Thursday, June 20, 2013

#19: Selektif dan Cermat ber-Online Shopping

Bismillahirrahmanirrahim.....

Zaman sekarang emang semua serba digital, semua serba online, cukup dengan modal komputer/laptop, smart phone yang terhubung dengan konkesi internet bisa memudahkan semua orang, belanja online menjadi salah satu pilihannya. Gak perlu repot-repot ke pasar, toko ataupun mall ternama untuk sekedar mencari barang yang kita inginkan. Dengan belanja online yah semua bisa kita dapatkan dengan mudah, cukup dengan alat-alat tadi maka barang yang kita inginkan pun segera berpidah ke tangan kita. Cukup dengan pilih, klik, tanya jawab dikit, bayar pun bisa dengan online tanpa harus ke mesin ATM terdekat apalagi ngantri di teller yang pastinya bakalan menyita banyak waktu. Yaah, itulah kepraktisan dari ber-online shoppingand I did it :D
Tetapi yang namanya dunia maya gak bisa dipungkiri deh dengan tipu-tipu, asli tapi palsu a.k.a  aspal. Lah di dunia nyata aja masih banyak kodok eeh salah kedok binti modus penggelapan, penipuan dan sejenisnya apalagi di dunia maya yang mana gak semua orang bisa dipercaya, gak semua jujur memberikan info sedetail mungkin. Apalagi yang berurusan dengan yang namanya uang, hadeeeh mending hati-hati lah yah. Eitts, ini apa siih? Lagi pidato yah kamu Di? Hehehh, maapkan jadi panjang lebar gini. 

Jadi ceritanya teringat sebuah kisah tentang pengalaman berbelanja online atau biasa booming dengan istilah online shopping. Saya mulai ber-online shopping  sejak tahun 2010, waktu itu mulai coba beli tas di Tas Lutcuw, suka banget dengan bentuk dan model tasnya, kayaknya bahannya juga bagus. Baca-baca testinya juga bisa dipercayalah, yasud Bismillah aja percaya nih toko onlinenya bagus, dan transaksi pun terjadi. Alhamdulillah beneran toko ini bagus, hanya beberapa hari dari masa transfer tasnya pun sudah sampai di tangan. Kualitas tasnya juga oke punya, saya suka dengan tas ini dan sampai sekarang tas ini masih saya pakai loooh, padahal udah 3 tahun itu :)


Selanjutnya saya daftar jadi member di kutukutubuku.com karena saya tertarik dengan buku-buku baru yang bisa PO sebelum buku-buku tersebut di launching plus dapat bonus tanda tangan penulisnya pula. Sampai sekarang saya masih sering belanja online disitu, respon adminnya cepat dan prosesnya juga gak ribet, yang paling penting barang selamat sampai di tangan.

Alhamdulillah sejak punya duit sendiri sudah bisalah yah mencukupi keperluan sendiri, termasuk memenuhi keinginan untuk berbelanja. Karena merasa nyaman dengan belanja online saya [sedikit] jadi ketagihan juga tuh untuk belanja online, nah jadi inget nih waktu itu saya nyaris ketipu sama salah satu online shop (OS). Kejadiannya itu di sekitar Agustus 2010, waktu itu saya lihat ada online shop yang menjual baju gitu. Nah kebetulan banget waktu itu Ramadhan which is menjelang Lebaran, jadi pengen juga dooong punya baju baru yang bisa dipake pas ziarah ke rumah keluarga dan juga teman-teman di Hari Raya.  Mulai deh saya komen tuh gambar bajunya, trus berlanjut kirim pesan untuk tanya detail bla bla blanya. Setelah cukup puas dengan respon si penjual kami pun deal, jadi katanya saya harus membayar sejumlah Rp 130.000 itu sudah termasuk dengan biaya ongkos kirim.

Setelah melakukan pembayaran, konfirmasi ke si OS dan selanjutnya menunggulah saya dengan sabar bagai pasangan yang sedang menanti kekasihnya yang sudah bertahun-tahun gak mudik, pulang kampung *jiaaah lebay* :p. Biasanya sih klo normal, pengiriman itu sekitar 3 hari kerja saja. Lah, saya ini udah sabar menunggu seminggu tapi koq yah paketku itu gak kunjung tiba juga yah? Mulai cemas dooong saya, plus sedikit panik! "Koq bisa kayak gini? Jangan-jangan saya kena tipu nih?" fikirku waktu itu. Saya coba hubungi handphone si OS tapi gak nyambung, SMSku pun gak terkirim, saya coba kirim pesan di FB juga gak ada balasan. Pas chatting YM ama Mbak Ria  dan saya cerita tentang ini, Mbak Ria saranin coba ikutan group KIOS - Komunitas INDONESIA ONLINE SHOP cerita gimana kronologis kejadiannya bla bla bla. Nah coba join lah saya, cerita tentang kronologis kejadian dan voilaaa ternyata bukan cuma saya yang kena tipu sama olah si online shop itu. Waktu itu saya jadi kenalan dengan Mbak Rieka terus saling kirim pesan via FB tentang kejadiannya, dongkol juga doong dia.

Syukurnya para admin di group KIOS ini baik-baik, mereka melacak tuh seluk beluk pemilik OS tersebut.Kurang lebih seperti gini hasil penyelidikan dari admin KIOS yang dijelaskan melalui pesan di FB saya waktu itu.

penjelasan pihak admin KIOS
Dan ajaibnya setelah pelacakan ini si pemilik OS akhirnya berani memunculkan diri dengan membalas pesan saya. Kemungkinan sih para admin yang mencoba memberi tahu secara baik-baik ke si pihak OS tadi.
pesan dari Bubble Shop - klik gambarnya yah untuk baca yang jelas
Helloooow, alamat saya jelas koq dan kita ada di tempat koq. Asal-asalan aja deh nih orang, kecuali kurirnya ngantar paketnya itu jam 12 malam atau sekalian jam 3 dini hari baru gak ada orang di warnet kami, kelihatan banget sih mereka ini ngeles. Parahnya lagi setelah pesan ini muncul, ada akun berbeda tiba-tiba mengirimkan pesan ke saya yang katanya mau bertanggung jawab atas kesalahan ini terus minta gak memperpanjang di group gitu. Hadooohh, orang ini bisa mikir gak sih? Heraaan, gak mau disalahin tapi kelakuannya membuat orang naik pitan.

akun berbeda yang menyebut dirinya sebagai owner Bubble Shop
Fiiiuuhh setelah drama panjang itu, akhirnya uang saya kembali juga meskipun tidak utuh sepenuhnya. Memang sih nominalnya gak begitu banyak, tapi tetap aja itu uang yang didapat dari hasil keringat sendiri yah sudah sewajarnya dooong saya berang secara nih orang berani-beraninya menipu, apalagi saat itu bulan Ramadhan. Arrrgghhh, bener-bener gemes saya dibuatnya.

Sejak saat itu saya jadi lebih selektif untuk memilih online shop. Kebetulan banget dunia maya ini kan emang beragam, punya banyak teman juga di dunia maya, banyak juga tuh teman blogger yang sekarang berwirausaha melalui online shop jadi deh biasanya saya lebih milih belanja ke mereka dibanding yang lain. Klo teman yang dikenal kan InsyaAllah bisa amanah dan pasti mereka akan menjaga hubungan baik. Jadi, saya fikir ngapain saya belanja tempat lain klo teman sendiri juga punya jualan yang sama? Belanja ama teman kan kemungkinan bisa dapat diskon kan bisa lebih banyak #modus xiixixix.

Nah, kebetulan teman ruangan saya juga punya kebiasaan online shopping. Jadi deh ada teman belanja,  biasanya kita seminggu sebelum gajian udah mulai hunting tuh barang yang diinginkan, biasanya sih kita cari online shop yang sama biar nanti hemat ongkir, biar ongkirnya bisa dibagi dua gitu #ogahrugi. Secara booook yaaah, saya kan tinggalnya di Kendari yang biaya ongkir tuh bisa dipake buat beli satu baju promo ditambah lagi sekarang tarif pengiriman naik pula, jadi deh harus lebih selektif dan cermat dalam ber-online shopping  ^____^



8 comments:

  1. Terima Kasih sudah berpartisipasi dalam Arr Rian's Giveaway

    Yes! tercatat sebagai peserta :D

    ReplyDelete
  2. Wah.., seru juga ya pengalamannya belanja di OS. Semoga kejadian tidak menyenangkan spt itu tidak terulang lagi.

    ReplyDelete
  3. Untungnya aku belum punya pengalaman yg menyebalkan spt itu. Syukurlah uangnya telah kembali meskipun tidk utuh, ya?
    BTW gudlak ya utk kontesnya :)

    ReplyDelete
  4. huaahh sabar yaa mbak kalau kena ol shop yang kayak gitu itu :D

    ReplyDelete
  5. bener harus lebih cermat dalam memilih Ol SHop. enaknya sih menghemat waktu dan uang kalau ke mall kan banyak yg dilihat belum lagi bawa anak nanti minta ini itu :)

    ReplyDelete
  6. Aku cuman belanja online di toko2 online yg udah established gitu sih, dan kebanayakan beli barang dari luar yang ga ada di indonesia, jd alhamdulillah sampe skrg belum ad pengalaman ga enak.... Jangan sampe deh...

    ReplyDelete
  7. belanja online milih seller yang bagus emang gampang-gampang susah

    ReplyDelete
  8. Saya baru tau, ternyata ada KIOS. Membantu banget ya :)

    Terima kasih sudah ikutan Arr Rian Giveaway :)

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers