Tuesday, February 15, 2011

Saya, Internet dan Gaya Hidup

Awal mengenal internet itu sekitaran tahun 2002, klo tidak salah pas liburan cawu dua pas kelas 1 SMA, yaah masih tergolong baru -9 tahun-. Pertama belajar browsing, buat email, search artikel lewat jasa mbah Google, chatting via mIRC juga YM! Tapi waktu SMA itu gak begitu intens tuk ngenet karena emang mungkin belum se-boom-ing sekarang kali ya penggunaan internet itu dan juga disamping karena kesibukan sekolah yang lumayan menyita waktu jadilah paling sekali seminggu saja menyempatkan diri tuk online.

Baru mulai sering online itu di tahun 2004, saat masuk kuliah. Dari yang memanfaatkan internet untuk mencari tugas sampai cari jodoh teman sebanyak-banyaknya. Berhubung saat itu jejaring sosial yang lagi trend adalah Friendster maka rasanya ada yang hilang jika sehari tanpa online dan mengintip FS, sekedar melihat message, testimonial dan lain-lain. Seiring dengan waktu akhirnya kecanduan dengan aktivitas ngeblog di akhir tahun 2005 yang waktu itu pertama kali buat blog itu ya di Friendster, tapi anehnya saya sebagai pemilik blog itu tidak bisa membaca postingan di blog saya. Maka memutuskan untuk memusnahkannya dan pindah kesini dan memulai postingan perdana di akhir Januari 2006.

Berhubung udah mulai kenal dengan yang namanya blog, mau gak mau dengan sendirinya saya jadi ingin tau juga soal coding setidaknya bisa mengganti template sendiri. Mulai belajar dasar HTML ma Kakakku sembari disuruh belajar sendiri juga, baca tutorial apa segala macam. Kecanduan akan blog buat saya tidak [cukup] puas dengan punya 1 blog saja, segala macam domain blog gratisan saya coba tapi cuma disinilah saya merasa nyaman. Selanjutnya apa kabar dengan social network? Teteeuupp dunk, tapi sayangnya di tahun 2008 sepertinya orang sudah mulai ramai-ramai hijrah ke Facebook jadi deh si Friendster dianak-tirikan hingga mungkin ditinggalkan? Tapi saya tidak koq terkadang saya masih menyempatkan diri menengok website itu.

Eh iya dari tadi bahasannya koq lebih banyak tentang blog ya? Hmmm, harusnya pertanyaan "apakah dengan internet merubah gaya hidup saya?"

Yaahh tidak dipungkiri sih dengan internet sedikit merubah gaya hidup saya. Berhubung dengan internet bisa memudahkan segalanya, walau emang kita harus lebih mampu membedakan dan menyaring yang mana yang harus diambil dan ditinggalkan. Tidak bisa dipungkiri 6 tahun belakangan ini internet memang telah merasuki jiwa saya, rasanya mati gaya deh tanpa internet - tanpa online, tanpa tau kabar dari teman yang hidupnya antah berantah, tanpa baca sesuatu yang bisa menambah inspirasi, mencari peluang dan pengalaman baru. Makanya pas bulan lalu si HP hilang tu lemes banget, secara tidak jarang saya berinternet ria via HP, merasa jadi gak bisa seeksis dulu *macem ada yang ngarepin eksistensiku aja, hehehh*

Dengan banyak bantuan dari internet pula saya menyelesaikan skripsi, secara emang ngambil judul tentang pemanfaatan blog untuk peningkatan minat menulis pada siswa. Gak hanya itu, kemarin dapat kerjaan pun selain rekomendasi dari teman juga karena emang kirimnya via online dan bisa dibilang selama bekerja itu juga kebanyakan via online, kirim report etc. Yaah emang gitulah internet rasanya sudah melekat dan dekat pada diri saya.

Hampir lupa pula karena internet belakangan saya juga terbawa-bawa melakukan transaksi via internet yang emang rasanya lebih mudah dan sepertinya lebih efisien juga. Dan apakah itu? Yah apalagi klo bukan belanja online, heheheh. Rasanya lebih keren aja gitu klo belanja via online, barangnya gak pasaran dan jarang ada samanya, gak banget kan klo jalan terus pakaian atau aksesoris kita kembaran gitu ama teman? Heeuuu... berasa mau paduan suara aja, heheheh.

Yaahh overall internet itu sedikit banyak merubah gaya hidup saya, cara pandang saya tapi tanpa harus merubah kepribadian saya koq, heheehh. Mungkin intinya sih klo kita emang udah mulai merasa diri internet addicted yaa kita juga kudu waspadalah, kan semua emang punya sisi positif dan negatif tetapi semua pun kembali kepada diri kita masing-masing bagaimana memfilter itu semua.

Ada yang heran gak kenapa saya menulis hal ini? Hmmm saya beritahu deh kali aja ada yang mau ikutan juga mumpung deadlinenya masih 2 hari lagi. Nah saya nulis ini dalam rangka ikut berjuang dalam Blog Competition yang diadakan oleh Bhinneka.com. Naaahh mumpung masih ada waktu mari ikut gabung yuukks, jangan lupa yaa like postingan saya ini di FB, makasiiiih :)


Keep on Writing, Keep on Blogging dan mari gunakan internet secara sehat dan tepat ^___^


18 comments:

  1. hehe internet juga sudah merubah gaya hidupku diah :p

    diah good luck ya

    ReplyDelete
  2. saya telah membacanya.....
    komennya apa yah??

    ya... paling tidak kepiawaian dirimu ngeblog jauh lebih baik dari daku... sukses ya jenk....

    miss u
    dari temanmu yang dirimu katakan "teman yang hidupnya antah berantah"... ^_^

    ReplyDelete
  3. semoga bisa menangya.,.,.

    ReplyDelete
  4. ihiiy..kerenn di!

    semoga kita beruntung yah di :D

    ReplyDelete
  5. (worship)

    goodluck ya kompetisinya (goodluck)

    ReplyDelete
  6. @Ria: iyah mbak, heheh
    makasih mbak, ayooo dunk mbak... ikutan juga yuukks ;)

    @Emy: makasih jenk, miss you more.... ^__^

    @Azis: makasih :)

    @Devi: hihih, Devi juga kereaan, Amin (mari berdoa) :)

    @Aksa: tengkyuuuuu yaaa :)

    ReplyDelete
  7. semangat jenk..
    happy blogging (/>0<)/

    ReplyDelete
  8. mantaaabbb..salam blogger

    ReplyDelete
  9. wow ada kompetisi
    hari ini terakhir yaaaa

    pengen ngikuttttt

    ReplyDelete
  10. Moga menang ya jeung...
    Baru tau infonya hari ini, tapi mau ikutan lagi males nulis, hihi....

    ReplyDelete
  11. goodluck ya semoga menang :D

    ReplyDelete
  12. waaaaaw good luck yach...

    salam kenal.... ^__^

    ReplyDelete
  13. halo kakak ;p update dong update ;D

    ReplyDelete
  14. lg ikutan blog kompetisi ya? smoga menang ya...
    tulisanmu bgs kok..
    internet???siapa sih yg gak knl internet?
    anak kcl aja tau kok...

    ReplyDelete
  15. @Mimi, Meti, Chici, Ata: makasiihhhh jenks ;)

    @Chikarei: iyaaahh... Chika kan biasanya menang terus tuh klo ada kompetisi :D

    @Yhantee: makasih, salam kenal balik :)

    @Penghuni 60: Amin, makasih yaaa... iyah anak kecil skrg udh pada tw internet, bahkan dari bayipun kyknya udah tau, ckckkckk :D

    ReplyDelete
  16. internet kan sekarang jadi lifestyle kak ;p

    ReplyDelete
  17. yuhuuuu Ata, tuuhh saya udah update lohh... update gk jelas *as usual* :))

    ReplyDelete
  18. blog nya bagus , dan bermanfaat :D
    for : http://fadhlyashary.blogspot.com

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers