Friday, July 14, 2017

Waspada Anyang-Anyangan Pada Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa istimewa bagi setiap wanita. Apalagi jika kehamilan itu sudah lama dinantikan oleh keluarga, makin istimewalah hari-hari sang Ibu hamil (Bumil). Alhamdulillah, saya sudah melewati dan sedang merasakan kembali indahnya masa-masa hamil itu. Masing-masing kehamilan punya ceritanya sendiri. 


Bagi bumil, di trimester pertama itu rasanya nano-nano karena adanya morning sickness yang sering menghampiri para bumil. Alhamdulillah, beruntungnya saya dua kali hamil ini tidak dihinggapi yang namanya morning sickness. Pengen yang aneh-aneh atau menyusahkan juga Alhamdulillah tidak. Saya malah kadang jadi mupeng sendiri pengen ngidam ini itu juga biar jadi spesial #eh. Beda lagi dengan trimester selanjutnya, trimester kedua dan ketiga dimana perut mulai membuncit dan biasanya penyakit kehamilan juga mulai menghampiri 👶

Pada Ibu hamil, biasanya yang sering jadi cerita adalah semakin seringnya sang Bumil 'langganan' dengan toilet. Bukan untuk semedi ataupun hal lainnya melainkan karena hasrat ingin buang air kecil (BAK) yang lebih sering karena diakibatkan oleh semakin buncitnya perut yang menekan perut bawah dan jadilah berasa kebelet pipis. Bagi Bumil sebaiknya jangan pernah menahan diri untuk tidak segera ke toilet jika keinginan untuk berkemih muncul karena akan mengakibatkan penyakit, salah satunya adalah anyang-anyangan atau gejala awal infeksi saluran kemih (ISK) yang sering menghampiri para ibu hamil dan ISK ini merupakan penyakit yang dapat terjadi berulang. Jadi, wajib waspada yah!

Anyang-Anyangan; Penyebab dan Tanda-Tandanya


Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Dimana kondisi pasien akan mengalami buang air kecil yang harusnya keluar banyak namun pada saat mengalami anyang-anyangan biasanya air yang keluar sedikit dan muncul rasa nyeri, umumnya terjadi karena seringnya menahan buang air kecil itu sendiri. Wanita lebih berisiko terkena anyang-anyangan karena secara anatomi, jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuanhan air besar lebih dekat, akan tetapi pada pria pun juga tetap harus waspada akan bahaya anyangan-anyangan ini. 

Menurut dokter ahli urologi, dr. I. B. Tatwa Yatindra, Sp.U, penyebab anyang-anyangan antara lain disebabkan oleh bakteri E.Coli yang masuk ke dalam saluran kemih. Oleh karena itu jagalah kebersihan saat berkemih atau pada saat ke toilet. Disamping itu karena terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi dan teh. Pada wanita biasanya disebabkan karena kehamilan. Selain itu rasa cemas yang berlebih mengakibatkan otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis dan diverticulitis.*)

Konon, anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun, secara umum kita dapat mengetahui tanda-tanda bahwa bisa jadi kita mengalami anyang-anyangan dengan ciri sebagai berikut: 
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil
  • Buang air kecil lebih sering tapi dengan volume sedikit-sedikit
  • Jika terjadi pada wanita akan terasa nyeri pada panggul
  • Jika terjadi pada pria akan menimbulkan gejala nyeri pada anus
  • Rasa perih ketika buang air kecil
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah
  • Merasa lelah dan kurang sehat
  • Demam. 

Nah, kembali lagi ke cerita kehamilan saya yah. Waktu hamil Faraz lalu, ketika memasuki kehamilan trimester kedua menuju ketiga saya sempat diminta dokter untuk cek lab lengkap karena pada saat konsul saya mengeluh BAK yang lebih sering dari biasanya. Ulalaaa, ternyata hasil labnya menyebutkan bahwa saya mengalami ISK dan saat itu langsung diberi obat oleh dokter. Sambil diminta agar rajin minum dan tidak menahan diri jika hendak berkemih. Alhamdulillah, dengan mengikuti semua saran dokter ISK nya hilang. 

FYI, meskipun ISK bukan tergolong penyakit serius, tetapi jika infeksi saluran kemih tidak diobati maka dapat memicu terjadinya infeksi ginjal. Parahnya hal ini dapat menyebabkan persalinan dini dan berat lahir rendah pada janin yang dikandung. 

Tips Mencegah Anyang-Anyangan 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berikut beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mencegah anyang-anyangan antara lain:
  1. Perbanyak Minum Air Putih; Jangan sepelekan anjuran minum air putih 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air. Untuk Ibu hamil malah disarankan untuk ditambahkan menjadi 3 liter air dalam sehari. Sebaiknya minum juga setelah buang air kecil agar mengganti cairan yang keluar. 
  2. Buang Air Kecil; Jangan pernah menahan BAK. Jika ada rasa ingin berkemih segeralah dan jangan ditahan.  
  3. Menjaga Kebersihan; Basuhlah organ intim dengan menggunakan air bersih. Banyak diantara kita yang masih belum menyadari cara membasuh organ intim dengan baik. Bagi wanita, basuhlah organ intim dari arah depan ke belakang. Sehingga kuman dan bakteri tidak masuk ke dalam organ intim. Jika membasuh dari arah sebaliknya (dari belakang ke depan) justru akan membawa semua kuman dan bakteri masuk ke dalam organ intim sehingga rentan menyebabkan anyang-anyangan ataupun infeksi saluran kemih. 
  4. Celana Dalam Ketat; Pakaian dalam yang ketat bisa menimbulkan munculnya bakteri Chlamydia (bakteri yang juga dapat menyebabkan anyang-anyangan pada wanita) karena kuman dan bakteri saat keputihan bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi. 
  5. Mandi dengan Air yang Mengalir; Mandi dengan air yang mengalir bisa mencegah adanya infeksi saluran kemih karena saat mandi dengan menggunakan air mengalir maka kuman dan bakteri bisa luruh bersamaan dengan air yang diguyurkan. 
  6. Konsumsi Buah Cranberry (Vaccinium oxycoccos); Menurut suku Indian kuno tanaman ini sudah diketahui khasiatnya sejak jaman moyang mereka sebagai obat luka akibat terkena panah. Belakangan ini cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan dan sebagai antioksidan karena buah ini diyakini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Sayangnya tumbuhan ini masih jarang ditemukan di Indonesia! Tapi jangan berkecil hati dulu karena sekarang kita dapat dengan mudah menemukan manfaat ekstrak buah Cranberry di dalam kemasan Prive Uri-cran
Uricran adalah solusi aman bagi penderita anyang-anyangan karena bersifat alami. Kandungan ekstrak buah cranberry dapat membantu kebutuhan para ibu hamil dalam memelihara kesehatan saluran kemih.


Produk uri-cran ini tersedia dalam dua bentuk kemasan (kapsul dan sachet). Untuk kemasan kapsul (Prive Uri-cran) dengan dosis 1-2 kapsul/hari, dalam satu boxnya terdapat 30 kapsul. Sedangkan untuk kemasan sachet (Prive Uri-cran plus) dengan dosis 1-2 sachet/hari dan dalam satu boxnya terdapat 15 sachet. Dapat ditemukan di Apotek terdekat ataupun toko obat seperti: Kimia Farma, Guardian, Century, Watsons dan Viva Generik. 

Nah, tunggu apalagi? Jangan lupa sedia dan konsumsi Prive Uri-cran setiap hari yaah untuk mencegah anyang-anyangan itu. 


*) Sumber bacaan:
http://uricran.co.id/2016/04/15/gejala-anyang-anyangan-yang-harus-anda-ketahui/



 

10 comments:

  1. Betul banget, kita mesti jaga kesehatan agar tidak terkena Anyang-anyangan ya, kudu cek kebersihan pribadi. Mending mencegah daripada mengobat. Thanks sharingnya.

    ReplyDelete
  2. Sepertinya emang perlu sedia stok uricran di rumah.
    Apalagi musim dingin. Bawannya pengen ke toilet. Huuu 😰

    ReplyDelete
  3. Anyang-anyangan itu gak enak banget, perihnya itu loh, bikin tobat dan gak pengen terkena lagi 😥

    ReplyDelete
  4. Sehat selalu ya bumil, semoga ga kena anyang2an. Yg belum hamil aja kalo kena sampe meringis apalagi yang hamil :3. Untung ada uricran

    ReplyDelete
  5. Iya klo hamil trimester awal dan akhir bikin mau pipis mulu :D tp aku gak pernah nahan, kapok kena anyang-anyangan

    ReplyDelete
  6. Untung ada uricran ya diah, secara susah bgt nyari buah cranberry

    ReplyDelete
  7. Banyak loh orang nyari obat ketika anyang-anyangan. Tapi jarang nemu. Seperti saya ini, baru tahu ternyata ada obat anyang-anyanagan...

    ReplyDelete
  8. Saya tidak hanya mandi dengan air mengalir, BAK saja sangat saya usahakan air mengalir.. Hanya yg dudulnya sa suka menahan BAK.. Ckck

    ReplyDelete
  9. Sekarang udah sehat kan ya diii...
    Mdh2an nggak kjadian lg yaaa 😊😊

    ReplyDelete
  10. dija pernah juga tuh anyang anyangen
    gak enak banget yaa

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers