Friday, October 07, 2016

Tips Merawat Gigi Sejak Dini aLa Irawati Hamid

Bismillahirrahmanirrahim....

Hulaaa, selamat awal bulan. Udah Oktober aja yah sekarang. Pas banget juga yah, hari Minggu kemarin diperingati sebagai hari Batik Nasional plus bersamaan juga dengan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1438 Hijriah. Semoga kita semua diberi nikmat Iman yang lebih baik dari sebelumnya, Aamiin. 

Anyway, mau nulis tentang teman Blogger lagi nih. Kali ini giliran yang akan dikepoin adalah Blogger cantik tetangga saya, iyah masih sesama Sulawesi Tenggara cuma harus nyebrang sih klo ingin bertemu. Hmm, itu namanya tetangga juga kan yah? #maksa. Hayoo udah bisa tebak belum, siapa oragnnya? Dialah Irawati Hamid, Mamanya Wahyu yang selanjutnya kita sebut saja Kak Ira yah, sapaan akrab saya padanya.


Sejak kami dipersatukan dalam satu group, kami jadi lebih dekat satu sama lain. Walau belum dekat-dekat amat sih, tapi intesitas ngobrol via WA itu cukup sering dibanding dulu waktu awal-awal kenal cuma saling sapa lewat kolom komentar blog pada postingan masing-masing. Nah makin dekat lagi waktu kami sama-sama ikut lomba blog bulan kemarin. Kak Ira ini orangnya asyik, enak diajak ngobrol, ada beberapa kesamaan diantara saya dan Kak Ira, diantaranya: kami itu Working Mom yang sama-sama (baru) punya anak satu, cowok pula. Bedanya anak Kak Ira udah hampir 5 tahun sedangkan anak saya baru hampir 2 tahun. Jelas beda dong yah, karena yang lebih dulu berkeluarga tentu saja Kak Ira, jadi wajar saja jika anaknya udah mulai gede :)

Baca juga: Belajar Parenting aLa Naqiyyah Syam

Nah ngomongin soal anak, setiap orang tua pasti punya cara sendiri dalam merawat, mengasuh dan membesarkan anaknya. Kepengennya anak bisa jadi yang terbaik untuk orang tua. Pengennya sih anak kita itu bersih, wangi, gigi sehat terawat, gak ada sakit gigi, dan lain sebagainya. Pokoknya intinya mah anak sehat, cerdas dan terawat. Nah kebenaran banget pas BW ke blog Kak Ira doi ternyata pernah nulis postingan Cara Mudah Mengajari Anak Balita Agar Mau Menyikat Gigi Sendiri

Di postingannya itu, Kak Ira cerita sekaligus bagi tips kece tentang pengalamannya mengajarkan buah hatinya - Wahyu, agar mau menyikat gigi sendiri dan sadar akan pentingnya menyikat gigi sedari kecil. Itu semua karena alasan Kak Ira gak mau Wahyu juga jadi ikut-ikutan seperti Mamanya, sering sakit gigi bahkan sejak kecil. Iyah, katanya Kak Ira itu sering sakit gigi sejak kecil. Nah, makanya itulah dia gak mau hal ini terulang lagi kepada anak tercintanya. 

Ahaaai, cocok banget nih buat saya yang juga mulai mengenalkan Faraz dengan sikat gigi. Walau belum rutin banget tapi Faraz udah mulai maulah klo diajak sikat gigi. Untuk sementara sikat giginya cuma digosok biasa tanpa menggunakan pasta gigi karena saya masih khawatir dia menelan si pasta gigi. Saya baca juga pasta gigi itu untuk anak diatas 2 tahun *klo gak salah, CMIIW*. Trus ditutup dengan kumur dengan air minum, biar aman, heheheh. 

Okelah, mari kita lanjut yak? Tips dari Kak Ira cukup simple koq antara lain: 

1. Beri Contoh 
Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat Wahyu tertarik menyikat gigi sendiri adalah dengan selalu mengajaknya setiap kali ingin menyikat gigi (biasanya setelah makan).
Awalnya ia selalu bertanya mengapa harus menyikat gigi setelah makan? Sang Mama pun menjelaskan bahwa setelah makan itu banyak kuman yang melekat di gigi. Kalo nggak dibersihkan pakai sikat gigi, kumannya akan menggigit gigi dan lama-lama giginya akan rusak dan kalo giginya sudah rusak, nanti akan sakit. Jadi supaya nggak sakit gigi yah harus rajin menyikat gigi.
Setelah hampir dua minggu melakukan ini akhirnya Wahyu tertarik dan mau mencoba menyikat gigi sendiri.
Anak itu emang peniru yang baik yah? Makanya kita sebagai orang tua harus selalu memberi contoh yang baik buat anak kita karena mereka akan melihat dan mempraktekkan kembali apa yang dilihatnya *eciiee*.



2. Beli Sikat Gigi Sesuai Keinginan Anak
Setelah tertarik untuk mencoba menyikat gigi sendiri, Wahyu meminta dibelikan sikat gigi baru. Agar anak senang, ajak anak untuk bersama-sama membeli sikat gigi baru yang sesuai keinginannya. Bebaskan anak memilih sikat gigi yang ia sukai. Seperti Wahyu yang terlihat sangat antusias memilih sikat giginya sendiri. Setelah mendapatkan sikat gigi yang ia suka, ajak anak pulang ke rumah agar bisa mencoba sikat gigi barunya itu. Memiliki sikat gigi yang sesuai keinginan anak akan membuat anak semangat menyikat gigi sendiri.
Well noted, Kak. Nanti mau ajak Faraz juga ah buat memilih sikat gigi pilihannya sendiri. Walau sekarang dia sepertinya enjoy aja dengan sikat gigi yang udah saya belikan itu. Tapi emang benar deh, sebisa mungkin ajak anak kita untuk terlibat serta dalam memilih barang-barang pribadi yang akan jadi milik mereka :)


3. Beli Pasta Gigi dengan Rasa yang Disukai Anak
Sejak awal mengenal kegiatan menyikat gigi, pasta gigi yang dipakai Wahyu adalah pasta gigi rasa strawberry. Dan karena sampai saat ini ia masih menyukainya,  Sang Mama pun masih membelikan pasta gigi dengan rasa yang sama.
Siip dah, sepertinya ini mirip dengan catatan no.2 diatas yah? Biar gimana pun, yang tahu kesukaan kita ya kita sendiri. Begitupula dengan anak kita. Ya kan Mam?


Gimana Mam, tips dari Kak Ira berguna kan? Saya aja udah gak sabar pengen agar Faraz bisa dan mau untuk menyikat giginya sendiri tanpa harus dikomando lagi, biar giginya terawat. 

Sebenarnya masih banyak loh info menarik lainnya yang ditulis Kak Ira ini. Apalagi bagi yang senang dengan film Bollywood dan juga drama Korea, hiyaaa buruan deh mampir ke blognya. Karena Kak Ira ini hobby keduanya dan sering menulis tentang itu. Penasaran? Ayuukks aja mampir ke blognya yuks. Apalagi ada kabar gembira nih, Kak Ira sekarang lagi ngadain Giveaway looh yang berlangsung hingga 22 Oktober mendatang. Ayooo, yang ngaku Giveaway hunter wajib yah untuk ikut meramaikan GAnya, apalagi temanya gak susah koq. Sini saya kasih bocoran temanya: Momen yang Paling Berkesan & Tak Terlupakan. Gimana? Gak susah kan? Saya juga lagi siap-siap untuk ikutan nih ;)

Ohya,.klo mau kenal lebih lanjut tentang Kak Irawati Hamid mari mampir ke blog dan sosmednya berikut yah:

Twitter: @Ira_Hamid16
Facebook: Irawati Hamid 
Instagram: @ira_hamid16

Sukses terus yah Kak Ira. Moga GAnya juga lancar. The last but not least, semoga secepatnya kita bisa kopdar, yes? ;)

Happy Weekend, Happy People :)



 

20 comments:

  1. Anak2ku dulu selalu senang milih sikat gigi favoritnya, bikin mereka rajin sikat gigi. Seru kalo ngajakin mereka belanja pasta gigi, sukanya yang rasa strawberry :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ngasih pasta gigi nih Mbak ke Faraz, InsyaAllah ntar deh klo 2thn+. Seru yah Mbak, klo anak milih sendiri :)

      Delete
  2. Wahhh Sayyyy, makasih banget atas ulasannya. Saya suka sekali!

    Faraz sayang, ayo rajin sikat gigi biar giginya sehat seperti kakak Wahyu :)

    Amin, semoga secepatnya kita bisa bertemu yah? pengen banget bisa ke kdi tapi jatah cutiku sdh habis habis. Semoga saat wisuda adeku tahun depan kita bisa bertemu, amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Kak, suka juga klo Kakak senang dgn tulisan saya ini :)

      Ditunggu di Kendari ya Tante, Kakak Wahyu juga yaahh dibawa serta ;)

      Delete
  3. Karena kalo anak2 gampang bgt gi2s ya mbak, giginya. Jadi penting bgt merawat gi2 sejak dini,terutama membiasakan sikat gi2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, dan kasyan banget klo anak sakit aplagi klo sakit gigi. Org besar aja merana klo sakit gigi, huhuhuh

      Delete
  4. merawat gigi dari kecil perlu biar nanti kalo udah besar gak kecewa dengan giginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh, setuju banget ini :)

      Delete
  5. No.2 dan 3 itu yg paling ngaruh di anakku mba, suka ama sikat lucunya dan pasta gigi rasa strawbery 😁, jd pngen gosok gigi trs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sikat gigi lucu itu jadi penyemangat buat anak biar mau gosok gigi yah Mbak, ama rasa buah si pasta gigi nya juga yak :)

      Delete
  6. Alhamdulillah Labib ku Pinter sikat gigi nya sebelum umur 3tahun, Dan gigi nya belum rusak, semoga aja seterusnya ga rusak, semoga gigi Labib Dan faraz juga bisa sehat kaya kaka wahyu yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak Labib pintar. Aamiin, makasih Mbak Nadia. Moga Kak Labib rajin terus sikat gigi juga yah ;)

      Delete
  7. Iya sih, anak2ku juga paling senang moment harus beli sikat gigi baru. Krn model sikat gigi utk anak2 kan lucu2 ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Mbak, sikat gigi anak lucu2, banyak bentuk yg unik, hihihih

      Delete
  8. wah keren ya mbak irawati hamid ini. Makasih atas sharingnya, hampir serupa sih anak2 ku juga kukenalkan sikat gigi sejak awal tumbuh gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga anak2 kita rajin sikat gigi ya Mbak :)

      Delete
  9. Milih sikat sndiri pas udah ngerti yaaa.
    Cuss kopdar nyebraaang :) ternyata meski tetanggaan hrs nyebrang yaah diii. Udah kenal sama kak iraa..hihi dan ngga beda jauh yaa sama dikau dii, anaknya cowo juga, WM jugaaa.
    Kpn yaa bs ketemu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Ci, kudu nyebrang dulu baru bisa kopdar. Huhuhuh.

      Kita jg Ci, kapan ya bisa kopdar? ;)

      Delete
  10. Anak kecil sukanya makan permen, harus di batasi nih biar gak keropos giginya :D

    ReplyDelete
  11. iyas juga maunya sikat gigi sendiri cuma ya gitu suka2 dia sikatnya kalo uminya bantuin dianya ngambek, tp udah lumayan enggak cuma diisep sekarang mau disikat hehe

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers