Tuesday, March 29, 2016

Ernawati Lilys: Menulis sebagai Me Time

Bismillahirrahmanirrahim.....

Huaaa, udah hampir penghujung bulan aja. Banyak tunggakan yang belum diselesaikan, ihiiikkss. Eits tapi tunggakan yang saya maksud disini adalah janji postingan, salah satunya yang ini nih.

 

Well, kita langsung aja yah. Kali ini mau sedikit membahas tentang blogger plus writer (lagi) nih. Sebenarnya saya juga baru tahu orangnya, padahal dua tahun lalu ternyata saya udah pernah baca buku hasil karyanya, tepatnya buku antologi yang ditulis bareng beberapa penulis lainnya, "Cinta Monyet Never Forget". Ada beberapa penulis yang memberikan hasil karyanya disitu, salah satunya dialah Ernawati Lilys.

Ernawaty Lilys adalah seorang Blogger, Penulis, Ibu Rumah Tangga, Istri sekaligus Ibu dari dua jagoannya yang saat ini berusia 3 tahun (Fatih) dan 1 tahun (Fay). Sebagai Ibu yang sehari-harinya di rumah, mengurus rumah, suami dan dua jagoan tidak membuatnya merasa bosan dengan rutinitas yang itulagi-lagilagiitu-danitulagi. Saya pribadi salut loh dengan Mbak Erna ini. 

Kenapa? Karena dia mampu membagi waktu dengan sangat baik antara mengurus keluarga dan juga mengurus diri sendiri, memberi ruang untuk diri berkreasi meskipun hanya di rumah. Yaah, let's say "Me Time". 
Yups, MeTime aLa Mbak Erna ini sangat simple, hanya dengan menulis. Baginya menulis itu bisa dimana saja dan kapan saja. Di saat orang lain sibuk dengan Me Time nya yang kebanyakan harus dilaksanakan di luar rumah, hangout bareng teman-teman, ngemall, window shopping, online shopping, arisan ataupun memanjakan diri di salon itu semua berbeda dengan yang dilakukan Mbak Erna. Dengan menulislah itu menjadi Me Time baginya. Ketika tangannya masih pegal-pegal selepas mengerjakan pekerjaan utama sebagai istri sekaligus Ibu, maka menulislah yang menjadi penyemangatnya kembali. Menulis apa saja yang disukai, baik cerita, resensi maupun menyelesaikan draft tulisan yang belum rampung kemudian mengirimkannya ke berbagai media.


Tidak heran jika hasil karyanya sudah cukup banyak beredar di toko-toko buku baik yang tulisan solo maupun antologi. Cerita fiksi, non fiksi, puisi dan dia pun juga menulis artikel di beberapa majalah. Salah satu karya populer miliknya adalah "Kuliah VS Kuli-ah" yang ditulis bersama seorang temannya, Mio. Buku ini berisikan pengalaman Mbak Erna saat kuliah sambil bekerja (kuli-ah) sedangkan cerita yang ditulis oleh Mio pure berisi cerita mahasiswa yang hanya fokus kuliah saja. Sedangkan karya solo Mbak Erna salah satunya adalah: Rosulullah Teladan Utama "Panglima Tangguh". Dan yang terbaru adalah "Cerita Seru dan Fakta Unik tentang Burung". Serta masih banyak lagi hasil karya lain yang telah terbit, bisa dicek di daftar jejak karya yang telah dibuatnya :)


Ohya, selain sebagai penulis Mbak Erna ini juga biasa menjadi pemateri pada workshop, hebatnya lagi tak jarang sambil menggendong anak sambil bicara depan umum juga loh. Keren banget kan yah? Thumbs Up deh buat Ibu satu ini. Ada satu yang sedang dikejar Mbak Erna saat ini, yaitu ingin bisa segera menerbitkan novel. Oleh karenanya per April mendatang dia akan fokus belajar menulis novel. Yah, semoga cita-citanya untuk 'melahirkan' novel sendiri segera terlaksana yah Mbak, Aamiin.

Gimana, ingin kenal lebih dekat dengan Mbak Ernawati Lilys? Yuks, mari kepoin sendiri yah blog dan juga sosmednya: 

Twitter: @nenglisojung
Facebook: ERnawati Lilys (nenglisojung)
Instagram: @ernawatililys

Credit: Semua foto koleksi pribadi Mbak Ernawati Lilys. 


Happy Blogging ;)



19 comments:

  1. membaca blognya Mbak Erna bikin kita termotivasi yah say :)

    ReplyDelete
  2. Wah muantappp mbak.

    ReplyDelete
  3. Blognya Mbak Erna memang keren.. Ga pernah bosen jadi silent readernya hehee..

    ReplyDelete
  4. Mau dong digendong mbak erna #eh
    Dibagi ilmunya

    ReplyDelete
  5. Mba Erna produktif banget. Keren.

    ReplyDelete
  6. Jejak karya mba Erna emang bikin kita terpesona ya, prestasinya banyaaaak :)

    ReplyDelete
  7. Keren banget di, sambil gendong anak ^^
    Hebat yah bisa luangin waktu bikin buku, menulis terus meski di rumah pasti udah lumayan lelah dgn 2 jagoan. Aku belum pernah mampir kesitu, coba aku mampir nanti :D

    ReplyDelete
  8. Termotivasi untuk bisa tetap berkarya.

    ReplyDelete
  9. Amin doanya, sukses juga untuk mba diahalsa :)

    ReplyDelete
  10. amin ya robbal alamin, semoga dimudahkan dan dilancarkan smua usahanya mbak Erna. thumbs up buat mba Erna

    ReplyDelete
  11. Menulis sebagai me time... saya banget
    tapi sayangnya prestasinya masih gitu-gitu ajah... hehehe

    ReplyDelete
  12. Wah hebat, penulis buku. Aku aja sampai sekarang gak juga bisa nerbitin buku sama sekali hehehe

    Oya Di, maaf ya kemarin gak sempat ikutan GA pas kebetulan sedang repot banget di kantor.

    ReplyDelete
  13. waa keren karyanya udah banyak banget, cuman bisa ngiler :D

    ReplyDelete
  14. Wuaa, kasi applause buat mb erna
    Karyanya bguna bange tuk dunia anak

    ReplyDelete
  15. tiga jempol buat anda mbak, artikel dan ulasan anda sangat kreatif dan mengispiratif untuk saya terapkan ke anak. terima kasih mbak... di tunngu lagi ulasan yang lainnya

    ReplyDelete
  16. hahaha, bagian yang bawak anak, samaan ama aku

    ReplyDelete
  17. Beda banget ma aku... me time malah nonton drakor..xixix pantas aja ya gak banyak prestasi ku

    ReplyDelete
  18. gak kebayang rempongnya ngasih materi sambil gendong anak

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers