Sunday, October 09, 2016

Merindu Upacara Bendera

Bismillahirrahmanirrahim.....

...Hiduplah Indonesia Raya...

Pagi ini nyalain TV, ehh ternyata siarannya baru akan mulai. Seperti biasa lagu Indonesia Raya itu jadi pembuka utama siaran televisi pada umumnya. Aiihh tetiba jadi ingat upacara bendera. Haluuuu, sudah berapa tahun saya gak ikut merasakan langsung suasana upacara bendera yah? Rasa-rasanya udah lama banget, klo gak salah terakhir waktu SMA deh. Hmm, 12thn yang lalu. Ouuu woo uwooow.

@1minggu1cerita

Jadi tetiba ingin nulis tentang upacara bendera juga deh dimari. Klo ngomongin tentang upacara bendera, kira-kira yang paling khas itu apa? Pengibaran bendera, hening cipta, pembacaan UUD, Pancasila. Lalu apalagi yah? #EfekKelamaanTidakPernahUpcaraLagiNih :p

Yes, yang saya sebutkan tadi itu memang jadi khasnya upacara bendera. Sejak zaman SD rasanya ada kebanggaan tersendiri klo bisa jadi salah satu bagian dari pelaksana upacara. Walau hanya sekedar sebagai pembawa teks Pancasila yang cuma bertugas jadi pembawanya saja, kemudian teks tersebut akan dibacakan langsung oleh pembina upacara itu sudah bikin hati senang, hihihih. Apalagi klo bisa jadi pembawa teks UUD, huaaaa senangnya. Klo gak salah waktu SD itu kita harus hafal teks UUD biar gak cuma sekedar baca teks aja tapi juga bisa meresapi apa makna didalamnya *uhuuukk*.

Sedangkan pengibar bendera, sepertinya waktu SD saya tidak pernah kebagian jatah untuk bertugas sebagai pengibar bendera. Mungkin saya masih pemalu waktu itu jadi tidak cukup PD untuk bersaing dengan mereka-mereka yang langganan ditunjuk sebagai pengibar bendera #PadahalSihAslinyaSayaIniPendekJadiGakPernahDitunjuk hahahahah. Tapi entah kenapa waktu SMP saya pernah sekali ditunjuk sebagai salah satu petugas pengibar bendera. Rasanya gimana? Huaaa, saya dagdigdug. Gimana nggak, klo petugas pengibar bendera itu akan menjadi pusat perhatian seluruh peserta upacara. Gak boleh salah saat bertugas menaikkan bendera. But, we did it. Thanks, Team hihihih. Seingat saya cuma sekali itu saja saya menjadi petugas pengibar bendera karena di masa SMA saya hanya tertarik untuk berdiri di dalam barisan kelas saya saja, heheheh. 

Ngomongin soal upacara bendera, meskipun sudah lama tidak pernah ikut dalam upacara bendera lagi tapi saya selalu merindu suasananya. Padahal dulu mah pengennya gak usahlah ada upacara segala, panas boookk berasa dijemur, hihihih. Tapi sekarang saya jadi pengen lagi merasakan gimana suasana upacara bendera itu. 

Oh ya, tiap tahun saya paling demen deh duduk manis depan TV buat nonton upacara bendera saat 17Agustus. Yang paling saya tunggu itu adalah saat detik-detik Paskibra bertugas untuk mengibar ataupun menurunkan bendera. Saat bendera naik sambil diiringi lagu Indonesia Raya itu ada rasa bangga tersendiri, meskipun bukan saya yang menggereknya. Terharu melihat para petugas Paskibra menjalankan tugasnya dengan sempurna. Dan sekarang saya kadang menyelipkan doa agar anak saya kelak bisa menjadi salah satu bagian dari Paskibra. Aiihh so sweet, jika suatu hari nanti dia yang terpilih menjadi Paskibra itu, Aamiin. 

Huaaa, tetiba merindu upacara bendera nih.

Ini ceritaku tentang upacara bendera. Klo kamu? Mari bericerita yuks :)

Untuk #1Minggu1Cerita





 

28 comments:

  1. Jenk, datanglah di kantorku biar bisa upacara, pilih mi mau bertugas atau jadi peserta saja. Atau mau jadi pasukan penyanyi mungkin. Wkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh jadi pasukan makan kue dan kawan2nya saja ndk yak? Hihihih

      Delete
  2. Kalo sudah lama ga dilakukan memang bikin kangen yaa... Salam kenal dari sesama anggota 1minggu1cerita :) -- Tatat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget tuh Mbak, jadi kangen suasananya gitu :D

      Salam kenal balik ya Mbak, saya member baru :)

      Delete
  3. Mendoakan anak untuk jadi paskibraka... Do'a yg tak pernah terlintas di benak aku. Kasian ahhh latihannya kerasss.... *ibu yang lemah begini nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihih, biar jadi lebih disiplin gitu nanti kedepannya Mbak :)

      Delete
  4. Aduh, aku upacara bendera bertahun-tahun yang lalu, terakhir SMA kali XD
    Ngga pernah merindu upacara karena panas hahah *manja anaknya* tapi kemaren pas diundang ke DPR nyanyi Indonesia Raya rasanya terharu.. entah kenapa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naahh, itu bener kan Mbak. Lagu Indonesia Raya maupun hening cipta itu seperti membawa kita ke suasana perjuangan #ehh :D

      Delete
  5. Aku hampir tiap senin ngikut upacara bendera... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ampe sekarang masih berasa seperti anak sekolah ya Mbak, secara jg gaulnya ama anak2 sekolahan yah :)

      Delete
  6. terakhir kali sy upacara itu tahun 2003 dan itu berarti 13 tahun yang lalu, ckckckck ternyata sudah selama itu yah? hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohohohohh, beda 1thn saja berarti kita itu Kak :D

      Delete
  7. sya jg suka kangen sama upacara bendera, pengn ikutan kasih hormat sama bendera lagi..terakhir 2009 wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hormaaat, graaak! :D

      Hehehehh, beda 5thn ya Mbak kita trakhir upacaranya :D

      Delete
  8. Terakhir ikut upcara tahun 2009 silam, hehe skrg kok jd kangen juga ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naahh, suasana upacara jg ternyata bs bikin kangen yah. Saya terakhir 2004 itu :D

      Delete
  9. Saya ga kangen. Hehehe... Dari dulu ga suka upacara. Kalau senin dan hujan senang karena upacara dibatalkan :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, berarti doanya jika Senin itu biar hujan aja gitu ya Mbak :D

      Delete
  10. ah jadi nostalgia jaman upacara bendera di sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo, ada cerita spesial ttg uacara bendera ya Mbak? ;)

      Delete
  11. wahhh kangen juga upacaraaaaaaa, kangen kamu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata ada yg kangen upacara jg :D

      Delete
  12. aku jg suka liat upacara bendera 17 agustus d TV :D tp kalo ikut upacara mmm... dari dulu kurang suka hehehe gak sukanya pas ceramahnya panjangggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahh, klo ceramah panjang emang melelahkan Mbak.. :D

      Delete
  13. Kalo mbak diah 12 tahun yg lalu, saya lebiiiiih hihihihi...

    Salam kenal mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih, gitu ya Mbak :D

      salam kenal balik Mbak Lisdha :)

      Delete
  14. Aku juga sukaa dii nungguin tv pas upacara 17 an .. Gimana gitu yaa haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada rasa haru tersendiri ya Ci :)

      Delete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers