Tuesday, February 20, 2018

Selain Laptop, Barang Satu Ini Perlu Dipertimbangkan Keberadaannya di Setiap Kantor



Jaman now ada begitu banyak barang yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan, sebutlah saja kantor. Setidaknya ada 5 jenis alat elektronik yang biasa dijumpai di setiap kantor. Barang apa sajakah itu? Lalu, ada pula barang yang keberadaannya patut dipertimbangkan untuk mendukung aktivitas kerja sehari-hari. Yuks, kita bahas bersama, boleh ditambahkan juga yah 😀

1. Komputer ataupun Laptop
Hari gini komputer dan laptop jadi barang elektronik utama yang wajib dimiliki. Bisa dibilang nyawa ataupun modal utama karyawan dalam bekerja. Gimana tidak jikalau barang-barang tersebut yang jadi kebutuhan utama. Semua dikerjakan melalui perangkat canggih yang bernama komputer itu yang sekarang mah lebih simple dengan menggunakan laptop yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja, praktis gak usah angkut dengan CPU nya segala. 

2. Printer Multifungsi (2 in 1: Printer dan Scanner)
Barang wajib berikutnya adalah printer. Ini juga menjadi barang  yang wajib punya, semua yang sudah dikerjakan atau bahan bacaan harus diprint ataupun scan dengan menggunakan alat yang satu itu, printer, sekarang sih lebih simple pakai printer multifungsi yang tidak hanya bisa digunakan untuk print tapi juga scan. Sudahlah bukan jamannya menggunakan mesin tik yang serba manual itu meskipun di beberapa tempat masih menggunakannya. 

3. Air Conditioner (AC)
Nah, barang selanjutnya adalah AC. Rasanya saat ini sudah tidak jaman lagi dengan kipas sebagai pendingin ruangan meski masih ada juga sih yang masih menggunakannya. Akan tetapi sepertinya bukan sebagai alat pendingin yang utama lagi melainkan sebagai pelengkap saja atau sewaktu-waktu jika ACnya mengalami gangguan atau kendala lainnya. 

4. Dispenser
Ini juga jadi salah satu barang wajib yang bisa kita jumpai di setiap kantor. Bahkan terkadang setiap ruangan atau devisi memiliki dispenser. Yah, suatu kebutuhan yang sangat penting untuk semua. Demi kesehatan bersama, anjuran minum air putih minimal 8 gelas sehari baiknya dijalankan. Tidak ada lagi alasan untuk tidak minum. Bahkan bisa sekalian seduh teh, kopi ataupun susu juga. 

5. Kulkas
Sama halnya dengan dispenser, sekarang kulkas juga jadi kebutuhan wajib baik untuk rumah tangga maupun perkantoran. Selain bisa menyimpan makanan ataupun minuman agar bisa bertahan kulkas bisa juga digunakan untuk menyimpan obat yang harus selalu berada pada suhu tertentu. Oh ya tidak lupa, bahwa sejak dikeluarkannya Pasal 83 UU No. 13 tahun 2013 mengenai Hak Ibu Menyusui yang menyatakan bahwa pekerja yang menyusui minimal diberi waktu untuk menyusui atau memompa ASI pada waktu jam kerja. Dengan adanya peraturan tersebut dihimbau agar selama pemberian ASI, pihak keluarga, pemerintah dan masyarakat harus mendukung Sang Ibu secara penuh dengan menyediakan waktu dan fasilitas khusus kepada ibu bekerja untuk memberikan/memerah ASI selama waktu kerja dan menyimpan ASI perah tersebut. Salah satu upaya dukungan yang dimaksud adalah dengan menyediakan ruangan khusus - laktasi - agar Ibu menyusui bisa bebas untuk memberikan/memerah ASI selama bekerja dan menyimpan ASIP (Air Susu Perah) tersebut di tempat semestinya, yaitu kulkas.


*****

Itulah tadi  5 jenis alat elektronik yang biasa dijumpai di setiap kantor. Yang namanya alat elektronik pastinya berkaitan erat dengan listrik. Semua barang tersebut tidak akan bisa berfungsi jika listriknya padam. Olehnya itu bisa disiasati dengan menggunakan genset. Dengan adanya genset barang-barang elektronik tetap bisa beroperasi sebagaimana mestinya meskipun listrik sedang padam. Masalah listrik padam terkadang tidak bisa dihindari karena adanya perbaikan dari PLN, misalnya. Atau hal terburuk yang terjadi seperti adanya kebakaran di suatu tempat tertentu sehingga mengharuskan aliran listrik di daerah tersebut dimatikan untuk sementara waktu agar tidak menyebabkan kerusakan berlebih hingga menimbulkan kerugian lebih besar. 

Ngomongin tentang genset, kebetulan di kantor yang sekarang baru ada  genset portable nih yang biasa kami gunakan jika field visit. Sementara untuk di kantor sendiri jika listrik padam yasalam, udah panas, udah gak bisa kerja dengan nyaman, gak bisa ngeprint atau scan pun. Untungnya internet masih bisa digunakan normal seperti biasanya. Jadilah masih tetap bisa buat laporan ataupun kirim email

Kemarin sempat browsing kira-kira jenis dan genset apa yang bagus untuk digunakan di kantor. Nah, baca tentang Genset Perkins sepertinya oke nih.  Ceritanya sih mau ajukan ke bagian Procurement untuk pengadaan genset ini. Secara bok yaaa di Kendari sendiri, untuk urusan yang satu ini (listrik padam, -red) bukan jadi hal baru lagi lantaran seringnya listrik padam dengan sesuka hatinya. Alasan pemadaman listrik karena ada perbaikan sistemlah, atau paling gampang sih konon katanya karena kurangnya ketersediaan pasokan listrik untuk rumah tangga jadi perlu pembagian secara merata agar semua bisa menerima arus listrik tersebut, dan alasan lainnya yang udah jadi sepertinya basi banget deh saat ada informasi akan ada pemadaman listrik secara bergilir (lagi). Biasanya sih jika pemadamannya lama, akan diinfokan di media cetak lokal atau radio, agar warga jadi tahu dan bersiap. Aduuh bok, koq bisa ngakunya kurang yah? Padahal saat pihak pengembang perumahan mengajukan permohonan pemasangan baru, eeh masih saja bisa dilayani loh. Duh, gagal faham deh 😕

Ah, sudahlah semoga aja pengajuan ini diterima oleh management. Setidaknya nanti jika sudah ada genset di kantor, kami tidak resah lagi jika listrik padam. Saya pun juga bisa nitip ASIP di kulkas kantor, heheheh. Karena menurut saya sendiri sih, selain laptop, genset juga salah satu barang yang penting dan perlu dipertimbangkan keberadaannya di setiap kantor.




 

5 comments:

  1. Kalau laptop harus selalu ada di kantor, apalagi kalau kerjanya pakai blogger gini.

    ReplyDelete
  2. Saya sepertinya juga butuh genset deh, kalau mati listrik sewaktu-waktu kan enak.

    ReplyDelete
  3. Surga dunia kalau di kantor ada kulkas. :'D

    ReplyDelete
  4. Di kantorku belum ada genset, jadi kalo mati lampu kerjaan terhambat 😖

    ReplyDelete
  5. di kantor selalu lengkap, malah ada microwave dulu hihi, kantor pertama kali aku kerjaaa

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers