Saturday, April 20, 2013

#14: [Late Post] Pre Event ASEAN Blogger Festival 2013 Surabaya

Bismillahirrahmanirrahim.....

Sabtu 6 April 2013, 04.15 WITA alarm berbunyi. Rasanya baru beberapa saat saya terlelap eeh tuh alarm udah tereak-tereak aja membangunkan, tapi  tak mengapa emang harus bangun klo gak mau ketinggalan. Secara yah hari ini sudah lama dinanti-nanti, sudah dua bulan menghitung hari dan cihuuuy saatnya me-time lagiiii.

Bangun, setrika baju yang mau dipake trus cek kembali barang-barang yang akan dibawa, siip satu backpack padat sudah sudah siap sedia dan bakalan menemaniku selama seminggu. Buat mie instan dulu untuk sarapanku pagi itu, Shalat Subuh dan siap meluncur ke bandara dianterin Tante dan Nenek. Tiba di bandara Haluoleo sekitar 06.45 WITA, masih ada waktu untuk check-in karena saya emang males banget buat menunggu di bandara apalagi klo jalannya sendiri saja. Jadi begitu abis check-in langsung menuju gate-2, flight pagi itu 07.15 WITA leaving for Surabaya :)

Alhamdulillah, 09.45 WIB sudah sampe di Surabaya dengan selamat. Langsung hubungin gadis manis pemilik gingsul nan ceria, siapa dia? Niar Ningrum . Beberapa kali telpon Niar tapi gak diangkatnya, mau kabari klo saya udah nyampe bandara kan ceritanya Niar yang bakalan jemput dan bersedia 'kutebengi' selama di Surabaya ini, karena gak diangkat jadi ku SMS. Gak lama kemudian Niar telpon katanya udah di jalan bentaran lagi nyampe bandara. Siiips say, gak apa-apa, kutungguin koq :) Gak lama kemudian Niar telpon lagi bilang udah di depan pintu kedatangan, saya yang sudah dari tadi nongkrong disekitaran pintu langsung saja keluar. Emang sengaja gak nunggu diluar secara yaah pasti bakalan banyak yang nawarin taxi atau jasa angkut lainnya yang pasti akan saya tolak karena kan ada yang ngaku Ojeg Tjantik yang bakalan jemput, xixiixix

"Mbak Diah dimana?" Kata Niar  di ujung telpon.
"Hmmm, saya dimana ya Niar? Di depan pintu, samping Brownies Amanda" Kataku sambil mengedarkan pandangan ke sekeliling.

Gak lama kemudian tiba-tiba mata saya menangkap satu sosok cantik berjilbab hitam sambil megang HP, yakin deh klo saya gak salah orang! Ini dia nih orang yang saya cari, yups dan langsung deh cipika-cipiki. "Mbak Diah beda ama yang di blog - aslinya kecil", kata Niar. Xixixix, ini sih berat badannya udah turun say, makanya kecil gini. FYI, sejak abis kena typhus Oktober lalu berat badan saya yang turun 6kg itu tidak pernah bertambah ataupun berkurang, stuck di angka 47 loooh :D

Kita menuju parkiran dan Niar bilang kami bakalan langsung ke Pre Event ASEAN Blogger Festival 2013 yang diadakan di Inna Simpang Hotel, katanya ada Mbak Mira Sahid juga disana. Itu loohh, Mbak cantik yang foundernya Kumpulan Emak Blogger a.k.a KEB. Meluncurlah kami ke TKP, selama diperjalanan ngobrol sana sini ama Niar. Iihh gak nyangka bisa ketemu eneng tjantik ini deh dan gak nyangka juga bisa ikutan Pre Event ini, secara kan niat awal ke Surabaya itu buat transit doang sambil nunggu flight selanjutnya keesokan harinya, jadi sebelumnya gak ada terbayang bakalan hadir di event ini. Kata Niar, rejekimu Mbak ikutan ini. Sekitaran sejam lebih sampailah kami di Inna Simpang, registrasi dulu dikasih map berisi buku "AYO KITA KENALI ASEAN", mini notes dan pulpen buat nulis.

*mini notes dan pin ASEAN BLOGGER*
Masuk ke ruangan, ternyata udah di penghujung sesi pertama *yaialaah secara kita datangnya sudah jam 11 lewat, which is so late dooong*. Sesi pertamanya diisi oleh pihak penyelenggara dari Kementrian Luar Negeri, gak begitu ngerti abis udah mau selesai dan materinya sepertinya berat, heheh. Oh iyah, judul dari workshop ini: PEMASYARAKATAN ASEAN MELALUI ROADSHOW ASEAN BLOGGER FESTIVAL INDONESIA 2013: "Sinergi Kerja Sama Kemitraan ASEAN-Mitra Wicara dengan Komunitas Blogger dalam Upaya Pembentukan Komunitas ASEAN 2015". Nah, lihat aja tuh judul di bannernya aja seperti itu, bisa dibayangkan tuh kira-kira gimana isi sesi pertama itu, secara yang ngadain ini kan Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia Direktorat Jendral Kerja Sama ASEAN.

*suasana Pre Event ASEAN Blogger Festival 2013 Surabaya*
Selanjutnya di sesi kedua diisi oleh tim Asean Blogger Festival Mas Iman Brotoseno yang membahas tentang internet dan  perkembangan socail media saat ini. Kata Mas Iman: "Saat ini orang menggunakan internet untuk browsing, email, blogging dan lebih banyak adalah social media". Saat ini Indonesia adalah juara 1 loh yang aktivitas twitter nya terbanyak di dunia, hebaaat banget kan yah? Gimana nggak, klo semua serba di announce via twitter, ngobrol, bergosip juga sekarang lebih banyakan di twitter, jadi deh saling mention satu sama lain, ngajak teman ke acara atau ngajak ngumpul juga semua serba twitter. Nah looo, ada yang merasa seperti itu? Iyaaah, saya merasa walau intensitas ngetwit saya gak begitu sering sih, heheheh. 

Jam 1 siang kita rehat sejenak untuk Ishoma. Waktu ngantri ambil makan, Niar bilang "Mbak, ini makanan khasnya Surabaya loh, dicoba yah. Ini namanya rujak cingur" saya pun megambil rujak cingur itu ke piring. Rasanya? Enak koq, tapi karena  saya gak terbiasa jadi cuma nyicip dikit doang, heheh. 

Setelah rehat acara kemudian dilanjut dengan sesi ketiga, kali ini materinya dibawakan oleh Pak Blontakpoer, warga Komunitas Bengawan (Solo) yang membahas soal sosial budaya dan banyak berbicara tentang kotanya, Solo yang menjadi Tuan Rumah untuk ASEAN Blogger Festival 2013 di bulan Mei besok. Selain itu ada Mas Doddy Matondang - Abang Jakarta 2008 yang sekaligus Ketua Ikatan Budaya Pariwisata Indonesia yang menjelaskan tentang Pariwisata dan Budaya, bagaimana cara kita mempromosikan daerah kita - salah satunya yah dengan menulis. Perbanyak menulis utamanya yang berbau lokal agar informasi terus tersebar karena setiap orang adalah turis, setiap tempat adalah objek tujuan wisata, nah tergantung bagaimana kita bisa mengemasnya dengan menarik. 

Hampir lupa, selama workshop berlangsung ada lombanya loh - live report di twitter gitu #RoadtoABF mention deh @aseanblogger  Jadi selama mengikuti workshop kita juga bisa sambil ngetwit buat live reportnya dan pemenang untuk lomba ini adalah Cak Wigi, emang live reportnya keren deh dan berhak dapat voucher nginap di Inna Simpang Hotel. Beberapa dari kami sempat OOT siih sebenarnya, secara udah mulai ngantuk juga jadi kita selingi dengan ngetwit sambil ngebuli Niar dengan salah seorang warga Blogger Solo, heheheh. Niar, apa kabar si Mas gantengnya? Ada kelanjutan gak nih? Xixixix. 

Sesi ketiga itu adalah sesi terakhir yang sekaligus menutup acara Pre Event ASEAN Blogger Festival 2013. Harapannya semoga saya kepilih dapat salah satu tiket ke Event ASEAN Blogger Festival 2013 Mei mendatang yang akan diselenggarakan di Solo #ngarep :D

Kopdar gak lengkap dooong tanpa bernarsis ria, nah ini dia sebagian foto-foto saat Pre Event kemarin (pinjam foto-fotonya dari Niar dan Mbak Mira) ^____^

*foto bareng peserta dan panitia Pre Event ASEAN Blogger Festival 2013 Surabaya*

*with Niar & Mbak Mira *

*with Yustin, Mbak Intan, Niar & Mas Hendri*
Pokoknya senang banget bisa bertemu dengan teman-teman baru, secara setiap kopdar itu punya cerita seru. Walaupun baru kenal tapi berasa seperti udah lama kenalnya loohh, seriiuus deh :)

Setelah acara ini masih ada kopdar selanjutnya loh plus saya sempat reuni kecil juga ama salah satu teman PK saya. Nah kopdar plus reuni kecilnya ama siapa saja? Tunggu postingan selanjutnya aja yah temans, stay tune here :D


P.S.: Baca cerita Pre Event ASEAN Blogger Festival 2013 Surabaya juga di blognya Niar dan Mbak Mira


 

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers