas bulan lalu si HP hilang tu lemes banget, secara tidak jarang saya berinternet ria via HP, merasa jadi gak bisa seeksis dulu *macem ada yang ngarepin eksistensiku aja, hehehh

Dengan banyak bantuan dari internet pula saya menyelesaikan skripsi, secara emang ngambil judul tentang pemanfaatan blog untuk peningkatan minat menulis pada siswa. Gak hanya itu, kemarin dapat kerjaan pun selain rekomendasi dari teman juga karena emang kirimnya via online dan bisa dibilang selama bekerja itu juga kebanyakan via online, kirim report etc. Yaah emang gitulah internet rasanya sudah melekat dan dekat pada diri saya. 

Hampir lupa pula karena internet belakangan saya juga terbawa-bawa melakukan transaksi via internet yang emang rasanya lebih mudah dan sepertinya lebih efisien juga. Dan apakah itu? Yah apalagi klo bukan belanja online, heheheh. Rasanya lebih keren aja gitu klo belanja via online, barangnya gak pasaran dan jarang ada samanya, gak banget kan klo jalan terus pakaian atau aksesoris kita kembaran gitu ama teman? Heeuuu... berasa mau paduan suara aja, heheheh. 

Yaahh overall internet itu sedikit banyak merubah gaya hidup saya, cara pandang saya tapi tanpa harus merubah kepribadian saya koq, heheehh. Mungkin intinya sih klo kita emang udah mulai merasa diri internet addicted yaa kita juga kudu waspadalah, kan semua emang punya sisi positif dan negatif tetapi semua pun kembali kepada diri kita masing-masing bagaimana memfilter itu semua. Ada yang heran gak kenapa saya menulis hal ini? Hmmm saya beritahu deh kali aja ada yang mau ikutan juga mumpung deadlinenya masih 2 hari lagi. Nah saya nulis ini dalam rangka ikut berjuang dalam Blog Competition yang diadakan oleh Bhinneka.com. Naaahh mumpung masih ada waktu mari ikut gabung yuukks, jangan lupa yaa like postingan saya ini di FB, makasiiiih :)


 

Keep on Writing, Keep on Blogging dan mari gunakan internet secara sehat dan tepat ^___^


Next Post Previous Post
18 Comments
  • Corat - Coret [Ria Nugroho]
    Corat - Coret [Ria Nugroho] 11:59 PM

    hehe internet juga sudah merubah gaya hidupku diah :p

    diah good luck ya

  • Emy Marlesi Mustiar
    Emy Marlesi Mustiar 12:03 AM

    saya telah membacanya.....
    komennya apa yah??

    ya... paling tidak kepiawaian dirimu ngeblog jauh lebih baik dari daku... sukses ya jenk....

    miss u
    dari temanmu yang dirimu katakan "teman yang hidupnya antah berantah"... ^_^

  • aziz miring
    aziz miring 10:15 AM

    semoga bisa menangya.,.,.

  • dv
    dv 3:08 PM

    ihiiy..kerenn di!

    semoga kita beruntung yah di :D

  • Unknown
    Unknown 7:14 PM

    (worship)

    goodluck ya kompetisinya (goodluck)

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 10:53 PM

    @Ria: iyah mbak, heheh
    makasih mbak, ayooo dunk mbak... ikutan juga yuukks ;)

    @Emy: makasih jenk, miss you more.... ^__^

    @Azis: makasih :)

    @Devi: hihih, Devi juga kereaan, Amin (mari berdoa) :)

    @Aksa: tengkyuuuuu yaaa :)

  • Anonymous
    Anonymous 8:48 AM

    semangat jenk..
    happy blogging (/>0<)/

  • Meti Mediya
    Meti Mediya 10:58 AM

    mantaaabbb..salam blogger

  • Ummi Ubay
    Ummi Ubay 11:26 AM

    wow ada kompetisi
    hari ini terakhir yaaaa

    pengen ngikuttttt

  • Chici
    Chici 3:10 PM

    Moga menang ya jeung...
    Baru tau infonya hari ini, tapi mau ikutan lagi males nulis, hihi....

  • moonlite!
    moonlite! 9:30 AM

    goodluck ya semoga menang :D

  • Yhantee
    Yhantee 9:23 PM

    waaaaaw good luck yach...

    salam kenal.... ^__^

  • moonlite!
    moonlite! 9:28 AM

    halo kakak ;p update dong update ;D

  • Penghuni 60
    Penghuni 60 9:58 AM

    lg ikutan blog kompetisi ya? smoga menang ya...
    tulisanmu bgs kok..
    internet???siapa sih yg gak knl internet?
    anak kcl aja tau kok...

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 2:51 PM

    @Mimi, Meti, Chici, Ata: makasiihhhh jenks ;)

    @Chikarei: iyaaahh... Chika kan biasanya menang terus tuh klo ada kompetisi :D

    @Yhantee: makasih, salam kenal balik :)

    @Penghuni 60: Amin, makasih yaaa... iyah anak kecil skrg udh pada tw internet, bahkan dari bayipun kyknya udah tau, ckckkckk :D

  • moonlite!
    moonlite! 5:36 PM

    internet kan sekarang jadi lifestyle kak ;p

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 6:01 PM

    yuhuuuu Ata, tuuhh saya udah update lohh... update gk jelas *as usual* :))

  • Unknown
    Unknown 4:31 PM

    blog nya bagus , dan bermanfaat :D
    for : http://fadhlyashary.blogspot.com

Add Comment
comment url