Birokrasi yang Berkelamaan, Sampai Kapankah??

Bismillahirrahmanirrahim........

Hullaaa.... everybody how are you?? Fine right??

Sorry morry dorry strowberry yakk... belakangan saya jarang mampir ke 'rumah' kalian smua.. maklumlah gi super sibuk bin menyibukkan diri jg sih sebenernya. Sibuk karena tugas yg menumpuk seperti gunung *hiperbola bangettt*, Sabtu kmren saya and klompok observasi ke SD (serruu lho, liat ank2 yg belajar dengan antusias), trus kesibukannya ditambah lagi karena minggu depan dah mw mid bin UTS, plus satu lagi.. dua minggu belakangan ini saya lagi menyibukkan diri tuk mencoba keberuntungan dalam rangka mengikuti tawaran yang diselenggarakan oleh Dikti. Klo bisa masuk Alhamdulillah.. berlayar trus dapat pengalaman berkumpul dengan Mahasiswa dan Taruna dari sluruh Indonesia.

Alhamdulillah, salah satu syarat pokoknya itu dah saya kerjakan.. yaitu buat makalah mengenai topik yang telah disediakan, kbtulan saya ngambil topik no.2 "Pertahanan & Keamanan di Daerah Perbatasan (Borderline)". Emang sih gk ada hubungannya dgn jurusan yg saya ambil.. yg notabene tuh judul adalah tentang Hukum, hehhehehh tapi saya koq ngambil itu?? didasari oleh kerennya topik tersebut (apa?? keeren??) maksudnya stlah ngobrol2 ma Kakakku tentang topik apa yg bagus tuk diangkat?? katanya yg no.2 saja.. yaa sudahlah... toh source nya bisa banyak kan?? apalagi tentang masalah itu kan masih membekas dan bisa dibilang masih hangat lah.. ditambah lagi karena Kakakku itu juga orang Hukum, yaa so pastilah saya bisa dibantu.. jadinya sejak minggu kemaren tuh saya dah mulai nyari2 data di internet, ke perpus masuk ke ruang baca sosial (padahal saya pergi bareng tman2.. smua pada masuk ke ruang Sastra.. eh saya malah nyasar and sok sibuk dengan buku Hukum laut.. hahahahhh), mendadak jadi ank Hukum bow (bukan mendadak dangdut :p). Alhamdulillah, makalah nya selesai jg Senin jam 4 Subuh.. sampai begadang bow tuk rampungin tuh makalah!! Trus Senin pagi nya pas dikampus selesai kuliah Psycholinguistic minta tolong ma tmanku Kadir tuk buatin Transkrip Nilai, kbtulan ditempatnya dah ada format transkrip itu. Stlah itu, balik lagi ke kampus ngadap ktua ProDi tuk ttd transkrip sementara ku itu, trus pas mw minta ttd bliau tuk formulir katanya di PD 3, yaa sudaaahh... naik deh ke lantai 2 ruangannya Pak PD 3 saat itu ditemani ama Aminah and Ida, tapi PD 3 lagi rapat senat.. yaa udah gpp turun lagi.. trus itu naik lagi ditemani ma Sintia, Alhamdulillah ktmu.. stlah ngobrol2 kata PD 3 ini harus ttd sama PR 3, yaaa dahh pamit trus lanjut lagi ke rektorat nyari ruangannya PR 3, tapi kata satpam yg jaga PR 3 lagi kluar kota *gubrakss* C + D = Capek Deh!! Upss perjuangan blum b'akhir sampai disini lho!!

Back lagi ke topik (bukan ke laptop :p)

Nah knapa saya mau angkat soal birokrasi?? itu smua karena sedikit kekecewaan saya thadap birokrasi yg klo menurut saya terkesan sangat tidak masuk akal!! Knapa?? Spt yg saya bilang tadi, perjuangan blum b'akhir di hari Senin itu. Selasa stlah kuliah Prose saya ke rektorat lagi, kali ini ditemani Isra.. ke ruangannya tuh PR 3 tapi kosong melompong, staf nya aja gk ada!! weleeehhh.... qta nunggu sampai jam 1 jg masih gak ada, yaa udah pulang deh!! Besoknya stlah kuliah Syntax saya pergi lagi ma Isra, sampai2 ngorbanin gk ikutan observasi kelompok untungan mereka pada dukung saya tuk trus slesaiin urusan ini,*thanks nah Friends*. yaelaahh dah nyampe sana.. ruangannya kosong, kata satpam di FEKON.. nyusul kesana lah qta.. ternyata di FEKON jg gak ada.. ampuuunn deh.. panas2 tapi gk ada jg yg dicari!! Yaa sudah balik lagi ke rektorat, nah ktmu ma orang2 yg butuh bliau jg klo katanya yg dicari itu lagi rapat. Huuuhhh nunggu lagi dehh, sampai jam 12 lwt koq yaa blum ada jg?? mana jam 1 saya ada klas Sociolinguistic pula!! akhirnya... hampir j
am 1 yg ditunggu akhirnya datang jg, bliau Sholat dulu.. trus bertemu lah sama yg mencari2nya. Satu persatu dilayani, dan sampai jg giliranku. Ngomongin maksud dan tujuan... bla.. bla.. bla.. *sempet dites pula, interview gitu.. secara pas saya bilang saya dr FKIP Pend.Bahasa Inggris* dan ditutup dengan kalimat dari bliau "Yaa saya trima ini, dan qta liat besok.. sapa lagi yg mengajukan diri" saya bilang klo datelinenya tuh Kamis 12 April 2007 eh kata bliau tidak apa-apa *enteng benerr yak??* katanya lagi dy harus buat surat dulu ke Fakultas2 tuk nanyain sapa2 aja calon perwakilannya.. yaaa elaaahhh... mana sempat sih??!! Pas kluar dari ruangan itu, jlas bangett lah klo saya dongkol abissss sampai2 pas mau turun dah tekan tuh tombol buka nya si lift, pas terbuka saya gk jadi masuk.. sambil ngomel2 lagi.. trus kaka2 senior yg dari UK=Unit Kegiatan (bukan uka-uka penampakan :p) samperin saya trus nanya masalahnya apa?? mereka kasih tau klo saya harus ngadap lagi besoknya, katanya tuh Bapak emang harus didesak.. apalagi klo emang sudah mendesak dateline nya!! Pokoknya tuh kaka2 turut prihatin gitu *thanks yaa kaka2, meski kalian gk knal ma saya, tapi kalian care ma saya... thanks yaa*.

Jadilah tadi saya ke kampus lagi, *padahal nih hari sbnrnya gk ada jadwal kuliah, mana gitu harusnya kerjain tugas yg harus dikumpul besok* tapiii demi ini saya tunda dulu.. toh tinggal selangkah lagi!! Sblum menghadap PR 3, saya ke Fakultas dulu.. ke ruangannya PD 3 britain ttg yg kemaren. PD 3 surprise gitu coz knapa lagi ditunda padahal dah dateline?? yaa udah ngobrol2 lagi and stlah itu saya izin tuk ke rektorat. Sampai sana, ktmu lagi ma salah satu kaka2 yg kmaren.. katanya si bliau itu lagi rapat spt kmren slesainya sekitar jam 1!!

Huuuhhh yaa sudahlah!! karena berhubung waktunya masih lama, daripada nunggu sendiri trus buat saya tambah kacaww mending ke kostannya Isra dulu.. kerja tugas!! Karena dah jam 12 lewat saya back lagi k rektorat, tapi sblum masuk ke ruangan bliau itu.. mampir ke Mushollah dulu tuk Dzuhur. Stlah itu, ktmu si bliau.. and dengan santainya dy bilang "Belum ada yg mengajukan selain kamu" *gedubrakzzzz, kyk mau jatuhhh, untung blum jatuh* nih prasaan dah mulai kacaww, pengen bangett nangis... langsung turun saja.. sambil ngomel2 gk jelas.. and langsung pergi lagi ke Fakultas ku (untungnya FKIP VS Rektorat saling berhadapan.. jadi gk susah jalan jauh) menuju ke ruangannya PD 3, Alhamdulillah.. bliau ada disitu.. lagi ngobrol ma salah satu dosen jg + kk ktua BEM - K' Sumaili. Begitu liat saya, PD 3 langsung tanyain hasilnya.. saya yg dah stgh nangis langsung aja jelasin apa saja yg baru terjadi... huffff... PD 3 smakin bingung aja karena sikap si PR 3 itu, ngobrol bla.. bla.. bla.. yg akhirnya PD 3 yg baik hati mengamanatkan ke kk ktua BEM tuk menemani diriku ini menghadap PR 3 lagi. Alhamdulillah K' Sumaili bersedia!!

Hujaaaaaaannnnnn....... mana masih satu jam lagi!! (maksudnya yg mw ditemui itu baru akan selesai menguji 1 jam lagi) jadinya saya ke TB=Taman Baca, lanjutin kerja tugas!! 1 New Message, ternyata... si kaka dah nunggu di LP2M tempatnya bliau yg ingin ditemui brada.. Langsung lah saya kesana, kbtulan ada Sintia.. skalian aja.. ngajakin Sintia menemani diriku ini *thanks again nah Sin, merepotkan mu lagi* Tiba disana ternyata bliau itu blum kluar jg dari menguji... saya ma Sintia nunggu bentar di luar, si kaka di Musholla yg ada didepan ruangan menguji itu. Gk lama itu, kaka manggil yg artinya si bliau itu dah kluar dari ruangan. Kaka jlasin bla..bla..bla.. tapi... hasilnya apa??? si bliau itu masih jg ngotot "Klo gk bisa ttd tuh formulir, harus nunggu yg lain dulu.. at least ada laki2 jg sebagai pengusul tsb!! and nanti dy nelp langsung ke Dikti tuk dispensasinya".

HAAAAAAHHH?? segitunya kah??

Yaa ampuuuunnn.. *tepok jidat* ngomel sendiri gk karuan, bener2 deh dah kyk mw nangis!! ASELI *bukan asli lagi* kali ini rasanya sakiiitt bangettt.. mana itu dah jam 3 lebih!! yg artinya... dah tidak mungkin bangettt tuh cap pos nya distempel hari ini (Kamis, 12 April 2007) hikzzzz... sakiiiittt hatiiiiiiiii koq yaa gk bisa sih nyenengin hati orang?? gk tau apa pengorbanan orang tuh spt apa?? uuuuhhhh.... Benci akuuu.... uuuhhh.... sebelll aku.... uuhhh... marah akuu.... uuuhhhh..... BENCIIII!!!!! *Project POP.mode.ON*
Sampai kapan sih, birokrasi itu berjalan sesuai keinginan kita?? Untuk urusan ini, harusnya tuh yaa senang lah ada Mahasiswa nya yg tertarik tuk ikutan kegiatan ini?? Toh ini jg atas nama Universitas koq, bukan nama pribadi!! Knapa sih terkesan dipersulit?? Huuuhhhh!!!

Meskipun bgitu... saya mau ngucapin trima kasih buat smua yg tlah mendukung saya slama ini!!
  • Special thanks to my luvly family...seisi rumah, thanks doa dan supportnya. Special tuk Mbu Tik thanks supportnya, temani curhat2 jg tuh malam, Kk Tedi.. thanks so much.. jadi pembimbing yg baik hati and sabarr bangett + ditemani begadang pula.
  • My Friends, Big gank.. thanks friends.. all of u always give me support. Zute, thanks for sample KTI nya nah. Min, thanks supportnya tadi malam.. saat saya sudah mulai mi desperate.. tp dirimu bilang ayyo maju toh sudah terlanjur. Cheng, thanks jg.. tiap ktmu nanya ttg perkembangan perjuanganku ini. Ema thx dah temani tuh malam tuk cuci foto buat formulir + tadi lagi saat saya dah mau menangis mi dirimu membuat ku tertawa lagi *kbtulan km yg ada disitu*. Darna & Ririn, thanks jg nah friends for the support... *gmana mi itu KTI ttg Seni, jadi ji toh??*
  • Trus thanks a lot tuk Isra yg 2 hari full di kampus menemani ku, Sintia yg slalu menemani ku jg + tugas Research ku di ketikkan jg bow.. thanks so much nah say, spt janji tadi klo besok2 ko mau mengurus tuh exchange.. sa ikut bantu nah ;). Kadir u r kindman like ur email adreess *Kadir, ko ikut mi jg.. biar berkasku ndak percuma ji adanya*
  • All my friends who know about this case... thanks guys for ur support and curriosity.
  • Pa' Ahid, yg pertama ngasih tau berita ini, thanks Pak. Bapak Ktua Prodi atas ttd + supportnya juga, Bapak PD 3 supportnya yg besar terhadapku. And yg pasti buat Bu Yaya yg tuh hari dah baca2 makalah ku, and dah nguji dikit ttg sebagian isinya plus yg utama support nya dunk ;).
  • K' Sumaili as Leader of BEM, yg menemani sampai akhir itu... meskipun hasilnya TIDAK memuaskan.. tapi thanks nah kak, *maaf saya ganggu mi tadi waktu ta' padahal qta mw kasih mentoring di Fak. Hukum* trus tidak hanya itu.. kaka masih kasih support!!

Pokoknya smuanya mi yg mendukung ku....... *Mungkin PR 3 jg sebenarnya mendukung tapi caranya berbeda... thanks jg deh Pa' smoga qta ingat ji mau telp. langsung ke Dikti.

Sekarang mw kembali konsen lagi lah ke kul.. minggu depan mid bow + masih ada jg tugas yg blum slesai, tuh hasil observasi sama Prose.

*Maaf yaaa... klo postingan ini terlalu panjaaaaaaaaaaanggg bangett.. tapi mau gmana lagi saya tuh lagi kesalll bangettt!!!

Wassalam.....

diah

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Diah Alsa
    Diah Alsa 10:27 AM

    sabar ya kak...
    tetep smangat selalu..!!!
    masih banyak bgt yg mesti diperbaiki di bangsa kita ini..

    eh kak..do'a orang2 yang terdzalimi itu kan dikabulin..do'ain aja..moga semua keadaan jadi lebih baik lagi.. ^^V
    Ai | Homepage | 04.13.07 - 3:02 am | #

    diah sabar ya.. org sabar disayang Allah. Cape deh klo ngebahas soal birokrasi disini, kayanya dah mendarah daging, susah diilangin. *jd ikutan kesel* =)
    evan | Homepage | 04.13.07 - 2:45 pm | #

    kalo menurut aku, di Indo itu kalo bisa dipersulit kenapa harus dipermudah? keknya gituuuu... nyebelin emang tp kalo gerak sendiri jelas ga akan bisa, ya tho? lah wong wis mendarah daging sih..
    mudah2an kita ga termasuk org yg demen mempersulit yg bisa mudah, ok?
    Neli | Homepage | 04.13.07 - 4:25 pm | #

    say, mudah2an sukses yah yang DIKTI itu. dulu aku pas kuliah pengen banget ikutan kayak gitu, cuman gak pernah boleh ama bapaknya rayga (masih pacaran). btw di kompas minggu kemaren juga ada lho tawaran dari pemerintah jepang model2 gitu juga. tapi …

Add Comment
comment url