Friday, February 14, 2014

ODOJ, Awesome :)

Bismillahirrahmanirrahim.....

Yuhuuuu, postingan kali ini bukan bermaksud pamer, riya atau apalah yaah. Cuma sekedar sharing loh Temans, syukur-syukur ntar klo ada yang jadi ikutan juga, seruuu looh. Gak cuma itu, bisa jadi obat hati dan menyejukkan jiwa loh, heheheh. Gak percaya? Coba aja deh, Temans :)

pic form there

ODOJ, udah pada tahu kan yah? Iyah doong, tahu doong. Naahh udah pada ikutan belum? Ayooo ayooo ngakuuu. ODOJ - One Day One Juz ini adalah program keren yang mengajak kita untuk selalu dekat dengan Al Qur'an, membaca Al Qur'an satu juz setiap hari. ODOJ ini dijalankan secara berkelompok, satu kelompok terdiri dari 30 orang member, nah 30 orang ini akan diberikan jatah 1 juz setiap harinya. Klo dibaca rame-rame oleh 30 orang berarti sehari itu group tersebut akan khatam satu kali dan dalam sebulan group ini akan khatam 30 kali. Sedangkan per orangnya dalam sebulan kita sendiri berarti bisa khatam selama satu kali. Gak kerasa kan yah? 

Susah? Hmmm, kayaknya nggak koq. Alhamdulillah saya sendiri sudah hampir tiga minggu ini ikut ODOJ. Tiap hari dengan senang hati baca Al Qur'an sebanyak satu juz, Alhamdulillah jadi berasa seperti saat bulan Ramadhan. Iyaah iyah, saya ngaku saya itu rajin ngajinya di saat bulan Ramadhan. Klo Ramadhan tiba, sehari itu saya target untuk baca satu setengah juz per hari bahkan kadang bisa sampe dua juz biar bisa keburu khatam sebelum Idul Fitri tiba, kan ada masa tenggang seminggu tuh gak bisa ngaji jadi deh harus betul-betul extra disiplin biar target tercapai. Alhamdulillah kadang klo rajinnya datang tuh ya dan gak banyak sok sibuk kesana kemari bisa jadi dua kali khatam dalam sebulan (di bulan Ramadhan itu).

Emang klo di luar Ramadhan gimana? Xixixixix jangan ditanya deh, syukur-syukur klo sempat ngaji selembar sehari. Padahal biasanya udah niat harus ngaji itu setelah Shalat Magrib or Isya setidaknya satu dua lembar lah. Sudah berapa tahun juga punya resolusi sendiri untuk khatam itu setidaknya dua kali (satunya saat Ramadhan, yang lainnya adalah 11 bulan lain di luar Ramadhan itu sendiri), apa daya kenyataannya adalah rencana hanyalah rencana. Kadang membatin: "setidaknya saya udah niat", xixiix *tolooong skip atau sekalian ignore aja yah ini* #pengakuan.  Ehh eehh tapi bukan berarti saya gak pernah mengaji baca Al Qur'an loh yah, Alhamdulillah ada amalan rutin yang saya kerjakan selepas Magrib. Malam Jumat juga sebisa mungkin saya sempatkan untuk Yaasinan koq :)

Nah setelah ikutan ODOJ sekitar tiga minggu ini rasanya mengaji itu sebuah kewajiban, sama juga dengan Shalat lima waktu sehari semalam itu. Udah nyaman banget rasanya klo udah ngaji, lega klo udah bisa khalas satu juz. Abis itu laporan ke group klo juz bacaan saya hari itu udah rampung. Klo sempat dan memungkinkan dengan senang hati ambil lelangan bacaan punya teman yang lagi berhalangan. Ohh iyah, lupa bilang klo dalam segroup itu kita bakalan dipersatukan dengan teman-teman perempuan koq. Jadi untuk perempuan akan disatukan dengan perempuan begitupula dengan laki-laki. Jika kita berhalangan tidak bisa membaca juz bacaan kita, maka juz tersebut akan dilelang dan akan dibacakan oleh anggota lain. 

Targetnya kan membaca Al Qur'an setiap hari, jadi dalam sebulan itu bisa khatam pribadi sebanyak sekali dan khatam group sebanyak 30 kali. Seminggu yang lalu saya berhalangan, otomatis juz bacaan saya selama seminggu itu harus dilelang. Nah setelah kembali bersih dan bisa membaca Al Qur'an lagi saya harus mengejar ketinggalan juz bacaan saya yang terlewatkan selama seminggu ini. 

Tiap hari di group itu akan dibagi PJ a.k.a penanggung jawab yang bertugas untuk mengupdate list bacaan teman-teman group secara berkala. Tiap PJ punya caranya sendiri biar para anggota menjadi lebih semangat dalam membaca. Jadi jika bacaan juz kita sudah selesai dibaca laporanlah kita di group biar semua pada tahu bacaan mana yang sudah selesai dan PJ bisa mengupdate listnya. Di group itu saling menyemangati jika masih ada teman yang belum rampung bacaannya. Klo memang tidak bisa dan tidak memungkinkan untuk menyelesaikan bacaan, boleh jujur laporan juga koq biar teman yang lowong bisa mengambil juz yang belum selesai itu.

Walaupun belum pernah ketemu dengan semua teman-teman group itu dan tiap hari hanya ketemu di group WhatsApp saja tapi rasanya udah pada kenal dekat. Padahal bisa dibilang hanya ada dua saja yang benar-benar dekat dengan saya disitu: Irna dan Ririn, kebetulan juga siih saya dan Ririn sebenarnya yang ngikut group kantor Irna ini, tapi gak nyesellah yah wong dapat teman-teman yang baik-baik semua. Indahnya kebersamaan walau jarak memisahkan, heheheheh *bahasanyaaa boookkk gak naaahaann cyiin* :D

FYI saya itu tergabung dalam group 2274, itu adalah urutan group kami yang artinya sudah ada sebanyak 2274 group yang telah terdaftar sebagai group ODOJ. Jika jumlah tersebut dikalikan 30 (jumlah member per group) berarti dengan member yang ada di group saya itu telah terdaftar sebanyak 68.220 ODOJers, itu sekitar 3 minggu lalu loh yah. Belum tahu jumlah terupdate saat ini berapa, saya yakin pasti sudah bertambah banyak.

Hari ini bacaan saya masuk juz 30 dan sekarang udah hampir Magrib artinya saya harus siap-siap nih untuk baca Do'a Khatam Qur'an jika semua juz telah khalas. Tadi terakhir lihat sisa 6 juz lagi yang belum selesai dibaca, semoga hari ini bisa Khatam sebelum Magrib karena di group kami awal bacaan juz di tiap hari itu adalah setelah Magrib. 

Hmmm, kayaknya postingan kali ini udah kepanjangan deh. Adakah di antara Temans sekalian yang sudah tergabung dalam ODOJ? Atau sekarang lagi mempertimbangkan ikut daftar ODOJ? Ayooo Temans, jangan ragu lagi untuk daftar yaah. Asli! Beneran gak kerasa koq itu bisa selesaiin satu juz dalam sehari dan gak akan susah koq, artis yang super sibuk itu aja udah pada berODOJ ria loh. 

sumber pic dari sini

Ayooo, tunggu apalagi? Silahkan cek website resmi One Day One Juz yaaah untuk info lebih lanjut mengenai pendaftaran dan hal lain yang belum jelas ;)


 

11 comments:

  1. Sy odoj tp g ada grup hikz
    Jdnya ga ada target, klu rjin slesai klu tdk cm beberapa lembar. Crknpi grup solmet :d

    ReplyDelete
  2. Lg booming ya mbk odoj ;)

    ReplyDelete
  3. ODOJ = One day one Juz ini memang keren. Saya mau daftar Insya Allah. IStri saya sih sudah ikutan sejak lama. Setiap kali dia selesai 1 jus langsung bikin laporan melalui forum ODOJ di Androidnya. Kadang dapat "bintang" hiehihiee

    ReplyDelete
  4. Belum gabung, ini aja baru tahu... mudahan bisa khatam, ya dan selalu istiqomah...

    ReplyDelete
  5. wah, ide bagus. jadi mencicil ya :)

    ReplyDelete
  6. aku sudah hampir 2 bulan ikut ODOJ dyah

    ReplyDelete
  7. hallo diah,

    ak juga udah ikutan hampir 2 bulanan ini, awalnya berat lama2 menyenangkan. Salam kenal yaa..

    ReplyDelete
  8. Wah ternyata ada grup2nya juga ya..?
    Aku baru tahu kalau sudah sebanyak itu grupnya

    ReplyDelete
  9. Sekarang katanya ada juga grup 2 juz. :D Makin banyak target menjelang ramadhan ya, semoga berkah.

    ReplyDelete
  10. aku uda tau grup ini dari grup HSMN mbak, tapi belum gabung, :(

    ReplyDelete
  11. odoj memang identik pas puasa karna pas 30 hari . kalau di tengahtengah ada halangan cewe gimana tuh

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers