Saturday, July 21, 2007

My Journey (Part 3)

Bismillahirrahmanirrahim..........

Pengen lanjutin crita yg kemaren smoga masih pada blom bosen dengan crita ini. Yang cuman crita tapi tanpa realita foto mengabadikan ke"narsist"an :D *sorry.. morry.. dorry..stroberry y friends & harap maklum!! yg dah bosan bacanya gpp koq... hehehhh ;)*

JOY SAILING, TRIP TO KUPANG - ATAMBUA (NTT)

Selasa, 12 Juni 2007


Alhamdulillah, stlah acara pembukaan skligus pelepasan... maka qta mulai lah perjalanan singkat ini. Sekitaran jam 1 *after lunch and Dzuhur gitu* qta diminta ke gladak helly tuk ngumpul disana. Naiklah qta ke gladak helly, disana dimulai kgiatan satu persatu: Pembacaan tata tertib, jadwal acara, pembagian bloknote and pulpen, pengenalan Wawasan Nusantara, pengenalan ttg KRI Makassar 590 *lengkap isi dan fungsi masing-masing ruangan*, trus diselingi dengan games bingo tuk mengetahui seberapa jauh qta tuh mengenal teman qta.. meski baru semalam bersama. Abis ituw.. ditunjuk bbrpa orang yg akan presentasi makalah yg tlah dibuat *satu sub tema 2 orang*.. pssttt jangan nyari nama saya.. kan saya gk disebut :D, dilanjutkan dengan pembagian kelompok: Paus (26 org), Hiu (27 org), Kakap (26 org), PARI (25 org), Tongkol (24 org) & Lumba-lumba (27 org).
Gak denger tuntas tuh penyampaian... coz
pamit turun kebawah mw Sholat Azhar bareng bbrp tman skamar kan sudah jam 5an gituw.. qta balik lagi stlah Magrib and makan malam. Yg jlas kata tman-tman yg ngikutin ampe slesai.. katanya masing-masing klompok harus buat yel-yel hebooohhh dan serrruuu klo mw menang diakhir kegiatan. Waktu naik lagi ke gladak helly langsung nyari kelompok tadi and brgabunglah qta, bahas materi ttg pengertian Wawasan Nusantara, sambil yg lain hebooh buat yel-yel. Pengumuman dari panitia klo 5 mnit lagi qta smua wajib brkumpul jadi satu lagi.. So, dengan persiapan yg pas-pasan qta maju dan menjadi kelompok pertama tampil *jlas bangett tuh grakan gk karuan, tapi asal pe de aja :D*, trus disusul oleh klompok lain... Paus, Hiu, Tongkol, Kakap, Lumba-Lumba.
Abis itu denger materi dari panitia bentar... ada jadwal kegaitan yg bes
oknya, trus itu bubar degh.. tuk istirahat malam. Sblum tidur, stel alarm dulu biar bangunnya cepet and gk telat ikut kegiatan :D

Rabu, 13 Juni 2007


Bangun jam 4, langsung ngantri toilet... abis itu Sholat Subuh brjamaah di gladak helly trus ada kultumnya jg *tapi, cuman 7 mnit koq brasa lama banget yak?? ngantuukkk bra
attt.. kyknya godaan setannya lebih besar yak?? :D* Bagi yg non Muslim ada Pengayaan Spiritual.
Abis itu dilanjutkan dengan olahraga biar tubuh tetap sehat.. *cihuuyy olahraga bow, padahal biasanya jg gk ada olahraga2an... hehehh.. malah ini dilakukannya di kapal :D* stlah olahraga langsung pembersihan and sarapan abis itu naik lagi k gladak helly tu
k apel pagi dilanjutkan dengan diskusi hasil pemikiran kelompok smalam. Jam 10 coffe break, qta turun deh k ruang makan... upss... dan trnyata... disana kami menemukan Bubur Kacang Ijo dan roti, sejak saat itulah qta menggantinya dengan burjo break :p
Abis makan langsung naik lagi... trus diskusi panel presentasi makalah klompok 1. Stlah ISHOMA dilanjutkan lagi dengan panel diskusi makalah klompok 2.

Trus malamnya nonton film Tematiknya TNI AL. liatin bagaiaman cara kerja mereka, yg qta liat itu... kegiatan waktu mereka latihan, bagaimana mempertahankan NKRI tercinta ini.
Abis itu qta bubar tuk istirahat malam... upss.. dah pada d kamar, tiba2 ada pengumuman klo qta smua harus brkumpul lagi d gladak helly coz ada 1 peserta yg tidak dtemukan dmana kbradaannya. Maka brkumpullah qta dengan wajah lusuh dan pakaian siap tidur :)
Kumpul, baris sesuai dengan klompok masing2... dan.. trnyata oh trnyata... orang yg gk ada itu dari klompok P A R I wuikksss heboohh dunkz :D

Stlah dicari ulang, gk bgitu lama... kemudian TNI AL & panitia datang membawa dirinya itu, pas qta nanya.. dari mana?? jawabnya "bla..bla..bla *gk jlas gitu ngomong apa* intinya dy itu lupa!! haaahh?? lupa?? uhhh... *tepok jidat*, hmm.. pengarahan oleh TNI AL. dan sjak saat itu sblum tidur qta wajib apel malam dulu!!

Kamis, 14 Juni 2007

Bangun... tapi koq yaa brasa beda bangett dr sblumnya.. d toilet banyak yg munti, pada mabok... emang sih ombaknya gede' melebihi kemaren.. so wajarlah. Abis Sholat Subuh & yg lainnya Pengayaan Spiritual, qta naik k gladak helly bwat o
lahraga... tapi trnyata olahraga hari ini jg brbeda dr kemaren.. coz kbanyakan yg lemes gitu.. diriku jg gk kuat, abis mw gerak tapi guncangannya itu lho brasa bangett!! yaa sudahlah.. drpada dipaksa, mending duduk aja sambil liatin yg olahraga sambil skali ikutan juga.
Abis itu, turun tuk pembersihan.. sarapan.. dan naik lagi k gladak helly. Apel pagi dan lanjut dengan penerimaan materi dari panitia. Abis coffe/burjo break ada kgiatan
yg serruu & kocak abis... yaitu Roleplaying yang pada kgiatan ini mengambil tema pemilihan kepala daerah, so.. calon kepala daerah itu brkampanye bserata juru kampanyenya, memberikan argumen masing2, memberi visi misi dan yg bikin heboh tuh para jurkam yg membawa spanduk, bahkan ada yg ngebagiin duit kertas bo'ongan yg bertitelkan sejumlah Rp :D, pokoknya hebohh & seru abiss deh tuh kgiatan :))
Siangnya shabis ISHOMA, diadakan Tour
Ship kliling kapal mlihat letak & fungsi kapal.. sblumnya ada pembagian life jacket dulu.. abis itu dimulailah tour ship nya. Dari tank deck, ruangan-ruangan, sampai ke anjungan juga. Di samping itu, qta latihan perang kebakaran & perang peninggalan.
Malamnya diskusi panel presentasi makalah klompok 3, abis itu bubar dan apel malam dulu sblum kembali k kamar masing-masing. Oh iyya, gk langsung tidur... coz smuanya ngumpul d tank deck latihan tuk pertukaran budaya besok malamnya.
Slesai latihan, capekk bangett... tapi pas tiba d kamar, yg niatnya pegen langsung tidur gk jadi juga... coz ngerumpi dulu ama tman2 skmar yg masi
h blum tidur *rumpiin ttg yg cinlok plus mendatangkan langsung orangnya :))*


Jumat, 15 Juni 2007

Spt biasa, acara pagi dmulai dengan Sholat Subuh & Pengayaan Spiritual yg dilanjutkan dengan olahraga *Alhamdulillah, hari ini bisa ikutan olahraga lagi..;)* abis tuh turun pembersihan, sarapan dan naik k gladak helly lagi tuk apel pagi... trus itu panel diskusi klompok 4 & 5. Siangnya dilanjutkan dengan penerimaan materi dari panitia.
Malamnya.... it's time to show... hurreeyyy,, dag dig dug?? yaa dunkzzz.. coz qta kan pada mw tampil.. unjuk kbolehan liatin kesenian
daerah asal qta masing-masing.
Asliii.. seruu bangett, rame, hebohh dan menyenangkan.. smua dibagi brdasarkan pulau masing-masing (Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Bali, Ambon & Papua) nahhh karena pulau Jawa tuh banyak.. so mereka buat nya menjadi (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur and Jogjakarta) smua antusias dalam menampilkan kesenian ini.. bahkan panitia & TNI AL. juga gabung ma qta... ;)
Abis pertukaran budaya, bubar dan apel malam dulu trus balik k kamar masing-masing buat istirahat, diminta dengan sangat tuk istirahat secepatnya... coz keesokannya itu qta dah nyampe d Kupang, dan akan brkunjung ke kantor Gubernur NTT.

Sabtu, 16 Juni 2007

Stlah kgiatan pagi dan apel pagi, kapal pun dah merapat d dermaga Kupang.. trus itu qta turun kapal dan disambut langsung oleh Wakil Gubernur Kupang, beserta para petinggi kota Kupang lainnya.. trus itu menuju ke kantor Gubernur NTT *wuikss, dah main k kantor gubernur orang, padahal kantor gubernur sendiri blum pernah saya kunjungi... hehehehh* diskusi dengan Wakil Gubernur, TNI AL. kota Kupang & petinggi lainnya. Abis itu, qta dijamu dengan makan siang, trus balik lagi k kapal buat siap2 olahraga bersama. Jam 3 qta balik lagi k kantor gubernur tuk senam bersama... duuhh dagh gk tahan bangett pengen balik kapal.. abisnya badan brasa meriang gitu, *sebnernya dah dari siang tadi waktu diskusi dah nanya2 trus ma pendamping kapan balik k kapal* abis olahraga, baliklah qta k kapal.. tiba dsana dah gk kuat.. sehabis makan malam, niatnya sih pengen ikut diskusi lagi d gladak helly, tapi dah gk kuat nahannya lagi.. so, diajak ma Tia - tman skamar tuk istirahat d ruang kesehatan, coz dy jg gk enak badan & pengen istirahat disana.. yaa sud, ksana trus dipriksa ma dokter and abis itu tidur deh dengan pulanya...zZzzZzzZzz

Minggu, 17 Juni 2007

Alhamdulillah, bangun dah mendingan... langsung
Sholat Subuh, gk ikutan olahraga lagi.. langsung pembersihan & sarapan aja... seneng bangettt.. pas dikasih tau qta diajak kliling kota Kupang dan dapet uang saku *hurraaayyy....hurrraaayyy, Alhamdulillah... bwat nambah2 :D*
Asyiknya... jalan-jalan, blanja d toko kerajinan, trus itu mampir k Pantai Lasiana... wuiihh kereen, masih bersih bow.. sambil beli gula asli sana yg konon katanya bisa bwat obat maag.
Abis dari pantai Lasiana, baliklah qta k kapal. Naahh hari ini giliran piketnya klompok PARI, kbtulan saya dapet tugas siang. So, nyiapin makan brsama dengan tman klompok yg lainnya buat makan smua.. *bukan qta sih yg masak, qta cuman mbagi tuh makanan ke omprengan masing-masing :D* Sorenya, skitar jam 4an gitu siap-siaplah qta tuk menuju Atambua... sblum kapal berlayar lagi.. foto-foto. Nih tman sklompok+skamar, Ki-Ka: Venna, Novi, Uus, ama diah.Abis itu, sayonara Kupang.... daaahh... smoga nanti qta bisa kembali bertemu lagi....:)
Malamnya qta diskusi ttg kgiatan besok, qta akan dibagi 2 klompok besar dan akan mengunjungi 2 desa d Atambua. Pembagiannya yaitu: Paus, Hiu & Kakap akan ke Haliwen sedangkan Pari, Tongkol & Lumba-lumba akan ke Silawan. Trus dibritahukan juga peraturan slama disana, qta gk boleh brlebihan.. coz orang2 sana itu sensitif, trus disampaikan jg.. bahwa besok itu qta akan melihat perbatasan Indonesia dan Timor Leste. Stlah penyampaian itu, qta bubar trus dilanjutkan dengan apel malam dan kmbali k kamar masing-masing.

Senin, 18 Juni 2007

Alhamdulillah... qta dah sampai dengan slamat d Atambua, tapi brhubung kapal tidak bs merapat d dermaga dikarenakan d dermaga itu kurang dalam dan banyak karang.. so, kapal akan berhenti ditengah laut & qta akan ke daratan menggunakan speed boot milik POLRI setempat & kapal-kapal nelayan. Sblum turun dibagi life jacket dulu, deg-degan?? bangettt... gmana gk?? klo qta tuh turun ditengah2 laut gitu.... duuhh gk kebayang deh.. klo trjadi apa-apa. Alhamdulillah, qta smua brhasil turun dengan slamat..:)
Tiba d darat langsung disambut oleh Bupati Atambua, dan dengan iringan dan tari-tarian dari Ibu-ibu warga sana. Abis itu, dengar sambutan Bupati trus brangkatlah qta ke desa masing-masing.
Tiba d Silawan, warga dah brkumpul... penyambutan lagi.. dan penyampaian tujuan qta ke desa ini, yaitu dalam rangka kunjungan & pengobatan gratis bekerja sama dengan tim medis setempat. Sambil pengobatan brlangsung, yg lain wawancara singkat dengan warga... mereka menyambut dengan bahagia.. kata mereka ini pertama kali mereka dikunjungi langsung, dan kgiatan spt ini. Tidak hanya itu, qta juga mengajak anak-anak sana bermain bersama.. menyanyi dan itu smua mbuat mreka jadi ceria.
Jam 3, tibalah saatnya qta pamitan.... abis itu qta melanjutkan ke perbatasan.... hurreeyyy k luar negeri bow dengan gratis tanpa pasport yaa.. meski cuman tuk bbrapa saat *skitar 10 mnitan* but we're happy!! ^___^
Stlah itu balik degh qta k kapal..... dan brsiap menuju Surabaya.

---to be continue---


Wassalam......


diah

PS: Hayyooo.. siapa yg nonton acara Expedition Metro TV, Jumat 13 Juli kmaren?? tuh liputan acara PK VII lho ;)

1 comment:

  1. Anggota kel PARI niy ternyata Diah :D Nama kel-nya lucu ya apalagi Tongkol hihihi.

    Kirain postingan kali ini ceritanya tamat. Ternyata msh bersambung...
    Nia | Homepage | 07.21.07 - 7:16 pm | #

    walah dyah terlambat sih ngasi taunya :p jadi gak bisa liat dyah deh di tipi
    ndah | Homepage | 07.22.07 - 1:33 pm | #

    aku inget dulu aku juga pny pengalaman bahari seperti mbak. dulu pas smp,3 hari 3malam, naek dewaruci.disitu kita nyanyi nyanyi, naek tiang kapal, bersihin geladak kapal.seru.spt cerita mbak diah.
    andi bagus | Homepage | 07.22.07 - 8:29 pm | #

    dyah..seru banget bener deh jd ikut ngerasain jg..kamu beruntung banget diah bisa ikut pelayaran ini..congrats yah..
    mutia | Homepage | 07.23.07 - 2:50 pm | #

    wiw... masih bersambung? hihihi... canggih..
    kayak posyandu ya Di pake burjo..:P
    duh kebayang deh mabok nya jadi inget waktu ke nusakambangan juga daku sempet mabok hehehe..
    Neli | Homepage | 07.23.07 - 6:12 pm | #

    ck..ck...ck... aku gak ngebayangin deh andai diriku yg menempuh prjalanan sepanjang ituh, pake kapal lagi... hebat kamu dy!
    isma | Homepage | 07.23.07 - 6:59 pm | #

    Waduh koq baru ngasi tau sekarang sih? Coba kalo kemarin sebelum muncul di TV, Insya Allah aku belain nonton deh pengen liat Dyah soalnya.

    Masih bersambung toh postingannya?
    Dhona | Homepage | 07.24.07 - 11:09 am | #

    diaahhh...duuh, senangnyaaaa baca 'petualangannya'...seru banget..

    bener2 beruntung deh diah bisa punya pengalaman 'once in a life time' spt ini..

    memang bener ya, kalo bisa berbagi dengan sesama itu rasanya bahagia banget.

    sayang daku ngga nonton liputan PK VII di metro. Ada dirimukah ?
    lita | Homepage | 07.24.07 - 12:38 pm | #

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan jejak yaaa setelah membaca :)

nama yang jelas yaaa, NO ANONYMOUS please!! ^___^

Mohon maaf Link Hidup tidak akan diapprove :)

^^thanks for reading^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers