Wednesday, November 23, 2011

Pernahkah Merasa Iri?

Bismillahirrahmanirrahim..... 

Entah kenapa saya lagi rajin dan semangat untuk menulis postingan, tapi berhubung tidak ada kejadian yang penting belakangan jadi saya putuskan untuk menalak ikut challange nya  Dyta lagi, #NovemberMenulisBlog. Ini tentang IRI, sebenarnya tema ini untuk minggu lalu tapi kata Dyta gak apa-apa koq, siiplah kan masih November juga. 

source picture from here

Pernahkah kita merasa iri:
Dengan kemampuan seseorang?
Dengan kelebihan atau keunggulan seseorang?
Dengan kekayaan seseorang?
Dengan kesuksesan seseorang? 
Dengan keberuntungan seseoang?

Eitss sebelumnya tunggu dulu, apa sih sebenarnya arti iri itu? Klo menurut Kamus Bahasa Indonesia sih iri itu adalah :  iri [a] merasa kurang senang melihat kelebihan orang lain (beruntung dsb); cemburu; sirik; dengki.
klik untuk memperbesar

Naah dah tahu arti iri kan? Terus gimana dengan pertanyaan-pertanyaan tadi? Yaah klo buat saya sendiri jelas pernah bahkan masih sering saya mengalami hal ini, dan mungkin juga teman sekalian pernah merasakannya kan? Tidak bisa kita pungkiri sebagai makhluk sosial rasa iri-cemburu-jelous dan apapun itu sebutannya pasti pernah merasuk dan singgah ke diri kita, iya kan? Ayoo ngaku, yang gak mau ngaku juga gak apa-apa koq

Tapi klo dipikir lagi untuk apa sih kita iri dengan orang lain yang lebih ini, yang lebih itu, yang begini, yang begitu de-es-be. Padahal sebenernya kita juga punya kelebihan lain yang belum tentu orang yang kita iri-kan itu memilikinya, ya gak? Ya dunk ya? *maksa* 

Hmmm, tapi mau gimana lagi namanya juga manusia kan ya? Pastilah susah melepaskan sifat dan sikap yang seperti itu. Jujur aja saya masih kadang merasa iri dengan teman sendiri, dan terkadang pula bisa iri dengan saudara sendiri, keluarga sendiri, pokoknya yang dekat dengan saya walaupun sebenarnya saya tahu saya gak seharusnya seperti itu. Tapi mau diapain lagi saya kan juga manusia biasa yang bisa punya rasa iri itu! Mungkin kita bisa mengatas-namakan -manusiawilah- mempunyai sifat iri itu.

Emang sih tapi gimana pun sebenarnya kita itu punya kelebihan-kelebihan yang orang lain tidak memilikinya. Bukankah setiap orang itu diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya kan? Mungkin disinilah peran kita untuk bisa mengontrol diri, meredam rasa iri yang timbul ketika kita melihat orang yang bisa melebihi kemampuan kita. Haduuuhh susaah, saya akui ini emang susah tapi jika kita berusaha untuk melakukannya pasti kita bisa dan berhasil untuk tidak iri kepada orang lain.

Bagaimana menurut temans? Klo rasa iri itu timbul pada diri kita bagaimana temans menyikapinya? Bagaiaman menghilangkannya? Mau berbagikah? :)


16 comments:

  1. kalo lagi iri, saya mencoba melihat kelebihan saya juga. jadinya gak terlalu iri. lagian saya mencoba berpikir gini bahwa tiap orang kan udah punya bakat masing2, jadi gak usah iri

    ReplyDelete
  2. iri?

    sering bangeeeeetttt

    tapi sebaiknya iri dijadikan cambukan. maksudnya biar semangat bisa lebih baik gitu

    ReplyDelete
  3. Dija gak pernah tuh

    Hihihihi

    ReplyDelete
  4. Iri itu sebenernya bisa jadi acuan untuk kita jadi lebih baik lagii... JAngan sampe iri itu bikin kita malah jahat sama orang yang udah bikin kita iri. Nggak ada manfaat dong ;)

    ReplyDelete
  5. wajar koq kalo kita merasa iri... terkadang juga itu diperlukan untuk memotivasi supaya bisa melakukan lebih... yang salah ketika iri itu jadi membawa dampak negatif..

    jadi. karena masih wajar yaaa... dijalani aja, sebuah proses :)

    ReplyDelete
  6. Kadang iri tapi mikir juga, semua orang kan diberi kekurangan dan kelebihan masing-masing.
    Jadi santai aja lah :D

    ReplyDelete
  7. iri perlu juga supaya aku bisa lebih baik :)

    ReplyDelete
  8. tentu saja pernah merasa iri, kan masih manusia juga hehehe
    cara mengatasinya sich biasanya dg memperbanyak rasa syukur aja dan instropeksi diri

    ReplyDelete
  9. iri itu gak pa2 kok asal di alirkan ke positip, sehingga memotivasi diri tuk menjadi yg lebih baik lagi,,

    ReplyDelete
  10. tapi kalo iri akan kelebihan dia dan pengen belajar boleh ya?

    ReplyDelete
  11. boleh kayaknya deh yang penting jangan menyakiti orangnya ajah XD

    ReplyDelete
  12. wah ikut #novembermenulisblog ya mbak? semangkaaaa ^ ^

    soal iri, rasanya menurutku itu hal yg wajar yah, yg pasti manusia bisa ngerasainnya

    ReplyDelete
  13. iri pada suatu kebaikan, ya syah2 saja selama itu bisa membuat kita bersemangat untuk menjadi lebih baik.

    yg gawat irinya yg ga bener, hihi...

    semangaat fastabiqul khairat mbaaaa :)

    ReplyDelete
  14. Iri merupakan penyakit hati yang hampir semua manusia memiliki sifat itu...

    Mereduksi rasa iri dalam diri, dengan mendekatkan diri pada Ilahi..

    ReplyDelete
  15. saya juga suka iri kok, biasanya kalo udah gitu, saya mikirin kelebihan2 yg saya punya, jadi bersyukur, & sedikit2 irinya ilang.
    Tapi nanti muncul lagi iri yg lain, hehehe ..

    ReplyDelete
  16. Hidup itu sawang sinawang, sayang... teman-temanmu juga pasti iri dengan kelebihan yang kamu miliki.

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers