Tuesday, June 07, 2016

Ade Anita: Niche Blog Itu Semacam Pagar atau Bingkai

Bismillahirrahmanirrahim.....

Apa kabar Temans? Sehat semua kan yah? :) 

Juni telah menyapa, Alhamdulillah yah kita semua masih diberi waktu untuk bertemu bulan Juni ini. Ramadhan juga datang lagi, Alhamdulillah.  Semoga kita semua masih diberi kesempatan untuk bisa melaksanakan ibadah-ibadah yang spesial di bulan ini: puasa juga Tarwih yang adanya cuma di bulan Ramadhan, Aamiin. 

Anyway, kali ini mau posting tentang info yang erat kaitannya dengan kita sebagai blogger, hmm bisa dibilang ini sesuatu yang dasar yang kadang diabaikan tetapi ternyata punya pengaruh loh sebenarnya buat citra blog kita. Penasaran gak sih saya mau bahas apa? Bilang aja penasaran yah, biar saya senang #maksa :p

Info ini saya dapatkan dari Mbak Ade Anita, salah satu blogger senior yang sudah lama meramaikan dunia blogger tanah air ini, ihiiiy. Pertama tahu Mbak Ade ini beberapa waktu yang lalu, saat kami dipersatukan dalam #ArisanBloggerPerempuanGroup3, kebetulan juga waktu itu Mbak Ade ikut meramaikan GA Kolaborasi #TemanNgeblog


Nah, postongan kali ini awal mulanya dari postingan yang Mbak Ade ikut sertakan pada GA Kolaborasi itu: Teman Ngeblogku Kalian EMBAK CERIA. Di postingan itu Mbak Ade menuliskan bahwa dia itu punya banyak group di WhatsApp, salah satunya adalah group Em(b)ak Ceria, group ini berisikan Semi Finalis Calon Srikani Blogger 2014, melihat dari nama groupnya pasti kita udah bisa nebak bahwa group ini berisikan perempuan-perempuan yang ceria^^

Kata Mbak Ade, group Embak Ceria ini sehari-hari membahas apa aja, dari hal-hal umum banget sampai ke hal-hal yang rahasia yang hanya hanya boleh diketahui oleh mereka saja. Salah satu pembahasan atau lebih tepatnya curhatan Mbak Ade ke teman-teman Embak Ceria adalah cerita tentang blog www.adeanita.com yang menurut Mbak Ade klo blognya itu awal mulanya adalah blog gado-gado. Karena seringnya berinteraksi dengan para Embak Ceria, Mbak Ade pun mendapat masukan agar membuat blognya punya niche, jangan terlalu gado-gado banget, katanya. Mbak Ade disarankan untuk membuat satu benang merah bahwa apa yang diceritakan di blog itu sebenarnya punya satu benang merahnya, niche parenting, misalnya. Mbak Ade pun mulai termotivasi walau masih agak ragu. 

Namun karena dukungan dan saran yang diberikan oleh para Embak Ceria yang menambahkan bahwa membatasi tulisan di blog dengan satu benang merah yang jelas itu akan memperlancar rejeki jika kita memang ingin menghasilkan materi dari ngeblog itu. Karena penjelasan itu, Mbak Ade akhirnya jadi tergoda juga. Jadilah, sejak menjelang akhir tahun 2014 dia pun mulai membenahi kembali isi blognya agar isinya bisa seragam.

Awalnya Mbak Ade bingung mau memberikan niche apa ke blognya. Kembali lagi ke Embak Ceria, mereka menyarankan agar Mbak Ade memilih parenting dan keluarga, karena dia sering menulis tentang keluarga dan anak-anaknya di blog. Mbak Ade pun mantap memilih niche tersebut: Parenting dan Keluarga. 

Tetapi seiring berjalannya waktu, Mbak Ade sempat merasa dengan adanya niche malah membuatnya mati kata dalam menulis. Writer block itu pun menghampirinya karena merasa bahwa blognya sekarang sudah ada batasan dan benang merah yang harus ditulis. Hal ini mengakibatkan kreatifitasnya dalam mencari ide dan mengolah kata terkengkang. 




Dengan berniche berarti kita akan menyeragamkan label-label dalam postingan kita, dengan kata lain secara otomatis kita punya tukuan ketika akan menulis. Karena kegundahannya itulah Mbak Ade kembali lagi curhat ke Para Embak Ceria yang ternyata sebenarnya mereka pun punya permasalahan yang sama. Singkat cerita, melalui ajang saling curhat itu kembali Para Embak Ceria memberikan saran untuk menambahkan Lifestyle menjadi satu kategori baru di dalam blognya. Dan yeeaay, problem solved. Mbak Ade pun kembali bangkit menulis :)

Beberapa hari yang lalu, Mbak Ade pun sempat sharing di WA #ArisanBloggerPerempuanGroup3, kebetulan banget yang dia bahas adalah tentang niche. Jadi menurutnya, "niche itu semacam pagar atau bingkai. Dialah yang menjaga agar kita gak nulis terlalu OOT (out of topic) di blog kita. Dibawa enak aja kita mau membatasi diri kita menulis apa aja di blog kita. Tapi pagarnya jangan terlalu sempit nanti kita jadi gak bebas sendiri", jelasnya.

Hiiyaaa, berasa dicubit banget deh Mbak. Blogku sampai saat ini masih benar-benar gado-gado. Masih ngasal aja klo mau nulis, lebih banyak curhatnya. Jadinya bingung sendiri deh klo mau berniche juga. Padahal sih sebenarnya udah pengen banget punya blog yang berniche juga. Apalagi katanya klo dengan niche itu blog kita bisa jadi lebih rapi dan memudahkan untuk 'dilirik agency', hoaaaa mauuuu banget dooong. 



Pas banget deh. Mbak Ade juga punya postingan kece nih tentang tips mereview sebuah produk. Kebeneran banget kan yah klo sekarang itu job review bagi para bloggers lagi happening banget. Dimana kegiatan ini bisa dijadikan suatu kerjaan tambahan yang 'menghasilkan' dong tentunya. Bahkan malah gak sedikit blogger sekarang yang menggantungkan panci  nasib sebagai job reviewer, buzzer dan istilah lainnya sebagai penerima job berbayar. Benar kan yah? Iyah deh, ngaku ajah. Saya aja bilang iyah koq, saya itu senang banget klo dapat email cintah tawaran ngereview gitu ;)

Baca juga: Evrina Budiastuti: Sang Pecinta Lingkungan 





Gimana? Mbak Ade keren kan yah? Gak pelit ilmu. Masih banyak loh cerita seru Mbak Ade yang ditulis di blognya. Pasti senang deh klo mampir ke blog maupun medsosnya. Yuks yaah silah mampir juga ;) 



Blog: www.adeanita.com
Twitter: @adeanita4
Facebook: Ade Anita
Instagram: @adeanita4

Sukses terus yah Mbak Ade yang cantik jelita dan slalu awet muda :)

Credit: Semua foto koleksi pribadi Mbak Ade.

Happy Blogging & Fasting yaaah. Tetap semangaaaat :D


     

16 comments:

  1. akhirnya tayang juga ini tulisan, hihihi :D
    Mba Ade memang inspiratif, selain itu juga baik hati, gak pelit ilmu dan tentunya cantik dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya rame banget ya mbak membernya komunitas ini
      Hampir semua blogger cewek yang aku kenal kok kaykanya ikutan project saling reviw ini terus ada banner komunitas nya juga

      Komunitas Blogger Lelaki ada nggak yaaa mau gabung

      Delete
  2. Waaaa.... aku senyum senyum baca tulisanmu ini. Hehehe...makasih ya diah

    ReplyDelete
  3. Wah ada mbak ade disini :) apa kabar Diah? Baru bisa bw lagi nih. Maaf lahir batin ya

    ReplyDelete
  4. bikin blog niche itu awalnya memang rada-rada susah tapi kalau sudah konsisten bakalan gampang untuk mengerjakannya

    ReplyDelete
  5. jadi pengen kenalan dan sungkem satu2 sama mbak ceria....^^

    ReplyDelete
  6. Wah jadi ngerti apa itu niche blog☺

    ReplyDelete
  7. Mohon maaf lahir batin mba Diah, salam kenal

    ReplyDelete
  8. Iya banget nih Mba. Sejak blog ber-niche ini makin sering aku dengar, aku jadi belajar untuk menulis dalam bingkai tapi yang agak gedean. Kalo bingkainya kekecilan, emang sedih sih rasanya.

    ReplyDelete
  9. Dija pernah mampir ke blognya
    tapi gak sering
    hehhehe

    ReplyDelete
  10. Salah satu embak ceria yaaa,hehe
    Pernah sesekali kesitu diii..sama kaya dija, ngga serinh

    ReplyDelete
  11. menentukan Niche itu memang gampang-gampang susah. Punyaku masih gado-gado hehe... tapi paling nggak ada beberapa kategori yang memang khusus kubuat untuk blogku sendiri.
    Aku jadi terinspirasi dari baca ini.. hehee mulai mikirin mengerucutkan niche hihii
    dan tentang 'blogget bayaran' hihiii iyaa.. seneng dapat email cinta..

    ReplyDelete
  12. betul, blog dengan niche akan bikin terkekang apalagi saat rasanya gaada ide. tp banyak2 blogwalking akan mengatasi itu, at least buat saya itu berhasil hehe

    ReplyDelete
  13. itulah namanya teman ya mbak.... bisa berbagi ilmu yg bermanfaat

    ReplyDelete
  14. info yang menarik dan jadi perenungan buat saya yang masih pemula banget :) thanks

    anggiputri.com

    ReplyDelete
  15. Saya masih kesulitan cara mencari niche itu mba, mungkin kali-kali bisa sharing tentang cara mendapatkan niche mba hehe, nuhun infonya

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers