Sunday, September 11, 2016

Pentingnya Menyiapkan Bekal Masa Depan Anak Sejak Dini

Sebagai orang tua, kita pasti bakalan memberikan yang terbaik untuk sang buah hati tercinta. Baik kebutuhan primer, sekunder maupun tersiernya. Kebutuhan primer yang didalamnya termasuk pendidikan adalah salah satu poin yang sangat menjadi perhatian bagi setiap orang tua, begitu pun dengan saya :)

Kata orang: "pendidikan itu mahal!" yeaah, pendidikan itu memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Pastilah sebagai orang tua, kita ingin agar anak-anak kita dididik oleh tenaga pendidik yang profesional di bidangnya, selain itu juga kondisi sekolah beserta fasilitas yang mendukung anak agar selalu merasa nyaman selama berada di sekolah. Dalam artian, anak tidak merasa bosan ataupun terbebani ketika harus ke sekolah. Tahu sendiri dong yah, kadang anak itu akan merasa jenuh jika kondisinya monoton, proses pembelajarannya itu lagi - lagi-lagi itu, dan begitu lagi *halaah ini bahasanya apa toh ya?* :D 
     
pic source edited by me

Yaah begitulah, intinya sebagai orang tua kita pasti ingin memasukkan anak kita ke sekolah terbaik yang ada di daerah kita. Seperti halnya juga saya dan Suami yang sudah rencana ingin memasukkan Faraz ke Sekolah Dasar yang mengajarkan pendidikan Agama sebagai dasar dari segalanya, sebutlah saja di salah satu Sekolah Dasar berbasis Islam yang ada di Kota Kendari ini yang konon siih, biaya di sekolah itu lumayan mahal. Tapi mau gimana lagi? Yang namanya orang tua kan wajib memberi yang terbaik untuk anak. Kembali lagi ke poin kata orang tadi itu looh. Hohohoh.



Gambaran Kondisi Keuangan Indonesia Saat Ini dan Prediksi Perekonomian 15 Tahun yang Akan Datang

Menurut salah satu artikel yang saya baca bahwa survei yang dilakukan terhadap sejumlah sekolah swasta di kota Jakarta menggambarkan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik sebesar 7% -15% per tahun. Inflasi pendidikan ini adalah sesuatu yang nyata. Oleh karenanya, sejak sekarang mari kita siasati dengan cerdas dan bijak untuk dana pendidikan yang angkanya sangat fantastis itu agar di kemudian hari, ongkos tersebut tidak menjadi beban untuk kita para orang tua. Terlebih untuk dana pendidikan universitas, uang pangkal yang saat ini mungkin berjumlah Rp 50.000.000 bisa berkembang menjadi Rp 400.000.000 dalam waktu 15 tahun kedepan. Hal ini dapat terjadi akibat adanya tingkat kenaikan harga tersebut. 

Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GcertFinPlanning, CFP, QWP (Perencana keuangan independen dari Zap Finance) mengatakan bahwa ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, antara lain:

4 Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak
  1. Sebagai orang tua kita sebaiknya sudah harus mulai diskusi tentang pendidikan anak, bahkan sejak sang anak masih dalam kandungan. Caranya? Lakukan survei dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada atau datang ke pameran pendidikan yang mulai banyak diselenggarakan. 
  2. Berdasarkan pilihan favorit orang tua dan anak, mari lakukan riset kebutuhan biaya pendidikan untuk tahun ini. Pahami bahwa biaya pendidikan tahun ini kemungkinan besar akan meningkat setiap tahunnya, sehingga saat anak masuk sekolah nilainya akan bertambah besar. 
  3. Sesuaikan kebutuhan dana yang sudah dihitung. Coba periksa tabungan atau investasi yang sudah kita siapkan. Apakah sudah cukup? Jika angkanya masih lebih kecil dari yang seharusnya, jujurlah pada diri sendiri bahwa sekaranglah saatnya merevisi rencana dana pendidikan. 
  4. Periksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi? Menabung dan berinvestasi akan terasa mudah dijalankan oleh keluarga yang masih produktif dan mendapatkan penghasilan. Risiko kematian di usia produktif atas pencari nafkah atau orang tua dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.
Gimana? Udah ada sedikit pencerahan kan yah tentang langkah-langkah yang bisa kita tempuh dalam mempersiapkan dana pendidikan anak kita kelak. Ohya kebetulan nih, dalam artikel itu juga dilengkapi cara menghitung dana yang kira-kira kita bisa siapkan dari sekarang untuk pendidikan anak kita. Namanya kalkulator dana pendidikan, yang mana bisa kita download secara gratis. :)

Gambaran Jumlah Kebutuhan Dana Pendidikan Anak

Gak mau berlama-lama, saya pun mencoba untuk langsung menghitung kisaran biaya yang harus saya persiapkan untuk kebutuhan sekolah Faraz kelak. Mumpung Faraz masih belum 2 tahun berarti kayaknya masih belum telat klo saya siapkan dananya dari sekarang. Secara ada beberapa pos-pos lain yang udah jadi pos rutin yang wajib ditunaikan, hihihih. Well, here we go!
Kalkulator Dana Pendidikan by Morinaga Chil*Go!

Oke, sengaja saya ambil kisaran biaya SD karena biar dari sekarang saya bisa aware untuk mempersiapkannya. Ini juga saya masukkan kisaran harga SD yang kami tuju sebagai sekolah Faraz kelak. Ohya, perhitungan kalkulator ini sesuai asumsi tingkat inflasi pendidikan sebesar 15% per tahun seperti yang disebutkan sebelumnya. Uhuk, setelah saya menghitung biaya yang diperlukan untuk dana SD aja udah harus nabung sebesar angka itu. Belum lagi untuk ke jenjang berikutnya, hohohoh. Ayoooo Pak Suami, kita harus lebih semangat lagi nih untuk mempersiapkan dana pendidikan anak kita ;) 

Tentang Cita-Cita Anak

Tiap orang pasti punya cita-citanya sendiri. Si A ingin jadi dokter, si B ingin jadi guru, si C ingin jadi polisi, dan lain sebagainya, dan seterusnya, dan lain sebagainya. Masih ingat deh, waktu SD dulu jika ditanya nanti klo besar cita-citanya mau jadi apa? Umumnya jawaban klasik dari anak-anak adalah "ingin jadi dokter", gak tahu yah sepertinya sudah tersetting default deh jawaban seperti itu, bahkan mungkin sekarang masih banyak yang jawabannya sama seperti dulu, hihihih. 

Saat ini Faraz baru berusia 21 Bulan, sepertinya masih belum mengerti konsep cita-cita. Lah iya, ngomong aja masih pakai bahasa bayi gitu, hehehehh. Tapi beberapa waktu lalu, dalam perjalanan saya nanya "Faraz mau jadi apa?" Eehh dijawabnya "pilot", gak tahu yah itu spontan atau apa? Kaget dong saya, tapi ada rasa bangga juga wah cita-cita anakku oke juga nih. Trus saya tambahin lagi "oh pilot ya Nak, pesawatnya gimana?" Kata Faraz lagi "ngiiiing" sambil peragain tangan di udara. Hihihih, lucuuu. Jadilah sekarang Mama ini punya 'senjata' ampuh ke Faraz klo lagi rewel, cengeng, manja saya bilang "masa mau jadi pilot cengeng?" Heheheh. Walau di lain waktu saya coba tanya lagi, "Faraz mau jadi apa?" Si Anak cuma diam sambil ngoceh yang Mama sendiri gak bisa translate artinya. Apapun cita-citamu kelak, Mama-Bapak akan selalu mendukungmu demi kebaikanmu, Nak. Doa Mama-Bapak yang terbaik untukmu, Kesayangan :*

Kabar Gembira: Program Bekal Masa Depan Morinaga Chil*Go! Solusi Bijak untuk Pendidikan Anak 

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Eh udah bener gak sih pribahasanya itu? Yaah, seperti begitulah kiranya. Setelah tadi menhitung biaya pendidikan Faraz yang harus saya dan Suami siapkan dari sekarang. Senang banget deh dapat kabar gembira dari Morinaga Chil*Go! mengenai Program Bekal Masa Depan Morinaga Chil*Go yang mana merupakan salah satu langkah Morinaga dalam mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa yang ditujukan kepada kita orang tua untuk dapat berbagi stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan Kecerdasan Majemuk Si Kecil sehingga menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. 


Melalui Program Bekal Masa Depan Morinaga Chil*Go! ini, akan dipilih 9 orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program berlangsung *woow, semua bisa berkesempatan mendapatkan hadiah!*

Hadiah utama dari Bekal Masa Depan Chil*Go! ini adalah Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah yang akan dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu: 
  • Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)* untuk kategori Platinum
  • Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)* untuk kategori Gold.
  • Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)* untuk kategori Silver.
(*) berdasarkan perhitungan investasi hingga Anak berusia 18 tahun.

Periode Program Bekal Masa Depan ini akan berlangsung selama 6 (enam) bulan terhitung sejak tanggal 1 Juli 2016 hingga 31 Desember 2016 dimana setiap 2 (dua) bulan sekali akan dipilih 3 (tiga) orang pemenang hadiah utama berupa Dana Asuransi Pendidikan berdasarkan cerita terbaik yang dipilih langsung oleh juri serta pemenang hadiah hiburan berupa voucher belanja, tempat makan, produk Chil*Go! dan juga tiket Jungle Land.
  1. Untuk Periode I (1 Juli 2016 - 31 Agustus 2016) akan diumumkan pada tanggal 14 September 2016
  2. Untuk Periode II (1 September 2016 - 31 Oktober2016) akan diumumkan pada tanggal 14 November  2016
  3. Untuk Periode III (1 November 2016 - 31 Desember 2016) akan diumumkan pada tanggal 31 Januari 2017. 
Periode I emang udah berkahir, tapi tenang kita masih bisa gabung di Periode II yang udah dimulai sejak aw September kemarin dan juga Periode III di awal November mendatang. Kali aja rejeki kita bisa masuk daftar pemenang. Hmm, emang gimana caranya? Gampaaaang. Yuk simak mekanisme berikut yah ;)

MEKANISME PENDAFTARAN ONLINE

  1. Kita hanya perlu membeli Morinaga Chil*Go! minimal 6 botol di www.orami.com atau www.kalbestore.com dalam satu kali transaksi pembelian untuk mendapatkan kode unik. Kode unik akan dikirimkan melalui email selambat-lambatnya 2x24 jam setelah pembayaran diterima. Kode unik ini akan berlaku selama 30 hari hitungan kalender setelah dikirimkan. Artinya, pengiriman ide hanya akan diterima pada periode yang sama.
  2. Setelah mendapatkan kode unik tersebut, kita dapat melakukan registrasi melalui www.BekalMasaDepan.com. Selanjutnya kini saatnya memilih kecerdasan mana yang sesuai dengan kecerdasan majemuk pilihan Moms or Paps tentang bagaimana cara kita sebagai Orang Tua mencerdaskan Si Kecil agar menjadi Generasi Platinum yang multitalenta.
  3. Kita dapat menambahkan foto atau video untuk mendukung ide yang dituliskan.

Saya sendiri kemarin udah ikut daftar loh dengan cara offline seperti langkah dibawah ini: 


MEKANISME PENDAFTARAN OFFLINE

  1. Kita perlu membeli morinaga Chil*Go! minimal 6 botol dalam 1 struk transaksi pembelian ditoko-toko retail yang bekerjasama yang tercantum dalam website www.BekalMasaDepan.com termasuk Hypermart, Supermarket, dan Minimarket berlaku kelipatan dimana pembelian dilakukan selama periode program.
  2. Kita harus mengirimkan struk pembelian dan melengkapi formulir pendaftaran yang didapatkan di toko retail tersebut ke PT. Bounche Indonesia dengan alamat Thamrin City Office Park AA03-AA05, Jl. Boulevard Teluk Betung - Jakarta 10240. Formulir dapat diunduh di www.BekalMasaDepan.com.
  3. Setelah mengirimkan struk pembelian dan formulir yang telah dilengkapi kita wajib untuk menyimpan bukti pengiriman. Bukti struk pembelian yang dianggap sah adalah struk pembelian yang diterbitkan oleh toko-toko retail yang tercantum di www.BekalMasaDepan.comStruk yang berlaku adalah struk asli pembelian produk Morinaga Chil*Go! yang diterima oleh PT Bounche Indonesia selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender dari tanggal yang tercantum dalam struk. Pihak penyelenggara akan memberikan kode unik terhadap berkas yang diterima setelah melakukan verifikasi 5x24 jam.
  4. Kode unik akan dikirimkan melalui email dan SMS yang dapat berlaku selama 30 hari kalender setelah dikirimkan.  Artinya pengiriman ide hanya diterima oleh pihak penyeleggara pada periode yang sama.
  5. Setelah mendapatkan kode unik tersebut, kita dapat melakukan registrasi melalui www.BekalMasaDepan.com. Kita bisa memilih kecerdasan mana yang sesuai dengan kecerdasan majemuk pilihan Orang Tua tentang bagaimana cara kita mencerdaskan Si Kecil agar menjadi Generasi Platinum yang multitalenta.
  6. Kita dapat menambahkan foto atau video untuk mendukung ide yang dituliskan.



Gimana? Gampang banget kan cara ikutnya? Bekal masa depan yang terbaik merupakan hak anak. Mari para orang tua persiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin, agar hak anak yang menjadi tanggung jawab orang tua dapat terpenuhi dengan baik. 

Untuk info lebih lengkap tentang program Bekal Masa Depan Anak dari Morinaga Chil*Go! ini dapat dilihat pada:



·      Website: www.BekalMasaDepan.com
   ·      Facebook: Morinaga Platinum
   ·      Twitter: @Morinagaid
   ·      Instagram: @MorinagaPlatinum


-with love-



 

19 comments:

  1. Biaya sekolah memang mahal ya, mumpung anak2 kita masih kecil semoga masih bisa mempersiapkan segalanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Mbak, makin hari makin mihil aja yaah. tapi katanya sih klo nabung dari sekarang gak berasa karena faktor nilai uang juga ngaruh. mari semangat nabung Mamaahh :D

      Delete
  2. semakin dini kita menabung untuk pendidikan anak, semakin bagus yah say? gak kebayang biaya pendidikan belasan tahun mendatang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Kak, itu simulasi saja sudah bikin pusing pala Emak :D

      Delete
  3. setiap tahun biaya masuk sekolah naik memang penting harus memikirkan dana pendidikan sejak dini :D
    mau ikutan bekalmasadepan juga deh jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo Mbak, masih bisa ikut periode 2 dan 3 nya loohh ;)

      Delete
  4. Ini infografis yg waktu itu yaa dii, yg lg WhatsApp :D
    Belum lagi ada Les ini itu yaaa, banyak biayanya.. semangat ^^ klo kuliah anak kita nanti bakal brp ratus jutaaa yaq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah Cii, mulai belajar berinfo grafis, masih cetek ini mah yah :D
      ho'ohh jutaaan ciiin, iihiikks.. harus bener2 nabung bung bung bung :D

      Delete
  5. Jadi apapun didukung nak.. yang penting arisan emakmu tetap jalan #Eh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahh, yooii Tante Iiirr, klo ndk arisan ndk adami kumpul2 dgn Onty2 and Uncle2 :D

      Delete
  6. Yahhh aku belum punya anak

    hihihi

    Faraz lucuuuuuuukk :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihih, gimana mau punya anak Om Aul, si Tante aja blm dikenalin ke kita2 :D

      makasiihh Om Aul, salam sayang dari Faraz utk Om Aul ;)

      Delete
  7. faraz imut bgt
    ubay juga sering minum morinaga, ntar dilihat ah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubay juga imuut. Morinaga enak ya Chik ;)

      Delete
  8. nyimak aja

    masih belum punya anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah nyimak.
      semoga disegerakan :)

      Delete
  9. aku setuju nih, penting banget mempersiapkan bekal pendidikan anak sejak anak usia dini. karena biaya pendidikan emang naik terus kayaknya. berasa deh kalo anak dah sekolah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho'ooh yah Mbak, klo Mbak Ade pasti udah tahu dan rasain banget nih gimana ttg biaya pendidikan. :)

      Delete
  10. aku pun sudah mulai siap-siap niiih mba...rajin menabung :)

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers